Laboratorium Dunia Saling Berlomba Meneliti Sampel Virus Corona

Minggu 02 Februari 2020, 21:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Dengan tidak ada tanda wabah virus corona baru mereda, ahli virologi di seluruh dunia merasa gatal untuk mendapatkan sampel fisik dari virus tersebut. Mereka menyusun rencana untuk menguji obat dan vaksin, mengembangkan model hewan dari infeksi itu dan menyelidiki pertanyaan tentang biologi virus tersebut seperti bagaimana penyebarannya.

“Pada saat kami mendengar tentang wabah ini, kami mulai berupaya untuk mendapatkan akses ke isolat-isolat ini,” kata Vincent Munster, seorang ahli virus di Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular di Hamilton, Montana, sebagaimana dilaporkan Nature, 31 Januari 2020.

Dikutip dari tempo.co, laboratoriumnya mengharapkan untuk menerima sampel pada minggu depan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS di Atlanta, Georgia, yang telah memimpin tanggapan terhadap kasus-kasus virus AS.

Laboratorium pertama yang mengisolasi dan mempelajari virus itu, yang sementara dikenal sebagai 2019-nCoV, berada di episentrum wabah: di Wuhan, Cina. Sebuah tim di Institut Virologi Wuhan yang dipimpin oleh ahli virologi Zheng-Li Shi mengisolasi virus dari seorang wanita berusia 49 tahun, yang mengalami gejala pada 23 Desember 2019 sebelum menjadi sakit kritis.

Tim Shi menemukan virus tersebut dapat membunuh sel manusia yang dikultur dan memasuki sel tersebut melalui reseptor molekul yang sama dengan virus corona lainnya: virus yang menyebabkan SARS (sindrom pernafasan akut akut).

Sebuah laboratorium di Australia mengumumkan pada 28 Januari bahwa ia telah memperoleh sampel virus dari orang yang terinfeksi yang telah kembali dari Tiongkok. Tim sedang bersiap untuk berbagi sampel dengan ilmuwan lain.

Laboratorium di Prancis, Jerman dan Hong Kong juga mengisolasi dan bersiap untuk berbagi sampel virus yang mereka peroleh dari pasien setempat, kata Bart Haagmans, seorang ahli virus di Erasmus Medical Center di Rotterdam, Belanda. "Mungkin minggu depan kami akan mendapatkan isolat dari salah satu laboratorium yang berbeda," katanya.

Urutan genom pertama dari virus ini dipublikasikan pada awal Januari, dan beberapa lusin - diambil dari berbagai orang - sekarang telah tersedia. Urutan itu telah mengarah pada tes diagnostik untuk virus, serta upaya untuk mempelajari penyebaran dan evolusi patogen.

Tetapi para ilmuwan mengatakan bahwa urutan itu bukan pengganti sampel virus, yang diperlukan untuk menguji obat dan vaksin, dan untuk mempelajari virus secara mendalam. "Sangat penting untuk berbagi virus," kata Maria Van Kerkhove, seorang ahli epidemiologi penyakit menular di Organisasi Kesehatan Dunia di Jenewa, Swiss, dalam konferensi pers 29 Januari.

Munster mengatakan bahwa prioritas pertama labnya adalah mengidentifikasi hewan yang mengalami infeksi dengan cara yang mirip dengan manusia. Model hewan seperti itu akan berguna untuk menguji vaksin dan obat-obatan. Tim pertama berencana untuk melihat tikus yang direkayasa secara genetis untuk mengandung versi manusia dari reseptor yang digunakan virus SARS dan coronavirus baru untuk menginfeksi sel. Pekerjaan di masa depan dapat melibatkan mengekspos tikus dan, kemudian, primata non-manusia terhadap virus, dan menguji apakah vaksin dapat mencegah infeksi, tambahnya.

Laboratorium Munster juga ingin mulai mengukur berapa lama virus dapat bertahan hidup di udara atau di tetesan air liur. Ini dapat membantu ahli epidemiologi untuk memahami apakah virus dapat ditularkan melalui udara, atau hanya melalui kontak dekat. Penelitian Munster akan melibatkan partikel virus aerosolisasi menggunakan wadah yang disebut drum Goldberg, dan kemudian mengukur kemampuan mereka untuk menginfeksi sel manusia setelah beberapa waktu di udara.

 

Sumber : tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram
Life27 April 2024, 19:00 WIB

Bisa Sebabkan Kematian! 6 Bahaya Kesepian yang Jarang Disadari Banyak Orang

Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang.
Ilustrasi - Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang. (Sumber : Pixabay/Andrea Piacquadio).
Sukabumi27 April 2024, 18:55 WIB

Terlindas Mobil, Kronologi Pemotor Tewas Kecelakaan di Cibadak Sukabumi

H meninggal dunia karena mengalami luka sobek dan luka lecet.
Tangkapan layar video saat H (35 tahun) dievakuasi warga. H meninggal dunia setelah kecelakaan di Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa