Keluhan Soal Tiket Terus Bermunculan, Ini Kebijakan Baru INASGOC

Sabtu 25 Agustus 2018, 01:44 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Panitia Asian Games 2018 (INASGOC) mengakui banyaknya keluhan masyarakat tentang tiket. Ketua Deputi ll INASGOC, Francis Wanandi, menjelaskan upaya untuk meminimalisasi persoalan tiket terus dilakukan. Salah satunya ialah dengan menjalin kerjasama dengan vendor baru, yang dinilai lebih kompeten.

“INASGOC langsung merespon cepat dengan perpindahan vendor, yang sebelumnya kiostix langsung kerjasama dengan beberapa vendor kompeten. Sebelumnya di kiostix (tiket online) harus tukar lagi dan sekarang tidak perlu ditukar, cukup memperlihatkan e-tiket,” kata Francis dalam konperensi pers di Jakarta Convention Center, Senayan, Jumat, 24 Agustus 2018.

Terkait keluhan banyaknya bangku kosong yang tampak dari layar kaca saat status tiket sudah habis terjual, Francis menjelaskan, hal itu terjadi karena besarnya kuota untuk rekanan Asian Games 2018 yakni 30-40 persen dari kapasitas di beberapa venue. Ketika bukan tim Indonesia yang bertanding, kuota itu tak terisi sehingga venue terlihat kosong.

“Jadi solusinya, nanti kuota itu kita batasi menjadi 10 persen saja,” kata dia.

Kebijakan baru ini seusai permintaan Komite Olimpiade Asia (OCA) lewat suratnya pada 21 Agustus. Dalam surat kepada Ketua INASGOC Erick Thohir itu, OCA  mempertanyakan banyaknya kursi kosong dan meminta jatah kursi untuk ofisial dibatasi hanya 10 persen saja.

Menurut Francis, loket tiket di loket untuk saat ini hanya bisa menjual tiket masuk dua hari sebelum pertandingan. Hal itu dilakukan untuk mengatasi calo.  Francis mengakui panitia putar otak menghalau calo karena belum ada regulasi yang bisa menjerat oknum yang mengambil keuntungan dengan cara menjual tiket dengan harga di atas rata-rata.

 “Dengan (jual tiket) online itu juga untuk mengatasi calo. Aparat sudah menangkap 7 calo, sudah kita usir, tidak boleh bertransaksi di sekitar venue,” kata Francis. Selain itu, Francis mengaku, INASGOC tak menduga animo masyarakat yang cukup tinggi untuk menonton pertandingan.  

Sampai hari ini, masalah tiket memang masih muncul. Pertandingan Asian Games cabang senam hari ini misalnya, sempat ramai diperbincangkan karena ratusan pemegang tiket tak bisa masuk ke arena.

Dalam situs resmi Asian Games 2018 dijelaskan, calon penonton bisa membeli tiket secara online melalui http://blib.li/tiket-asian-games dan https://www.tiket.com/event-list.

Untuk mengantisipasi masalah baru, terhitung sejak 24 Agustus 2018, INASGOC menetapkan pembelian tiket akuatik, bulutangkis, bola basket, sepak bola dan bola voli  hanya dapat dilakukan secara online. Untuk cabang olahraga lain, tiket offline tersedia pada hari pertandingan, dengan jumlah terbatas.  

“Untuk penonton yang sudah memegang e-tiket, silakan datang langsung ke venue pertandingan dengan membawa e-tiket yang sudah tercetak dan KTP,” demikian dilansir dari situs resmi Asian Games 2018.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life20 Mei 2024, 15:45 WIB

4 Cara Mengatasi Anak Super Aktif, Salah Satunya Mendorong Aktivitas Fisik

Anak-anak yang memiliki energi tinggi cenderung akan lebih aktif dibanding anak lainnya. Namun jangan khawatir, hal tersebut justru baik untuk perkembangan si kecil selama dalam pola asuh
Ilustrasi anak super aktif yang sedang bermain (Sumber : Pexels.com/@ChrisG)
Sukabumi Memilih20 Mei 2024, 15:39 WIB

Ayep Zaki Dukung Penuh Eksistensi HIMASI Sukabumi

Bakal calon walikota/wakil walikota Sukabumi, Ayep Zaki menyampaikan komitmennya untuk membangun masa depan yang lebih baik. Menurutnya masa depan Kota Sukabumi ditentukan oleh generasi yang akan datang.
Pengurus HIMASI dan H Ayep Zaki (Bakal Calon Walikkota/Wakil Walikota Sukabumi | Foto : Dok. Ayep Zaki
Life20 Mei 2024, 15:30 WIB

10 Tips Sabar Menghadapi Cobaan Hidup yang Menyesakkan Hati

Dengan menerapkan tips-tips sabar, Anda dapat meningkatkan kemampuan untuk tetap sabar dan kuat saat menghadapi cobaan hidup yang menyesakkan hati.
Ilustrasi. Tips Agar Tetap Sabar Menghadapi Cobaan Hidup yang Menyakitkan (Sumber : Pexels/CupOfCouple)
Life20 Mei 2024, 15:15 WIB

Waspada! Inilah 5 Gejala Utama Stroke, Periksakan Sebelum Parah

Ada beberapa gejala stroke ringan yang perlu diwaspadai begitu terasa agar tidak menjadi stroke berat yang akan membahayakan diri. Sebaiknya, diwaspadai kalau terasa
Ilustrasi seseorang yang terkena salah satu dari 5 gejala utama stroke ringan (Sumber : Freepik/@lifestylememory)
Inspirasi20 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Sales Counter dengan Penempatan Kota Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi. Lowongan Kerja Sebagai Sales Counter dengan Penempatan Kota Sukabumi. (Sumber : Freepik)
Sehat20 Mei 2024, 14:45 WIB

7 Makanan Vegan yang Baik Untuk Kolesterol Tinggi, Turun Secara Alami

Kolesterol tinggi dapat diturunkan secara alami dengan mengkonsumsi makanan vegan seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan. Jika dikonsumsi secara rutin akan membantu mengolah kadar kolesterol dan terhindar dari jantung
Ilustrasi makanan vegan yang perlu dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi (Sumber : Freepik.com)
Nasional20 Mei 2024, 14:37 WIB

Caleg Nomor Urut 2 Paling Banyak Ajukan Sengketa ke MK

Masyarakat masih cenderung memilih caleg dengan nomor urut atas.
(Foto Ilustrasi) Perludem mengidentifikasi perkara sengketa pileg 2024 yang tengah bergulir di MK. | Foto: Freepik
Opini20 Mei 2024, 14:36 WIB

Salim Said dan Dua Raja Jawa

Prof. Dr. Salim Said, Guru Besar Universitas Pertahanan Republik Indonesia yang Sabtu (18/5/024) lalu wafat di Jakarta. Indonesia kehilangan seorang analis politik militer yang handal.
Prof. Dr. Salim Said | Foto : cover buku "Dari Gestapu ke Reformasi, serangkaian kesaksian"
Sehat20 Mei 2024, 14:30 WIB

5 Kebiasaan Sehat yang Dapat Mencegah Serangan Penyakit Kolesterol Tinggi

Kebiasaan sehat yang sering dilakukan oleh seseorang akan membantunya tercegah dari kemungkinan terkena serangan penyakit kolesterol tinggi pada tubuhnya
Ilustrasi kebiasaan sehat yang mencegah resiko penyakit kolesterol (Sumber : Pexels.com/@Kampusproduction)
Sehat20 Mei 2024, 14:15 WIB

13 Obat Asam Urat Alami untuk Meredakan Rasa Sakit dan Bengkak di Area Sendi

Obat asam urat alami dapat meredakan rasa sakitnya hingga bengkak di area persendian.
Ilustrasi - Obat asam urat alami dapat meredakan rasa sakitnya hingga bengkak di area persendian. (Sumber : Freepik.com).