Budi Azhar Acungi Jempol Dinas PU Sukabumi, Bangun Rutilahu Warga Disabilitas

Selasa 14 November 2023, 19:48 WIB
Budi Azhar Mutawali saat mendampingi Bupati Marwan Hamami dalam peresmian pembangunan rumah tidak layak huni warga di Sagaranten Sukabumi, Selasa 914/11/2023) | Foto : Ist

Budi Azhar Mutawali saat mendampingi Bupati Marwan Hamami dalam peresmian pembangunan rumah tidak layak huni warga di Sagaranten Sukabumi, Selasa 914/11/2023) | Foto : Ist

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Budi Azhar Mutawali menyambut positif pembangunan rumah tidak layak huni (rutilahu) yang dilaksanakan oleh Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi kepada salah satu warga penyandang disabilitas bernama Rian di Kampung Cimangir, Desa Pasanggrahan, Kecamatan Sagaranten.

Peresmian rumah Rian yang berukuran 4x6 M ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Sukabumi beserta kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Asep Japar, Selasa (14/11/2023)

"Kegiatan pembangunan rutilahu bagi masyarakat yang tidak mampu, seperti yang dilakukan Dinas PU adalah langkah positif dalam upaya membantu masyarakat," jelas Budi kepada sukabumiupdate.com seusai acara peresmian.

Menurut politisi Golkar tersebut, kegiatan yang dilakukan oleh Dinas PU perlu diapreasi dalam upaya pencapain RPJMD Kabupaten Sukabumi. Budi berharap kegiatan yang dilakukan oleh Dinas PU, juga perlu dilakukan oleh dinas lain.

Baca Juga: Komisi IV DPRD Sukabumi Ingatkan APBD 2024 Harus Berpihak Pada Rakyat

"Saya salut, karena dana pembangunan rumah merupakan hasil iuran para karyawan Dinas PU, saya berharap dinas lain bisa mengikuti langkah positif yang dilakukan oleh Dinas PU," tutur Budi.

Diketahui, pada saat peresmian tersebut, Bupati Sukabumi juga menyerahkan secara simbolis santunan kepada jompo sebanyak 25 orang serta KTP elektronik bagi 26 siswa SMKN Sagaranten.

Rumah baru Rian (cat kuning) setelah di bangun oleh Dinas PU Kabupaten Sukabumi | Foto : IstRumah baru Rian (cat kuning) setelah di bangun oleh Dinas PU Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist

Dalam sambutannya, Bupati Marwan mengatakan bahwa dilaksanakannya program bedah rumah dan santunan ini merupakan perpaduan program yang bersifat sosial-kemasyarakatan yang dikemas oleh dinas PU sebagai rangkaian hari ulang tahun PU ke-78.

"Semua pembangunan ini melibatkan masyarakat serta iuran dari para Pegawai Dinas PU," ungkapnya.

Bupati berharap rumah baru tersebut bisa memberikan keberkahan baik kepada pemilik maupun masyarakat sekitar. Dan program Rutilahu bisa berkelanjutan dan semakin banyak rumah yang tidak layak huni bisa diperbaiki.

Baca Juga: Mengenal Leuweung Sancang, Hutan Angker Lokasi Moksa Prabu Siliwangi?

"Mudah-mudahan semakin banyak rumah yang bisa diperbaiki. Dan rumah baru ini bisa dimanfaatkan, saya mengajak masyarakat secara bersama membantu juga dalam merawat dan menjaga rumah tersebut sebagai ladang amal untuk akhirat," pungkasnya.

Sementara itu Adang Elsi selaku perwakilan penerima bantuan mengucapkan terimakasih atas pembangunan tersebut. Ia mengatakan semoga diberikan keberkahan bisa dipergunakan dengan sebaiknya.

" Terimakasih kami ucapkan, kepada pak Bupati Jajaran PU, karena hal ini membantu saudara Rian, semoga rumah ini bisa dimanfaatkan dengan sebaiknya," ujarnya. (ADV)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life03 Mei 2024, 12:30 WIB

6 Cara Mendidik Anak Agar Jadi Orang yang Berakhlak dan Beradab, Yuk Terapkan!

Cara mendidik anak agar menjadi orang yang berakhlak dan beradab memang impian semua orang tua. Yuk, terapkan!
Ilustrasi. Cara mendidik anak agar berakhlak dan beradab. Sumber foto : Pexels/GustavoRing
Bola03 Mei 2024, 12:00 WIB

Peluang Terakhir ke Olimpiade Paris 2024: Timnas Indonesia U-23 vs Guinea di Laga Play-off

Meskipun kalah dari Irak di perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024, Garuda Muda masih memiliki peluang lolos melalui babak play-off melawan Guinea, wakil Afrika.
Meskipun kalah dari Irak di perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024, Garuda Muda masih memiliki peluang lolos melalui babak play-off melawan Guinea, wakil Afrika. (Sumber : pssi.org)
Life03 Mei 2024, 11:40 WIB

Simak Alasan dan Konsekuensi Perbedaan Pendapat dalam Mendisiplinkan Anak

Perbedaan pendapat terkadang bisa menjadi pelengkap dalam setiap pasangan, begitu pun ketika mendisiplinkan anak. Namun apa alasan perbedaan itu?
Ilustrasi perbedaan pendapat dalam mendisiplinkan anak. | Foto: Pexels.com/@Migs Reyes
Sukabumi03 Mei 2024, 11:38 WIB

Penampakan Pintu Tol Cisaat di Cibolang Kaler, Realisasi dan Target Tol Bocimi Seksi 3

Proses pembukaan lahan di pintu tol Cisaat di Cibolang Kaler ini dilaporkan oleh edwar widodo, youtuber spesialis pemantau perkembangan pembangunan tol bocimi di Sukabumi.
Proses land clearing, untuk area pintu tol Cisaat di Cibolang Kaler pembanggunan tol bocimi seksi 3 Cibadak - Sukabumi Barat (Sumber: istimewa/akun youtube edwar widodo)
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 11:33 WIB

Hardiknas 2024, Wakil Ketua DPRD Sukabumi: Kurikulum Merdeka Harus Munculkan Inovasi

Masih ada aspek yang perlu ditingkatkan seiring perkembangan teknologi.
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi sekaligus Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi M Sodikin. | Foto: SU/Ilyas Supendi
Life03 Mei 2024, 11:30 WIB

Tak Selalu Positif, Ini 6 Bahaya Terlalu Percaya Diri yang Harus Diketahui

Percaya diri merupakan mentalitas yang baik bagi seseorang. Tetapi, terlalu percaya diri juga tidak baik, mengingat terdapat berbahaya di balik itu semua.
Ilustrasi. Bahaya terlalu percaya diri. Sumber foto : Pexels/Nicole Michalou
Life03 Mei 2024, 11:15 WIB

5 Cara yang Bisa Dilakukan Orang Tua Jika Beda Pendapat saat Mendisiplinkan Anak

Meskipun selalu berbeda pendapat, namun Anda berdua memiliki tujuan yang sama, yaitu mencintai dan membimbing anak dengan kemampuan terbaik Anda.
Ilustrasi orang tua berbeda pendapat. | Foto: Pexels.com/@Agung Pandit Wiguna
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 11:04 WIB

Apresiasi Timnas di Piala Asia U-23, DPRD Sukabumi: Harapan Tembus Olimpiade Masih Ada

Anak asuh Shin Tae-yong memiliki peluang terakhir untuk lolos Olimpiade Paris 2024.
Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi sekaligus Ketua Fraksi PKS Amran Munawar Lutphi. | Foto: Instagram/@fpks.kabsukabumi
Inspirasi03 Mei 2024, 11:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan D3 dan/atau S1 untuk Penempatan Wilayah Ancol

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan D3 dan/atau S1 di Perusahaan Makanan untuk Penempatan Wilayah Ancol, Jakarta.
Ilustrasi - Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Teknisi Jaringan Minimal Lulusan SMK. (Sumber : Freepik.com)
Life03 Mei 2024, 10:30 WIB

10 Cara Hidup Tenang Meski Banyak Masalah dan Cobaan, Jangan Lupa Bersyukur!

Yuk Praktekkan Sederet Cara Hidup Tenang Ini Meskipun Kamu Sedang Menghadapi Banyak Masalah dan Cobaan, Jangan Lupa Bersyukur Ya!
Ilustrasi. Cara Hidup Tenang Meski Banyak Masalah dan Cobaan. (Sumber : Pexels/thnhphng)