Sikapi Hasil Pemilu, Ratusan Mahasiswa Gelar Aksi di KPU Sukabumi

Kamis 29 Februari 2024, 22:14 WIB
Aksi damai HIPPMA di KPU Kabupaten Sukabumi, Kamis (29/2/2024) | Foto : Ibnu Sanubari

Aksi damai HIPPMA di KPU Kabupaten Sukabumi, Kamis (29/2/2024) | Foto : Ibnu Sanubari

SUKABUMIUPDATE.com - Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa (HIPPMA) Sukabumi menggelar aksi damai di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi, Jalan Siliwangi Nomor 92 Kelurahan Cibadak Kecamatan Cibadak, Kamis (29/2/2024).

Ketua Umum HIPPMA, Rahman Abidzar dalam orasinya menyampaikan bahwa indeks stabilitas politik memiliki dampak negatif terhadap kinerja pasar suatu negara. Stabilitas politik tidak hanya mendorong pertumbuhan ekonomi, tetapi juga dapat mengurangi volatilitas harga komoditi.

"Menyikapi fenomena memprihatinkan pasca pemilu 2024 di Kabupaten Sukabumi, terutama indikasi perpecahan antara pendukung pasangan calon tertentu, HIPPMA Sukabumi mengadakan rapat internal. Dalam rapat tersebut, mereka sepakat untuk mengorganisir aksi damai berupa teatrikal dengan tema "01, 02, 03 Tidak Ada, Semua Bersaudara," paparnya.

Rahman Abidzar menekankan bahwa tujuan teatrikal tersebut adalah untuk mendorong semua pasangan calon memberikan pesan damai kepada seluruh masyarakat.

"Aksi damai ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap stabilitas politik dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sukabumi," katanya.

Baca Juga: Hasil Iuran Pegawai, Dinas PU Sukabumi Bedah Rumah Warga di Kalapanunggal

Sementara itu, Koordinator Aksi, Niko Satria Dwi Putra, menjelaskan beberapa poin tuntutan aksi damai yang diadakan oleh Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa (HIPPMA) di Kantor KPU Kabupaten Sukabumi hari ini.

Niko menegaskan urgensi penyelesaian tahapan pemilu dan pengiriman data hasil pleno kepada KPU Provinsi Jawa Barat dengan cepat dan secara independen.

"Mendesak KPU Kabupaten Sukabumi untuk segera menuntaskan tahapan pemilu dan mengirimkan seluruh data hasil pleno kepada KPU Provinsi Jawa Barat dengan cepat dan independen," ujar Niko.

"Mendesak KPU RI untuk segera menyelesaikan tahapan pemilu sesuai jadwal waktu yang telah ditetapkan secara independen," tambahnya.

Lebih lanjut, Niko menyampaikan tuntutan kepada seluruh pasangan calon presiden dan wakil presiden agar segera menyusun narasi persatuan untuk seluruh warga Indonesia, khususnya kepada masyarakat di Kabupaten Sukabumi.

"Kami juga mengecam segala upaya yang mencoba menggagalkan proses pesta demokrasi di Indonesia," terangnya.

Baca Juga: PPP Bikin Kejutan, Inilah 8 Caleg Dapil Sukabumi yang Berpotensi Lolos ke DPRD Jabar

Dalam atmosfer yang mendukung kedamaian, Niko memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada petugas pemilu, termasuk KPPS, PPS, PPK, dan komisioner, yang dengan gigih telah bekerja keras dalam melaksanakan pesta demokrasi dengan damai dan penuh kegembiraan.

"HIPPMA Kabupaten Sukabumi memberikan dukungan penuh kepada KPU Kabupaten Sukabumi sebagai bagian dari masyarakat yang berharap agar Pemilu 2024 di Kabupaten Sukabumi dapat berlangsung secara damai dan aman, serta melahirkan pemimpin yang amanah sesuai dengan pilihan masyarakat," tuturnya.

Kasmin Belle, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi, menyampaikan rasa terima kasih yang tinggi atas seruan dan dukungan yang diberikan oleh Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa (HIPPMA) kepada KPU Kabupaten Sukabumi.

"Saya hari ini sangat mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada sahabat HIPPMA. Kami tetap akan melaksanakan tahapan pemilu 2024, dan hingga saat ini berjalan kondusif tidak lepas dari dukungan TNI, POLRI, dan masyarakat, sehingga tahapan pemilu 2024 berjalan aman," ucap Kasmin Belle.

Kasmin menyampaikan bahwa suara masyarakat menginginkan kepemimpinan melalui pemilu yang amanah di negeri ini. Sebagai Ketua KPU, ia berharap adanya saling koordinasi dan dukungan dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

Baca Juga: Momen Langka, Daya Tarik Curug Sodong Sukabumi Ngamuk Bikin Wisatawan Takjub

"Kami mohon doanya pada hari Jumat, 01 Maret 2024, kami akan melaksanakan pleno penghitungan suara di tingkat Kabupaten Sukabumi. Percayakan kepada kami untuk melaksanakan dan menjaga proses tahapan pemilu," katanya.

Kasmin Belle menekankan bahwa segala bentuk dukungan merupakan amanah dan tanggung jawab yang harus dijalankan dengan kritis. Ia mengajak semua pihak untuk tetap saling menjaga dan mengontrol agar pemilu berjalan lancar dan aman.

"Dengan demikian, kita dapat melahirkan pimpinan terbaik sesuai pilihan masyarakat Kabupaten Sukabumi, yang paling utama adalah lahirnya pemimpin pilihan rakyat," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life03 Mei 2024, 19:00 WIB

Biasa Menjadi Luar Biasa: 10 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Dihormati dan Disegani

Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha.
Ilustrasi -Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha. (Sumber : pexels.com/Alexander Suhorucov)
Nasional03 Mei 2024, 18:35 WIB

57 Pemimpin Redaksi Deklarasi ICEC di Hari Pers Internasional, Cek Visi dan Misinya!

ICEC sendiri bertujuan untuk bertukar ide dan keahlian dalam mengelola dan memimpin media. Selain itu, untuk membangun redaksi yang berpihak pada kepentingan publik.
Perwakilan dari 57 Pemimpin Redaksi meneken deklarasi Perhimpunan Pemimpin Redaksi Indonesia (Indonesia Chief Editors Club/ICEC). (Sumber: istimewa)
Sukabumi03 Mei 2024, 18:12 WIB

Warga Ungkap Fakta, Suami Istri Tewas Tertabrak Kereta Api di Kebonpedes Sukabumi

Kecelakaan menimpa dua warga tertabrak kereta api atau KA Siliwangi terjadi di perlintasan kereta tepatnya di Desa Kebonpedes, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi, Jumat (3/5/2024), sekitar pukul 16.07 WIB.
Sepasang suami istri tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Life03 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa Pengantin Baru Agar Rumah Tangganya Diberi Keberkahan dan Keharmonisan

Bagi pengantin baru dianjurkan untuk membaca doa agar rumah tangganya diberikan keberkahan oleh Allah SWT.
Ilustrasi seseorang sedang berdoa. - Bagi pengantin baru dianjurkan untuk membaca doa agar rumah tangganya diberikan keberkahan oleh Allah SWT.(Sumber : istockphoto.com/@golfcphoto)
Sukabumi03 Mei 2024, 17:55 WIB

PT KAI Soal Palang Pintu, Pasutri Tewas Disambar KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi

Dua pemotor yang berboncengan dilaporkan tewas setelah disambar kereta api yang tengah melaju di perlintasan tanpa palang pintu di Kebonpedes Sukabumi.
Lokasi kejadian dua pemotor disambar kereta api saat melintasi perlintasan tanpa palang pintu di Kebonpedes Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat03 Mei 2024, 17:30 WIB

7 Makanan Sehat yang Aman untuk Diet Gula Darah, Salah Satunya Rendah Karbohidrat

Inilah Makanan Sehat yang Aman untuk Diet Gula Darah Agar Tetap Stabil, Salah Satunya Rendah Karbohidrat
Ilustrasi. Mentimun adalah salah satu satu contoh sayuran non amilase, tergolong makanan Sehat yang Aman untuk Diet Gula Darah (Sumber : Sumber : Freepik/@jcomp)
Sukabumi03 Mei 2024, 17:20 WIB

35 Anggota DPRD Kota Sukabumi Hasil Pemilu 2024 Ditetapkan, Inilah Daftar Nama-namanya

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi resmi menetapkan 35 nama anggota DPRD terpilih. Penetapan itu dilakukan berdasarkan PKPU 6 tahun 2024 dan keputusan KPU no 5 tahun 2024.
Rapat Pleno penetapan 35 nama Anggota DPRD Kota Sukabumi, Kamis (2/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi03 Mei 2024, 17:08 WIB

Polisi Selidiki Temuan Senjata Api Terkubur di Cisaat Sukabumi, Stand dengan Amunisi Aktif

Pihak Kepolisian akan melakukan penyelidikan atas penemuan dua senjata laras panjang yang terkubur di dalam tanah lengkap dengan kotak senjata hingga peluru yang masih aktif yang di Cisaat Kabupaten Sukabumi.
Dua senjata api laras panjang yang ditemukan terkubur di Desa Selajambe, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Senin, 29 April 2024. | Foto: Asep Awaludin
Sukabumi03 Mei 2024, 17:04 WIB

Angkot Terbakar di Nagrak Sukabumi, Diduga akibat Selang Bensin Bocor

Berikut kronologi dan dugaan pemicu terjadinya kebakaran angkot di Nagrak Sukabumi.
Tangkapan layar video angkot yang terbakar di Nagrak Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Musik03 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Bleeding Love Leona Lewis yang Viral

Berikut Lirik dan Terjemahan Lagu Bleeding Love Leona Lewis yang Viral di Media Sosial.
Lagu Bleeding Love Leona Lewis (Sumber : YouTube/LeonaLewis)