Percepatan Pembangunan, Sekda Kota Sukabumi dalam Sosialisasi Penyaluran TKD 2024

Senin 22 April 2024, 13:43 WIB
Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada menghadiri Sosialisasi Penyaluran TKD Tahun 2024 di Kantor KPPN Sukabumi, Senin (22/4/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi

Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada menghadiri Sosialisasi Penyaluran TKD Tahun 2024 di Kantor KPPN Sukabumi, Senin (22/4/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Sukabumi Dida Sembada menghadiri sosialisasi penyaluran Transfer ke Daerah (TKD) tahun 2024 di kantor KPPN Sukabumi, Senin (22/4/2024). Acara ini dihadiri para pejabat dari berbagai instansi terkait.

Kepala KPPN Sukabumi Abdul Lutfi menyampaikan beberapa poin soal penyaluran TKD tahun 2024.

Pertama, sosialisasi penyaluran TKD baru dapat dilaksanakan pada April ini. TKD, baik fisik maupun nonfisik, merupakan kebijakan pemerintah yang bertujuan untuk mendorong kegiatan dan mempercepat pembangunan daerah, khususnya dalam pembangunan ekonomi daerah.

Kedua, penyaluran TKD menjadi bagian penting dari urusan daerah karena daerah memiliki peran vital dalam pembangunan. Oleh karena itu, diharapkan pemerintah daerah dapat mempercepat penyaluran dana transfer dari pusat, terutama untuk pembangunan infrastruktur fisik yang telah mendapatkan dukungan yang cukup besar.

Baca Juga: Selama Lebaran 2024 BPBD Kota Sukabumi Tangani Sejumlah Bencana

Ketiga, perlu adanya input data kontrak sebelum Juni 2024 untuk menghindari hambatan dalam penyaluran dana untuk kegiatan fisik.

Keempat, pemerintah daerah diminta mendorong percepatan penyaluran TKD dengan memenuhi dokumen pendukung yang lengkap dan tepat waktu, sehingga tidak terjadi keterlambatan.

Kelima, fokus utama penyaluran TKD tahun 2024 ini adalah untuk sektor pendidikan, sarana jalan, kesehatan, dan anggaran P3K.

Keenam, terkait Dana Desa, diharapkan tidak ada kasus hukum dalam penyalurannya di tahun 2024 ini agar seluruh alokasi dana dapat tersalurkan dengan baik.

Ketujuh, diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, pemerintah daerah dapat terdorong untuk mempercepat penyaluran TKD dan memaksimalkan pemanfaatannya untuk pembangunan daerah.

Sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah dalam penyaluran TKD, sehingga pembangunan daerah dapat berjalan lebih efektif dan efisien. (ADV)

Sumber: Website KDP Kota Sukabumi

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat29 Mei 2024, 16:45 WIB

6 Obat Rumahan Untuk Sakit Tenggorokan, Yuk Bikin Sendiri!

Perubahan cuaca kadang membuat siapa saja gampang sakit tenggorokan. Adapun salah satu penyebab yang sering menyebabkan sakit tenggorokan adalah polusi udara. ada beberapa obat rumahan yang bisa menyembuhkan sakit tenggorokan
Ilustrasi Teh Madu Jahu yang merupakan salah satu obat menyembuhkan sakit tenggorokan dan bisa dicoba buat obatnya dirumah sendiri (Sumber : Freepik.com/@8photo)
Gadget29 Mei 2024, 16:30 WIB

Performa Gahar Harga 5 Jutaan! 3 Rekomendasi HP dengan RAM 8GB

HP RAM 8GB dengan performa gahar ini sangat layak untuk dimiliki.
Samsung A55 5G - HP RAM 8GB dengan performa gahar ini sangat layak untuk dimiliki. (Sumber : samsung.com).
Sehat29 Mei 2024, 16:15 WIB

7 Pengobatan Rumah Untuk Pilek Ini Bisa Dicoba Jika Tak Suka Minum Obat

Pilek atau flu memang sering menyerang siapa saja. Karena penyakit ini sering terjadi apabila ada perubahan cuaca atau tertular dari orang lain. karena itu orang yang sedang mengalaminya lebih banyak ingin berobat di rumah
Ilustrasi beberapa pengobatan rumah yang bisa dicoba untuk menyembuhkan pilek (Sumber : Freepik.com)
Life29 Mei 2024, 16:00 WIB

10 Cara Menjadi Anak yang Baik untuk Orang Tua, Jadi Pribadi Bertanggungjawab!

Terkait Cara Menjadi Anak yang Baik untuk Orang Tua, Coba Jadilah Orang Bertanggungjawab!
Ilustrasi. Cara Menjadi Anak yang Baik untuk Orang Tua. Sumber: Pixaba/RobynJones
Entertainment29 Mei 2024, 15:30 WIB

Terbang Selama 28 Jam, Alan Walker Temui Guru dan Siswa yang Viral di Medan

DJ ternama Alan Walker secara mengejutkan datang ke SMA AL-Azhar Medan, Sumatera Utara, untuk memberikan kejutan kepada guru bernama Tri Adinata yang sempat viral di media sosial sampai rela terbang 28 jam
Momen Alan Walker bertemu Guru dan Siswa SMA AL-Azhar yang viral di media sosial (Sumber : Instagram @/triadinata91)
Sukabumi29 Mei 2024, 15:20 WIB

Landmark Taman Megalodon Surade Sukabumi Ambruk, Diwarnai Aksi Vandalisme

Landmark Taman Megalodon di Bundaran Surade Kelurahan Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi yang berdiri di dekat tugu Gigi Megalodon mengalami ambruk, dan huruf-hurufnya terlepas.
Kondisi Landmark Taman Megalodon Surade Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life29 Mei 2024, 15:15 WIB

6 Garis Tangan Orang yang Diramal Kaya Menurut Ilmu Palmistry, Kamu Termasuk?

Garis tangan seseorang tentu saja memiliki rahasia masing-masing, termasuk bagaimana nasibnya di masa depan, apakah kaya atau tidaknya terutama pada pencapaian yang akan diraih
Garis tangan seseorang tentu saja memiliki rahasia masing-masing, termasuk bagaimana nasibnya di masa depan yang akan kaya atau tidak (Sumber : Pexels.com/@Mikhailnilov)
Inspirasi29 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Chef’s Bakery Assistant Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini segera daftarkan diri sekarang juga.
Ilustrasi - Lowongan Kerja Chef’s Bakery Assistant Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya. (Sumber : Freepik.com/@DC Studio).
Sukabumi Memilih29 Mei 2024, 14:39 WIB

Dinamai KSM dan Usung Perubahan, Koalisi 6 Parpol Akan Beri Kejutan di Pilkot Sukabumi?

Menjelang perhelatan Pilkada Kota Sukabumi 2024, intensitas komunikasi antara enam partai yang sudah bersepakat membentuk koalisi, yakni, Golkar, Nasdem, PAN, Gerindra, PDIP, serta PPP semakin ditingkatkan.
6 Ketua Parpol di Kota Sukabumi sepakat membentuk Koalisi Sukabumi Maju (Golkar, Nasdem, PPP, PAN, Gerindra dan PDIP) | Foto : Asep Awaludin
Sehat29 Mei 2024, 14:30 WIB

7 Langkah Menurunkan Lonjakan Gula Darah untuk Saat Ini dan Di Masa Depan

Lonjakan gula darah dapat diatasi dengan beberapa langkah tepat.
Ilustrasi - Lonjakan gula darah dapat diatasi dengan beberapa langkah tepat. (Sumber : Freepik/freepik)