5 Tips Cegah Kebocoran Data Pribadi Pada Smartphone Anda

Rabu 26 Mei 2021, 09:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kasus kebocoran data pribadi marak terjadi dikarenakan sejumlah layanan aplikasi smartphone mengalami cacat atau bug yang memungkinkan pihak-pihak tak bertanggung jawab memanfaatkan situasi tersebut untuk mencuri data-data pribadi seseorang hingga menyalahgunakannya. Namun, ada beberapa cara untuk mencegah kebocoran data terjadi. 

Ada sejumlah layanan penyedia aplikasi smartphone yang memang sudah terpercaya menyajikan berbagai aplikasi yang aman untuk digunakan kepada para penggunanya, sebut saja seperti Google Play Store untuk sistem operasi Android, Apple dengan cara premium dan eksklusif menyediakan aplikasi di AppStore nya untuk pengguna sistem operasi iOS.

Meskipun kedua platform tersebut mengklaim bahwa aplikasi yang mereka sajikan sudah melalui berbagai tahapan atau saringan sebelum akhirnya bisa digunakan secara layak oleh para penggunanya, tetapi celah ketidaksempurnaan dalam setiap aplikasi tersebut pasti akan terjadi.

Para pencuri data atau sebut saja hacker (peretas, red), selalu memanfaatkan kecacatan aplikasi tersebut guna mendapatkan data-data pengguna lalu menggunakannya secara bebas tanpa sepengetahuan pemilik data.

Data-data yang biasa dicuri yakni seperti alamat email, nomor telepon, lokasi pengguna bahkan password setiap sosial media para pengguna bisa saja mereka (hacker) bobol atau bajak.

Dengan masih adanya kelemahan dari pihak platform penyedia aplikasi tadi, juga perlunya keterlibatan pembuat dan pengembang aplikasi dalam hal meningkatkan aspek keamanan setiap aplikasi yang mereka ciptakan, berikut sejumlah tips yang dapat menghindari terjadinya kebocoran data pada smartphone Anda.

Baca Juga :

1. Aktifkan Autentikasi Dua Faktor (2FA)

photo(Ilustrasi) Autentikasi Dua Faktor (2FA) - (freepik.com)</span

Fitur ini sedang ramai digaungkan oleh setiap platform aplikasi, bukan tanpa alasan karena seiring banyaknya terjadi kasus pencurian data, maka sejumlah pengembang aplikasi melakukan berbagai pembaruan terhadap aplikasi mereka, salah satunya menciptakan fitur Autentikasi Dua Faktor atau 2FA ini.

Fitur ini bertugas memberikan keamanan berlapis saat pemilik smartphone atau bahkan bukan pemilik, diharuskan mengirim sebuah kode khusus kepada aplikasi lainnya.

Misal, Instagram menyediakan fitur ini dengan gambaran, jika Anda baru saja logout dari akun Anda, lalu Anda ingin masuk (login) lagi ke akun Anda, meskipun Anda mengetahui password login tersebut, nantinya Instagram akan meminta Anda memasukan sejumlah kode khusus yang dikirim melalui SMS atau email untuk dapat masuk atau mengakses akun Anda tersebut.

Tentunya, fitur ini dapat diaktifkan oleh para pemilik smartphone dengan cara menyiapkan nomor telepon yang bersedia menerima SMS 2FA atau email yang juga selalu aktif dan responsif menerima notifikasi dari fitur ini.

Dengan kata lain, meskipun hacker tersebut mengetahui password login akun Anda, mereka tetap akan kesulitan masuk ke akun Anda jika tidak menerima SMS atau email yang berisi kode yang dikirimkan fitur 2FA tadi.

2. Jangan Pernah Memberikan Informasi Akun Anda Kepada Siapapun

photo(Ilustrasi) Seseorang sedang berbisik memberikan informasi akun pribadinya kepada orang lain - (shutterstock.com)</span

Sangat berbahaya sekali jika Anda memberikan secara bebas informasi mengenai password akun sosial media atau aplikasi Anda, alamat email dan password Anda atau nomor telepon Anda kepada orang yang tidak Anda kenal.

Jangankan kepada orang yang tidak Anda kenal, sebaiknya Anda tetap berhati-hati juga memberikan akses pribadi ini meski kepada orang dekat seperti keluarga atau sahabat sekalipun. 

Jangan sampai Anda menyesali telah memberikan akses akun Anda kepada orang lain, setelah Anda mengalami kebocoran data pribadi atau akun Anda diretas oleh orang lain.

3. Buatlah Kata Sandi yang Unik dan Rumit

photo(Ilustrasi) Membuat password di smartphone - (techtimes.com)</span

Usahakan setiap kali Anda diharuskan membuat sebuah password untuk akun sosial media ataupun aplikasi tertentu, buatlah password yang unik dan rumit.

Hindari membuat password yang gampang ditebak oleh orang lain seperti tanggal lahir, nama panggilan, nama hewan peliharaan, nama idola atau apapun itu yang sangat menggambarkan tentang diri Anda, hindari menggunakan password semacam itu.

Usahakan membuat password dengan berbagai kombinasi huruf alfabet, angka, simbol dan lainnya, bahkan jika Anda ternyata mampu menulis dalam bahasa asing atau bahasa planet lain, gunakanlah bahasa tersebut untuk dijadikan password Anda agar aman dan tidak mudah ditebak oleh orang lain.

4. Jangan Pernah Menautkan Akun Sosmed Anda

photo(Ilustrasi) Sosial Media - (pixabay.com)</span

Beberapa aplikasi memang menyediakan fitur untuk ikut mencantumkan beberapa akun sosial media Anda agar tampil di aplikasi. 

Tetapi, dibalik semua itu ternyata ada celah keamanan yang dapat dibobol oleh para peretas dengan memanfaatkan fitur ini.

Apalagi jika aplikasi yang Anda install tersebut, dari segi ulasan, nilai dan peringkat sangat meragukan lalu ada fitur seperti ini di dalamnya, lebih baik hindari menautkan akun sosial media Anda ke dalam aplikasi tersebut.

5. Perhatikan Setiap Akses Izin Privasi atau Fitur di Smartphone Anda

photo(Ilustrasi) Sejumlah aplikasi membutuhkan akses ke berbagai fitur seperti lokasi, kontak, foto hingga kamera - (discussions.apple.com)</span

Biasanya, beberapa aplikasi membutuhkan akses ke microphone, nomor telepon, galeri, kamera, hingga lokasi untuk dapat menjalankan aplikasi tersebut dengan lancar.

Namun, ada sejumlah modus yang dilakukan oknum pengembang aplikasi, mereka akan meminta akses tersebut ketika Anda baru saja menginstall aplikasi mereka, tetapi secara diam-diam mereka (peretas) ternyata mengakses sejumlah fitur smartphone Anda dari jarak jauh tanpa sepengetahuan Anda.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat05 Mei 2024, 14:00 WIB

7 Pengobatan Rumahan untuk Mengatasi Sakit Lambung, Instan dan Efektif

Sakit lambung bisa diatasi dengan pengobatan rumahan untuk menenangkannya.
Ilustrasi - ASakit lambung bisa diatasi dengan pengobatan rumahan untuk menenangkannya. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Life05 Mei 2024, 13:30 WIB

Kenali Dampak Buruknya! 6 Bahaya Perselingkuhan Orang Tua kepada Anak

Perselingkuhan orang tua tentu akan berdampak buruk terhadap anak. Hal ini yang seharusnya dihindari oleh orang tua demi keutuhan keluarga
Ilustrasi - Perselingkuhan orang tua tentu akan berdampak buruk terhadap anak. Hal ini yang seharusnya dihindari oleh orang tua demi keutuhan keluarga. (Sumber : Pexels/Junery Docto).
Sukabumi05 Mei 2024, 13:19 WIB

Pelaku Duel Maut Pelajar SMP di Cikembar Sukabumi Ditangkap, Polisi Sebut Ada Peran Alumni

Tangkap pelaku duel maut yang tewaskan pelajar SMP di Cikembar Sukabumi, polisi sebut ada peran alumni dalam kejadian ini.
Ilustrasi borgol. Polisi tangkap pelaku duel maut yang tewaskan pelajar SMP di Cikembar Sukabumi. |Foto: Pixabay/jhusemannde.
Sehat05 Mei 2024, 13:00 WIB

Diet Kolesterol: 10 Makanan Dianjurkan Dikonsumsi dan Mana yang Harus Dihindari!

Beberapa makanan ini dianjurkan dimakan dan diantaranya harus dihindari bagi penderita kolesterol.
Ilustrasi gorengan - Beberapa makanan ini dianjurkan dimakan dan diantaranya harus dihindari bagi penderita kolesterol. | (Sumber : instagram/@inspirasianeka_gorengan)
Sukabumi05 Mei 2024, 12:39 WIB

Puluhan Tahun Rusak, Jembatan Gantung Cibodas di Cidadap Sukabumi Bikin Waswas Warga

Belum tersentuh pemerintah, Jembatan gantung Cibodas yang puluhan tahun menjadi akses penghubung dua kecamatan di Cidadap Sukabumi ini bikin waswas warga.
Kondisi jembatan gantung Cibodas penghubung dua kecamatan di Kabupaten Sukabumi yang rusak, Sabtu (4/5/2024). (Sumber : Istimewa/Bayong Hasan)
Sukabumi Memilih05 Mei 2024, 12:30 WIB

Ayep Zaki Gelar Aksi Sosial Bagi-Bagi Tempe dan Jalan Santai Bersama Warga Sukabumi

Kegiatan bagi-bagi tempe ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Bacalon Wali Kota Sukabumi Ayep Zaki terhadap ekonomi masyarakat lokal.
Bacalon Wali Kota Sukabumi Ayep Zaki menyapa langsung masyarakat dengan kegiatan bagi-bagi tempe dan jalan santai di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi, Minggu (5/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Bola05 Mei 2024, 12:00 WIB

Jadwal Lengkap Championship Series Liga 1 2023/2024, Persib Lawan Bali United!

Jadwal Championship Series telah dirilis dan Persib siap menghadapi Bali United.
Jadwal Championship Series telah dirilis dan Persib siap menghadapi Bali United. (Sumber : Freepik.com/@fwstudio/Ist).
Life05 Mei 2024, 11:45 WIB

6 Dampak Buruk Sering Bertengkar di Depan Anak, Orang Tua Wajib Tahu!

Sering bertengkar di depan anak rupanya tidak baik. Oleh sebabnya, setiap orang tua harus lebih hati-hati jika sedang berselisih, jangan ditampakkan di hadapan anak.
Ilustrasi. Bertengkar di depan anak. | Sumber foto : Pexels/Monstera Production
Sukabumi05 Mei 2024, 11:09 WIB

Duel Maut Satu Lawan Satu, Pelajar SMP di Cikembar Sukabumi Tewas Dibacok Celurit

Berikut kronologi kejadian duel maut satu lawan satu ala gladiator pelajar SMP di Cikembar Sukabumi. Satu orang tewas dibacok celurit.
Ilustrasi duel satu lawan satu. Pelajar SMP di Cikembar Sukabumi tewas dibacok celurit. (Sumber : Free)
Sehat05 Mei 2024, 11:00 WIB

8 Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan, Rempah Untuk Menurunkan Asam Urat

Yuk Ketahui Sederet Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan, Salah Satu Rempah Untuk Menurunkan Asam Urat hingga Mengatasi Nyeri Gigi.
Ilustrasi. Cengkeh mengandung sejumlah antioksidan yang dapat membantu melawan kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas dalam tubuh. Foto: Instagram/@spinus.official