Warga Sukabumi! AKBP Sumarni Beberkan Tips Cara Membedakan Informasi Hoax dan Tidak

Minggu 01 November 2020, 03:11 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Di era digital seperti saat ini, masyarakat dapat dengan mudah mengakses beragam informasi yang beredar di media sosial. Namun harus menjadi perhatian, sebab informasi tersebut ada yang benar dan ada juga yang merupakan kabar bohong atau hoax.

Cek dan verifikasi menjadi wajib dilakukan, karena apabila informasi hoax tersebut langsung dibagikan, maka bisa saja membawa dampak yang tidak baik di masyarakat. Lalu apa saja yang bisa dilakukan untuk menangkal informasi hoax tersebut? Berikut hasil diskusi dengan Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni dalam acara Tamu Mang Koko Edisi 31 Oktober 2020 di kantor redaksi sukabumiupdate.com.

Apa definisi hoax?

Dalam salah satu referensi buku yang saya baca, hoax adalah berita yang dibelokkan atau menyesatkan, meski tidak sepenuhnya salah. Jadi ada berita yang fakta tetapi dibaurkan dengan yang fiksi. Kemudian ada kandungan kritik dan kandungan kebencian di dalamnya. Tapi ada beberapa pihak juga menyampaikan bahwa hoax itu berita bohong, peristiwa yang dihadirkan berlebihan, ada bagian-bagian yang dihilangkan, dan ada teks yang tidak sesuai dengan gambar.

Bagaimana kita bisa mengenali antara informasi hoax dan informasi yang benar?

Kita mesti melihat sumber yang menyampaikan. Sumber informasi yang menyampaikan berita itu dari mana, apakah kredibel sumbernya. Lalu kontennya apa, kira-kira kontennya bernada sensitif atau tidak. Kalau menurut kita ada tendensi khusus dan tujuan tertentu, misal menyerang pihak tertentu, nah perlu kita verifikasi dulu sebelum kita sebarkan kepada pihak yang lain.

Bagaimana cara paling mudah untuk memverifikasi suatu informasi?

Kalau memverifikasi ya kita cek dulu ini siapa yang menulis, memposting, memproduksi, dan menyebarluaskan. Kemudian isi beritanya apa dan kalau kita bertemu dengan pihak yang memproduksi konten tersebut, kita konfirmasi dan klarifikasi.

Apa yang menyebabkan orang mudah termakan hoax?

Terkadang di beberapa situs itu kan ada clickbait. Jadi situs tersebut menampilkan dulu berita yang lain dan memang menarik untuk dibaca. Kemudian di sana ada tautan untuk menuju konten berita berikutnya, nah di situ disampaikan berita hoax-nya. Memang ada juga jaringan yang memproduksi berita-berita hoax dengan tujuan tertentu. 

Apa tujuan seseorang atau kelompok memproduksi informasi hoax?

Tujuannya ya ketika masyarakat banyak membaca kan otomatis dia banyak dilihat, kemudian iklan masuk. Ujung-ujungnya faktor ekonomi. Kemudian ada juga masalah politik dan tujuan lain seperti membuat keresahan di masyarakat. 

Memang ada masyarakat yang belum mengerti informasi tersebut benar atau tidak, karena ketidakpahaman itu masyarakat langsung membagikan. Namun ada juga masyarakat dan memang dari kelompok pihak yang memproduksi berita hoax itu, kemudian memviralkan berita tersebut ke kelompok lain yang bisa menjadi jejaring mereka. Nanti dia akan meminta tanggapan dari pengamat yang memang perwakilan mereka. Dan itu sudah tersistem.

Simak diskusi lengkapnya di Tamu Mang Koko Edisi 31 Oktober 2020.

Ingat pesan ibu:

Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Jawa Barat29 Maret 2024, 17:02 WIB

KA Pangrango Sukabumi Terlambat 3 Jam Imbas Mogok, KAI Minta Maaf

PT KAI Daop 1 Jakarta menyampaikan permohonan maaf atas gangguan teknis yang dialami KA Pangrango Sukabumi di Stasiun Maseng, Jumat (29/3/2024).
Ilustrasi. KA Pangrango relasi Sukabumi-Bogor. (Sumber Foto: Unplash/Haidan)
Musik29 Maret 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Obsessed Olivia Rodrigo yang Viral

Inilah Lirik dan Terjemahan Lagu Obsessed Olivia Rodrigo yang Viral di TikTok dan YouTube Music. Sudah Dengar?
Official Music Video Lagu Obsessed Olivia Rodrigo. Sumber: YouTube/Olivia Rodrigo
Gadget29 Maret 2024, 16:30 WIB

Waspada! Ini 6 Cara Melindungi HP Agar Tidak Disadap Hacker

Pengguna HP harus melindungi keamanannya agar tidak disadap orang lain. Hal ini penting menjaga data pribadi dan akses rahasia dari kejahatan siber.
Ilustrasi. Cara melindungi HP dari penyadapan. Sumber Foto : Pexels/Castorly Stock
Sehat29 Maret 2024, 16:15 WIB

Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini

Berikut ini beberapa bahan infused water yang cocok untuk penderita asam lambung
Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini (Sumber : Freepik/KamranAydinov)
Sehat29 Maret 2024, 16:00 WIB

6 Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes

Mengurangi atau menghindari makanan tinggi gula dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mengurangi risiko terkena diabetes.
Ilustrasi. Kue Kering. Contoh Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes (Sumber : Freepik/ikarahma)
Kecantikan29 Maret 2024, 15:30 WIB

4 Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih

Artikel ini akan membahas rekomendasi warna rambut yang cocok untuk kulit putih, serta memberikan saran umum tentang cara memilih warna rambut yang tepat untuk Anda.
Ilustrasi. Ilustrasi. Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih. Foto: Dok/SU (pixabay.com)
Bola29 Maret 2024, 15:15 WIB

Prediksi Barito Putera vs PSIS Semarang di Liga 1: H2H, Skor dan Live Streaming

Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia
Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia  (Sumber : jatengprov.go.id)
Life29 Maret 2024, 15:02 WIB

Hati-hati Ya! 7 Hal Kecil Ini Bisa Membuat Kamu Semakin Boros

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pola-pola pengeluaran yang berpotensi merugikan, pembaca diharapkan dapat mengambil langkah-langkah yang lebih bijaksana dalam mengelola keuangan pribadi mereka
Ilustrasi - Hal-hal Kecil yang Bisa Membuat Kamu Semakin Boros (Sumber : pixabay/@savemoney)
Inspirasi29 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat untuk Penempatan Wilayah Karawang. Jobseeker Simak Syaratnya!
Ilustrasi. wawancara kerja. | Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang (Sumber : Freepik.com)
Kecantikan29 Maret 2024, 14:45 WIB

8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba!

Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang paling terlihat dan sering kali menjadi cerminan dari kesehatan dan kesejahteraan kita
Ilustrasi - 8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba! (Sumber : pixabay/@beauty)