Incaran Pedagang Jelang Idul Adha, Ribuan Domba di Pajampangan Sukabumi Siap Kurban

Rabu 29 Mei 2024, 12:51 WIB
Pemeriksaan kesehatan Domba Kurban di Kampung Bedeng Desa Pasiripis Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang

Pemeriksaan kesehatan Domba Kurban di Kampung Bedeng Desa Pasiripis Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Jelang Hari Raya Idul Adha 1445 H / 2024, para peternak atau tengkulak domba di Wilayah Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi, sudah mulai persiapkan domba-domba untuk kurban, baik jenis domba priangan atau lokal, serta jenis domba garut.

Kepala UPTD Peternakan Wilayah Jampang Kulon Gungun Abdulgoni menyatakan dari data sementara ada sekitar 3 ribu domba yang ada di Wilayah Jampangkulon untuk kebutuhan kurban, baik dari petani maupun pengepul.

"Itu datanya turun naik atau fluktuatif, karena banyak juga para pengepul dari Jabodetabek yang turun langsung ke Pajampangan, membeli domba-domba untuk keperluan kurban," ujarnya.

Menurut Gungun, menjelang Hari Raya Idul Adha tahun ini kebetulan sudah mulai masuk musim kemarau, dimana tantangan terberat bagi peternak atau pengepul yakni masalah persediaan pakan, berupa rumput. Hampir seluruh peternak atau pengepul harus kerja ekstra dalam pengadaan rumput, terkadang mereka harus membeli rumput untuk persediaan pakan domba.

Baca Juga: Idul Adha 1444 H, Perumdam TJM Sukabumi Distribusikan 20 Ekor Hewan Kurban

"Harga rumput sudah mencapai Rp25 ribu per kantong isi 50 kilogram. Sedangkan untuk kebutuhan pakan, satu kantong itu biasanya untuk 3 ekor domba, belum pakan sampingan berupa dedak," jelasnya.

Jenis hewan kurban berupa domba untuk memenuhi kebutuhan kurban, sambung Gungun, yang sudah dipersiapkan tentunya sudah mencukupi umur saat disembelih.

"Cukup umur disini ditandai dengan tumbuhnya sepasang gigi tetap, untuk domba berusia 1 tahun," jelasnya.

"Kami pihak UPTD Peternakan Jampangkulon, menjelang Idul Adha nanti, ada pengecekan kesehatan pada domba-domba yang akan dijadikan kurban. Kalau masalah harga, itu relatif dari harga Rp2 juta, hingga Rp5 juta, bahkan kalau jenis domba garut bisa lebih mahal," pungkasnya.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life15 Juni 2024, 10:00 WIB

Bukan Sekadar Modal Ganteng, 10 Tipe Pria yang Pantas Kamu Perjuangkan untuk Jadi Pasangan Hidup

Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa
Ilustrasi - Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa. (Sumber : Freepik.com/@marymarkevich)
Sehat15 Juni 2024, 09:45 WIB

Bolehkah Penderita Diabetes Konsumsi Santan? Simak Alasan dan Makanan Penggantinya

Penderita diabetes wajib mengetahui apakah santan aman dikonsumsi olehnya atau tidak serta bahan makanan pengganti santan yang diperbolehkan
Ilustrasi santan apakah boleh dikonsumsi bagi penderita diabetes (Sumber : Pixabay.com/@Lisa Redfern)
Sukabumi Memilih15 Juni 2024, 09:13 WIB

Juga Merapat ke PPP, Fikri Abdul Ajiz Galang Dukungan untuk Calon Wakil Bupati Sukabumi

Fikri dan tim pemenangannya menyambangi Kantor DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Sukabumi
Fikri menyambangi Kantor DPC PPP Kabupaten Sukabumi, di Jalan Sukabumi-Bogor, Desa Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat, Kamis 13 Juni 2024.
Sehat15 Juni 2024, 09:00 WIB

Idul Adha Makan Daging Tapi Tetap Sehat: 5 Tips yang Harus Anda Lakukan

Menikmati berbagai olahan daging selama Idul Adha adalah bagian dari perayaan, tetapi penting untuk melakukannya dengan bijak.
Ilustrasi Tongseng Sapi - Menikmati berbagai olahan daging selama Idul Adha adalah bagian dari perayaan, tetapi penting untuk melakukannya dengan bijak. (Sumber : via Titipku.com)
Sukabumi15 Juni 2024, 08:30 WIB

Sering Ngamuk Usai Cerai, Pria di Ciracap Sukabumi Dibawa Ke RSJ

Seorang pria bernama AS (58 tahun) di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, dievakuasi oleh pemerintah desa setempat ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) karena sering mengamuk dan membahayakan lingkungan.
AS di dalam kendaraan ambulans RSJ Provinsi Jawa Barat, saat akan berangkat | Foto : Ragil Gilang
Life15 Juni 2024, 08:00 WIB

Bebas LDL, 7 Rutinitas Sehat yang Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat dalam Darah

Berjalan kaki atau lakukan aktivitas ringan selama 10-15 menit bisa membantu mencegah lonjakan kadar kolesterol dalam darah.
Ilustrasi. Aktivitas Fisik. Bebas LDL, Rutinitas Sehat yang Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat dalam Darah (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi Memilih15 Juni 2024, 07:30 WIB

Pilkada Sukabumi: Deden Deni Wahyudin Ikuti Wawancara di DPW Gerindra Jawa Barat

Bakal calon bupati dan wakil bupati Sukabumi, Deden Deni Wahyudin, menghadiri undangan interview atau wawancara dari Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Gerindra Jawa Barat pada Jumat, 14 Juni 2024.
Bakal calon bupati / wakil bupati Sukabumi Deden Deni Wahyudin saat berfoto bersama Ketua DPC Gerindra Jabar, dan Bapilu Jabar | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi15 Juni 2024, 07:01 WIB

Bukit Joglo: Destinasi Hits di Geopark Ciletuh untuk Menikmati Panorama Sukabumi

Bukit Joglo sangat direkomendasikan untuk menikmati pemandangan indah dengan suasana yang sejuk dan nyaman.
Bukit Joglo di Kampung Ciporeang, Desa Ciemas, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Food & Travel15 Juni 2024, 07:00 WIB

Resep Tongseng Rendah Kolesterol, Cara Memasaknya Simpel Cuma 7 Langkah!

Dengan Resep Tongseng Rendah Kolesterol, penderita kolesterol tinggi bisa menikmati tongseng yang lezat dan gurih tanpa khawatir akan kenaikan kadar kolesterol. Selamat mencoba!
Tongseng Sapi (Sumber : YouTube/@Devina Hermawan)
Science15 Juni 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 15 Juni 2024, Cek Dulu Langit di Akhir Pekan

Prediksi cuaca hari ini 15 Juni 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya.
Ilustrasi -  Prediksi cuaca hari ini 15 Juni 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung  dan sekitarnya.(Sumber : Freepik.com/@pvproductions)