Ini Atlet Indonesia dengan Bonus Terbanyak di Asian Games 2018

Sabtu 01 September 2018, 03:10 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kementerian Pemuda dan Olahraga akan memberikan bonus besar  bagi para peraih medali Asian Games 2018, yang akan berakhir besok, Minggu 2 September 2018.

Kontingen Indonesia kokoh berada di peringkat 4 dengan 30 emas, 23 perak, dan 37 perunggu. Ini merupakan catatan terbaik Indonesia sepanjang ikut Asian Games sejak 1951.

Tak tanggung-tanggung, bonus sebesar Rp 1,5 miliar siap diberikan pada peraih medali emas nomor perorangan. Peraih perak akan mendapat Rp 500 juta, dan perunggu Rp 250 juta.

 

<iframe id="google_ads_iframe_/14056285/tempo.co/desktop_edsus_inarticle_0" style="vertical-align: bottom; border-width: 0px; padding: 0px; margin: 0px;" title="3rd party ad content" name="google_ads_iframe_/14056285/tempo.co/desktop_edsus_inarticle_0" width="1" height="1" frameborder="0" marginwidth="0" marginheight="0" scrolling="no"> </iframe> Untuk tim ganda (double) jika mereka mendapatkan medali emas maka masing-masing menerima bonus Rp 1 miliar, perak Rp 400 juta dan perunggu Rp 200 juta. Sedangkan untuk tim beregu jika mendapatkan medali maka akan mendapatkan bonus masing-masing Rp 750 juta (emas), Rp 300 juta (perak) dan Rp 150 (perunggu).

Atas perhitungan bonus terbaru dari Kemenpora itu, atlet paralayang Jafro Megawanto akan menjadi atlet dengan bonus terbesar. Atlet asal Malang, Jawa Timur itu akan mendapatkan bonus sebesar Rp 2,4 miliar. Berikut atlet-atlet Indonesia dengan bonus terbesar di Asian Games 2018.

1. Jafro Megawanto - Rp 2,4 miliar (Paralayang -2 Emas dan 1 Perunggu)

Pertama kalinya dipertandingkan di Asian Games 2018, Paralayang diharapkan menjadi salah satu lumbung emas bagi Indonesia. Indonesia berhasil memenuhi target dua emas itu. Salah satunya berkat pilot putra Jafro Megawanto.

Jafro menyumbang satu emas dari nomor Akurasi Individu Putra dan Akurasi Beregu Putra. Selain itu ia juga menyumbang satu perunggu saat bertanding bersama tim Indonesia lain di nomor Lintas Alam Beregu Putra. Capaian itu membuat Jafro akan mendapat bonus total Rp 2,4 miliar.

2. Aries Susanti Rahayu - Rp 2,25 miliar (Panjat Tebing - 2 Emas)

Aries Susanti Rahayu berhasil tampil menawan di cabang olahraga baru Asian Games, panjat tebing. Atlet berusia 23 tahun itu berhasil menjadi yang tercepat di nomor speed individu putri. Selain itu ia juga menjadi bagian dari tim speed relay putri Indonesia saat menaklukkan Cina di final. Total bonus sebesar Rp 2,25 miliar telah menanti Aries.

3. Jonatan Christie Rp 1,8 miliar (Bulu Tangkis - 1 emas dan 1 perak)

Bulu tangkis berhasil memenuhi target dua emas di Asian Games 2018 ini. Meski begitu, salah satu emas muncul dari nomor yang tak terduga, yakni tunggal putra. Sosok Jonatan Christie menjadi penghilang dahaga masyarakat Indonesia akan prestasi tunggal putra Indonesia yang lama meredup.

Di partai final, atlet berusia 20 tahun itu menaklukkan wakil Taiwan Chou Tien Chen, dan memastikan emas pertama bagi Indonesia di bulu tangkis. Sebelum menjadi kampiun di nomor perorangan, Jojo juga ikut andil dalam mengantarkan tim beregu putra Indonesia meraih medali perak.

4. Aqsa Sutan Aswar Rp 1,75 miliar (Jetski - 1 emas dan 1 perunggu)

Pembalap muda Aqsa Sutan Aswar berhasil menyumbang satu emas bagi Indonesia dari  Jetski. Aqsa nyaris meraih emas dari nomor Runabout Limited yang lebih dulu dipertandingkan. Namun di putaran akhir, masalah pada mesin membuat Aqsa gagal finis. Dari nilai akumulatif empat balapan, Aqsa pun harus puas mendapat perunggu.

Namun atlet berusia 21 tahun itu berhasil membayar kekalahan itu. Turun kembali pada nomor Endurance Runabout Open, Aqsa tampil prima dan menyumbang emas bagi Indonesia.

5. Sebanyak 16 peraih medali emas mendapat bonus masing-masing Rp 1,5 miliar. Mereka adalah Silat: Sugianto, Abdul Malik, Hanifan Kusumah Yudani, Iqbal Pratama, Harik Komang Adi Putra, Aji Bangkit Pamungkas, Puspa Arumsari, Wewey Wita, Tria Sarah Monita, Pipiet Kamelia
Balap sepeda gunung: Khoiful Mukhib, Andini Tiara Prastika
Wushu: Lindswell Kwok
Angkat besi: Eko Yuli Irawan
Karate: Rifki Ardiansyah Arrosyid
Taekwondo: Defia Rosmaniar

6. Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo Rp 1,3 miliar (Bulu Tangkis - 1 emas dan 1 perak)

Pasangan ganda putra nomor satu dunia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo mampu memenuhi target mereka untuk meraih emas di Asian Games 2018. Di final, mereka menaklukkan rekan satu pelatnas Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto lewat pertandingan ketat.

The Minions, sapaan Marcus/Kevin, juga turut serta dalam tim beregu putra Indonesia menembus final nomor beregu. Tampil sebagai ganda pertama Indonesia, mereka tak terkalahkan sama sekali di Asian Games 2018 ini. Meski begitu, tim Indonesia harus mengakui keunggulan Cina di partai final beregu putra.

7. Ihram, Ardi Isadi, Ferdiansyah, dan Ali Buton - Rp 1,05 miliar (Dayung - 1 emas dan 1 perak)

Dayung Indonesia berhasil menyumbang 1 emas, 2 perak, dan 2 perunggu di Asian Games ini. Emas satu-satunya didapat dari nomor L/W Men's 8+ yang terdiri dari delapan orang dan satu pilot. Ihram, Ardi Isadi, Ferdiansyah, dan Ali Buton ambil bagian dari tim itu.

Pada hari yang sama, mereka kembali menyumbang medali. Kali ini perunggu didapatkan dari nomor L/W Men's 4+ yang terdiri dari empat orang.

8. Puji Lestari - Rp 1,25 miliar (Panjat tebing - 1 emas dan 1 perak)

Selain Aries Susanti Rahayu, Indonesia memiliki pemanjat andal lain, yakni Puji Lestari. Puji berhasil menembus partai final speed putri meski akhirnya harus mengakui keunggulan Aries di partai final. Puji juga turut ambil bagian dari tim putri Indonesia saat merebut medali emas di nomor speed relay putri.

Untuk diketahui, bonus yang diberikan kepada para atlet tidak akan dikenai potongan pajak dan akan dikirimkan langsung usai Asian Para Games 2018 ke rekening mereka masing-masing.

Untuk pelatih dan asisten pelatih jika atletnya perorangan/ganda binaannya mendapatkan medali maka bonus yang akan pelatih terima adalah sebesar Rp 450 juta (emas), Rp 150 juta (perak) dan Rp 75 juta (perunggu). Sedangkan asisten pelatih akan mendapatkan bonus Rp 300 juta (emas), Rp 100 juta (perak), dan Rp 50 juta (perunggu).

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Inspirasi09 Mei 2024, 13:15 WIB

Pendaftaran CPNS 2024 Segera Dibuka! Simak Formasi dan Cara Mendaftarnya

Seleksi pendaftaran CPNS 2024 akan segera dibuka sebentar lagi.
(Foto Ilustrasi) Seleksi pendaftaran CPNS 2024 akan segera dibuka sebentar lagi. | Foto: Istimewa
Life09 Mei 2024, 13:00 WIB

10 Ciri Laki-laki yang Tidak Pantas Dinikahi, Punya Sifat Malas dan Pelit!

Pria yang memiliki rasa malas dan tidak bertanggung jawab akan membuat calon istrinya menderita secara fisik dan mental. Oleh sebab itu, pemalas termasuk tipe pria yang tidak pantas dinikahi.
Ilustrasi. Pemarah. Ciri Laki-laki yang Tidak Pantas Dinikahi. (Sumber : Freepik/@freepik)
Life09 Mei 2024, 12:45 WIB

7 Cara Jitu Meningkatkan Perilaku Baik Pada Anak Sejak Dini, Yuk Bunda Terapkan

Memiliki anak yang berperilaku baik memang impian semua orang tua. Dan hal ini perlu dilakukan melalui beberapa cara.
Ilustrasi perilaku baik anak saat bermain (Sumber : pexels.com/@ErenLi)
Bola09 Mei 2024, 12:30 WIB

Prediksi Timnas Indonesia U-23 vs Guinea: Peluang Terakhir ke Olimpiade Paris 2024

Indonesia akan memainkan laga Play-off Olimpiade Paris 2024 melawan Guinea.
Indonesia akan memainkan laga Play-off Olimpiade Paris 2024 melawan Guinea. (Sumber : pssi.org)
Life09 Mei 2024, 12:15 WIB

Bunda Perlu Waspada, 5 Ciri Kurang Sopan Santun Yang Dimiliki Anak-Anak

Sopan santun yang baik sangat berpengaruh pada anak, karena ini akan mempengaruhi kehidupannya. Namun bagaimana jika mereka tidak memiliki hal tersebut? pasti akan menjadi kekhawatiran bagi orang tua
Ilustrasi sopan santun yang kurang anak (Sumber : pexela.com/@KetutSubiyanto)
Sehat09 Mei 2024, 12:00 WIB

Jangan Asal! Ini 10 Tips Aman Minum Kopi Bagi Penderita Asam Urat

Selain kopi, penderita asam urat wajib memastikan minum cukup air putih untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.
Ilustrasi. Tips Minum Kopi Bagi Penderita Asam Urat. Sumber : Pexels/Pixabay
Life09 Mei 2024, 11:45 WIB

10 Cara Terbaik Yang Dapat Dilakukan Orang Tua Untuk Mengajari Anak Sopan Santun

Dalam masyarakat yang serba cepat dan didorong oleh teknologi saat ini, mengajarkan sopan santun kepada anak-anak adalah sesuatu yang lebih penting dari sebelumnya
Ilustrasi mengajarkan anak untuk sopan santun (Sumber : pexels.com/@Katrinbolovtsova)
Sukabumi09 Mei 2024, 11:37 WIB

Harus Ada Rp 17 Juta, Curhat Warga Sukabumi saat Ingin Kerja di Pabrik Sepatu

CH menyebut uang Rp 17 juta harus tersedia karena melalui calo.
(Foto Ilustrasi) Isu pungli untuk bekerja di pabrik sepatu di Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, terus bergulir. | Foto: Pixabay
Life09 Mei 2024, 11:00 WIB

Menemukan Kehangatan dan Kebahagiaan: 11 Tips Mengatasi Kesepian Saat Dewasa

Semakin dewasa kita pasti akan merasakan kesepian dan ini merupakan hal yang tidak bisa dihindari.
Ilustrasi - Semakin dewasa kita pasti akan merasakan kesepian dan ini merupakan hal yang tidak bisa dihindari. (Sumber : Freepik.com/@benzoix)
Sukabumi09 Mei 2024, 10:55 WIB

Tekan Biaya Produksi, Petani di Pajampangan Sukabumi Pilih Tanam Padi Cara Jablay

Seringnya gagal panen pada tanam kedua membuat petani menekan biaya produksi.
Kondisi sawah di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa