3 Kotak Amal Masjid di Cisaat Sukabumi Dibobol Maling, Pelaku Terekam CCTV

Jumat 10 November 2023, 18:46 WIB
Rekaman CCTV maling bobol kotak amal masjid Al-Muhajirin Cisaat Sukabumi. (Sumber : Istimewa)

Rekaman CCTV maling bobol kotak amal masjid Al-Muhajirin Cisaat Sukabumi. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Masjid Al-Muhajirin di Kampung Rambay Kulon, Rt 36/11, Desa Sukamantri, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, disatroni maling. Tiga buah isi kotak amal masjid dicuri oleh seorang pelaku.

Aksi pencurian isi tiga kotak amal tersebut terekam kamera pengawas. Dari CCTV terlihat pelaku merupakan seorang pemuda berperawakan tinggi kurus dan memakai hoodie hitam. Ia secara leluasa membuka paksa kotak amal dan mencuri semua isinya.

Sekretaris Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Muhajirin, Ramdani Mudzaki mengatakan, aksi pencurian ini terjadi pada Rabu malam 8 November 2023 sekitar pukul 22.30 WIB. Pihaknya baru mengetahui kejadian itu keesokan harinya, ketika hendak mengecek kotak amal yang rutin dilakukan seminggu sekali.

"Kejadiannya itu malam kamis ya sebenernya, saya juga lagi nggak ada di tempat, cuman di grup DKM ada pemberitaan, kejadiannya Rabu malam Kamis sekitar jam 11 malam," ujar Zaki kepada sukabumiupdate.com melalui sambungan telpon, Jumat (10/11/2023).

Baca Juga: Fatwa Baru MUI: Bela Palestina Wajib dan Haram Beli Produk yang Dukung Israel

Menurutnya, pelaku diduga masuk melalui pintu samping masjid. Pasalnya, hanya pintu samping itu yang tidak dikunci karena sering digunakan warga untuk salat malam atau tahajud.

"Sebenernya posisi masjid itu suka dikunci, cuman pintu sampingnya yang engga (dikunci) karena kan suka ada yang salat malam atau tahajud, nah yang itu mah dibuka jadi nggak suka di gembok," kata dia.

Ramdani menuturkan, ada tiga kotak amal yang berhasil dibobol pelaku, satu yang berposisi di luar, lalu yang di dalam dan di lantai atas masjid.

"Nah si pelaku itu masuknya lewat pintu samping, besoknya liat kotak amal itu udah nggak ada isinya, kan kotak amal itu ada tiga, yang di tengah satu buat masjid, yang di luar satu buat anak yatim, yang di atas satu khusus buat jumatan," jelasnya.

Pelaku terekam CCTV sempat rebahan di dalam masjid sebelum menjalankan aksinya.Pelaku terekam CCTV sempat rebahan di dalam masjid sebelum menjalankan aksinya.

Jumlah kerugian akibat kejadian ini, kata Ramdani, kurang lebih mencapai Rp1 juta lebih. Ia menduga si pelaku telah melakukan pengintaian sebelumnya.

"Uangnya kayanya lebih sejuta mah, terus kayanya si maling itu udah survei jadi kayak tau emang suka di ambil hari Jumat (uang kotak amal) dia ngambilnya malam kamis sebelum di ambil," ucapnya.

"Terus posisi uang dari kotak amal yang buat anak yatim itu udah 2 bulan belum diambil, jadi kayanya lebih sejuta mah. Itu dibawa uangnya aja, jadi dibobol gemboknya," tambah dia.

Menurut Ramdani, peristiwa pencurian isi kotak amal di masjid tersebut bukan kali pertama terjadi, melainkan yang ke tiga kalinya setelah sebelumnya terjadi sekitar tahun 2021-2022 lalu.

"Ini kejadian yang ketiga kali sebenernya, cuman yang kesatu sama yang kedua mah ketangkep pelakunya, kepergok, itu udah lama kejadiannya di tahun 2021-2022 terus yang sekarang yang ketiga kalinya kejadian lagi," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat21 Februari 2024, 09:00 WIB

8 Makanan Terbaik untuk Mengurangi Risiko Terkena Alzheimer dan Demensia

Menurut beberapa penelitian, sejumlah makanan dipercaya mampu mengurangi seseorang terkena risiko penyakit Alzheimer dan Demensia.
Ilustrasi Berry - Menurut beberapa penelitian, sejumlah makanan dipercaya mampu mengurangi seseorang terkena risiko penyakit Alzheimer dan Demensia. (Sumber : pexels.com /@Josh Sorenson).
Life21 Februari 2024, 08:00 WIB

Sering Gunakan Emoji? Kepribadian Seseorang Dilihat dari Caranya Mengetik Pesan

Berikut ini kepribadian seseorang dilihat dari cara mereka mengetik pesan singkat
Ilustrasi - Sering Gunakan Emoji? Kepribadian Seseorang Dilihat dari Caranya Mengetik Pesan (Sumber : Freepik/tirachardz)
Produk21 Februari 2024, 07:25 WIB

Jelang Ramadan, Harga Cabai di Pasar Parungkuda Sukabumi Tembus Rp90 Ribu Per Kg

Pedagang ungkap penyebab semakin pedasnya harga cabai di Pasar Parungkuda Sukabumi jelang bulan Ramadan 2024.
Harga cabai mahal di Pasar Parungkuda Sukabumi jelang bulan Ramadan 2024. Pedagang ungkap penyebabnya. (Sumber : SU/Ibnu)
Life21 Februari 2024, 07:00 WIB

Harganya Seringkali Mahal, Simak 10 Cara Menanam Cabai Rawit di Polybag

Berikut ini cara menanam cabai rawit di polybag agar berhasil panen dengan memuaskan
Berikut ini cara menanam cabai rawit di polybag agar berhasil panen dengan memuaskan (Sumber : Freepik/Racool_studio)
Food & Travel21 Februari 2024, 06:00 WIB

Resep Roti Telur Lipat Korea, Inspirasi Sarapan Enak untuk Anak-anak

Roti Telur Lipat Korea adalah pilihan sarapan yang mudah, bergizi, dan lezat untuk anak-anak.
Roti Telur Lipat Korea adalah pilihan sarapan yang mudah, bergizi, dan lezat untuk anak-anak. (Sumber : YouTube/@Devina Hermawan).
Science21 Februari 2024, 05:30 WIB

Prakiraan Cuaca Jabar 21 Februari 2024, Cek Daerah Mana Saja yang Hujan!

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 21 Februari 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya
Ilustrasi. Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 21 Februari 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya | Foto: Pixabay
Life21 Februari 2024, 05:00 WIB

Doa Malam Nisfu Sya’ban dari Nabi Yunus AS, Amalkan Sebanyak 3 Kali

Doa Nabi Yunus di malam Nisfu Sya'ban ini dianjurkan diamalkan.
Ilustrasi - Doa Nabi Yunus di malam Nisfu Sya'ban ini dianjurkan diamalkan. | (Sumber : Pixabay.com)
Nasional20 Februari 2024, 22:52 WIB

KPU Sebut Ada Kesalahan Data Pileg di 4.167 TPS dan Pilpres di 1.223 TPS

KPU mengungkapkan adanya kesalahan data pemilihan legislatif atau pileg di 4.167 Tempat Pemungutan Suara atau TPS di Indonesia.
Konferensi pers KPU soal perkembangan Pemilu 2024. (Sumber : KPU RI)
Nasional20 Februari 2024, 22:30 WIB

Perpres Publisher Rights Resmi Disahkan Presiden Jokowi, Ini Harapan AMSI

AMSI mengapresiasi keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengesahkan Perpres Publisher Rights.
Pengesahan Perpres Publisher Rights diumumkan oleh Presiden Jokowi dihadapan para pimpinan perusahaan media dan organisasi jurnalis pada puncak peringatan Hari Pers Nasional di Ancol, Jakarta. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi20 Februari 2024, 22:21 WIB

Antisipasi Kerusakan, Perumdam TJM Sukabumi Perbaiki Kebocoran Pipa di Cicurug

Kepala Perumdam TJM Sukabumi cabang Cicurug, Tatang Somantri, menjelaskan bahwa pekerjaan rutin ini dilakukan untuk mengatasi indikasi kebocoran.
Petugas Perumdam TJM Kabupaten Sukabumi cabang Cicurug saat memperbaiki saluran pipa di Ruas Jalan Caringin-Cidahu. (Sumber : Istimewa)