Melihat Kebiasaan Orang yang Menyimpulkan Informasi Hanya dari Baca Judul

Rabu 27 Januari 2021, 13:01 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Ada fenomena menarik di tengah tsunami informasi yang tersebar luas di media sosial hingga media konvensional. Saat ini, nyaris semua orang dengan mudahnya bisa berbagi berita dengan men-share pesan yang hanya memuat judul (rata-rata dalam bentuk tangkapan layar atau screenshot).

Kondisi seperti itu bisa merangsang orang untuk menyimpulkan informasi dari sebuah judul saja. Tak jarang, kesalahpahaman akan suatu berita bisa muncul akibat tidak membaca hingga tuntas berita yang diterima. Meskipun ada pula orang yang memperoleh informasi secara utuh, namun tidak dibacanya hingga selesai.

Sebenarnya topik ini bukan hal baru di dunia informasi. Berdasarkan data Statista tahun 2016, 41 persen responden dunia mengaku hanya membaca daftar judul saja. Jumlah tersebut tentu cukup besar dan menarik untuk ditelusuri.

Bahkan sebelumnya, ilmuwan data di firma analisis lalu lintas Chartbeat, Josh Schwartz telah melakukan sebuah percobaan dengan salah satu media online bernama Slate ihwal kebiasaan masyarakat dalam membaca suatu informasi.

Temuan Schwartz ternyata tidak jauh berbeda dengan data Statista. Semakin panjang sebuah artikel berita yang disajikan, maka semakin mungkin berita tersebut tidak dibaca utuh alias ditinggalkan oleh pembacanya. Dalam percobaan ini Schwartz berasumsi bahwa umumnya panjang sebuah halaman website berada di sekitar angka 2.000 pixel.

Dari 2.000 pixel itu, Schwartz lalu membaginya ke dalam beberapa persen potongan. Pergerakan "scroll" pengunjung suatu halaman website menentukan pada persentase pengunjung yang berhenti dan keluar dari halaman website tersebut.

Dalam percobaan terhadap pembaca Slate, ditemukan bahwa 5 persen pengunjung tidak melakukan scroll sama sekali. Dengan kata lain, sebanyak 5 persen pengunjung Slate hanya membaca judul berita tanpa membaca isi berita secara keseluruhan.

Percobaan ini menemukan fakta lain bahwa kebanyakan pengunjung Slate hanya melakukan scroll 50 persen atas seluruh panjang halaman atau sekitar 1.000 pixel. Artinya, mayoritas pembaca Slate tidak membaca hingga tuntas artikel yang ditayangkan di media tersebut.

Selain soal dibaca secara utuh atau tidaknya sebuah artikel, Schwartz juga berasumsi bahwa pembaca yang membagikan sebuah artikel di media sosial tidaklah benar-benar membaca artikel yang dibagikannya itu.

Temuan Schwartz itu diamini Maksym Gabielkov, Arthi Ramachandran, Augustin Chaintreau, dan Arnaud Legout dalam jurnal yang berjudul "Social Clicks: What and Who Gets Read on Twitter?". Jurnal ini diterbitkan pada tahun 2016.

Dalam jurnal tersebut dikatakan, dari sekitar 2,8 juta artikel yang dibagikan di media sosial, ada 59 persen link berita yang tidak benar-benar diklik sama sekali.

Hal itu menunjukkan bahwa mayoritas artikel yang tersebar di media sosial tidak berdasar pada proses membaca artikel tersebut. Kondisi ini sangat memprihatinkan karena terjadi di tengah tren berbagi informasi yang cukup tinggi, apalagi ditopang oleh pertumbuhan penggunaan media sosial. 

Reuters Institute dalam sebuah laporan penelitian di 26 negara dengan lebih dari 50.000 responden yang berjudul "Digital News Report 2016", menemukan bahwa media sosial dimanfaatkan oleh setengah responden atau 51 persen sebagai tempat mendapatkan berita. Bahkan 12 persen di antaranya menjadikan media sosial sebagai tempat utama memperoleh berita.

Penggunaan media sosial sebagai sumber untuk memperoleh berita dalam laporan Reuters Institute tersebut didominasi kalangan muda, yakni usia 18 hingga 24 tahun.

Mengutip dari Tirto, temuan Reuters Institute tersebut juga mirip dengan apa yang terjadi di Indonesia. Generasi Z di Pulau Jawa dan Bali, 35,2 persen di antaranya mengaku menggunakan media sosial sebagai tempat utama mendapatkan berita. Melebihi penggunaan media konvensional seperti televisi yang hanya memperoleh persentase sekitar 14,4 persen

Jadi gimana nih, udah mau baca informasi atau berita hingga tuntas kan?

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life27 April 2024, 12:30 WIB

Kehadirannya Sering Mengganggu! 6 Cara Ampuh Menghilangkan Semut di Rumah

Ada beberapa cara untuk menghilangkan semut di rumah yang sering mengganggu.
Ilustrasi - Ada beberapa cara untuk menghilangkan semut di rumah yang sering mengganggu. (Sumber : Pixabay.com/@actee3).
Life27 April 2024, 12:15 WIB

Rasa Iri atau Dendam, 7 Alasan Seseorang Membenci Kita yang Perlu Diwaspadai

Salah satu realitas yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan adalah bahwa tidak semua orang akan menyukai atau menyambut kita dengan baik.
Ilustrasi - Salah satu realitas yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan adalah bahwa tidak semua orang akan menyukai atau menyambut kita dengan baik. (Sumber : Pixabay.com/nooneknow22).
Bola27 April 2024, 12:00 WIB

Jadwal Semifinal Piala Asia U-23 2024: Timnas Indonesia vs Uzbekistan

Timnas Indonesia U-23 memiliki peluang untuk mengalahkan Uzbekistan U-23, mengingat performa apik yang ditunjukkan selama turnamen ini.
Timnas Indonesia U-23 memiliki peluang untuk mengalahkan Uzbekistan U-23, mengingat performa apik yang ditunjukkan selama turnamen ini. (Sumber : pssi.org)
Sukabumi27 April 2024, 11:55 WIB

Indonesia Menuju Olimpiade, Kisah Wasit Asal Sukabumi Pernah Pimpin Laga di Ajang Serupa

Kosasih memulai kariernya sebagai pesepak bola bersama klub Pertiwi.
Kosasih Kartadiredja, wasit berlisensi FIFA pertama di tanah air asal Sukabumi. | Foto: Historia.id
Fashion27 April 2024, 11:30 WIB

7 Tips Berpakaian Agar Terlihat Tinggi, Bikin Badan Jadi Lebih Proporsional

Dengan sedikit usaha dan strategi, orang bertubuh pendek dapat menemukan pakaian yang pas, stylish, dan nyaman.
Ilustrasi - Dengan sedikit usaha dan strategi, orang bertubuh pendek dapat menemukan pakaian yang pas, stylish, dan nyaman. (Sumber : Pixabay.com/@ditaa12).
Figur27 April 2024, 11:21 WIB

Lahir di Sukabumi, Sastrawan Joko Pinurbo Meninggal Dunia

Rencananya jenazah Joko Pinurbo akan dimakamkan di Sleman.
Foto Joko Pinurbo pada 2018. | Foto: Instagram/@joko_pinurbo
Inspirasi27 April 2024, 11:00 WIB

Lowongan Kerja Administrasi Minimal Lulusan SMA dengan Lokasi Penempatan di Kota Bandung

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Administrasi dengan Lokasi Penempatan di Kota Bandung. | (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Sukabumi27 April 2024, 10:32 WIB

435 Kasus DBD Tercatat di Kota Sukabumi pada Triwulan Pertama 2024

Periode triwulan pertama 2024, sebanyak 132 pasien berasal dari usia 5-14 tahun.
(Foto Ilustrasi) Dinkes Kota Sukabumi merilis data terbaru kasus DBD selama Januari hingga Maret 2024. | Foto: Pixabay
Life27 April 2024, 10:30 WIB

Stres dan Kecemasan, 5 Penyebab Susah  Tidur  yang Harus Anda Diwaspadai

Stres dan kecemasan adalah salah satu faktor utama yang menjadi penyebab orang susah tidur.
Ilustrasi - Stres dan kecemasan adalah salah satu faktor utama yang menjadi penyebab orang susah tidur. | (Sumber : Freepik.com/@DCStudio)
Sukabumi Memilih27 April 2024, 10:15 WIB

Didukung Golkar Gerindra dan PPP, Asjap Percaya Diri Maju di Pilkada Sukabumi

Asjap mengaku bahagia dan percaya diri atas kepercayaan yang didapatnya.
Asjap setelah acara deklarasi koalisi di Grand Sulanjana, Jalan Salabintana, Kecamatan/Kabupaten Sukabumi, Jumat, 26 April 2024. | Foto: SU/Asep Awaludin