7 Wisata Pantai di Sukabumi yang Cocok Untuk Mengisi Libur Lebaran Idul Adha

Jumat 30 Juni 2023, 20:15 WIB
Pantai Karang Gantungan - 7 Wisata Pantai di Sukabumi yang Cocok Untuk Mengisi Libur Lebaran Idul Adha. | (Sumber : Instagram/@rasitapermata)

Pantai Karang Gantungan - 7 Wisata Pantai di Sukabumi yang Cocok Untuk Mengisi Libur Lebaran Idul Adha. | (Sumber : Instagram/@rasitapermata)

SUKABUMIUPDATE.com - Momen libur lebaran Idul Adha bisa dimanfaatkan untuk mengunjungi wisata pantai yang ada di Sukabumi. Ada beberapa wisata pantai recomended yang indah dengan tampilan luar biasa.

Nah, bagi kamu yang belum punya rencana menghabiskan libur lebaran Hari Raya Idul Adha, berikut kami rekomendasikan sejumlah destinasi wisata pantai di Sukabumi dengan panorama yang indah.

Merangkum dari berbagai sumber, inilah 7 wisata pantai di Sukabumi yang cocok untuk mengisi waktu libur lebaran Idul Adha tahun ini.

1. Pantai Karang Gantungan

Pantai Karang Gantungan. | Instagram/@rasitapermataPantai Karang Gantungan. | Instagram/@rasitapermata.

Mirip seperti tanah lot Bali, Pantai Karang Gantungan adalah pantai yang memiliki keindahan berupa karang-karang yang terlihat menggantung di atas air. Letak pantai tersebut berada di Jalan Surade-Ujung Genteng, Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Konsumsi Kopi Hitam Tanpa Gula Untuk Kesehatan

Tempat itu juga sangat cocok untuk spot foto instagramable dengan bentuk pantai yang mirip piramida, atau orang Jampang sendiri menyebutnya bentuk Aseupan. Deburan ombak yang menyentuh karang dan pasir pantai membuat Pantai Karang Gantungan semakin menarik untuk dinikmati.

2. Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng. | Instagram/@kemanaa.idPantai Ujung Genteng. | Instagram/@kemanaa.id.

Pantai Ujung Genteng yang berlokasi di Desa Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ini, sangat cocok untuk menjadi destinasi wisata untuk mengisi waktu libur lebaran.

Jika kamu datang dari Jakarta, waktu tempuh untuk sampai ke pantai Ujung Genteng sekitar 4 jam. Untuk menuju tempat ini kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil.

Lokasi pantai ini sangat jauh dari keramaian, oleh karenanya pantai Ujung Genteng sangat cocok bagi kamu yang ingin menikmati suasana ketenangan. Meskipun lokasinya terpencil, pantai Ujung Genteng menawarkan panorama indah dengan nuansa pepohonan yang menyejukan.

Baca Juga: 5 Bacaan Doa Agar Kamu Segera Dapat Pekerjaan dan Terbebas dari Pengangguran

Untuk masuk ke pantai Ujung Genteng, pengunjung hanya harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 10.000 rupiah saja. Lalu jika kamu membawa kendaraan pribadi, biaya parkirnya hanya sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Saat berkunjung ke tempat ini, kamu bisa melakukan berbagai kegiatan seperti surfing, berenang, bermain pasir dan berswafoto yang instagramable.

3. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong. | UJ Sukma WijayaPantai Karang Bolong. | UJ Sukma Wijaya.

Pantai Karang Bolong sebelumnya merupakan bekas galian penambangan pasir yang akhirnya dijadikan tempat wisata. Letaknya di Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, adalah pantai indah yang wajib dikunjungi.

Daya tarik dari Pantai Karang Bolong selain suasananya yang sejuk, tentunya deburan ombaknya yang sangat ganas. Pantai indah nan eksotis ditambah spot-spot camping dengan hamparan rumput hijau, membuat wisatawan akan betah ketika berada disana.

4. Pantai Cicaladi

Pantai Cicaladi. | Instagram/@biondasinchlairPantai Cicaladi. | Instagram/@biondasinchlair.

Nama pantai ini memang terdengar sedikit asing oleh wisatawan lokal, Pantai Cicaladi sangat berbeda dengan kebanyakan pantai lainnya yang ada di sukabumi. Keunikan dari Pantai Cicaladi adalah lautannya berada di bawah tebing batu.

Pantai Cicaladi lokasinya berada di Desa Sukatani, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dan berdekatan dengan pantai Karang Bolong yang sudah lebih dulu populer.

Baca Juga: Baca Doa Ini Agar Lolos PPDB dan Diterima di Sekolah yang Diinginkan

Meskipun masuk ke tempat ini gratis, wisatawan masih bisa menikmati fasilitas yang tersedia seperti Saung, Mushola dan Warung makan. Daya tarik dari Pantai Cicaladi adalah tebing batu yang berlubang di sekitar pantai dan menjadi spot foto favorit pengunjung.

Pantai ini juga menjadi menyuguhkan panorama indah dengan keindahan sunrise dan sunset yang terlihat menawan. Nah, pemandangan cantik inilah yang jadi nilai plus bagi para pengunjung.

5. Pantai Citepus

Pantai Citepus. | Instagram/@kiwsnaphotoPantai Citepus. | Instagram/@kiwsnaphoto.

Akses untuk masuk ke lokasi ini memang terbilang sangat mudah, Pantai Citepus berada di daerah kawasan Jalan Raya Cisolok-Pelabuhan Ratu. Pantai ini memiliki daya tersendiri dibanding pantai-pantai yang ada di Pelabuhan Ratu.

Pantai Citepus memiliki garis pantai mencapai 3-5 km dan karakteristik dari pasir pantainya berbentuk lebih landai. Selain itu, warna pasirnya juga putih cenderung gelap yang membuat para wisatawan banyak berdatangan ke tempat ini.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Nasi Bakar Lezat di Sukabumi, Gurihnya Bikin Ngiler

Namun, bagi pengunjung yang ingin bermain air laut di Pantai Citepus, sebaiknya berhati-hati. Sebab, pantai ini memiliki deburan ombak yang cukup besar.

Fasilitas di Pantai Citepus bisa dibilang cukup lengkap dengan tersedianya toilet, mushola, warung makan, hingga toko cinderamata.

6. Pantai Karang Hawu

Pantai Karang Hawu. | Instagram/@tijanatimebombPantai Karang Hawu. | Instagram/@tijanatimebomb.

Pantai ini juga aksesnya tergolong cukup mudah. Berlokasi di Desa Cikakak, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Pantai Karang Hawu memiliki panorama unik yaitu kumpulan bukit karang yang menjorok ke laut.

Hal itulah yang menjadikan ciri khas dari Pantai Karang Hawu. Bagi para pengunjung yang ingin datang ketempat ini hanya harus membayar sekitar Rp 2.500 rupiah per orang.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Nasi Liwet Enak di Sukabumi, Aromanya Bikin Perut Keroncongan

Selain menyuguhkan pemandangan alam laut yang eksotis, pengunjung juga dapat menikmati indahnya matahari terbenam. Pantai ini sangat cocok untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga.

7. Pantai Cimaja

Pantai Cimaja. | Instagram/@dennieramonPantai Cimaja. | Instagram/@dennieramon.

Pantai ini cocok bagi pengunjung yang ingin berselancar. Berlokasi di Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Pantai Cimaja dikenal dengan ombak besar dan tempat favorit untuk peselancar lokal maupun mancanegara.

Pantai Cimaja memiliki daya tarik yang dapat memikat pengunjung seperti ombak besar dan air laut yang jernih berwarna biru. Selain untuk berselancar, pantai ini juga menyajikan panorama sunset yang indah dengan deretan bebatuan cantik di sekitar pantai.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Dekat Kota Sukabumi yang Indah dan Wajib Kamu Kunjungi

Maka dari itu, Pantai Cimaja bisa jadi rekomendasi untuk mengisi waktu libur lebaranmu sebelum kembali beraktivitas.

Itulah beberapa pantai indah di Sukabumi yang bisa mengisi waktu libur lebaran. Selamat Liburan.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life29 April 2024, 18:30 WIB

6 Kebiasaan Penting yang Membuat Mental Semakin Kuat dan Matang, Yuk Terapkan!

Menerapkan kebiasaan tertentu akan membantu diri memiliki mental yang kuat dan tidak mudah rapuh dalam menjalani kehidupan yang keras.
Ilustrasi. Memiliki kebiasaan yang membuat mental kuat. Sumber foto : Pexels/ Nothing Ahead
Bola29 April 2024, 18:00 WIB

Baca Doa Ini Agar Timnas Indonesia Menang Melawan Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Mari kita doakan bersama agar Timnas Indonesia dapat meraih kemenangan dan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.
Mari kita doakan bersama agar Timnas Indonesia dapat meraih kemenangan dan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. (Sumber : pssi.org).
Sukabumi Memilih29 April 2024, 17:40 WIB

PKB, Demokrat dan PKS Sepakat Berkoalisi untuk Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024

Deklarasi koalisi PKB, Demokrat dan PKS untuk Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 ini rencananya digelar pada 4 Mei 2024 mendatang.
Hasil pertemuan di teras muara Palabuhanratu, PKB, Demokrat dan PKS sepakat untuk berkoalisi di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 April 2024, 17:30 WIB

6 Cara Berkelas Menghadapi Orang Licik Agar Tidak Diremehkan dan Direndahkan

Menghadapi orang licik harus dengan cara berkelas. Ini langkah supaya orang licik tidak sembarangan menipu daya demi keuntungannya sendiri.
Ilustrasi. Cara berkelas menghadapi orang licik. Sumber Foto : Pexels/Yan Krukau
Musik29 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Semoga Maliq & D'Essentials yang Viral di Medsos

Inilah Full Lirik Lagu Semoga Maliq & D'Essentials yang Sedang Viral di Medsos. Sudah Dengar?
Video Lirik Lagu Semoga Maliq & D'Essentials yang Viral di Medsos. Foto: YouTube/ORGANICessentials
Sukabumi29 April 2024, 16:41 WIB

Viral Video Aksi Tawuran Bersajam di Palabuhanratu Sukabumi, Satu Pelajar Terkapar

Sebuah video viral di media sosial aksi tawuran antar kelompok pelajar dengan menggunakan senjata tajam, diduga berlokasi di Jalan Patuguran, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.
Tangkapan layar video tawuran antar pelajar di Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ist
Film29 April 2024, 16:30 WIB

Drama Korea Queen of Tears Akhirnya Tamat, Cetak Rating Tertinggi di tvN

Drama Korea "Queen of Tears" yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won akhirnya menayangkan episode terakhirnya pada tanggal 28 April 2024.
Drama Korea "Queen of Tears" yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won akhirnya menayangkan episode terakhirnya pada tanggal 28 April 2024. (Sumber : soompi.com)
Sehat29 April 2024, 16:00 WIB

Bantu Kontrol Darah, 9 Manfaat Makan Beras Merah untuk Kesehatan

Serat yang tinggi dalam beras merah membantu mengatur penyerapan glukosa dalam darah, sehingga dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Hal ini bermanfaat bagi penderita diabetes atau individu yang ingin mencegah diabetes tipe 2.
Ilustrasi - Nasi merah. Bantu Kontrol Darah, Manfaat Makan Beras Merah untuk Kesehatan. (Sumber : Freepik.com/@topntp26)
DPRD Kab. Sukabumi29 April 2024, 15:35 WIB

Komisi II DPRD Sukabumi Susun Raperda Penyelenggaran Perhubungan

Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi kini tengah fokus menyusun Rapncangan Peraturan Daerah Tentang Penyelenggaraan Perhubungan (Raperda RPP).
Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi menggelar FGD dengan Organda dan Komunitas Angkot untuk bahan penyusunan Raperda Penyelenggaran Perhubungan | Foto : Ist
Life29 April 2024, 15:30 WIB

6 Tips Mengobati Rasa Sakit Hati Akibat Dikecewakan Pasangan, Yuk Dicoba!

Guna menyembuhkan sakit hati dikecewakan pasangan, maka penting kiranya agar setiap diri memiliki keinginan untuk move on yang tinggi.
Ilustrasi. Cara menyembuhkan sakit hati dikecewakan pasangan. Sumber foto : Pexels/ SHVETS production