Diduga Tak Berizin, Minimarket di Cidahu Sukabumi Ditutup Paksa

Jumat 19 Januari 2024, 18:40 WIB
Minimarket di Cidahu Sukabumi disegel oleh Satpol PP dan Forkopimcam setempat gegara belum miliki izin. (Sumber : Istimewa)

Minimarket di Cidahu Sukabumi disegel oleh Satpol PP dan Forkopimcam setempat gegara belum miliki izin. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Dalam tindakan penegakan hukum baru-baru ini, salah satu minimarket yang terletak di Kampung Cidahu Peuntas, Desa Tangkil, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, ditutup paksa oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sukabumi, Kamis 18 Januari 2023.

Penutupan yang ditandai dengan penyegelan ini menurut Syarifudin Rahmat, Sekretaris Satpol PP Kabupaten Sukabumi, didasarkan pada surat perintah resmi Nomor: 800.1.11.1/484/Satpol PP/2024 tanggal 17 Januari 2024, yang dikeluarkan oleh Bupati Sukabumi.

Syarifudin Rahmat menjelaskan bahwa minimarket  ersebut ditutup karena tidak memiliki izin usaha dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sukabumi.

"Penutupan ini sebagai respons terhadap dugaan pelanggaran izin yang dilakukan oleh mini market pada tahun 2024. Satpol PP Kabupaten Sukabumi berkomitmen untuk bertindak tegas dan tidak akan mentolerir adanya pelanggaran di Kabupaten Sukabumi," ungkap Syarifudin Rahmat kepada sukabumiupdate.com, Jumat (19/01/2024).

Baca Juga: Bobol Tembok, Maling Gasak Rokok hingga Minuman di Minimarket Simpenan Sukabumi

Menurutnya, peringatan telah diberikan kepada minimarket sebelumnya, namun tidak diindahkan, sehingga menyebabkan penyegelan. Meskipun tidak memiliki izin yang diperlukan, minimarket tersebut telah beroperasi sejak 8 Desember 2023.

Sementara itu, Camat Cidahu, Kurnia Lismana menjelaskan bahwa penutupan tersebut dilakukan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ditetapkan oleh pemerintah kecamatan dan Satpol PP. Ia menekankan bahwa meskipun tidak memiliki izin, minimarket tersebut telah memulai proses pengajuan sejak November 2023.

"Namun, proses perizinan memerlukan pembahasan yang mendalam karena adanya Peraturan Daerah (Perda) baru yang diundangkan pada 30 September 2023, terkait tata ruang untuk wilayah pedesaan dan perkotaan," terangnya.

Lebih lanjut, ia menekankan bahwa peraturan tersebut secara eksplisit melarang toko modern masuk ke wilayah pedesaan. Meskipun demikian, mini market terus melakukan pembangunan dan beroperasi tanpa izin yang sesuai.

"Sebagai tanggapan, Satpol PP Kabupaten Sukabumi bersama Petugas Penegak Perda langsung menutup atau menyegel tempat usaha tersebut sampai proses perizinan selesai. Apakah izin akan diterbitkan atau tidak, itu tergantung pada tim dari Kabupaten Sukabumi," kata Kurnia.

Ia menyampaikan bahwa pemerintah Kecamatan Cidahu sudah memberikan imbauan agar semua usaha menunggu hingga izin diterbitkan.

"Maka pembangunan usaha apapun agar tidak melakukan aktivitas apapun terlebih dahulu. Karena yang pertama harus dikonfirmasi adalah kesesuaian ruangnya yang telah di atur dalam Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW)," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi06 Mei 2024, 15:31 WIB

Masa Sidang Terakhir, DPRD Sukabumi Kebut Finalisasi 21 Raperda: Berikut Rinciannya

Jelang masa akhir jabatan, berikut rincian 21 Raperda yang masih menjadi pekerjaan rumah DPRD Kabupaten Sukabumi periode 2019-2024.
Rapat Paripurna ke-5 DPRD Kabupaten Sukabumi beragendakan Penyampaian Penutupan Masa Sidang Kesatu Tahun Kelima Tahun Sidang 2024 dan Pembukaan Masa Sidang Kedua Tahun Kelima Tahun Sidang 2024. (Sumber : Dok. DPRD)
Life06 Mei 2024, 15:30 WIB

6 Cara Menciptakan Kebahagiaan Sendiri Tanpa Bergantung ke Orang Lain

Menciptakan kebahagiaan sendiri tanpa bergantung kepada orang lain adalah hal yang patut dicoba, karena tidak semua orang bisa melakukannya.
Ilustrasi. Cara menciptakan kebahagiaan sendiri. Sumber Foto : Pexels/Sound On
Sukabumi06 Mei 2024, 15:11 WIB

Dua Kasus Beda Cerita, Psikolog Soroti Pembunuhan Berlatar Belakang Sodomi di Sukabumi

Konsultan psikologi asal Sukabumi ikut bersuara atas kedua kasus pembunuhan ini.
(Foto Ilustrasi) Dua kasus pembunuhan berlatar belakang sodomi terjadi di Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Inspirasi06 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja di Minimarket Sukabumi Sebagai Display, Minimal Lulusan SLTA/SMU/SMA

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja di Minimarket Sukabumi Sebagai Display, Minimal Lulusan SLTA/SMU/SMA. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 14:38 WIB

Botram Bareng Ayep Zaki, Bangun Hubungan Erat Antar Calon Pemimpin dan Masyarakat

Bacalon Wali Kota Sukabumi, Ayep Zaki sosialisasikan visi dan misinya lewat botram bareng masyarakat.
Bakal Calon Wali Kota Sukabumi, H. Ayep Zaki botram bareng warga, sampaikan visi dan misinya dalam memberantas kemiskinan. (Sumber : Istimewa)
Life06 Mei 2024, 14:30 WIB

Begini 7 Cara Ampuh Melerai Pertengkaran Anak, Yuk Lakukan!

Anak-anak perlu mengetahui bahwa mereka dicintai secara setara dan istimewa, terlepas dari bagaimana mereka bertindak.
Ilustrasi. Cara ampuh memisahkan pertengkaran anak. Sumber : pexels.com/@Vika Glitter
Inspirasi06 Mei 2024, 14:22 WIB

Media Lokal Harus Naik Kelas, SMS 2024 Cetak Sejarah

Kick Off program yang dipusatkan di Hotel Aryaduta Pelembang, Senin (6/5/2024), ini dibuka secara simbolis oleh Editor in Chief sekaligus CEO Suara.com Suwarjono.
Sumatera Media Summit (SMS) 2024, mempertemukan para pemilik media massa online lokal, organisasi media hingga lembaga pers Mahasiswa se-Pulau Andalas. (Sumber: SMS 2024)
Life06 Mei 2024, 14:00 WIB

Stres Bukan Hal Sepele! Kenali 4 Dampak Bahayanya yang Mengancam Kesehatan

Stres sangat berbahaya apabila dibiarkan dalam waktu yang berkepanjangan.
Ilustrasi - Stres sangat berbahaya apabila dibiarkan dalam waktu yang berkepanjangan. (Sumber : pexels.com/@emre keshavarz)
Keuangan06 Mei 2024, 13:32 WIB

Terbaru Sepatu Bata! Pabrik-pabrik Bangkrut, Tumbang Dihantam Kerugian

Setelah banyak pabrik bangkrut termasuk di Sukabumi, terbaru produsen alas kaki, PT Sepatu Bata Tbk industri, menutup pabriknya yang berada di Purwakarta Jawa Barat.
Ragam produk sepatu BATA (Sumber: istimewa/akun ig BATA)
Life06 Mei 2024, 13:30 WIB

Beri Ruang Untuk Emosi Mereka, 7 Cara Mendisiplinkan Anak di Depan Umum

Mendisiplinkan anak di luar rumah bisa membuat stres. Namun kuncinya adalah tetap berpegang pada teknik disiplin yang biasa dilakukan dan tetap memperhatikan tujuan jangka panjang.
Ilustrasi. Mendisiplinkan anak di depan umum dengan memberikan ruang emosi. Sumber : pexels.com/@Scott Webb