Lumpuh, Wanita Tua asal Sagaranten Sukabumi Ini Butuh Kursi Roda

Selasa 05 Maret 2024, 16:23 WIB
Kondisi memprihatinkan Ade Mintarsih (58 tahun) warga Kampung Sukagalih Kecamatan Sagaranten Sukabumi yang lumpuh akibat sakit stroke. (Sumber : Istimewa)

Kondisi memprihatinkan Ade Mintarsih (58 tahun) warga Kampung Sukagalih Kecamatan Sagaranten Sukabumi yang lumpuh akibat sakit stroke. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Seorang wanita tua bernama Ade Mintarsih (58 tahun) warga Kampung Sukagalih RT 002 /003 Desa Cibitung, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi, sudah hampir satu tahun mengalami lumpuh akibat stroke. Akibat kondisi itu, aktivitas keseharian Ade harus memerlukan bantuan dari keluarganya.

"Sudah lama mengalami kondisi sakit. Sakit yang dideritanya stroke, sesak napas, badan, kaki dan tangannya mengalami bengkak. Sehingga dia tidak bisa jalan," kata Siti, saudara Ade kepada sukabumiupdate.com, Selasa (5/3/2024).

Dengan kondisi itu, lanjut Siti, aktivitas yang Ade lakukan harus memerlukan bantuan. "Saat ingin ke kamar mandi maupun menjemur badannya pun harus dibopong atau digotong," jelasnya,

"Tapi Kalau ada kursi roda, setidaknya bisa meringankan beban," terangnya.

Baca Juga: Pilu Janda Tua di Cidadap Sukabumi: Tinggali Rumah Reyot Urus 5 Anak, 1 Lumpuh

Sementara itu, Kodir suami dari Ade Mintarsih berharap ada bantuan dari pihak terkait, dalam hal ini pihak Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi. "Kami berharap ada bantuan berupa kursi roda buat istri saya," ujar Kodir.

Terpisah, Camat Sagaranten Ridwan Agus Mulyawan mengatakan penyakit yang diderita warganya itu pertama kali didiagnosis menderita sakit gula dan jantung selama empat tahun. Akibat kondisi itu, Ade musti dirawat di RSUD Sagaranten dan RSUD Syamsudin SH (Bunut). Saat ini, kondisi Ade makin memprihatinkan usai menderita penyakit stroke.

"Kondisi saat ini cukup memprihatinkan, tidak dapat berjalan dan 2 hari tidak masuk makanan. Disarankan untuk dirujuk ke RS Syamsudin (Bunut) tapi pihak keluarga tidak berkenan dikarenakan terdapatnya permohonan yang bersangkutan tidak dibawa ke rumah sakit kembali dengan alasan lelah menjalani perawatan selama ini," ungkapnya.

Oleh karena itu Ridwan menyebut pihaknya dari unsur Forkopimcam kemudian mengarahkan agar Ade dirawat jalan di rumah oleh Dokter dari Puskesmas setempat yang dimulai sejak hari Selasa ini.

"Adapun terkait kursi roda, kami sudah berkoordinasi dengan Kepala Desa Cibitung, juga dengan Dinsos dan Kemensos melalui Phala Marta Cibadak," imbuhnya.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat16 Mei 2024, 14:30 WIB

4 Alasan Kenapa Penderita Asam Urat Sebaiknya Tidak Mengkonsumsi Buah Durian

Simak Alasan Kenapa Penderita Asam Urat Tidak Aman Makan Durian, Ternyata Ada Resiko Serangan Asam Urat!
Ilustrasi. Ketahui Alasan Kenapa Penderita Asam Urat Sebaiknya Tidak Mengkonsumsi Buah Durian (Sumber : Pexels/TomFisk)
Entertainment16 Mei 2024, 14:15 WIB

Selamat! Aaliyah Massaid Dilamar Oleh Thariq Halilintar

Aaliyah Massaid resmi dilamar oleh sang kekasih Thariq Halilintar pada 15 Mei 2024 di suatu tempat yang tidak diberitahu oleh keduanya. Aaliyah dan Thariq membagikan momen bahagia itu di instagram
Momen kebahagiaan Aaliyah Massaid yang dilamar Thariq Halilintar (Sumber : instagram @/thariqhalilintar)
Sehat16 Mei 2024, 14:00 WIB

Cara Membuat Infused Water Daun Sirsak untuk Asam Urat, Gula Darah dan Kolesterol Tinggi

Infused water daun sirsak dapat memberikan manfaat tambahan dalam mengatasi asam urat, pengelolaan gula darah tinggi dan kolesterol tinggi.
Ilustrasi - Infused water daun sirsak dapat memberikan manfaat tambahan dalam mengatasi asam urat, pengelolaan gula darah tinggi dan kolesterol tinggi. (Sumber : YouTube/@My Food Forest)
Sukabumi16 Mei 2024, 13:45 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Launching Kerja Sama dengan SRC Area Sukabumi

Program quarterly dimulai sejak April 2024 dan berulang setiap tiga bulan sekali.
BPJS Ketenagakerjaan melakukan sosialisasi racing program bersama SRC di salah satu hotel di Kota Sukabumi pada Senin, 13 Mei 2024. | Foto: Istimewa
Nasional16 Mei 2024, 13:41 WIB

Sewa dari Maskapai Asing, Mesin Pesawat Garuda Terbakar Saat Angkut Jemaah Haji

Insiden ini terjadi pada Rabu (15/5/2024), saat pesawat Garuda Indonesia yang membawa 450 jemaah haji sesaat setelah lepas landas dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.
Insiden ini terjadi pada Rabu (15/5/2024), saat pesawat Garuda Indonesia yang membawa 450 jemaah haji sesaat setelah lepas landas dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. (Sumber: istimewa)
Life16 Mei 2024, 13:30 WIB

10 Cara Alami Menyembuhkan Asam Urat dengan Cepat Tanpa Obat

Beberapa kondisi medis seperti hipertensi, diabetes, dan penyakit ginjal dapat memperburuk asam urat. Maka dari itu, penderita asam urat penting untuk mengelola kondisi-kondisi tersebut dengan baik.
Ilustrasi. Belanja bahan makanan sehat. Cara Alami Menyembuhkan Asam Urat dengan Cepat Tanpa Obat (Sumber : Pexels/RaviKant)
Sehat16 Mei 2024, 13:00 WIB

Asam Urat Kambuh dan Rasanya Menyakitkan, 7 Obat Alami Ini Efektif Mengatasinya

Asam urat adalah suatu kondisi yang menyakitkan dan sering dimulai pada jempol kaki dan menyebar ke sendi lain.
Ilustrasi - Asam urat adalah suatu kondisi yang menyakitkan dan sering dimulai pada jempol kaki dan menyebar ke sendi lain. (Sumber : Freepik.com/@Wiroj Sidhisoradej)
Life16 Mei 2024, 12:45 WIB

6 Kebiasaan Buruk yang Cepat Melemahkan Daya Ingat Anda, Berhenti Sekarang!

Daya ingat seseorang menjadi menurun biasanya disebabkan beberapa hal yang mungkin dianggap sepele. Adapun umumnya adalah kebiasaan buruk yang sering dilakukan
ilustrasi kebiasaan yang melemahkan daya ingat (Sumber : Pexels.com/@KetutSubiyanto)
Sehat16 Mei 2024, 12:30 WIB

Ada Durian Tinggi Purin, 7 Buah Ini Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Durian adalah buah tropis yang kaya akan purin dan sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat.
Ilustrasi. Kios Buah. Ada Durian Tinggi Purin, Deretan Buah Ini Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat (Sumber : Pexels/MariaOrlova)
Life16 Mei 2024, 12:15 WIB

Usahakan Tetap Tenang, Begini 5 Tips Jitu Mengatasi Balita Yang Selalu Emosi

Mengatasi emosi besar pada balita kita dan mengetahui cara meresponsnya adalah salah satu bagian tersulit dalam mengasuh balita.
mengatasi balita yang emosi dengan tenang (Sumber : pexels.com/@AlexanderDummer)