Job Fair dan PPDB SMK Cimahi Cicantayan Sukabumi, Salurkan Lulusan Kerja di Luar Negeri

Sabtu 25 Mei 2024, 20:47 WIB
SMK Cimahi Cicantayan menggelar job fair sekaligus PPDB 2024 | Foto : Ibnu Sanubari

SMK Cimahi Cicantayan menggelar job fair sekaligus PPDB 2024 | Foto : Ibnu Sanubari

SUKABUMIUPDATE.com - SMK Cimahi Cicantayan mengadakan Bursa Kerja Khusus (BKK) yang berlangsung di Yayasan Nurul Huda Keradenan, tepatnya di Aula SMK Cimahi Cicantayan, Jl K.H. Damanhuri KM 1 Keradenan RT 13/04, Desa Cimahi, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (25/5/2024), dimulai sekitar pukul 08.00 WIB.

Acara yang diinisasi bersama Lembaga Pendidikan Ketrampilan (LPK) Grand Wisata Cirebon ini tidak hanya bertujuan merekrut tenaga kerja, sekaligus juga untuk menarik minat peserta didik baru untuk bersekolah di SMK Cimahi Cicantayan

Kepala Sekolah SMK Cimahi Cicantayan, Sihabudin menjelaskan melalui Bursa Kerja Khusus ini, kami mengadakan kegiatan job fair untuk penyaluran tenaga kerja baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

"Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi SMK Cimahi Cicantayan, sehingga lulusan dan peserta didik baru dari sekolah ini semakin berkualitas. "Sesuai dengan moto kami yaitu Giat, Rajin, Evaluasi, Akhlak, dan Takwa (GREAT)," ," ujar Sihabudin kepada sukabumiupdate.com, di lokasi.

Menurut Sihabudin, saat ini SMK Cimahi Cicantayan tengah membuka pendaftaran peserta didik baru (PPDB). Setelah menutup PPDB gelombang pertama, sekolah ini kini memberikan kesempatan bagi calon peserta didik baru untuk mendaftar hingga 15 Juni 2024 untuk gelombang kedua dan hingga 18 Juli 2024 untuk gelombang ketiga.

Baca Juga: Lowongan Kerja Sebagai Helper Minimal Lulusan SLTA/SMU/SMA di Minimarket Sukabumi

"Kami berharap dapat menjaring calon siswa-siswi yang memiliki semangat belajar tinggi dan siap untuk dikembangkan menjadi tenaga kerja yang berkualitas dan kompeten," ujar Sihabudin.

Di tempat yang sama, Pengelola Lembaga Pendidikan Ketrampilan (LPK) Grand Wisata Cirebon, Ali Wardana menuturkan, job fair ini kali ini bertujuan untuk penempatkan tenaga kerja di Eropa Timur, khususnya dalam bidang perakitan mobil.

Ali Wardana yang juga perwakilan dari PT Tenrianwaru Elit Internasional dan sektor pariwisata, menyampaikan bahwa job fair ini telah digelar di beberapa kabupaten dan kota di Jawa Barat, termasuk salah satu SMK di Cirebon.

Para peserta job fair SMK Cimahi Cicantayan Sukabumi | Foto : Ibnu SanubariPara peserta job fair SMK Cimahi Cicantayan Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari

"Kami dari PT Tenrianwaru Elit Internasional dan juga pariwisata mengadakan job fair ini atau open recruitment di beberapa kabupaten dan kota di Jawa Barat yang sudah berjalan di salah satu SMK di Cirebon," ujar Ali.

Ali menjelaskan bahwa kesempatan kerja di Eropa Timur sangat luas, mencakup ribuan posisi, termasuk di hotel dan restoran. Namun, pada kesempatan kali ini, fokus utama adalah perakitan mobil di Slovakia.

"Untuk perakitan mobil ini diperuntukan bagi semua lulusan SLTA sederajat, tinggi badan minimal 168 sentimeter, dan memenuhi kualifikasi, salah satunya adalah mempunyai pengalaman kerja 6 bulan di bidang perakitan motor atau mobil," jelasnya.

"Tapi di hotel dan restaurant itu tinggi badan bebas, yang penting mempunyai kemampuan bahasa Inggris yang bagus," lanjutnya.

Baca Juga: Lowongan Kerja di Jakarta untuk Lulusan SMA/SMK Bidang Operation

Menurut Ali, tingginya permintaan lapangan kerja dari Eropa Timur menjadi salah satu alasan utama mereka berkeliling di berbagai kabupaten dan kota di Jawa Barat.

"Salah satu tendensi kita berkeliling di kabupaten dan kota di Jawa Barat karena tingginya permintaan lapangan kerja dari Eropa Timur, di mana berbanding terbalik di negara Indonesia, angkatan kerjanya besar tapi lapangan kerjanya sangat sedikit," katanya.

Untuk proses rekrutmen, Ali menjelaskan bahwa pihaknya mengadakan sosialisasi di sekolah-sekolah, di mana sekolah mengumpulkan para siswa dan alumninya yang memenuhi kualifikasi. Acara ini juga terbuka untuk masyarakat umum di sekitar wilayah tersebut.

"Kita bekerja sama dengan 15 perusahaan di Eropa Timur untuk hotel dan restoran membutuhkan 3.500 orang, dan untuk perakitan mobil membutuhkan 1.500 orang," ujar Ali.

Lanjutnya, Ali menyampaikan pentingnya memiliki visi jauh ke depan bagi para pelamar. Para pelamar harus punya visi jauh ke depan, tidak hanya berkarir di dalam negeri, tapi open-minded internasional.

"Keuntungannya adalah melebarkan atau memperluas jaringan, membuka wawasan, sehingga karir kedepannya bisa lebih bagus tentu dengan penghasilan yang gemilang," pungkasnya.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat20 Juni 2024, 16:15 WIB

3 Penyebab Penderita Diabetes Sering Buang Air Kecil di Malam Hari, Ini Alasannya

penderita diabetes sering mengalami meningkatnya frekuensi buang air kecil alias kencing di malam hari. Berikut sebab yang memicu hal demikian terjadi
Ilustrasi Beberapa penyebab kenapa penderita diabetes kerap buang air kecil pada saat malam hari (Sumber : Pexels.com/@cottonbro studio)
Sukabumi20 Juni 2024, 16:14 WIB

Perlu Uji Endotoksin, Hasil Audit KIPI Bayi di Sukabumi Meninggal Setelah Imunisasi

Kusmana menyatakan pihak keluarga ingin kepastian terkait penyebab kematian.
(Foto Ilustrasi) Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji mengikuti Zoom meeting dengan Komite Nasional KIPI pada Kamis (20/6/2024), membahas kasus bayi meninggal setelah imunisasi. | Foto: Pixabay
Nasional20 Juni 2024, 16:11 WIB

Dari Gunung Putri ke Villa di Sukaraja Sukabumi, Sindikat Uang Palsu Miliaran Rupiah

tersangka YS atau yang akrab disapa Ustad yang diketahui berasal dari Sukabumi berperan mencari lokasi baru yaitu sebuah bangunan villa di Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi.
Pada akhir tahun 2023, Polisi menemukan lembaran uang palsu yang tersimpan dalam peti kayu di salah satu vila di Cibunar, Desa Gedepangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Science20 Juni 2024, 16:00 WIB

9 Fakta Menarik Titik Balik Matahari Juni, Lingkaran Arktik memiliki Siang Hari 24 Jam

Pada titik balik matahari Juni, belahan bumi utara mengalami siang hari terpanjang dan malam terpendek.
Ilustrasi - Pada titik balik matahari Juni, belahan bumi utara mengalami siang hari terpanjang dan malam terpendek. (Sumber : Freepik.com/@bearfotos).
Sukabumi20 Juni 2024, 15:49 WIB

Pria Ini Ditangkap karena Nekat Tabrak Mobil Istrinya di Cibeureum Sukabumi

Polisi mengamankan tiga mobil dan beberapa senjata tajam.
Mobil yang terlibat kejadian di Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi, Selasa, 18 Juni 2024. | Foto: Instagram/@polres_sukabumikota
Sehat20 Juni 2024, 15:45 WIB

Inilah 4 Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Asam Urat Saat Tidur Malam Hari

Saat tidur malam hari, kebanyakan penderita asam urat akan merasakan nyeri asam urat kambuh dan menyiksa sehingga mengganggu jam istirahat mereka.
Ilustrasi Ketahui penyebab dan cara mengatasi nyeri asam urat kambuh saat tidur malam hari (Sumber : Freepik.com/@krakenimages.com)
Food & Travel20 Juni 2024, 15:30 WIB

Awas! 6 Makanan Ini Bisa Menyebabkan Kadar Gula Darah Melonjak Tinggi

Kedelai tanpa pemanis cenderung paling kecil kemungkinannya untuk meningkatkan gula darah, karena kadar gula yang lebih rendah dan kadar protein yang lebih tin
Ilustrasi. Awas Makanan Ini Bisa Menyebabkan Kadar Gula Darah Melonjak Tinggi! (Sumber : Pixabay/Stanias)
Sukabumi20 Juni 2024, 15:23 WIB

Korban Tawuran Pelajar? Remaja Kena Sabetan Celurit di Pabuaran Sukabumi

Korban yang saat ini dirawat di Puskesmas Pabuaran adalah satu orang.
Luka pada kepala remaja yang saat ini ditangani di Puskesmas Pabuaran, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Food & Travel20 Juni 2024, 15:15 WIB

Aman untuk Diabetes, 5 Resep Sarapan Ringan Sehat dan Enak di Musim Panas

Resep memasak sarapan ringan dan enak yang aman dikonsumsi penderita diabetes saat musim panas.
Ilustrasi sarapan ringan dan enak untuk diabetes di musim panas (Sumber : Pexels.com/@LarissaFarber)
Inspirasi20 Juni 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Admin Retur di Minimarket Sukabumi, Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi. Lowongan Kerja Sebagai Admin Retur di Minimarket Sukabumi, Cek Kualfikasinya (Sumber : Freepik/@freepik)