Mengenal Leuweung Sancang, Hutan Angker Lokasi Moksa Prabu Siliwangi?

Selasa 14 November 2023, 19:15 WIB
Leuweung Sancang dianggap sebagai hutan paling angker di Pulau Jawa dan terkenal dengan kisah mistisnya terutama mengenai lokasi moksanya Prabu Siliwangi (Sumber : Istimewa)

Leuweung Sancang dianggap sebagai hutan paling angker di Pulau Jawa dan terkenal dengan kisah mistisnya terutama mengenai lokasi moksanya Prabu Siliwangi (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Leuweung Sancang menjadi salah satu hutan yang dianggap paling angker di Pulau Jawa selain hutan-hutan lain yang terkenal seperti Alas Roban, Alas Lali Jiwo dan sebagainya.

Leuweung (hutan dalam bahasa Sunda) Sancang syarat dengan cerita-cerita mistis serta mitos di dalamnya, dan salah satu yang paling terkenal yaitu Leuweung Sancang ini dipercaya menjadi tempat menghilangnya (Moksa) Prabu Siliwangi yang merupakan raja dari kerajaan Sunda beserta para pengikutnya.

Namun, selain cerita mistis, hutan yang masih sangat alami ini menyimpan banyak keindahan baik bentangan alam, flora maupun fauna yang menghuninya.

Baca Juga: 6 Misteri Leuweung Sancang yang Disebut Tempat Moksa Prabu Siliwangi

Untuk lebih mengenal mengenai hutan yang dianggap angker ini berikut ulasan mengenai Leuweung Sancang selengkapnya.

Lokasi Leuweung Sancang

Leuweung Sancang (hutan Sancang) adalah cagar alam yang terletak di bagian paling Selatan Kabupaten Garut yang secara administratif berada di desa Sancang, Kecamatan Cibalong dan berbatasan langsung dengan samudra Hindia serta Kabupaten Tasikmalaya.

Berdasarkan SK Menteri pertanian pada tahun 1959 Leuweung Sancang ditetapkan sebagai kawasan konservasi dengan status cagar alam dengan luas wilayah sekitar 2.157 hektar.

Kemudian pada tahun 2014 melalui SK menteri kehutanan Leuweung Sancang kembali ditetapkan sebagai cagar alam dengan luas wilayah 2.313 hektar.

Baca Juga: Cerita Mistis Kayu Kaboa, Pohon Sakti yang Tumbuh di Leuweung Sancang

Di kawasan ini membentang hutan yang masih sangat perawan, sungai yang masih sangat asri serta pantai-pantai yang sangat indah.

Leuweung Sancang terbagi menjadi beberapa kawasan diantaranya hutan dataran rendah, hutan mangrove, serta hutan pantai.

Kekayaan Flora dan Fauna Leuweung Sancang

Kayu Kaboa menjadi salah satu daya tarik di Leuweung Sancang karena dianggap sebagai pohon sakti | Foto: YouTube/Hayu Ulin GasskeunKayu Kaboa menjadi salah satu daya tarik di Leuweung Sancang karena dianggap sebagai pohon sakti | Foto: YouTube/Hayu Ulin Gasskeun

Di dalam Leuweung Sancang terdapat berbagai kekayaan alam mulai dari pohon-pohon besar, batu-batu besar serta tebing-tebing yang sangat curam. Hutan ini juga menjadi rumah bagi flora dan fauna yang merupakan endemik asli dan hanya hidup di Leuweung Sancang.

Di dalam kawasan ini terdapat beberapa jenis flora seperti palahlar yang merupakan satu-satunya dari jenis family dipterocarpus yang masih asli dan tumbuh alami di Pulau Jawa.

Baca Juga: 4 Daya Tarik Cagar Alam Leuweung Sancang yang Diselimuti Cerita Misteri

Serta ada Werejit yaitu tanaman yang mengandung racun dan sangat berbahaya bagi manusia. Bahkan, para peneliti dari IPB Bogor juga pernah meneliti flora yang paling sangat dicari dan paling langka di dunia yaitu Rafflesia Padma.

Ada juga pohon kaboa yang merupakan tanaman jenis bakau yang sangat langka yang hanya hidup di Leuweung Sancang.

Selain flora, hutan Sancang juga menjadi rumah bagi satwa satwa langka khas jawa diantaranya Owa Jawa, Macan Tutul Jawa, Merak, Rusa dan satwa-satwa lainnya.

Baca Juga: Daftar Hotel di Bandung yang Simpan Kisah Mistis, Ada Penampakan Noni Belanda!

Terdapat Destinasi Wisata Religi

Di balik semua mitos angkernya, Leuweung Sancang oleh sebagian orang dijadikan sebagai destinasi wisata religi. Di sini banyak sekali tempat-tempat yang sering dijadikan destinasi untuk berziarah salah satu yang paling terkenal adalah Goa Sancang, hutan Rancakalong atau hutan Cibako.

Cerita Mistis Leuweung Sancang

Ilustrasi - 6 Misteri Leuweung Sancang yang Disebut Tempat Moksa Prabu Siliwangi.Ilustrasi - 6 Misteri Leuweung Sancang yang Disebut Tempat Moksa Prabu Siliwangi.

Dalam satu cerita rakyat mengatakan setelah Raden Kiang Santan memeluk agama Islam, Raden Kian Santang yang merupakan anak dari Prabu Siliwangi mencoba untuk mengajak sang ayah untuk memeluk agama Islam.

Akan tetapi, Prabu Siliwangi menolaknya. karena tidak ingin berkelahi dengan sang anak, Prabu Siliwangi beserta prajuritnya kemudian melarikan diri dari kejaran Raden Kiang Santang hingga ke hutan paling selatan di Pulau Jawa yaitu Leuweung Sancang.

Baca Juga: 4 Terowongan Kereta Api di Indonesia yang Terkenal Angker, Salah Satunya di Cianjur

Konon, Prabu Siliwangi dan para prajuritnya menjelma menjadi Maung Bodas dan menjadi penghuni hutan tersebut. Hingga saat ini diyakini jika Maung (harimau) Sancang ini tidak akan hadir di sembarang waktu. Maung Sancang akan menampakan diri ketika Prabu Siliwangi hadir dan hanya orang-orang yang berilmu tinggi yang mampu memanggil Maung Sancang.

Bahkan, dalam satu kawasan di hutan ini diceritakan ada satu wilayah yang tidak sembarangan orang yang bisa masuk ke sana. Konon, banyak orang yang tidak selamat dari kawasan tersebut.

Lalu ada cerita lain di suatu kawasan hutan sancang jika melihat ayam jago, maka segeralah pulang atau sesuatu yang tidak baik akan menimpa orang yang melihat ayam tersebut.

Selain hutannya, lautan di sekitar hutan Sancang juga menyimpan berbagai misteri, bahkan salah satu wilayah di laut Sancang sekarang masih menjadi kuburan bagi kapal-kapal besar.

Baca Juga: Deretan Misteri Gunung Gede Pangrango, Hulu Wano na Pakuan

Tercatat sudah ada tiga kapal besar yang kandas di laut Sancang dengan lokasi yang hampir berdekatan, yang paling terbaru adalah kapal Edricko 3. Konon kapal tanker besar ini kehilangan arah lalu kandas di pantai Sancang.

Itulah ulasan mengenai Leuweung Sancang yang disebut sebagai hutan paling angker di Pulau Jawa dan menjadi tempat moksanya Prabu Siliwangi.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Entertainment18 Juli 2024, 12:30 WIB

Rumah Mewah Drake Terkena Banjir Akibat Hujan Badai di Toronto

Rumah mewah rapper asal Kanada, Drake terendam banjir usai daerah Toronto mengalami hujan badai dahsyat yang terjadi pada Selasa, 16 Juli 2024, waktu setempat.
Rumah Mewah Drake Terkena Banjir Akibat Hujan Badai di Toronto (Sumber : Instagram/@champagnepapi)
Bola18 Juli 2024, 12:00 WIB

Persib vs PSM: Suporter Tim Tamu Tetap Dilarang Hadir di Piala Presiden 2024

Suporter tim tamu tetap dilarang hadir menyaksikan tim kesayangannya langsung ke stadion di Piala Presiden 2024.
Suporter tim tamu tetap dilarang hadir menyaksikan tim kesayangannya langsung ke stadion di Piala Presiden 2024. (Sumber : PERSIB.co.id/Sutanto Nurhadi Permana).
Sukabumi18 Juli 2024, 11:51 WIB

Daftar Dinas Terbaik, Pemkot Sukabumi Buka Data Kinerja SKPD Triwulan II 2024

Asep menyatakan bahwa data kinerja semakin membaik.
Balai Kota Sukabumi. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Musik18 Juli 2024, 11:30 WIB

Antusias Penggemar Tinggi, Konser Sheila on 7 Tambah Tiket dan Pindah Venue

Promotor konser grup band Sheila on 7, Antara Suara dan GoldLive mengumumkan adanya perubahan venue yang lebih besar untuk tur ‘Tunggu Aku Di’ di beberapa kota di Indonesia, serta ada penambahan tiket.
Antusias Penggemar Tinggi, Konser Sheila on 7 Tambah Tiket dan Pindah Venue (Sumber : Instagram/@sheilaon7)
Sukabumi18 Juli 2024, 11:11 WIB

Tekan Risiko Bencana, BPBD Kota Sukabumi Pangkas Pohon di Citamiang

Petugas BPBD menggunakan sejumlah alat khusus untuk memangkas batang pohon.
Petugas BPBD memangkas pohon di lingkungan asrama Koramil 0607-02 Kota Sukabumi Selatan, Jalan RH Didi Sukardi, Kelurahan Gedongpanjang, Kecamatan Citamiang. | Foto: Istimewa
Life18 Juli 2024, 11:00 WIB

Orang Stres Akibat Harga Diri Rendah, Cek Penyebab & Cara Mengatasinya

Merasa rendah diri dan mengalami stres adalah tantangan yang berat, tetapi dengan pendekatan yang tepat, seseorang dapat mengembangkan rasa percaya diri dan meningkatkan kesejahteraan emosional mereka.
Ilustrasi. Orang Stres Karena Rendah Diri (Sumber : Freepik/@cookie_studio)
Keuangan18 Juli 2024, 10:40 WIB

Total Rp 9,1 Miliar, RS Bunut Sukabumi Mulai Kembalikan Uang Hasil Temuan BPK

Pembayaran ganda Rp 7,9 miliar ini terjadi pada 581 karyawan ASN sepanjang 2023.
Plt Direktur UOBK RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi atau RS Bunut Yanyan Rusyandi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Aplikasi18 Juli 2024, 10:14 WIB

Layanan Iklan Digital Terbaik di Jombang? Cek lantarandigital.co.id!

Di era digital seperti sekarang, hampir semua orang mengandalkan internet untuk mencari informasi, produk, atau layanan.
Ilustrasi. | Foto: Pixabay
Sukabumi18 Juli 2024, 10:01 WIB

Warga Curugkembar Sukabumi Tewas Tersetrum, Pegang Pohon Bambu yang Menempel Kabel

Ketika membersihkan rerumputan dan ilalang, korban melihat ada pohon bambu.
Pohon bambu yang dipegang korban sebelum meninggal tersetrum di Kampung Cieundeur RT 03/01 Desa Mekartanjung, Kecamatan Curugkembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life18 Juli 2024, 10:00 WIB

8 Ciri Inner Child Terluka, Tidak Terlihat Tapi Dampaknya Sungguh Nyata

Inner child adalah bagian dari diri kita yang terhubung dengan masa kanak-kanak. Di dalamnya terdapat emosi, kenangan, dan pengalaman yang tersimpan sejak kecil.
Ilustrasi - Inner child adalah bagian dari diri kita yang terhubung dengan masa kanak-kanak. Di dalamnya terdapat emosi, kenangan, dan pengalaman yang tersimpan sejak kecil. (Sumber : Freepik.com)