TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Teleskop Hubble NASA Temukan Planet yang Proses Terbentuknya Mirip Jupiter

Rabu 6 Apr 2022, 10:51 WIB
Teleskop Hubble NASA Temukan Planet yang Proses Terbentuknya Mirip Jupiter

SUKABUMIUPDATE.com - Planet baru yang proses pembentukannya mirip dengan Jupiter dipotret langsung oleh teleskop Hubble NASA.

Penemuan tersebut mendukung teori yang telah lama diperdebatkan tentang bagaimana planet Jupiter terbentuk, yang disebut dengan ‘ketidakstabilan piringan’.

"Alam itu pintar; ia dapat menghasilkan planet dalam berbagai cara yang berbeda," kata Thayne Currie dari Subaru Telescope dan Eureka Scientific, peneliti utama dalam penelitian tersebut, seperti dilansir dari laman resmi NASA.

photoIlustrasi Planet di Tata Surya - (Freepik)</span

Semua planet terbentuk dari bahan yang berasal dari piringan bintang. Teori dominan untuk pembentukan planet jovian disebut ‘pertambahan inti’.

Pendekatan bottom - up dimana planet-planet yang tertanam dalam piringan tumbuh dari benda-benda kecil  yang memiliki ukuran mulai dari butiran debu hingga batu besar yang bertabrakan dan saling menempel saat mereka mengorbit bintang. Inti ini kemudian secara perlahan mengumpulkan gas dari piringan. 

Sebaliknya, pendekatan ketidakstabilan piringan adalah model top - down dimana ketika piringan besar di sekitar bintang mendingin, gravitasi menyebabkan piringan cepat pecah menjadi satu atau lebih fragmen massa planet.

Planet yang baru terbentuk, yang disebut AB Aurigae b, mungkin sekitar sembilan kali lebih besar dari Jupiter dan mengorbit bintang induknya pada jarak 8,6 miliar mil, dua kali lebih dari jarak pluto ke matahari.

Pada jarak itu akan membutuhkan waktu yang sangat lama, untuk sebuah planet seukuran Jupiter untuk terbentuk dengan pertambahan inti. 

Hal tersebut juga mengarahkan para peneliti untuk menyimpulkan bahwa ketidakstabilan piringan telah memungkinkan planet ini terbentuk pada jarak yang sangat jauh. 


Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini