Mengenal Platform Steam, Diblokir Kominfo Karena PSE hingga Bikin Gamers Murka

Senin 01 Agustus 2022, 16:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melakukan tindakan tegas memblokir Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat yang urung mendaftarkan diri pada hari Sabtu (30/7/2022) lalu. Mengejutkannya, terdapat nama Steam dalam daftar situs PSE yang diblokir oleh Kominfo tersebut hingga membuat para pemain game (gamers) dan konten kreator geram.

Melansir dari suara.com, sontak lini masa media sosial dipenuhi dengan amukan para gamers yang kecewa pada langkan Kominfo tersebut. Bahkan, sebuah akun menyindir agar pemerintah tak perlu mendukung ranah eSports dan kembali bermain Zuma.

"Udahlah enggak usah polisitir eSport-eSport lagi, mending kalian maen Zuma aja @kemkominfo," kata @PolJokesID yang dikutip Suara.com, Sabtu (30/7/2022).

Muncul juga beberapa cuitan senada hingga menyertakan tagar #BlokirKominfo yang telah dicuit sebanyak ribuan kali oleh para gamers.

Baca Juga :

Diblokir Kominfo? PayPal, Steam dan Epic Games Trending Topic

photoSteam menjual berbagai permainan video berlisensi dari pengembang besar maupun kecil. - (Steam)</span

Lantas apa itu Steam diblokir Kominfo hingga membuat para gamers murka? Mari berkenalan dengan Steam.

Marketplace game legal ternama

Steam digadang-gadang oleh para gamers sebagai salah satu marketplace atau pasar digital ternama untuk membeli game legal. Pasalnya, Steam menjual berbagai permainan video berlisensi dari pengembang besar maupun kecil.

Bahkan, para pengembang game Indonesia juga telah memperoleh popularitas hingga jagat gaming mancanegara usai menjual gamenya di Steam.

Selain menjual game legal dari berbagai genre, Steam juga menawarkan fitur untuk bersosialisasi dan bermain game bersama dengan gamer lainnya. Pengguna dapat bertegur sapa dengan pengguna lainnya seperti merekomendasikan game, memberikan ulasan untuk sebuah game, hingga sekadar ngobrol santai membahas berbagai topik.

Steam juga menawarkan fitur bermain bersama untuk berbagai game online seperti Dota 2 dan Counter Strike. Melalui Steam, pengguna dapat terhubung dengan pengguna lainnya untuk bermain bersama secara bersamaan dan saling adu kebolehan.

Tak cukup di situ, Steam juga menjadi ladang penghasilan bagi beberapa gamers yang menjual item atau perlengkapan karakter dalam game-game tertentu. Item tersebut bahkan memiliki nilai jual yang tak main-main, lantaran beberapa item langka bisa meraup gocek jutaan Dollar.

Temani gamers selama 19 tahun

Steam sudah berdiri sejak 19 tahun yang lalu, tepatnya dirilis pada 12 September 2003 oleh perusahaan Valve dan pendirinya, Gabe Newell.

Gabe Newell merupakan seorang ahli IT dan mantan pegawai Microsoft, hingga ia keluar dari perusahaan raksasa teknologi tersebut untuk mengembangkan sebua wadah bagi para gamers untuk membeli game secara daring.

Berkat inovasi pria yang akrab disapa Gaben tersebut, para gamers seluruh dunia dapat membeli game tanpa harus keluar rumah. Steam juga memberikan wadah bagi para gamers untuk bermain bersama terlepas dari batasan geografis.

SUMBER: SUARA.COM

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkini
Game21 Juli 2024, 21:00 WIB

9 Cara Mencegah Anak Kecanduan Game Online, Manfaatkan Fitur Parental Controls

Jika kecanduan game sudah mengkhawatirkan, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan psikolog anak atau terapis.
Ilustrasi. Anak bermain gadget. |  Cara Mencegah Anak Kecanduan Game Online Foto: Pixabay
Sukabumi Memilih21 Juli 2024, 20:11 WIB

PKS Resmi Usung Iyos di Pilkada 2024, Ini Kata Mantan Bupati Sukabumi Sukmawijaya

Sukmawijaya blak-blakan soal alasan PKS akhirnya menyatakan dukungan kepada Iyos Somantri untuk maju sebagai Bakal Calon Bupati Sukabumi di Pilkada 2024.
Mantan Bupati Sukabumi yang juga Dewan Pakar DPD PKS Kabupaten Sukabumi, Sukmawijaya. (Sumber : SU/Ibnu)
Life21 Juli 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Malas di Malam Hari Ini Tak Boleh Dicontoh, Begini Solusinya!

Orang malas biasanya tidak membersihkan diri atau tempat tidur dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan gangguan kesehatan.
Ilustrasi. Menonton Film Hingga Larut Malam. Kebiasaan Orang Malas di Malam Hari yang Tidak Boleh Dicontoh (Sumber : Freepik)
Kecantikan21 Juli 2024, 19:00 WIB

11 Rutinitas Skincare di Malam Hari, Gak Cuma Cuci Muka Ya!

Rutinitas Skincare di Malam Hari Gak Cuma Cuci Muka.Pilih serum berdasarkan kebutuhan kulit, seperti serum anti-aging, serum pencerah, atau serum yang mengandung hyaluronic acid untuk hidrasi.
Ilustrasi. Memakai Skincare Malam. Perhatikan reaksi kulit terhadap produk baru dan hindari produk yang menyebabkan iritasi. | Sumber: Freepik.com (artursafronovvvv)
Life21 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW

Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW. Dikisahkan, Zaid bin Tsabit suatu malam mengadu kepada Rasulullah SAW saat semalaman tidak bisa tidur.
Ilustrasi. Membaca Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW (Sumber : Freepik/@freepik)
Internasional21 Juli 2024, 17:46 WIB

Kemlu Pastikan Tidak Ada WNI Korban Serangan Israel ke Pelabuhan Yaman

Kemlu RI memastikan tidak ada WNI yang menjadi korban dalam keganasan serangan Israel ke Pelabuhan Hudaidah, Yaman.
Asap dan api mengepul dari Pelabuhan Hodeidah usai serangan udara Israel di Yaman, 20 Juli 2024. Ledakan terjadi setelah pesawat tempur Israel menyerang pelabuhan tersebut. (Sumber Foto: Houthi Media Centre/Handout via REUTERS)
Inspirasi21 Juli 2024, 17:00 WIB

Sambut Hari Kemerdekaan, PLN Sukabumi Beri Bantuan Sembako dan Edukasi Ketenagalistrikan

Kegiatan PLN UP3 Sukabumi di Gunungguruh Sukabumi ini adalah bentuk nyata dari kepedulian PLN.
PLN UP3 Sukabumi melalui YBM saat memberikan bantuan sembako kepada warga Kampung Karangpara, Desa Kebonmanggu, Kecamatan Gunungguruh. (Sumber : Istimewa)
Musik21 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Inggris พี่ชอบหนูที่สุดเลย I Love You The Most Ponchet ft. VARINZ

Lirik Bahasa Inggris Lagu I Love You The Most Ponchet Feat.VARINZ yang viral yaitu "Cause you're the one that I like, I can't deny. Every night you're on my mind".
Official Lagu พี่ชอบหนูที่สุดเลย I Love You The Most Ponchet Feat.VARINZ. Foto: YouTube/PONCHET
Sukabumi21 Juli 2024, 16:51 WIB

PD Salimah Sukabumi Sosialisasikan UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual

Berikut harapan dan tujuan PD Salimah Kabupaten Sukabumi sosialisasikan UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual atau UU TPKS.
PD Salimah Kabupaten Sukabumi sosialisasikan UU TPKS, ini harapan dan tujuannya. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi21 Juli 2024, 16:21 WIB

Sambut Kemerdekaan RI ke-79, PLN Sukabumi Beri Listrik Gratis untuk Masyarakat

Sambut Kemerdekaan RI ke-79, PLN UP3 Sukabumi melalui ULP Cicurug beri Listrik Gratis untuk masyarakat agar merdeka dari kegelapan.
PLN UP3 Sukabumi melalui ULP Cicurug menyalurkan bantuan penyambungan listrik gratis di empat lokasi. (Sumber : Istimewa)