Cara Membuat Password yang Aman dan Mudah Diingat

Sabtu 27 November 2021, 08:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Cara membuat password yang aman dan mudah diingat begitu dibutuhkan ketika Anda membuat sebuah akun media sosial, email, M-Banking dan lain sebagainya.

Dilansir dari Tempo.co, keamanan informasi digital merupakan hal yang penting di era disrupsi. Salah satu cara untuk memastikan keamanan digital adalah dengan membuat password yang kuat, tetapi mudah diingat. Dengan pilihan kombinasi karakter yang tepat, password yang kuat dapat tercipta sehingga data dan informasi digital terjaga. 

Namun, membuat password yang bagus ternyata bukanlah pekerjaan yang mudah. Password yang rumit dan panjang memang menawarkan tingkat keamanan yang tinggi. Namun, karena sulit diingat, password yang rumit dan panjang sering kali justru mendatangkan masalah sendiri.

Sementara itu, password yang terlalu pendek dan sederhana juga mendatangkan masalah, yakni terlalu mudah untuk dibobol. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah tips membuat password yang aman, tetapi mudah diingat:

1. Hindari Penggunaan Kombinasi Karakter yang Terlalu Lemah

Beberapa kombinasi karakter yang terlalu lemah membuat password mudah dibobol. Dilansir dari abc4.com, beberapa kombinasi yang terlalu lemah, antara lain 123456, password123, 111111, dan sebagainya. Beberapa kombinasi tersebut hanya memerlukan waktu kurang dari satu detik untuk dibobol. 

2. Hindari Penggunaan Kata Kunci yang Berhubungan dengan Identitas Pribadi

Beberapa orang tidak jarang menggunakan identitas pribadi sebagai komponen untuk membuat password, seperti nama, tanggal lahir, nomor KTP, dan sebagainya.

Dilansir dari support.google.com, menggunakan identitas pribadi sebagai komponen penyusun password merupakan hal yang berbahaya. Selain mudah dibobol, password yang terdiri dari identitas pribadi berpotensi membuat pemilik akun kehilangan dua jenis informasi sekaligus, yakni informasi mengenai akunnya dan informasi pribadinya yang terkandung di dalam password. 

3. Gunakan Kata Kunci yang Mudah Diingat, tetapi Jarang Diketahui

Cukup sulit mencari kata kunci yang mudah diingat tetapi jarang diketahui. Beberapa orang biasanya akan menggunakan identitas pribadinya sebagai komponen password yang mudah diingat. Namun, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk membuat komponen password yang mudah diingat, tetapi jarang diketahui.

Dilansir dari hostgator.com, beberapa penggalan kata dari lagu, film, atau buku favorit dapat digunakan sebagai komponen penyusun password. Lagu, film, atau buku favorit tentu merupakan suatu hal yang belum tentu diketahui oleh banyak orang. Karena itu, penggalan kata dari tiga hal tersebut dapat dipakai sebagai komponen penyusun password. 

Sumber: TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi06 Mei 2024, 22:27 WIB

Momen Hardiknas, Diarpus Sukabumi Bicara Program Pendukung Gerakan Merdeka Belajar

Kepala Diarpus Kabupaten Sukabumi Aisah dukung gerakan merdeka belajar agar generasi Indonesia emas bisa tercapai.
Program Pusling Diarpus Kabupaten Sukabumi di SMK Doa Bangsa Palabuhanratu 30 Maret 2024. (Sumber : IG UPP Palabuhanratu)
Sukabumi06 Mei 2024, 21:34 WIB

UPTD PU Sagaranten Tangani Longsor di Irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi

UPTD PU Wilayah Sagaranten melakukan penanganan sementara bencana longsor yang sempat menimbun aliran irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi.
Kabag TU UPTD Wilayah Sagaranten, Ami Amalia saat meninjau  penanganan longsor di Daerah Irigasi (DI) Binongsari, Curugkembar Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 21:19 WIB

Solusi Ayep Zaki Soal SDM hingga Penanganan Kemiskinan di Kota Sukabumi

Ayep Zaki menyebut dua persoalan yang harus diperhatikan di Kota Sukabumi yakni soal peningkatan kapasitas sumber daya manusia, dan soal kemiskinan.
Ayep Zaki dan Fungsionari HIMASI Kota Sukabumi | Foto : Ist
Sehat06 Mei 2024, 21:00 WIB

Terbangun dengan Tidak Nyaman, 10 Tips Jitu Menghentikan Asam Lambung Naik Saat Tidur

Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur.
Ilustrasi - Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik).
Sukabumi06 Mei 2024, 20:27 WIB

Ratusan Perumahan di Kota Sukabumi Belum Serahkan PSU, Ini Upaya DPUTR

DPUTR Kota Sukabumi tengah fokus mengintensifkan upaya pengambil alihan PSU Perumahan.
Kepala DPUTR Kota Sukabumi, Sony Hermanto. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi06 Mei 2024, 20:07 WIB

Anggaran Rp36 M: Jalan Rusak Jampangtengah-Kiaradua Sukabumi Mulai Diperbaiki

Sempat dikeluhkan warga, akhirnya jalan provinsi ruas Jampangtengah - Kiaradua mulai diperbaiki oleh Dinas Bina Marga Dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat.
Perbaikan jalan provinsi ruas Jampangtengah-Kiaradua Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Mei 2024, 20:00 WIB

5 Cara Membantu Anak yang Takut Bertemu Orang Baru, Bunda Harus Tahu Nih

Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru.
Ilustrasi - Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 19:31 WIB

Resmi Berkoalisi dengan 4 Partai, PKS Usulkan Tiga Nama untuk Calon Bupati Sukabumi

Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kabupaten Sukabumi sudah resmi berkoalisi dengan empat partai lainnya, yaitu PKB, Demokrat, PDIP dan PAN.
M. Sodikin, Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi | Foto : Syams
Life06 Mei 2024, 19:00 WIB

13 Cara Sederhana Mengatasi Asam Lambung atau GERD yang Bisa Anda Lakukan

Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.
Ilustrasi seorang perempuan mengalami asam lambung (gerd) - Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.| Foto : Freepik/@diana.grytsku
Sukabumi06 Mei 2024, 18:40 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi

Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi soal Ketahanan pangan hingga pariwisata.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat menandatangani MoU kerja sama dengan Pemkot Bekasi. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)