Akrab dengan Ular Kobra, Cerita Ujang Penghuni Gubuk Bedeng di Sukabumi

Jumat 22 Desember 2023, 02:04 WIB
Ujang, sosok pria tua yang hidup sebatang kara di gubuk bedeng tak layak huni di Cicurug Sukabumi kala bermain dengan ular kobra peliharannya. (Sumber : Istimewa)

Ujang, sosok pria tua yang hidup sebatang kara di gubuk bedeng tak layak huni di Cicurug Sukabumi kala bermain dengan ular kobra peliharannya. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Terkuak cerita keseharian Ujang Ahmad, sosok pria tua yang hidup sebatang kara di gubuk reyot tak layak huni berbentuk bedeng di Kampung Papisangan RT 4/5, Desa Caringin, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi.

Selain diketahui alami gangguan mental, Ujang ternyata dikenal warga sebagai pawang ular. Hal itu yang membuat pria berumur 60 tahunan itu mudah ‘akrab’ dengan ular kobra yang kini dipeliharanya sebagai teman mengisi waktu luang.

“Basicnya memang tukang memelihara ular,” kata Yuda (44 tahun) warga setempat kepada sukabumiupdate.com, Kamis (21/12/2023).

Menurut Yuda, sejak mudanya Ujang memang memiliki keahlian menjinakan ular.

Lokasi tempat tinggal Ujang yang berada di area kebun dan persawahan membuatnya kerap bertemu hewan reptil tersebut.

"Kalau ada ular di jalan atau di rumah warga setempat diambil sama Ujang, dipelihara, kadang dilepasin lagi, tidak dijual belikan,” kata Yuda.

Baca Juga: Kunjungi Ujang, Pemcam Cicurug Sukabumi Disambut Ular dan Janjikan Hal Ini

“Sejak muda, Ujang sudah terbiasa memelihara binatang berbisa seperti ular dan kalajengking. Sekarang bahkan diajak ngobrol, kalau itu karena gangguan mentalnya itu ya,” tambahnya.

Meski terkenal lihai dalam menjinakan ular, lanjut Yuda, insiden tergigit ular tetap tak bisa dihindari Ujang. Namun hal itu tak membuat dia sakit, malah seperti mempunyai kekebalan terhadap bisa hewan melata tersebut.

“Pernah kepatuk ular dua kali sampai hampir busuk dia tangannya, tapi alhamdulillah, masih sehat sampai sekarang,” ujar Yuda.

Lebih lanjut Yuda menceritakan, bahwa sebelum hidup menyendiri di gubuk, Ujang sempat menjadi penjual minuman lahang (air nira). Ujang kemudian mulai alami depresi usai berpisah dengan sang istri.

"Awalnya ditinggal istri dan menjadi stres. Sementara anaknya ada empat, hanya sudah berpencar. Kalau diajak bicara nyambung, cuman kadang suka ngomong sendiri,” kata Yuda.

Baca Juga: 9 Ciri Orang Mengalami Depresi, Seperti Ujang asal Cicurug Sukabumi?

Menurut Yuda, warga setempat tak tutup mata dengan kondisi Ujang. Ia bahkan mengaku sempat mencoba membantu agar Ujang mendapat bantuan program rutilahu. Hal itu agar Ujang bisa hidup di tempat layak.

“Saya pernah mengajukan, itupun tidak pernah ada tanggapan. Kayaknya rumahnya kalau kena angin juga roboh, makan juga mengandalkan dari tetangga yang memberi," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, potret Ujang yang di masa tuanya hidup sebatang kara di rumah bedeng tak layak huni di tengah kebun ini sebelumnya beredar di media sosial.

Akun Facebook Muhammad Khayfa membagikannya ke grup Cicurug Shoping pada hari Minggu 17 Desember 2023. Ia merasa miris di Kecamatan Cicurug masih ada warga yang tinggal di tempat yang tak layak huni. 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional28 April 2024, 01:43 WIB

Gempa Laut Garut Merusak, Sejumlah Rumah di Sukabumi Dilaporkan Ambruk

Sejumlah bangunan dilaporkan rusak, termasuk di Sukabumi.
Rumah rusak dampak gempa laut garut di Kampung Cigaru Rt 014 / 002 Desa Cidahu Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi (Sumber : Koramil surade)
Nasional28 April 2024, 01:13 WIB

Intra Slab Earthquake, Simak Rekomendasi BMKG pasca Gempa Kuat di Laut Garut

Gempa dipicu oleh aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa barat.
Parameter gempa di laut garut (Sumber: Bmkg)
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram