7 Cara Mengatasi Kantung Mata Setelah Begadang Tahun Baru

Kamis 02 Januari 2020, 01:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Setelah begadang merayakan tahun baru, Anda mungkin merasa kelelahan. Wajah jadi tidak segar dan muncul kantung mata atau lingkaran gelap di sekitar mata. Sebenarnya kondisi tersebut dipengaruhi oleh usia, genetik, dan pola makan. Tapi kurang tidur dan kelelahan bisa memicu munculnya kantung mata.

Bagi Anda yang ingin langsung beraktivitas, kantung mata mungkin bisa membuat tidak percaya diri. Tak perlu khawatir, ada beberapa cara alami untuk mengatasi kondisi ini, seperti dilansir dari sehatq.com.

1. Mentimun

Mentimun dingin merupakan salah satu solusi terbaik untuk menghilangkan kantung mata. Mentimun memiliki efek pendingin yang dapat mengurangi pembengkakan. Tak hanya membantu menghilangkan kantung mata, mentimun juga mampu mengatasi lingkaran hitam dan kerutan di sekitar mata.

Potong mentimun hingga terbentuk lapisan-lapisan. Simpan lapisan tersebut di lemari es selama 10-15 menit. Lalu, keluarkan dan letakkan dua lapisan pada area mata. Biarkan selama 10-15 menit, dan ulangi beberapa kali dalam sehari.

2. Kantung teh

Meletakkan kantung teh pada area mata merupakan salah satu cara menghilangkan kantung mata secara alami. Kafein yang terkandung di dalamnya dapat mengurangi pembengkakan yang umumnya disebabkan oleh penumpukan cairan di area tersebut.

Rendam dua kantung teh dalam air hangat selama kurang lebih 5 menit. Lalu, letakkan kantung teh pada mata dan tutupi dengan kain. Biarkan selama setengah jam hingga kantong mata mengecil.

3. Sendok dingin

Sendok dingin dapat membantu mengendurkan pembuluh darah, serta mengurangi pembengkakan di area bawah mata sehingga kantung mata perlahan dapat hilang.

Anda hanya memerlukan 4 atau 5 sendok. Lalu, simpan di lemari es selama sekitar setengah jam. Setelah itu, letakkan sendok di mata Anda dengan sisi melengkung menghadap ke bawah. Biarkan selama kurang lebih 15-20 menit, agar rasa dingin meresap ke dalam kantung mata. Lakukan sebanyak dua kali sehari untuk mendapat hasil yang baik.

4. Baking soda

Baking soda dapat meningkatkan aliran darah dan mengurangi kantung mata. Bahan juga dapat membuat kulit mengelupas secara alami hingga memberi cahaya pada kulit bagian bawah mata.

Campurkan 1 sendok teh baking soda dan 1 gelas air. Lalu, celupkan kapas dan peras hingga lembap. Letakkan pada area mata selama 10-15 menit. Setelah itu, lepaskan dan bilas mata dengan air dingin. Ulangi sekali atau dua kali dalam sehari hingga kantung mata hilang.

5. Minyak kelapa

Asam laurat yang terkandung dalam minyak kelapa memiliki sifat anti-inflamasi. Selain itu, Anda juga dapat memberi nutrisi penting pada kulit. Mengaplikasikan minyak kelapa secara teratur dapat membantu menghilangkan kantung mata. Pijatkan minyak kelapa di sekitar mata Anda menggunakan tangan yang bersih. Gerakan searah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam secara bergantian selama beberapa menit. Biarkan semalaman, lalu bilas keesokan harinya. Lakukan setiap malam sebelum tidur.

6. Lidah buaya

Lidah buaya mengandung vitamin dan antioksidan penting yang dapat mengurangi kantung di bawah mata. Selain itu, tanaman ini juga memiliki efek antipenuaan dan membuat kulit merona.

Oleskan gel lidah buaya pada area kantung mata secara perlahan. Biarkan mengering selama 8-10 menit agar menyerap ke dalam kulit. Lalu, bilas dengan air dingin jika sudah selesai. Ulangi dua kali sehari agar kantung mata bisa segera hilang.

7. Putih telur

Putih telur merupakan salah satu bahan alami yang umum digunakan untuk menghilangkan kantung mata. Putih telur memiliki sifat mengencangkan kulit yang dapat membantu menghalau kantung mata dan kerutan.

Pisahkan putih telur dari kuning telur ke dalam mangkok. Lalu, kocok putih telur sampai menebal. Oleskan putih telur pada area kantung mata menggunakan kuas. Biarkan mengering selama 15 menit, lalu cuci dengan bersih menggunakan air hangat. Lakukan sebanyak sekali sehari. Biasanya, hasil akan mulai terlihat dalam beberapa hari.

Cara-cara menghilangkan kantung mata secara alami ini tidak memiliki hasil yang instan. Perawatan ini memerlukan kesabaran dan keteraturan. Jika cara menghilangkan kantung secara alami menimbulkan efek tertentu, seperti iritasi mata, ruam, gatal, atau kemerahan di sekitar mata, segera hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan dokter.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life26 April 2024, 20:30 WIB

Kamu Akan Tetap Miskin Jika 10 Kebiasaan Ini Masih Terus Dilakukan!

Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan.
Ilustrasi - Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan. (Sumber : Freepik)
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer
Keuangan26 April 2024, 20:00 WIB

Sumber Pendapatan Pasif, 6 Manfaat Investasi dalam Pengelolaan Keuangan

Beberapa jenis investasi, seperti saham dividen, obligasi, atau properti sewa, dapat menghasilkan pendapatan pasif secara teratur. Pendapatan dari investasi ini dapat membantu meningkatkan arus kas dan memberikan stabilitas finansial tambahan.
Ilustrasi. Perhitungan Ekonomi. Manfaat Investasi dalam Pengelolaan Keuangan. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)
Life26 April 2024, 19:53 WIB

Terapkan Konsekuensi, Ini 7 Cara Memperbaiki Perilaku Tidak Baik Pada Anak

Ekspektasi orang tua terhadap anaknya kadang membuat mereka tertekan. Maka dari itu, lakukan tips berikut untuk membuat anak memperbaiki perilakunya.
Ilustrasi cara memperbaiki perilaku tidak baik anak / Sumber Foto : Freepik/jcomp
Gadget26 April 2024, 19:30 WIB

3 Cara Mengetahui Password Wifi yang Lupa Melalui HP, Mudah dan Cepat!

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui password wifi yang lupa.
Ilustrasi. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui password wifi yang lupa. (Sumber foto : Pexels/PhotoMIX Company)