Wow! Pengemis Sukabumi Punya Dua Gadget Canggih dan Jam Tangan Branded

Sabtu 03 Desember 2016, 05:31 WIB

SUKABUMIUPDATE.COM - Miris, satu kata yang tepat untuk menggambarkan sosok Irfan (28). Namanya mendadak jadi sorotan media tatkala Irfan terjaring razia di jembatan penyebrangan orang (JPO) pusat perbelanjaan Sarinah, Jalan MH. Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (29/12).

Bagaimana tidak, pria asal Pelabuhanratu ini terjaring dengan Iphone 5s dan Samsung Galaxy Note 3 di tangan. Layaknya gadget yang biasa dimiliki anak muda ke-kotaan masa kini. Gadget tersebut bukan curian katanya, melainkan miliknya pribadi hasil “mencari nafkah” di ibu kota.

Bermodalkan kekurangan fisik yang ia miliki, pria dengan tangan dan kaki tidak sempurna bernama lengkap M. Irfan Gunawansyah ini, mengais pundi-pundi rupiah hasil kebaikan orang-orang yang iba kepadanya.

Tertunduk dengan tampang memelas dan criing recehan mulai gopek sampai dua ribuan masuk ke kantong Irfan.  “Cari kerja susah, apalagi kondisi begini” begitu kilahnya.

Sebagai warga Sukabumi, pembaca pasti tergelitik melihat dulur sekampung jadi buah bibir di wilayah segitiga emas Jakarta tersebut. Kebanyakan membahas barang yang Irfan miliki. Karena uang tunai saat terjaring hanya kedapatan Rp1 juta saja, dan saldo di kartu anjungan tunai mandiri (ATM) nya kisaran Rp3 juta.

Memang tidak sefantastis temuan pada  kebanyakan pengemis tajir lain, yang bisa mencapai puluhan juta. Namun, entah memang pendapatan Irfan sedang turun, atau uang cash sudah dikirimkan ke keluarganya untuk biaya mengurus usahanya di Sukabumi, karena menurut pengakuannya di kampung halaman Irfan memiliki peternakan kambing.

Luar biasa kan?

Cerita tentang Irfan santer menyebar dari mulut ke mulut mulai dari kondektur, sopir angkutan, ojek, ojek online, pedagang, sampai tukang sapu jalan membicarakan namanya. Tentu yang ramai dibicarakan soal iPhone dan Galaxy Note miliknya.

Usut punya usut, rupanya masih ada satu barang lagi yang tak kalah bikin geleng kepala. Irfan juga ternyata memikli sebuah jam tangan seharga jutaan rupiah merek Alexandre Christie. Ya ampun, sudah seperti sosialita saja gayanya. Sungguh ironis.

Kepada sukabumiupdate.com, Jumat (2/12) Irfan mengaku trauma, dia tak menyangka akan jadi perbincangan banyak orang yang tak sedikit memberi tanggapan negatif, bahkan terkesan mem-bully. Belum lagi kini Irfan tidak bisa lagi bersembunyi di balik wajah “melas”, karena kini banyak yang tau siapa dirinya bahkan beberapa media cetak maupun online menjadikannya headline dengan foto dan figur dirinya dengan sangat jelas.

Tak cukup sampai di situ, Irfan pun menjadi pemberitaan banyak stasiun TV, yang tentu membuat cerita tentang terjaringnya Irfan si pengemis tajir itu, juga sampai ke keluarga Irfan di Sukabumi .

“Malu karena keluarga tahunya saya kerja di Jakarta, bukan ngemis,” katanya. Irfan bahkan mengaku kapok dan tidak ingin mengemis lagi terlebih karena banyaknya pertanyaan dari keluarga dan kerabatnya di Sukabumi melalui pesan singkat, yang penasaran mengapa dirinya bisa sampai terjaring sebagai pengemis. Padahal sejak 2010 semua keluarganya mengira Irfan kerja dengan layak di Jakarta.

“Mau diem di rumah aja, kalau balik lagi ke Jakarta juga nanti pada mikir saya ngemis lagi. Mau ditaro di mana muka saya,” ujarnya.

Sambil menutup perbincangan Irfan juga mengungkapkan bahwa dirinya akan sangat senang apabila diberi kesempatan bisa membuka usaha yang lebih baik, seperti mimpinya membuka toko baju sendiri.

“Kalau ada yang mau bantuin modal, saya pengen banget buka toko baju,” tutupnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life20 Mei 2024, 19:00 WIB

8 Alasan Ilmu Tenang Itu Mahal dan Berharga, Apa Kamu Memilikinya?

Mengubah pola pikir dan kebiasaan yang telah terbentuk selama bertahun-tahun membutuhkan usaha yang besar. Ilmu tenang ini termasuk belajar untuk berpikir positif, mengatasi pikiran negatif, dan membangun rutinitas yang menenangkan.
Ilustrasi. Alasan Ilmu Tenang Itu Mahal dan Berharga, (Sumber : Pexels.com/WouterdeJong)
Sehat20 Mei 2024, 18:45 WIB

7 Buah dan Sayuran Kuning Ini Bisa Bantu Turunkan Kolesterol, Kaya Vitamin B12

Buah dan Sayuran yang berwarna kuning ternya bsia membantu menurunkan kolesterol tinggi. Karena kaya akan vitamin B12 yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh
Ilustrasi buah dan sayur kuning kaya akan vitamin B12 yang mampu turunkan kolesterol (Sumber : Freepik.com)
Arena20 Mei 2024, 18:31 WIB

Wabup Iyos Lepas 151 Kontingen Sukabumi di Popwilda Jabar 2024

Lepas 151 kontingen Kabupaten Sukabumi di Popwilda Jabar 2024, ini pesan Wabup Iyos Somantri.
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri saat melepas kontingen Kabupaten Sukabumi di Popwilda Jabar 2024. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sehat20 Mei 2024, 18:30 WIB

3 Ciri Kolesterol Tinggi yang Terlihat di Mata, Segera Periksa Jika Mengetahuinya

Seseorang yang menderita kolesterol tinggi bisa terlihat dari perubahan warna atau sesuatu di dalam matanya. Setelah mengetahui ciri tersebut alangkah baiknya segera menemui dokter untuk diperiksa lebih lanjut
Ilustrasi ciri kolesterol tinggi ini pada mata yang perlu diketahui dan segera diperiksa ke dokter (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sehat20 Mei 2024, 18:15 WIB

5 Makanan Ini Ramah Untuk Diabetes, Bantu Kontrol Gula Darah Secara Alami

Bagi penderita diabetes pasti ketakutan untuk mengkonsumsi gula. Tapi tidak perlu khawatir, karena da beberapa makana yang ramah untuk diabetes dan bantu mengontrol gula darah secara alami
Ilustrasi makanan ramah untuk penderita diabetes bisa kontrol gula darah secara alami (Sumber : Freepik.com)
Life20 Mei 2024, 18:00 WIB

Bacaan Doa Selamat dalam Perjalanan, Amalkan Saat Hendak Pergi Keluar Rumah

Bacaan Doa Selamat Perjalanan, Yuk Amalkan Sebelum Pergi Untuk Beraktivitas.
Bacaan Doa Selamat Perjalanan, Yuk Amalkan Sebelum Pergi Untuk Beraktivitas. (Sumber : Freepik.com /@fanjianhua)
Sukabumi Memilih20 Mei 2024, 17:50 WIB

Poros Dwikora Usung Fikri Abdul Aziz Dampingi Asep Japar di Pilkada Sukabumi: Paket Komplit

Secara terang-terangan poros dwikora mengusung Fikri Abdul Azis di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024, mereka berharap Fikri Abdul Aziz bisa bersanding menjadi wakil bupati mendampingi Asep Japar sebagai calon bupati.
Vega Sukma Yuda selaku juru bicara poros Dwikora saat diwawancarai awak media. Senin (20/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
DPRD Kab. Sukabumi20 Mei 2024, 17:49 WIB

Kaji Raperda Rencana Pembangunan Industri, DPRD Sukabumi Konsultasi ke Biro Hukum Pemprov Jabar

Bapemperda DPRD Kabupaten Sukabumi kunjungan kerja ke Biro Hukum Pemprov Jabar. Konsultasi Raperda Rencana Pembangunan Industri 2024-2044.
Bapemperda DPRD Kabupaten Sukabumi saat konsultasi Raperda Rencana Pembangunan Industri ke Biro Hukum Pemprov Jabar. (Sumber : Istimewa)
Sehat20 Mei 2024, 17:45 WIB

6 Manfaat Olahraga Teratur Bagi Penderita Diabetes, Mempengaruhi Insulin!

Olahraga memiliki peran penting bagi penderita diabetes, salah satunya bisa mempengaruhi insulin agar bisa bekerja dengan baik. Maka dari itu penting sekali bagi penderita diabetes untuk olahraga secara rutin
Bagi penderita diabetes, penting untuk mengetahui 6 manfaat olahraga untuk insulin lebih baik. (Sumber : Freepik/@benzoix)
Gadget20 Mei 2024, 17:30 WIB

Intip Spesifikasi dan Harga HP Tecno Camon 30 Series yang Segera Hadir di Indonesia

Seri terbaru dari smartphone Tecno ini menghadirkan beberapa model dengan spesifikasi dan harga yang beragam.
Seri terbaru dari smartphone Tecno ini menghadirkan beberapa model dengan spesifikasi dan harga yang beragam. (Sumber : tecno-mobile.com).