6 Olahraga 'Asing' di Asian Games 2018: Kurash, Sambo, Kabaddi..

Minggu 22 Juli 2018, 11:50 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pelaksanaan Asian Games 2018 tinggal menghitung hari. Total ada 40 cabang olahraga yang dipertandingkan di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September 2018.

Tak semua cabang itu populer. Bahkan tak sedikit yang mungkin masih terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia. Seperti di bawah ini:

1. Sambo

Sambo merupakan olahraga gulat dari Rusia. Sambo merupakan akronim dari SAMooborona Bez Oruzhiya yag berarti "bela diri tanpa senjata." Seni bela diri ini dipelopori oleh Viktor Spiridonov dan Vasili Oschchepkov. Dalam sejarahnya olahraga ini berkembang pada awal 1920 saat tentara merah soviet berlatih kemampuan tangannya, teknik-teknik sambo juga merupakan campuran dari berbagai teknik seni bela diri lain. Para pelopornya ingin menggabungkan teknik yang ada dalam catch wrestling, judo, juijutsu, dan lain-lain.

2. Kabaddi

Kabaddi berasal dari "kai-pidi" yang artinya "memegang tangan," olahraga ini merupakan olahraga yang cukup populer di negara Asia Selatan seperti India, Pakistan, Bangladesh dan Nepal. Dari segi permainan olahraga ini menggabungkan teknik gulat, kecepatan, dan kelincahan. Kabaddi juga terlihat memiliki kesamaan dengan permainan tradisional gobak sodor yang ada di Indonesia. Satu orang akan maju untuk berusaha menyentuh tangan lawannya, tim yang berhasil mengenai tangan itu akan mendapat poin untuk memenangi pertandingan.

3. Kurash

Kurash merupakan olahraga gulat yang berasal dari Uzbekistan. Para peserta cabang olahraga ini harus berhasil membanting lawannya dengan mengambil bagian seragam lawan. Aturan dalam kurash hanya membolehkan setiap gerakan lewat posisi berdiri. Terdapat 3 sistem penilaian di kurash, yaitu Halal, Yambosh, dan Chala. Halal adalah saat atlet kurash bisa memukul punggung lawan. Yambosh adalah Halal yang tidak sempurna, 2 Yambosh bernilai sama dengan 1 Halal. Sedangkan Chala adalah bentuk Yambosh yang tidak sempurna. Kurash baru pertama kali dilombakan di Asian Games.

4. Roller Sport

Cabang olahraga ini sebenarnya sudah populer di kalangan anak muda, namun lebih sebagai kegiatan keren pengisi waktu luang. Olaraga ini terdiri dari dua jenis: skateboarding dan rollerskate. Meski bermain papan luncur dan sepatu roda sudah lama dikenali, cabang olahraga roller sport ini terbilang baru. Komite Olimpiade Internasional menyetujui olahraga ini untuk dipertandingkan dalam skala internasional untuk menarik minat anak muda. Selain di Asian Games, rencananya akan dipertandingan juga di Olimpiade 2020 di Jepang. 

5. Modern Penthatlon

Anggar, renang, berkuda, lari, dan menembak barangkali sudah lumayan dikenal. Tapi bagaimana jika semua itu disatukan dalam satu pertandingan? Itulah modern penthatlon. Cabang olahraga ini pada dasarnya adalah gabungan lima kemampuan dasar yang diperlukan oleh tentara Yunani kuno dalam menghadapi peperangan. Seorang pria Prancis, Baron Pierre de Coubertin kemudian mencoba mengintegrasikan lima hal itu. Olahraga ini pertama kali dipertandingkan pada 1912 di Olimpiade dan nantinya akan dipertandingkan dalam Asian Games 2018.

6. Soft Tennis

Seperti tenis, olahraga soft tennis ini adalah olahraga yang menggunakan bola kecil dan raket yang lebih kecil dari raket tenis lapangan. Hal yang paling berbeda adalah bola dalam soft tennis yang lebih ringan dibanding bola tenis biasa yang keras. Dalam sejarahnya soft tennis diketahui bermula dari misionaris eropa yang memperkenalkan olahraga tenis ke Jepang. Dari situ kemudian tenis diadaptasi ke dalam kultur Jepang dengan raket dan bola yang disesuaikan. Secara resmi Soft Tennis juga digelar di Jepang, tepatnya pada Asian Games 1994.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Entertainment20 Mei 2024, 16:15 WIB

Ruben Onsu Drop Usai Manggung di Majalengka, Begini Kondisinya Sekarang

Artis Ruben Onsu dikabarkan jatuh pingsan usai manggung di sebuah acara di Majalengka.
Artis Ruben Onsu dikabarkan jatuh pingsan usai manggung di sebuah acara di Majalengka. (Sumber : Instagram @ruben_onsu)
DPRD Kab. Sukabumi20 Mei 2024, 16:02 WIB

DPRD Sukabumi Serukan Momen Harkitnas 2024 Jadi Semangat Kebangkitan untuk Membangun

Di momen Harkitnas dapat menjadi inspirasi kita dalam mengisi kemerdekaan dengan baik dan melakukan pembangunan yang tepat sasaran.
Logo Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas ke-116) | Foto : Ist
Sehat20 Mei 2024, 16:00 WIB

10 Aktivitas Ringan yang Perlahan Bisa Menyembuhkan Penyakit Asam Urat

Dengan menggabungkan aktivitas fisik ringan dengan pola makan sehat dan perawatan medis yang tepat, Anda dapat membantu mengurangi gejala asam urat dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.
Ilustrasi. Rutin Jalan Kaki untuk Turunkan Berat Badan (Sumber : pixabay.com)
Life20 Mei 2024, 15:45 WIB

4 Cara Mengatasi Anak Super Aktif, Salah Satunya Mendorong Aktivitas Fisik

Anak-anak yang memiliki energi tinggi cenderung akan lebih aktif dibanding anak lainnya. Namun jangan khawatir, hal tersebut justru baik untuk perkembangan si kecil selama dalam pola asuh
Ilustrasi anak super aktif yang sedang bermain (Sumber : Pexels.com/@ChrisG)
Sukabumi Memilih20 Mei 2024, 15:39 WIB

Ayep Zaki Dukung Penuh Eksistensi HIMASI Sukabumi

Bakal calon walikota/wakil walikota Sukabumi, Ayep Zaki menyampaikan komitmennya untuk membangun masa depan yang lebih baik. Menurutnya masa depan Kota Sukabumi ditentukan oleh generasi yang akan datang.
Pengurus HIMASI dan H Ayep Zaki (Bakal Calon Walikkota/Wakil Walikota Sukabumi | Foto : Dok. Ayep Zaki
Life20 Mei 2024, 15:30 WIB

10 Tips Sabar Menghadapi Cobaan Hidup yang Menyesakkan Hati

Dengan menerapkan tips-tips sabar, Anda dapat meningkatkan kemampuan untuk tetap sabar dan kuat saat menghadapi cobaan hidup yang menyesakkan hati.
Ilustrasi. Tips Agar Tetap Sabar Menghadapi Cobaan Hidup yang Menyakitkan (Sumber : Pexels/CupOfCouple)
Life20 Mei 2024, 15:15 WIB

Waspada! Inilah 5 Gejala Utama Stroke, Periksakan Sebelum Parah

Ada beberapa gejala stroke ringan yang perlu diwaspadai begitu terasa agar tidak menjadi stroke berat yang akan membahayakan diri. Sebaiknya, diwaspadai kalau terasa
Ilustrasi seseorang yang terkena salah satu dari 5 gejala utama stroke ringan (Sumber : Freepik/@lifestylememory)
Inspirasi20 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Sales Counter dengan Penempatan Kota Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi. Lowongan Kerja Sebagai Sales Counter dengan Penempatan Kota Sukabumi. (Sumber : Freepik)
Sehat20 Mei 2024, 14:45 WIB

7 Makanan Vegan yang Baik Untuk Kolesterol Tinggi, Turun Secara Alami

Kolesterol tinggi dapat diturunkan secara alami dengan mengkonsumsi makanan vegan seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan. Jika dikonsumsi secara rutin akan membantu mengolah kadar kolesterol dan terhindar dari jantung
Ilustrasi makanan vegan yang perlu dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi (Sumber : Freepik.com)
Nasional20 Mei 2024, 14:37 WIB

Caleg Nomor Urut 2 Paling Banyak Ajukan Sengketa ke MK

Masyarakat masih cenderung memilih caleg dengan nomor urut atas.
(Foto Ilustrasi) Perludem mengidentifikasi perkara sengketa pileg 2024 yang tengah bergulir di MK. | Foto: Freepik