5 Fakta Lena dan Leni, Atlet Kembar Sepak Takraw Asian Games 2018

Selasa 14 Agustus 2018, 03:27 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Tak hanya di Timnas U-16 Indonesia, atlet kembar juga hadir di tim sepak takraw yang bersiap ke Asian Games 2018. Bila di tim sepak bola junior ada Amiruddin Bagus dan Amiruddin Bagas yang sama-sama berbakat, di sepak takraw ada Lena dan Leni yang juga sarat prestasi.

Seperti apa sosok Lena dan Leni ini? Berikut sejumlah fakta tentang mereka:

1. Asian Games bukanlah hal baru bagi keduanya. Mereka sudah membela Indonesia pada Asian Games 2014 Incheon, Korea Selatan. Saat itu Lena dan Leni ikut menyumbang dua perunggu bagi Indonesia. Selain itu, medali yang mereka raih adalah 1 perak SEA Games 2017, 3 emas PON 2016, dan 1 emas King's Cup 2016 di Thailand.

2. Keduanya lahir di Indramayu, Jawa Barat, pada 7 Juni 1989. Mereka berasal dari keluarga yang pas-pasan. Ayah mereka, Surtina, seorang buruh tani. Sementara sang ibu, Toniah, seorang ibu rumah tangga. Kesulitan ekonomi membuat mereka juga harus membanting tulang sejak sekolah. Mereka rela bekerja mencuci piring di kantin SMP demi uang saku. "Kami juga membantu orang tua, ke sawah, bantu tetangga cuci baju, cuci piring," kata Lena, seperti dikutip laman Kemenpora.

3. Faktor ekonomi juga jadi motivasi mereka menerjuni sepak takraw pada 2006. "Teman-teman sekolah SMA karena sepak takraw, soalnya di SMA itu atlet-atlet takraw digratiskan sekolahnya, jadi kami pun ikut,” ujar Lena. Toh, kesulitan ekonomi juga tetap membebani. Mereka kerap kesulitan memenuhi kebutuhan alat latihan, seperti sepatu. Kebetulan tetangga mereka ada yang jadi penampung rongsokan. "Yang nggak kejual biasanya dibuang di pinggir sungai, jadi (sepatu itu) kita ambil buat sekolah, buat latihan," kata Lena, dalam postingan Youtube Kemenpora.

4. Semangat pembuktian mengiringi langkah mereka menekuni sepak takraw. "Kami tak ingin mengecewakan yang memberi fasilitas. Mau tak mau harus buktiin. Kini sepak takraw jadi hobi, jadi prestasi. Hobi tapi dibayar kan enak banget," kata Lena. Enaknya sepak takraw juga dirasakan di luar arena. Mereka sudah mendapat pekerjaan dari pemerintah daerah berkat prestasinya. Keduanya juga bisa membiayai orang tuanya naik haji. Mereka mendaftarkan orang tuanya pada 2010 saat mendapat bonus Pekan Olahraga Daerah (Porda) dan ayah-ibu mereka sudah berangkat berhaji pada 2014. "Saat mereka berangkat kami sedang ada di Korea (Asian Games)," kata Lena.

5. Di lapangan keduanya gampang dikenali. Selain wajahnya mirip, kepala mereka selalu dibalut bandana dengan model sama. "Bukan gaya-gayaan. Kalau nggak pakai itu pada lecet dan berdarah kepalanya," kata Lena. Keduanya menyatakan sudah siap tempur untuk Asian Games 2018. Sepak takraw akan dipertandingkan pada 19 Agustus. "Sudah siap. Ibaratnya kalau main besok pun sudah siap. Makin cepat makin baik," kata Leni.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Arena20 Mei 2024, 18:31 WIB

Wabup Iyos Lepas 151 Kontingen Sukabumi di Popwilda Jabar 2024

Lepas 151 kontingen Kabupaten Sukabumi di Popwilda Jabar 2024, ini pesan Wabup Iyos Somantri.
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri saat melepas kontingen Kabupaten Sukabumi di Popwilda Jabar 2024. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sehat20 Mei 2024, 18:30 WIB

3 Ciri Kolesterol Tinggi yang Terlihat di Mata, Segera Periksa Jika Mengetahuinya

Seseorang yang menderita kolesterol tinggi bisa terlihat dari perubahan warna atau sesuatu di dalam matanya. Setelah mengetahui ciri tersebut alangkah baiknya segera menemui dokter untuk diperiksa lebih lanjut
Ilustrasi ciri kolesterol tinggi ini pada mata yang perlu diketahui dan segera diperiksa ke dokter (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sehat20 Mei 2024, 18:15 WIB

5 Makanan Ini Ramah Untuk Diabetes, Bantu Kontrol Gula Darah Secara Alami

Bagi penderita diabetes pasti ketakutan untuk mengkonsumsi gula. Tapi tidak perlu khawatir, karena da beberapa makana yang ramah untuk diabetes dan bantu mengontrol gula darah secara alami
Ilustrasi makanan ramah untuk penderita diabetes bisa kontrol gula darah secara alami (Sumber : Freepik.com)
Life20 Mei 2024, 18:00 WIB

Bacaan Doa Selamat dalam Perjalanan, Amalkan Saat Hendak Pergi Keluar Rumah

Bacaan Doa Selamat Perjalanan, Yuk Amalkan Sebelum Pergi Untuk Beraktivitas.
Bacaan Doa Selamat Perjalanan, Yuk Amalkan Sebelum Pergi Untuk Beraktivitas. (Sumber : Freepik.com /@fanjianhua)
Sukabumi Memilih20 Mei 2024, 17:50 WIB

Poros Dwikora Usung Fikri Abdul Aziz Dampingi Asep Japar di Pilkada Sukabumi: Paket Komplit

Secara terang-terangan poros dwikora mengusung Fikri Abdul Azis di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024, mereka berharap Fikri Abdul Aziz bisa bersanding menjadi wakil bupati mendampingi Asep Japar sebagai calon bupati.
Vega Sukma Yuda selaku juru bicara poros Dwikora saat diwawancarai awak media. Senin (20/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
DPRD Kab. Sukabumi20 Mei 2024, 17:49 WIB

Kaji Raperda Rencana Pembangunan Industri, DPRD Sukabumi Konsultasi ke Biro Hukum Pemprov Jabar

Bapemperda DPRD Kabupaten Sukabumi kunjungan kerja ke Biro Hukum Pemprov Jabar. Konsultasi Raperda Rencana Pembangunan Industri 2024-2044.
Bapemperda DPRD Kabupaten Sukabumi saat konsultasi Raperda Rencana Pembangunan Industri ke Biro Hukum Pemprov Jabar. (Sumber : Istimewa)
Sehat20 Mei 2024, 17:45 WIB

6 Manfaat Olahraga Teratur Bagi Penderita Diabetes, Mempengaruhi Insulin!

Olahraga memiliki peran penting bagi penderita diabetes, salah satunya bisa mempengaruhi insulin agar bisa bekerja dengan baik. Maka dari itu penting sekali bagi penderita diabetes untuk olahraga secara rutin
Bagi penderita diabetes, penting untuk mengetahui 6 manfaat olahraga untuk insulin lebih baik. (Sumber : Freepik/@benzoix)
Gadget20 Mei 2024, 17:30 WIB

Intip Spesifikasi dan Harga HP Tecno Camon 30 Series yang Segera Hadir di Indonesia

Seri terbaru dari smartphone Tecno ini menghadirkan beberapa model dengan spesifikasi dan harga yang beragam.
Seri terbaru dari smartphone Tecno ini menghadirkan beberapa model dengan spesifikasi dan harga yang beragam. (Sumber : tecno-mobile.com).
Sehat20 Mei 2024, 17:15 WIB

Jangan Asal Percaya ! Berikut 7 Mitos dan Fakta Tentang Asam Urat

Banyak mitos yang beredar di tengah masyarakat tentang asam urat. Namun untuk bisa membaca beberapa ulasan mengenai asam urat di dalam artikel ini
Ilustrasi orang dewasa mengalami asam urat di area tangan (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi20 Mei 2024, 17:03 WIB

Bupati Sukabumi Minta OPD Selalu Evaluasi Kinerja Demi Percepatan Target Pembangunan

Bupati Sukabumi Marwan Hamami juga menghimbau semua OPD dapat menjaga jiwa korsa sebagai ASN menjelang pelaksanaan Pilkada 2024.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat memimpin rapat dinas bulan Mei 2024. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)