Viral Jalan Aspal Baru Dibangun Bisa Dikupas Pakai Tangan di Sukabumi

Jumat 29 Desember 2023, 20:21 WIB
Kolase tangkapan layar video viral dan kondisi terkini jalan lingkungan yang baru dibangun namun mudah mengelupas di Cireunghas Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)

Kolase tangkapan layar video viral dan kondisi terkini jalan lingkungan yang baru dibangun namun mudah mengelupas di Cireunghas Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah cuplikan video yang menggambarkan kondisi jalan yang baru diaspal mengelupas dengan mudah ramai dibahas warganet di Sukabumi.

Kondisi jalan yang baru diaspal itu berada di Kampung Rawa Belut, Rt 06/07 Desa/Kecamatan Cireunghas, Kabupaten Sukabumi.

Seorang warga yang terekam dalam video viral berdurasi 49 detik itu menunjukkan bahwa hanya dengan satu jari tangan saja, aspal di jalan tersebut bisa dikupas. Bahkan ia menunjukan bahwa ketebalan jalan tersebut tidak kurang dari satu ruas jari tangan orang dewasa.

Kabar diperoleh, jalan aspal tersebut adalah jalan lingkungan sandsheet yang dibangun dengan nilai anggaran sekitar Rp 194 Juta bersumber dari DPA SKPD Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman serta dilaksanakan oleh CV. Tiga Perkasa.

Baca Juga: Ruas Jalan Pabuaran-Kalibunder Sukabumi Rusak, PU: Tiap Tahun Ada Penanganan

Empud (70 tahun) salah satu warga setempat mengatakan, bahwa proyek pembangunan jalan lingkungan (jaling) itu baru saja selesai sejak sepekan yang lalu.

Jaling tersebut merupakan akses penghubung ke empat kampung lainnya di antaranya Kampung Cijambe, Leuwitiis, Karanganyar dan Kampung Rawabelut. Melihat kondisi yang mudah dikelupas, Empud menilai jalan itu tak akan bertahan lama.

"Kondisi jalannya ini jangankan (kuat) tiga bulan, sekarang juga sudah gampang lepas. Dikatakan tipis ya tipis, kurang bahan juga bisa jadi, asal-asalan. Kalau masyarakat mah terserah rek awon rek kitu kieu ge da tos pirang-pirang nyebutna. Ngan ai ditingalikeun meunang pamarentah mah asa teu cekap model kitu mah," ujar Empud kepada sukabumiupdate.com di lokasi, Jumat (29/12/2023).

Empud menuturkan, setiap pengguna jalan yang melintasi jalan itu seperti mempertanyakan kualitas pembangunannya karena lapisan aspalnya dinilai sangat tipis dan mudah dikelupas.

"Tiap ada yang lewat juga, nanya kenapa kok gini terus di korek-korek aspalnya makanya yang ngelupas, batu splitnya juga kelihatan itu udah timbul lagi (split di bawah aspal)," kata dia.

Selain itu, dia juga menyebut kondisi jalan itu sebelumnya memiliki lebar 2,5 meter, kemudian menyusut menjadi 2 meter setelah adanya perbaikan jalan sepanjang 750 meter tersebut.

"Asalnya itu 2,5 meter jalannya habis sampe batas sawah, cuman sekarang jadi 2 meter. Ya harapan bapak mah gimana lagi mau dibenerin juga kan udah jadi, ya nikmatin aja segini juga," ungkap dia.

Baca Juga: Respons Disperkim soal Jalan Aspal Baru Dibangun Mudah Mengelupas di Sukabumi

Terpisah, Sekretaris Kecamatan Cireunghas, Ade Richman membenarkan bahwa jalan yang dimaksud memang masuk kepada Jalan Desa. Adapun terkait informasi yang beredar pihaknya akan melakukan pengecekan terlebih dahulu.

"Nanti saya konfirmasi, di kroscek dulu. Iya itu jalan desa," singkat Ade.

Saat dikonfirmasi, Sekretaris Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Sukabumi Dedi Rukaya mengatakan bahwa jalan tersebut masih dalam masa pemeliharan. Ia kemudian meminta sukabumiupdate untuk menghubungi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek pembangunan jalan itu.

“Yang nantinya mengintruksikan penyedianya untuk segera mengambil langkah dalam masa pemeliharaan,” kata Dedi.

Namun hingga berita ini tayang, belum ada jawaban dari pesan yang dikirimkan sukabumiupdate kepada PPK proyek tersebut.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life27 April 2024, 13:00 WIB

10 Cara Mudah Menghadapi Anak yang Tantrum, Bunda Wajib Tahu!

Setiap orangtua pasti pernah mengalami momen di mana anak mereka meledak tantrum yang intens.
Ilustrasi - Setiap orangtua pasti pernah mengalami momen di mana anak mereka meledak tantrum yang intens. (Sumber : Pixabay.com/@parent90).
Life27 April 2024, 12:30 WIB

Kehadirannya Sering Mengganggu! 6 Cara Ampuh Menghilangkan Semut di Rumah

Ada beberapa cara untuk menghilangkan semut di rumah yang sering mengganggu.
Ilustrasi - Ada beberapa cara untuk menghilangkan semut di rumah yang sering mengganggu. (Sumber : Pixabay.com/@actee3).
Life27 April 2024, 12:15 WIB

Rasa Iri atau Dendam, 7 Alasan Seseorang Membenci Kita yang Perlu Diwaspadai

Salah satu realitas yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan adalah bahwa tidak semua orang akan menyukai atau menyambut kita dengan baik.
Ilustrasi - Salah satu realitas yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan adalah bahwa tidak semua orang akan menyukai atau menyambut kita dengan baik. (Sumber : Pixabay.com/nooneknow22).
Bola27 April 2024, 12:00 WIB

Jadwal Semifinal Piala Asia U-23 2024: Timnas Indonesia vs Uzbekistan

Timnas Indonesia U-23 memiliki peluang untuk mengalahkan Uzbekistan U-23, mengingat performa apik yang ditunjukkan selama turnamen ini.
Timnas Indonesia U-23 memiliki peluang untuk mengalahkan Uzbekistan U-23, mengingat performa apik yang ditunjukkan selama turnamen ini. (Sumber : pssi.org)
Sukabumi27 April 2024, 11:55 WIB

Indonesia Menuju Olimpiade, Kisah Wasit Asal Sukabumi Pernah Pimpin Laga di Ajang Serupa

Kosasih memulai kariernya sebagai pesepak bola bersama klub Pertiwi.
Kosasih Kartadiredja, wasit berlisensi FIFA pertama di tanah air asal Sukabumi. | Foto: Historia.id
Fashion27 April 2024, 11:30 WIB

7 Tips Berpakaian Agar Terlihat Tinggi, Bikin Badan Jadi Lebih Proporsional

Dengan sedikit usaha dan strategi, orang bertubuh pendek dapat menemukan pakaian yang pas, stylish, dan nyaman.
Ilustrasi - Dengan sedikit usaha dan strategi, orang bertubuh pendek dapat menemukan pakaian yang pas, stylish, dan nyaman. (Sumber : Pixabay.com/@ditaa12).
Figur27 April 2024, 11:21 WIB

Lahir di Sukabumi, Sastrawan Joko Pinurbo Meninggal Dunia

Rencananya jenazah Joko Pinurbo akan dimakamkan di Sleman.
Foto Joko Pinurbo pada 2018. | Foto: Instagram/@joko_pinurbo
Inspirasi27 April 2024, 11:00 WIB

Lowongan Kerja Administrasi Minimal Lulusan SMA dengan Lokasi Penempatan di Kota Bandung

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Administrasi dengan Lokasi Penempatan di Kota Bandung. | (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Sukabumi27 April 2024, 10:32 WIB

435 Kasus DBD Tercatat di Kota Sukabumi pada Triwulan Pertama 2024

Periode triwulan pertama 2024, sebanyak 132 pasien berasal dari usia 5-14 tahun.
(Foto Ilustrasi) Dinkes Kota Sukabumi merilis data terbaru kasus DBD selama Januari hingga Maret 2024. | Foto: Pixabay
Life27 April 2024, 10:30 WIB

Stres dan Kecemasan, 5 Penyebab Susah  Tidur  yang Harus Anda Diwaspadai

Stres dan kecemasan adalah salah satu faktor utama yang menjadi penyebab orang susah tidur.
Ilustrasi - Stres dan kecemasan adalah salah satu faktor utama yang menjadi penyebab orang susah tidur. | (Sumber : Freepik.com/@DCStudio)