Cerita Warga Sukabumi Diberi Nama Israel, Ada Kisah Sang Ayah yang Kelaparan

Selasa 14 November 2023, 11:08 WIB
(Foto Ilustrasi) Banyak yang belum tahu di Kota Sukabumi pernah ada seorang anak yang diberi nama Israel. | Foto: Unsplash

(Foto Ilustrasi) Banyak yang belum tahu di Kota Sukabumi pernah ada seorang anak yang diberi nama Israel. | Foto: Unsplash

SUKABUMIUPDATE.com - Nama Israel belakangan ini menguat di telinga masyarakat akibat penjajahannya terhadap bangsa Palestina. Namun banyak yang belum tahu di Kota Sukabumi pernah ada seorang anak yang diberi nama Israel oleh ayahnya sendiri.

Dia adalah Israel, seorang laki-laki warga Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi. Lahir dan besar di Kota Mochi, Israel kelahiran 15 Januari 1980 ini mengatakan dirinya sama sekali tidak memiliki garis keturunan Israel sebagai entitas penjajah maupun darah Yahudi.

Kepada sukabumiupdate.com, Israel mengatakan nama itu diberikan ayahnya (saat ini sudah meninggal) sebagai ungkapan terima kasih dari pengalaman tak terlupakan sewaktu menginjakkan kaki di tanah Palestina. Ayah Israel diketahui berprofesi sebagai pelaut.

"Ayah saya pelaut dan bekerja di kapal pada bagian mesin. Beliau biasa berkeliling dunia dan saat itu pernah singgah ke negara Palestina. Di situlah sejarah nama Israel diberikan kepada saya,” kata dia pada Selasa (14/11/2023).

Baca Juga: Ikut Aksi Sukabumi Peduli Palestina, Wabup Iyos Dukung Boikot Produk Pro Israel

Putra sulung dari tiga bersaudara pasangan almarhum Djoni Giu dan almarhumah Eha Julaeha ini mengatakan nama Israel didapatnya saat sang ayah melaut ke Palestina pada 1978. Ketika itu, ayahnya bersandar di Palestina, dan sebagaimana pelaut kebanyakan, menggunakan waktu singkat untuk berkeliling.

Mungkin karena terlalu bersemangat menikmati jalan-jalan di Palestina, ayahnya, kata Israel, sampai lupa membawa bekal makan siang.

“Hingga pada kondisi tidak dapat menahan lapar dan kebetulan ada tentara Israel yang berbagi makanan untuk pengganjal perut ayah saya. Meski makanannya tidak banyak, tapi bagi ayah saya makanan itu penyelamat saat kondisi lapar yang tidak tertahan. Sampai akhirnya ayah saya mengeluarkan pernyataan jika memiliki anak laki-laki, akan aku beri nama Israel,” ungkap dia menceritakan sejarah namanya.

Pemberian nama Israel sebenarnya sempat menjadi perdebatan hebat di internal keluarga besar. Terlebih pada 1980, dengan nomor akta 20, nama Israel didaftarkan dalam catatan akta kelahiran oleh ayah dan ibunya di kantor Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Sukabumi.

Singkat cerita, nama Israel pada 1985 diganti menjadi Isra Yanuar Giu. Sejak itu hingga detik ini, keluarga, rekan-rekan, dan orang terdekatnya memanggil dia dengan nama Isro bukan Israel.

“Dalam konteks nama yang diberikan orang tua, tentu saya sangat menghargai karena ada unsur sejarahnya. Tetapi dalam konteks Israel yang mengambil kedaulatan sebuah negara, ini mencederai dan saya mengutuknya,” kata dia saat ditanya perasaan diberi nama Israel dengan Israel yang dibenci warga dunia.

Berdasarkan catatan yang ada, nama Israel sebenarnya sangat berbeda dengan aktivitas kehidupan Israel atau Isra. Israel di Palestina, terkenal kejam, bengis, dan menjajah rakyat Palestina. Sementara Israel di Sukabumi sangat humanis, agamis, dan kadang humoris.

Pekerjaan Isra saat ini merupakan konsultan. Ia salah satu konsultan di Sukabumi yang sudah memegang sertifikat kompetensi penyusun dokumen Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL). Penelitian, survei, dan diskusi ilmiah, merupakan rutinitas pria ini.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi10 Mei 2024, 22:03 WIB

Raperda Soal Masyarakat Adat Masuki Tahap Pembahasan Komisi IV DPRD Sukabumi

Raperda tentang Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Hukum Adat sudah memasuki tahap pembahasan di Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi.
Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar memimpin FGD Raperda entang Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Hukum Adat. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi10 Mei 2024, 21:19 WIB

Perumdam TJM Sukabumi Gelar Diklat Laporan Keuangan, Kenalkan Pegawai soal SAK EP

Diikuti 66 pegawai, Perumdam TJM Kabupaten Sukabumi menggelar kegiatan Sosialisasi dan Diklat mengenai SAK ETAP menuju SAK EP.
Perumdam TJM Kabupaten Sukabumi gelar sosialisasi SAK EP dan diklat laporan keuangan bagi pegawai. (Sumber : Istimewa)
Life10 Mei 2024, 21:00 WIB

7 Cara Tidur yang Direkomendasikan untuk Penderita Asam Urat

Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi jika memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang cara tidur yang tepat untuk kondisi asam urat Anda.
Ilustrasi - 7 Manfaat Mematikan Lampu Saat Tidur, Bobo Jadi Lebih Nyenyak!. (Sumber : Freepik.com/@tirachardz)
Entertainment10 Mei 2024, 20:45 WIB

Epy Kusnandar Ditangkap Narkoba, Dulu Pernah Divonis Hidupnya Sisa 4 Bulan Lagi!

Aktor Epy Kusnandar ditangkap terkait kasus narkoba.
Aktor Epy Kusnandar ditangkap terkait kasus narkoba. (Sumber : Instagram/@epy_kusnandar_official).
Sehat10 Mei 2024, 20:30 WIB

8 Ciri-ciri Gejala Awal Stroke Pada Pria yang Harus Anda Ketahui

Stroke adalah keadaan darurat medis yang disebabkan oleh kurangnya aliran darah beroksigen ke otak.
Ilustrasi - Stroke adalah keadaan darurat medis yang disebabkan oleh kurangnya aliran darah beroksigen ke otak. (Sumber : pexels.com/@Andrea Piacquadio).
Sukabumi10 Mei 2024, 20:24 WIB

Sosok Nenek Engkah, Calon Jemaah Haji Tertua Usia 99 Tahun Asal Cidahu Sukabumi

Menunggu 11 tahun, Nenek Engkah calon jemaah haji asal Cidahu Sukabumi siap berangkat ke tanah suci.
Nenek Engkah, calon jemaah haji 2024 asal Cidahu Sukabumi yang berusia 99 tahun. (Sumber : SU/Ibnu)
Entertainment10 Mei 2024, 20:02 WIB

Profil Epy Kusnandar: Bos Preman Pensiun yang Ditangkap Karena Kasus Narkoba

Epy Kusnandar yang memerankan Kang Mus di sinetron Preman Pensiun ditangkap narkoba
Epy Kusnandar yang memerankan Kang Mus di sinetron Preman Pensiun ditangkap narkoba. | Foto: Instagram/@epy_kusnandar_official
Life10 Mei 2024, 20:00 WIB

5 Posisi Tidur Terbaik untuk Penderita Gula Darah

Inilah Posisi Tidur Terbaik yang Disarankan untuk Penderita Gula Darah.
Ilustrasi. Picu Serangan Kambuh, Ketahui Sederet Alasan Gangguan Tidur Tidak Baik untuk Asam Urat. (Sumber : Pexels/CraigAdderley)
Entertainment10 Mei 2024, 19:51 WIB

Terjerat Narkoba, Epy Kusnandar Ditangkap Bersama Rekannya Sesama Pemain Preman Pensiun

Epy Kusnandar dan rekannya sesama pemain Preman Pensiun saat ini masih diperiksa oleh kepolisian terkait kasus narkoba.
Potret Epy Kusnandar Kang Mus Preman Pensiun.  (Sumber Foto: Instagram/@epy_kusnandar)
Life10 Mei 2024, 19:30 WIB

4 Nutrisi Penting untuk Anak Mencapai Tinggi Badan Optimal, Bunda Yuk Kenali

Asupan nutrisi yang cukup dan seimbang akan membantu anak mencapai potensi tinggi badan maksimalnya.
Ilustrasi - Asupan nutrisi yang cukup dan seimbang akan membantu anak mencapai potensi tinggi badan maksimalnya. (Sumber : pexels.com/@Alex Green)