10 Aplikasi yang Bikin Baterai HP Cepat Habis, Ada WhatsApp dan TikTok!

Minggu 25 Desember 2022, 19:00 WIB
Ilustrasi Aplikasi yang Membuat Baterai HP Cepat Habis (Sumber : Pexels)

Ilustrasi Aplikasi yang Membuat Baterai HP Cepat Habis (Sumber : Pexels)

SUKABUMIUPDAT.com - Ada beberapa aplikasi yang menyebabkan baterai HP cepat habis. Hal itu biasanya karena aplikasi tersebut membutuhkan energi lebih besar untuk beroperasi, seperti pada aplikasi game.

Selain karena aplikasi membutuhkan energi yang besar, baterai HP cepat habis juga karena beberapa aplikasi cenderung kamu gunakan lebih lama, contohnya seperti aplikasi untuk menonton video.

lantas apas saja aplikasi yang membuat baterai HP cepat habis? Simak penjelasannya dibawah ini seperti melansir dari HiTekno.com.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Hotel di Sukabumi untuk Staycation saat Libur Nataru

1 Snapchat

Snapchat adalah salah satu aplikasi yang tidak ramah terhadap baterai smartphone. Layanan notifikasi akan membuat HP sibuk dan menyedot baterai. 

Snapchat juga menggunakan layanan lokasi untuk melaporkan lokasi pengguna secara real-time. 

Ini adalah fitur di Snapchat yang dapat kamu aktifkan atau nonaktifkan tergantung keingin. Snapchat adalah aplikasi kamera dengan fitur obrolan dan cerita video. Itulah alasan utama menggunakan banyak baterai.

2 Netflix

Netflix adalah salah satu aplikasi yang paling menguras baterai. Netflix juga mengirimkan pemberitahuan, dan itu adalah alasan lain untuk menguras baterai. Kamu dapat membatasi waktu layar dengan menggunakan Netflix.

3 YouTube

YouTube adalah favorit semua orang. Sebagian besar dari kita menghabiskan banyak waktu menonton video dan Vlog, tetapi ada satu hal, aplikasi streaming ini menghabiskan sebagian besar daya baterai. Kamu dapat membatasi waktu menonton YouTube dengan menggunakan fitur "Ingatkan saya untuk istirahat" di dalam aplikasi.

4 Facebook

Aplikasi jejaring sosial terbesar ini juga menggunakan baterai dalam jumlah yang sangat besar. Aplikasi ini berjalan di latar belakang, menyinkronkan pembaruan, dan kontak menjalankan layanan notifikasi dan memiliki banyak proses latar belakang.

5 Messenger

Messenger adalah salah satu aplikasi perpesanan yang bertanggung jawab atas pengurasan baterai tertinggi. 

Ini berjalan di latar belakang seperti Facebook. Itu menyinkronkan kontak dan mendorong pemberitahuan dari waktu ke waktu. 

Kamu tidak dapat mengirim pesan di Facebook tanpa menginstal messenger, yang mengecewakan.

Kamu dapat menginstal Messenger Lite untuk Android dan iOS, yang dirancang untuk smartphone kelas bawah. Aplikasi ini menggunakan lebih sedikit baterai.

6 WhatsApp

WhatsApp adalah aplikasi perpesanan favorit semua orang dan memiliki lebih dari satu miliar pengguna. Aplikasi berjalan di latar belakang dan akan menguras baterai jika digunakan.

7 TikTok

TikTok menggunakan banyak baterai karena merupakan aplikasi sosial lain dengan fitur pemutaran dan perekaman video.

Pengurasan baterai akibat aplikasi ini bisa diminimalkan dengan mematikan notifikasi yang tidak perlu dan membatasi penggunaannya. 

Cobalah untuk tidak menggunakan aplikasi pada data seluler karena secara drastis mempengaruhi baterai dengan dua cara.

8 Instagram

Kamu mungkin juga akan menonton untuk waktu yang lama, dan Instagram dikenal dengan pra-pemuatan konten yang agresif sehingga dapat mengikuti pengguliran cepat. 

Faktor-faktor ini menjadikan Instagram salah satu aplikasi yang menghabiskan baterai lebih cepat daripada yang lain. Selain itu, Instagram mengandalkan layanan lokasi secara real time.

9 Google News

Aplikasi Google News adalah salah satu aplikasi berita gratis terbaik yang tersedia, tetapi menghabiskan baterai karena aktivitas latar belakang yang berkelanjutan. 

Itu membuat kamu tetap up to date tetapi dengan mengorbankan baterai. Kamu dapat mematikan notifikasi atau peringatan berita untuk menghemat masa pakai baterai.

10 Flipboard

Flipboard adalah aplikasi berita intuitif yang dapat disesuaikan dengan minat pengguna. Kamu bisa mendapatkan cerita pilihan dan artikel berbasis minat. 

Namun, itu menghabiskan baterai seperti setiap aplikasi lain dengan akses notifikasi. Kamu dapat mematikan notifikasi Flipboard dan proses latar belakang untuk meminimalkan konsumsi baterai.

Itulah 10 aplikasi yang membuat baterai HP cepat habis yang perlu kamu ketahui. Mengubah perilaku kamu jelas merupakan salah satu cara untuk menghemat masa pakai baterai. Semoga informasi ini bermanfaat.

Sumber: HiTekno (Pasha Aiga Wilkins)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Keuangan18 April 2024, 20:30 WIB

Pengunjung Membludak Namun PAD Wisata Belum Maksimal, Ini Respons Bapenda Sukabumi

Bapenda Kabupaten Sukabumi menyoroti soal ramainya wisatawan yang berkunjung di libur Lebaran 2024 namjn tak berbanding lurus dengan pendapatan asli daerah (PAD).
Para pengunjung sedang melakukan aktivitas libur lebaran di objek wisata pantai Karanghawu Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life18 April 2024, 20:00 WIB

10 Alternatif Kegiatan Menyenangkan Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah

Yuk Lakukan Alternatif Hal-hal Menyenangkan Berikut Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah Hidup.
Ilustrasi. Mendengarkan Musik. Alternatif Kegiatan Menyenangkan Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah (Sumber : pixabay.com/@Martine)
Sehat18 April 2024, 19:45 WIB

Pradibetes: 10 Makanan yang Harus Dihindari Agar Tidak Terjadi Lonjakan Gula Darah

Bagi Anda penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga asupan untuk menjaga kadar gula darah.
Ilustrasi Makanan Manis - Bagi Anda penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga asupan untuk menjaga kadar gula darah. (Sumber : YouTube/@Teri Raradini)
Bola18 April 2024, 19:30 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 di Piala Asia, Gratis!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sukabumi18 April 2024, 19:20 WIB

Diduga Rem Blong, Truk AMDK Hantam Angkot di Cicurug Sukabumi

Kecelakaan terjadi di Jalan Nasional Sukabumi-Bogor, tepatnya depan Kantor Kelurahan Cicurug, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, melibatkan Colt Diesel Isuzu dan Angkot, Kamis (18/04/24).
Kondisi Angkot trayek Cibadak-Cicurug usai ditabrak Truk AMDK di depan Kantor Kelurahan Cicurug, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sehat18 April 2024, 19:00 WIB

10 Makanan dan Minuman yang Dianjurkan untuk Penderita Gula Darah

Berikut Beberapa Makanan dan Minuman yang Dianjurkan untuk Dikonsumsi Penderita Gula Darah.
Ilustrasi. Sayuran Hijau Brokoli. Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Gula Darah | Foto: Pixabay/silviarita
Sukabumi18 April 2024, 18:42 WIB

Kecelakaan Tunggal Di Depan SMAN 5 Sukabumi, Diduga Ngerem Mendadak Di Jalan Berpasir

Kecelakaan tunggal dialami Asep Syarif Mulyana (43 tahun) asal Kuningan Jawa Barat (Jabar) di Jalan Sarasa tepatnya di Jalan Sarasa Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi
Asep Syarif Mulyana (43 tahun) asal Kuningan Jawa Barat korban kecelakaan tunggal di Jalan Sarasa Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi | Foto : Ist
Sukabumi18 April 2024, 18:35 WIB

Batu Unik Diduga Benda Prasejarah Ditemukan di Sungai Cikarang Ciracap Sukabumi

Batu unik diduga benda prasejarah berupa batu dakon ditemukan warga di aliran Sungai Cikarang Ciracap Sukabumi.
Bongkahan batu unik diduga batu dakon di aliran sungai Cikarang Ciracap Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat18 April 2024, 18:30 WIB

Asam Urat: Penyebab, Gejala dan 6 Cara Efektif Untuk Mengobatinya

Asam urat dapat menyerang sendi mana pun, namun paling sering menyerang jempol kaki.
Ilustrasi - Asam urat dapat menyerang sendi mana pun, namun paling sering menyerang jempol kaki. (Sumber : Freepik.com).
Life18 April 2024, 18:00 WIB

Bacaan Doa Qunut Subuh: Arab, Latin, Terjemahan dan Ketentuannya

Bacaan doa qunut shalat subuh yang dapat diamalkan umat muslim setiap hari
Bacaan doa qunut shalat subuh yang dapat diamalkan umat muslim setiap hari | Sumber: Freepik (rawpixel.com).