Tingkatkan Minat Baca, Ini Berbagai Fasilitas Pelayanan di UPP Surade Sukabumi

Senin 22 April 2024, 11:03 WIB
Kegiatan membaca yang diselenggarakan Diarpus Kabupaten Sukabumi di UPP Surade. | Foto: Istimewa

Kegiatan membaca yang diselenggarakan Diarpus Kabupaten Sukabumi di UPP Surade. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Unit Pelayanan Perpustakaan (UPP) Surade pada Dinas Arsip dan Perpustakaan (Diarpus) Kabupaten Sukabumi yang berlokasi di Jalan Raya Cibarehong RT 11/12 Kelurahan Surade, Kecamatan Surade, dekat Gedung IKM, melakukan upaya peningkatan minat baca warga di wilayah Pajampangan.

Petugas Administrasi Pelayanan UPP Surade Jajang Nurjaman mengatakan jumlah koleksi buku saat ini ada delapan ribu karena ada tambahan dari UPP Jampangkulon. Selain menyediakan ribuan koleksi buku beragam jenis, juga ada lima komputer, ruangan baca dengan kursi dan meja, ruang baca lesehan, audio visual, dan fasilitas lainnya.

Dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat, kata Jajang, pihaknya juga melakukan pelayanan perpustakaan keliling setiap hari ke sekolah di wilayah Jampangkulon, sembilan kecamatan, bahkan saat Ramadhan berkeliling dengan sasaran warga umum, terutama ke tempat-tempat yang di mana dijadikan lokasi ngabuburit.

Baca Juga: Jadwal & Lokasi Pusling Ramadan Diarpus Sukabumi, Ngabuburit Produktif Sambil Baca Buku

"Untuk di perpustakaan seperti biasa buka mulai pukul 08.00-16.00 WIB, Senin hingga Jumat. Selain koleksi buku yang lengkap, kami pun menyediakan sarana lain seperti komputer bagi anak yang mau belajar komputer dasar, bahasa inggris, kegiatan nonton film dokumenter seperti sejarah nabi, tentang alam, menggunakan layar, ada boneka untuk peragaan mendongeng bagi anak TK/PAUD oleh petugas khusus, dan alat menggambar," kata dia kepada sukabumiupdate.com, Senin (22/4/2024).

Jajang mengatakan yang melakukan kunjungan ke UPP Surade adalah mulai anak PAUD/TK, SD, SMP, mahasiswa, dan masyarakat. Rata-rata setiap hari ada 50 pengunjung. Adapun fasilitas ruangan bisa menampung hingga 80 pengunjung karena pihaknya menyediakan dua ruangan yang bisa digunakan.

"Perpustakaan keliling saat ini memang sasarannya ke sekolah di pelosok. Kami sudah punya jadwal, baik atas permintaan sekolah maupun jadwal yang telah kami susun dengan membawa empat ribu koleksi buku. Ini upaya kami membuat terobosan dan inovasi agar minat baca meningkat. Alhamdulillah saat ini minat baca di Sukabumi selatan ada peningkatan. Memang kendalanya adalah jarak, banyak sekolah ingin ke perpustakaan tapi kendala jarak sehingga kami melakukan perpustakaan keliling," ujarnya. (ADV)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Science23 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 23 Mei 2024, Sukabumi Pagi Berawan dan Hujan Siang Hari

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 23 Mei 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 23 Mei 2024. (Sumber : Freepik/wirestock)
Sukabumi22 Mei 2024, 22:29 WIB

Mantan Ketua RT di Surade Sukabumi Tewas Saat Mengembala Kambing

Tergeletak di tengah pematang sawah, mantan ketua RT di Surade Sukabumi ditemukan tewas saat mengembala kambing.
Warga dan petugas kepolisian saat akan mengevakuasi jasad mantan ketua RT di Surade Sukabumi yang ditemukan tewas di pematang sawah saat menggembala kambing. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi22 Mei 2024, 21:31 WIB

Rawan Kecelakaan, Warga Keluhkan PJU Mati di Jalan Sukawayana Sukabumi

Padamnya sejumlah PJU di jalan Sukawayana Cikakak Sukabumi atau jalan utama Palabuhanratu-Cisolok dikeluhkan warga.
Ruas jalan nasional Palabuhanratu-Cisolok di Sukawayana, Desa Cikakak, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi gelap gulita akibat matinya lampu PJU. (Sumber : SU/Ilyas)
Food & Travel22 Mei 2024, 21:00 WIB

6 Makanan Malam yang Bisa Menyebabkan Serangan Asam Urat

Yuk Ketahui Apa Saja Makanan Malam yang Bisa Menyebabkan Serangan Asam Urat. Hindari!
Ilustrasi - Penderita asam urat. Ketahui Apa Saja Makanan Malam yang Bisa Menyebabkan Serangan Asam Urat. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi22 Mei 2024, 20:36 WIB

Ojol Diteriaki Culik di Sukaraja Sukabumi, Polisi Sebut Hanya Keliling dengan Anak-anak

Melihat warga lain kurang kondusif, Dendra berinisiatif melapor ke polisi.
MRA (25 tahun) saat akan diamankan oleh polisi. MRA adalah driver ojol yang diteriaki penculik di Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Rabu (22/5/2024). | Foto: Istimewa
Sukabumi22 Mei 2024, 20:10 WIB

Diduga Korban Tabrak Lari, Pemotor Ditemukan Terkapar di Selokan Cisaat Sukabumi

Saat ini kasus dugaan tabrak lari ini ditangani oleh pihak kepolisian. Pemotor yang ditemukan terkapar di selokan Cisaat Sukabumi sudah diketahui identitasnya.
Tempat kejadian perkara di Jalan Nasional III, Desa Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Life22 Mei 2024, 20:00 WIB

9 Aktivitas Berat di Malam Hari yang Sebaiknya Dihindari Penderita Gula Darah

Mengonsumsi makanan besar atau tinggi karbohidrat dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang signifikan. Aktivitas yang tergolong berat ini bisa diikuti oleh penurunan gula darah mendadak yang mengganggu tidur.
Ilustrasi. Makan Terlalu Banyak. Aktivitas Berat di Malam Hari yang Sebaiknya Dihindari Penderita Gula Darah. (Sumber : Pexels/n-voitkevich)
Sukabumi22 Mei 2024, 19:51 WIB

116 Siswa Bersaing, Disdik Kabupaten Sukabumi Gelar Seleksi Hafiz Tingkat SMP

Kegiatan ini bertujuan melahirkan generasi yang mencintai Alquran.
Kegiatan seleksi dan evaluasi hafiz tingkat SMP se-Kabupaten Sukabumi di SMPN 1 Cikembar, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Rabu (22/5/2024). | Foto: Istimewa
Cek Fakta22 Mei 2024, 19:32 WIB

CekFakta.com Deteksi Dis/Misinformasi, Google Beri Dukungan Guna Berantas Hoaks!

Kerjasama dengan CekFakta.com merupakan salah satu langkah penting GNI dalam memerangi misinformasi dan meningkatkan kualitas ekosistem berita di Indonesia.
Ilustrasi. Penyebaran Berita Melalui Koran. CekFakta.com Deteksi Disinformasi, Google Beri Dukungan Penuh Guna Berantas Hoaks. Foto: Pexels/Pixabay
Film22 Mei 2024, 19:30 WIB

Sinopsis Film Tuhan Izinkan Aku Berdosa Yang Sudah Tayang Di Bioskop Hari ini

Film Tuhan Izinkan Aku Berdosa merupakan karya terbaru garapan sutradara Hanung Bramantyo yang diangkat dari novel best seller karya penulis Muhidin M. Dahlan dan telah tayang di bioskop hari ini
Poster dari Film Tuhan Izinkan Aku Berdosa Yang Sudah Tayang Di Bioskop Hari ini (Sumber : Instagram @/aghninyhaque)