Job Fair dan PPDB SMK Cimahi Cicantayan Sukabumi, Salurkan Lulusan Kerja di Luar Negeri

Sabtu 25 Mei 2024, 20:47 WIB
SMK Cimahi Cicantayan menggelar job fair sekaligus PPDB 2024 | Foto : Ibnu Sanubari

SMK Cimahi Cicantayan menggelar job fair sekaligus PPDB 2024 | Foto : Ibnu Sanubari

SUKABUMIUPDATE.com - SMK Cimahi Cicantayan mengadakan Bursa Kerja Khusus (BKK) yang berlangsung di Yayasan Nurul Huda Keradenan, tepatnya di Aula SMK Cimahi Cicantayan, Jl K.H. Damanhuri KM 1 Keradenan RT 13/04, Desa Cimahi, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (25/5/2024), dimulai sekitar pukul 08.00 WIB.

Acara yang diinisasi bersama Lembaga Pendidikan Ketrampilan (LPK) Grand Wisata Cirebon ini tidak hanya bertujuan merekrut tenaga kerja, sekaligus juga untuk menarik minat peserta didik baru untuk bersekolah di SMK Cimahi Cicantayan

Kepala Sekolah SMK Cimahi Cicantayan, Sihabudin menjelaskan melalui Bursa Kerja Khusus ini, kami mengadakan kegiatan job fair untuk penyaluran tenaga kerja baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

"Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi SMK Cimahi Cicantayan, sehingga lulusan dan peserta didik baru dari sekolah ini semakin berkualitas. "Sesuai dengan moto kami yaitu Giat, Rajin, Evaluasi, Akhlak, dan Takwa (GREAT)," ," ujar Sihabudin kepada sukabumiupdate.com, di lokasi.

Menurut Sihabudin, saat ini SMK Cimahi Cicantayan tengah membuka pendaftaran peserta didik baru (PPDB). Setelah menutup PPDB gelombang pertama, sekolah ini kini memberikan kesempatan bagi calon peserta didik baru untuk mendaftar hingga 15 Juni 2024 untuk gelombang kedua dan hingga 18 Juli 2024 untuk gelombang ketiga.

Baca Juga: Lowongan Kerja Sebagai Helper Minimal Lulusan SLTA/SMU/SMA di Minimarket Sukabumi

"Kami berharap dapat menjaring calon siswa-siswi yang memiliki semangat belajar tinggi dan siap untuk dikembangkan menjadi tenaga kerja yang berkualitas dan kompeten," ujar Sihabudin.

Di tempat yang sama, Pengelola Lembaga Pendidikan Ketrampilan (LPK) Grand Wisata Cirebon, Ali Wardana menuturkan, job fair ini kali ini bertujuan untuk penempatkan tenaga kerja di Eropa Timur, khususnya dalam bidang perakitan mobil.

Ali Wardana yang juga perwakilan dari PT Tenrianwaru Elit Internasional dan sektor pariwisata, menyampaikan bahwa job fair ini telah digelar di beberapa kabupaten dan kota di Jawa Barat, termasuk salah satu SMK di Cirebon.

Para peserta job fair SMK Cimahi Cicantayan Sukabumi | Foto : Ibnu SanubariPara peserta job fair SMK Cimahi Cicantayan Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari

"Kami dari PT Tenrianwaru Elit Internasional dan juga pariwisata mengadakan job fair ini atau open recruitment di beberapa kabupaten dan kota di Jawa Barat yang sudah berjalan di salah satu SMK di Cirebon," ujar Ali.

Ali menjelaskan bahwa kesempatan kerja di Eropa Timur sangat luas, mencakup ribuan posisi, termasuk di hotel dan restoran. Namun, pada kesempatan kali ini, fokus utama adalah perakitan mobil di Slovakia.

"Untuk perakitan mobil ini diperuntukan bagi semua lulusan SLTA sederajat, tinggi badan minimal 168 sentimeter, dan memenuhi kualifikasi, salah satunya adalah mempunyai pengalaman kerja 6 bulan di bidang perakitan motor atau mobil," jelasnya.

"Tapi di hotel dan restaurant itu tinggi badan bebas, yang penting mempunyai kemampuan bahasa Inggris yang bagus," lanjutnya.

Baca Juga: Lowongan Kerja di Jakarta untuk Lulusan SMA/SMK Bidang Operation

Menurut Ali, tingginya permintaan lapangan kerja dari Eropa Timur menjadi salah satu alasan utama mereka berkeliling di berbagai kabupaten dan kota di Jawa Barat.

"Salah satu tendensi kita berkeliling di kabupaten dan kota di Jawa Barat karena tingginya permintaan lapangan kerja dari Eropa Timur, di mana berbanding terbalik di negara Indonesia, angkatan kerjanya besar tapi lapangan kerjanya sangat sedikit," katanya.

Untuk proses rekrutmen, Ali menjelaskan bahwa pihaknya mengadakan sosialisasi di sekolah-sekolah, di mana sekolah mengumpulkan para siswa dan alumninya yang memenuhi kualifikasi. Acara ini juga terbuka untuk masyarakat umum di sekitar wilayah tersebut.

"Kita bekerja sama dengan 15 perusahaan di Eropa Timur untuk hotel dan restoran membutuhkan 3.500 orang, dan untuk perakitan mobil membutuhkan 1.500 orang," ujar Ali.

Lanjutnya, Ali menyampaikan pentingnya memiliki visi jauh ke depan bagi para pelamar. Para pelamar harus punya visi jauh ke depan, tidak hanya berkarir di dalam negeri, tapi open-minded internasional.

"Keuntungannya adalah melebarkan atau memperluas jaringan, membuka wawasan, sehingga karir kedepannya bisa lebih bagus tentu dengan penghasilan yang gemilang," pungkasnya.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat27 Juli 2024, 09:00 WIB

7 Cara Mengurangi Risiko Penyakit Jantung Mulai dari Sejak Usia Muda

Kesehatan jantung adalah harta yang tak ternilai. Dengan menjaga gaya hidup sehat, Anda dapat hidup lebih lama dan berkualitas.
Ilustrasi -  Kesehatan jantung adalah harta yang tak ternilai. Dengan menjaga gaya hidup sehat, Anda dapat hidup lebih lama dan berkualitas. (Sumber : pexels.com/Andrea Piacquadio)
Inspirasi27 Juli 2024, 08:00 WIB

Info Loker Teknik di Perusahaan Makanan, Posisi Operator Peralatan

Info Loker Teknik Posisi Operator Peralatan. Rekrutmen Pegawai Tetap untuk posisi Operator Peralatan ini dibuka hingga 18 Agustus 2024 mendatang.
Ilustrasi. Info Loker Teknik (Sumber : Freepik/@pvproductions)
Life27 Juli 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya!

Menghadapi seseorang yang tidak punya rasa bersalah bisa sangat menantang.
Ilustrasi. Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya! (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Science27 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 Juli 2024, Cek Dulu Yuk Langit di Akhir Pekan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024. (Sumber : Pixabay.com).
Inspirasi26 Juli 2024, 22:02 WIB

Jatim Media Summit Bagikan Tips Bikin Konten Video Disukai Penonton di Medsos

Sebelum memulai membuat konten video, alangkah baiknya untuk mengenal audiens atau penonton. Cari tahu apa yang mereka suka dan dibutuhkan.
Jatim Media Summit, Kamis (25/7/2024) | Foto : Ist
Sukabumi26 Juli 2024, 21:26 WIB

Ini Dugaan Penyebab Kebakaran Gudang Limbah Pabrik di Parungkuda Sukabumi

Warga ungkap asal muasal api yang menjadi penyebab kebakaran gudang limbah pabrik di Parungkuda Sukabumi.
Petugas Damkar berjibaku memadamkan kebakaran yang melanda gudang limbah pabrik kain di Parungkuda Sukabumi. | Foto: Istimewa
Jawa Barat26 Juli 2024, 21:11 WIB

16 Rumah Dilaporkan Rusak, Pj Gubernur Jabar Tinjau Lokasi Gempa di Kuningan

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin meninjau sejumlah lokasi yang terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Kuningan, Jumat (26/7/2024).
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat meninjau lokasi terdampak gempa di Kuningan. (Sumber : Humas Jabar)
Sehat26 Juli 2024, 21:00 WIB

Oatmeal Hingga Minyak Kelapa, 7 Cara Mengatasi Kulit Kering yang Dapat Anda Lakukan

Cuaca dingin dan kering, sering mencuci tangan, atau paparan sinar matahari berlebihan dapat membuat kulit kering.
Ilustrasi - Dengan perawatan yang tepat, kulit kering dapat diatasi dan kembali sehat. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi26 Juli 2024, 20:56 WIB

Langganan Banjir, Warga Minta Pengerukan Sungai Cibening Purabaya Sukabumi

Warga berharap adanya penanganan Sungai Cibening Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi yang mengalami pendangkalan serta penyempitan
Forkopimcam dan relawan saat sedang membersihkan Sungai Cibening Purabaya Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Life26 Juli 2024, 20:30 WIB

10 Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita

Senyuman orang yang memiliki dendam mungkin tampak dipaksakan atau tidak tulus. Ekspresi wajah sering kali tidak selaras dengan kata-kata mereka.
Ilustrasi. Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita (Sumber : Pexels/YanKrukau)