Ratusan Perumahan di Kota Sukabumi Belum Serahkan PSU, Ini Upaya DPUTR

Senin 06 Mei 2024, 20:27 WIB
Kepala DPUTR Kota Sukabumi, Sony Hermanto. (Sumber : SU/Asep Awaludin)

Kepala DPUTR Kota Sukabumi, Sony Hermanto. (Sumber : SU/Asep Awaludin)

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Sukabumi tengah fokus mengintensifkan upaya pengambil alihan Prasarana, Sarana, dan Utilitas Umum (PSU) perumahan untuk dikelola pemerintah daerah di tahun 2024.

Kepala DPUTR Kota Sukabumi, Sony Hermanto mengatakan, dari 109 perumahan yang ada di Kota Sukabumi, baru sekitar 12 perumahan yang sudah menyerahterimakan PSU kepada Pemkot Sukabumi hingga saat ini. Hal itu salah satunya disebabkan karena mayoritas perumahan tersebut sudah tidak ada pengembangnya.

"Perumahan yang ada di Kota Sukabumi ini sebagian besar sudah ada di tahun 1990, 1980 sekian, yang notabene pada saat itu aturannya belum ada sehingga juga si penyedianya saat itu hare-hare (acuh) ya atau tidak serta merta menyerahkan. Nah setelah di tahun 2016 sudah ada aturannya, ternyata setelah survei mayoritas ratusan rumah tersebut sudah tidak ada pengembangannya," kata Sony kepada awak media, Minggu (5/5/2024).

Oleh karena itu upaya DPUTR yang tengah dilakukan saat ini salah satunya dengan upaya jemput bola. Hal itu mengacu sesuai dengan ketentuan pada Peraturan Daerah (Perda) nomor 12 tahun 2016 tentang penyelenggaraan PSU Perumahan. Selain itu, pihaknya juga mengimbau kepada pengembang yang masih acuh untuk menyerahkan PSU kepada pemerintah daerah apabila perumahan telah selesai dibangun dan paling lambat 1 tahun setelah masa pemeliharaan.

"Sejauh ini kami sudah melakukan pencarian pengembang baru untuk mengelola perumahan yang masih belum diserahterimakan. Kalau pengembangnya sudah tidak ada, kami mengambil langkah jemput bola dengan perolehan aset," jelasnya.

"Mekanisme jemput bola ini dengan pencarian pengembang melalui media massa. Itu diumumkan salah satu mekanismenya selama satu bulan di media massa. Langsung kita takeover menjadi perolehan aset, kita buat lagi site plannya dan kita hitung lagi asetnya itu yang kita berita acarakan untuk kemudian kita intervensi," tambahnya.

Baca Juga: Pemkot Sukabumi Terima PSU, DPUTR Sebut Pemeliharaan Selanjutnya oleh Pemda

Sony menerangkan, pada 2024 ini DPUTR menargetkan pemerintah daerah bisa mengambil alih PSU dari tujuh perumahan. Adapun dari kedua belas PSU perumahan yang kini jadi aset Pemkot Sukabumi, ia menyebut baru enam PSU yang sudah diintervensi untuk dilakukan pemeliharaan.

"Enam perumahan yang sudah kita intervensi itu perumahan Selagedang, kemudian Pepabri, Bumi Puri Wirasri, Genteng Puri, Subang Jaya Residen dan yang terakhir Situ Endah," tuturnya.

Menurut Sony, dengan adanya pengambil alihan aset PSU perumahan oleh pemerintah daerah, maka masyarakat di perumahan tersebut tidak perlu lagi memikirkan perbaikan sarana dan prasarana di perumahan.

"Karena kan sudah masuk ke garapan kita, intervensi pemerintah daerah, sehingga warga dengan sendirinya tidak perlu udunan atau patungan untuk benerin jalan," tandasnya. (ADV)

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life24 Juli 2024, 06:30 WIB

16 Kebiasaan Baik yang Bisa Membuat Badan Sehat dan Bugar, Yuk Lakukan!

Kebiasaan Baik yang Bisa Membuat Badan Sehat dan Bugar. Konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, termasuk buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan lemak sehat.
Ilustrasi. Relaksasi agar Tubuh Sehat dan Bugar (Sumber : Pixabay/Irina)
Food & Travel24 Juli 2024, 06:00 WIB

Resep Membuat Rebusan Daun Pepaya, Simpel dan Kaya Manfaat Kesehatan!

Daun pepaya mengandung vitamin A, C, dan E yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Ilustrasi. Daun Pepaya yang Kaya Manfaat Kesehatan (Sumber : Pixabay/HartonoSubagio)
Science24 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 24 Juli 2024, Langit Cenderung Berawan dan Cerah Berawan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Rabu 24 Juli 2024.
Ilustrasi. Prakiraan Cuaca Jawa Barat 24 Juli 2024, Langit Cenderung Berawan dan Cerah Berawan. | Foto: SU/Dede
Sukabumi23 Juli 2024, 22:49 WIB

Polisi Soal Kapal dan Dugaan Pencemaran di Laut Pantai Batu Panganten Sukabumi

Berikut kata Polisi terkait adanya dua kapal yang melintas di perairan Ciracap sehari sebelum air laut Pantai Batu Panganten Sukabumi diduga tercemar BBM Solar.
Kondisi air laut Pantai Batu Panganten Sukabumi yang diduga tercemar BBM Solar. (Sumber : Istimewa)
Nasional23 Juli 2024, 22:07 WIB

Antusias Ikut Jatim Media Summit 2024, Lebih 100 Peserta Sudah Daftarkan Diri

Terhitung 36 jam jelang pelaksanaan puncak JMS 2024 pada Kamis pagi, 25 Juli, tercatat sudah lebih dari 100 calon peserta mendaftarkan diri.
Jatim Media Summit (JMS) 2024. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi23 Juli 2024, 21:01 WIB

Dinkes Sukabumi Siap Tindak Tegas Pelaku Pembuangan Limbah Medis di Parungkuda

Dinkes Kabupaten Sukabumi buka suara terkait temuan limbah medis berupa tabung sampel darah di jalanan Parungkuda.
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Sukabumi Agus Sanusi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Sehat23 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Keajaiban Telur Rebus: Tingkatkan Kesehatan dari Dalam ke Luar

Secara keseluruhan, telur rebus merupakan pilihan makanan yang aman, lezat, dan bergizi.
Ilustrasi. Secara keseluruhan, telur rebus merupakan pilihan makanan yang aman, lezat, dan bergizi.  (Sumber : Freepik/@timolina)
Bola23 Juli 2024, 20:00 WIB

Lawan Persis Solo Menjadi Penentu Persib Bandung ke Semifinal Piala Presiden 2024

Pada laga pamungkas, Persib akan menghadapi Persis Solo di Stadion Si Jalak Harupat pada Kamis (25 Juli 2024). Persib harus meraih kemenangan untuk lolos ke semifinal.
Pada laga pamungkas, Persib akan menghadapi Persis Solo di Stadion Si Jalak Harupat pada Kamis (25 Juli 2024). Persib harus meraih kemenangan untuk lolos ke semifinal. (Sumber : X@persib).
Sukabumi23 Juli 2024, 19:42 WIB

Netralitas ASN Kota Sukabumi Jelang Pilkada Disorot Mahasiswa, Ini Kata Kusmana

Mahasiswa HMI unjuk rasa terkait isu netralitas ASN Pemkot Sukabumi jelang Pilkada 2024.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji saat menemui massa unjuk rasa dari mahasiswa HMI, Selasa (23/7/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Internasional23 Juli 2024, 19:32 WIB

Mengenal Kimberly Cheatle, Wanita Hebat Direktur Dinas Rahasia Amerika Serikat

Kimberly Cheatle adalah seorang petugas penegak hukum yang telah menjabat sebagai direktur ke-27 Secret Service atau Dinas Rahasia Amerika Serikat
Kimberly Cheatle: Direktur Dinas Rahasia Amerika Serikat | Foto : kob.com