Pelaku Terekam CCTV, Aksi Maling Kotak Amal Masjid di Cibeureum Sukabumi

Selasa 20 Desember 2022, 11:58 WIB
Tangkapan layar rekaman CCTV terduga maling kotak amal Masjid Al-Munir di Kampung Selaawi RT 01/03 Kelurahan Cibeureum Hilir, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi, Senin, 19 Desember 2022. | Foto: Istimewa

Tangkapan layar rekaman CCTV terduga maling kotak amal Masjid Al-Munir di Kampung Selaawi RT 01/03 Kelurahan Cibeureum Hilir, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi, Senin, 19 Desember 2022. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Aksi seorang pria diduga nekat mencuri kotak amal Masjid Al-Munir di Jalan Ciandam tepatnya di Kampung Selaawi RT 01/03 Kelurahan Cibeureum Hilir, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi, terekam kamera CCTV.

Dalam rekaman CCTV yang terpasang di sekitar masjid, pria itu terlihat melancarkan aksinya sekira pukul 01.05 WIB pada Senin, 19 Desember 2022, saat warga setempat diduga masih nonton final Piala Dunia 2022 Qatar di rumahnya masing-masing.

Terduga maling kotak amal ini mengendarai sepeda motor, mengenakan jaket corak warna biru dan celana denim, serta memakain helm. Dia lalu masuk ke gerbang Masjid Al-Munir yang terbuka lalu mendekati kotak amal yang tersimpan di luar.

Baca Juga: Modal Sarung, Maling Bobol Kotak Amal Masjid Al-Kautsar di Karamat Sukabumi

Tak perlu waktu lama, terduga pelaku berhasil menggondol kotak amal yang berisi uang sekitar Rp 300 ribu. Dia pun bergegas menghidupkan sepeda motornya kemudian CCTV merekamnya pergi ke arah bawah yakni ke Jalan Lingkar Selatan.

"Kejadian Senin dini hari saat warga nonton bola mungkin. Itu dibawa dengan kotaknya. Isi kotak amal uangnya setiap Jumat diambil. Kurang lebih isi kotaknya sekitar Rp 250 ribu sampai Rp 300 ribu," kata Ketua DKM Al-Munir Ece Suherman kepada sukabumiupdate.com, Selasa (20/12/2022).

Menurut Ece, dugaan pencurian di Masjid Al-Munir bukan kali ini saja. Namun aksi-aksi sebelumnya tidak ada yang sampai dibawa bersama kotak amalnya.

"Kalau dulu sebelum pasang CCTV, malingnya membongkar (kotak amal) di masjid. Sekarang itu dibawa dengan kotak amalnya. Kemarin lupa memasukkan kotal amalnya ke dalam. Tapi sering juga disimpan di luar kotak amal itu," kata Ece.

Baca Juga: Nggak Kuat Ingin Merokok, Pemuda Ini Curi Kotak Amal Masjid di Talagamurni Sukabumi

Ece menyebut kotak amal itu kemudian ditemukan warga di Jalan Lingkar Selatan tepatnya di sekitar flyover dalam kondisi kaca sudah pecah dan isinya tidak ada.

Sebelum kejadian ini, kata Ece, warga sudah berinisiatif memasang CCTV di sekitar masjid agar kejadian serupa tidak terulang. Tetapi sayang, meskipun sudah dipasang CCTV, masih ada orang yang nekat melakukan dugaan pencurian itu.

"Pasang CCTV sebulan yang lalu. Kalau keseluruhan total ada sekitar Rp 3 juta uang yang hilang dari kotak amal di masjid ini. Belum dilaporkan (ke polisi)," ujar Ece.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life24 Juli 2024, 13:00 WIB

5 Ciri Orang yang Tidak Suka dengan Kita, Lihat Sikap dan Tatapannya!

Mengenali ciri-ciri seseorang yang tidak suka dengan kita bisa sangat penting untuk memahami dinamika sosial dan menjaga kesehatan emosional.
Ilustrasi - Mengenali ciri-ciri seseorang yang tidak suka dengan kita bisa sangat penting untuk memahami dinamika sosial dan menjaga kesehatan emosional. (Sumber : Pexel.com/@Keira Burton).
Musik24 Juli 2024, 12:30 WIB

Digelar Tiga Hari dan Ada Neck Deep, Berikut Line Up The Sounds Project 7

The Sounds Project merupakan festival musik bergengsi serta di Indonesia yang kembali hadir. Pada tahun ini festival musik tersebut akan digelar selama tiga hari dari 9-11 Agustus 2024 di Ecopark, Ancol, Jakarta Utara.
Digelar Tiga Hari dan Ada Neck Deep, Berikut Line Up The Sounds Project 7 (Sumber : Instagram/@thesoundsproject)
Sehat24 Juli 2024, 12:24 WIB

Tarik OKKO dari Peredaran! BPOM Cek Kandungan Natrium Dehidroasetat di 2 Roti Made In Bandung

Keduanya adalah roti made in Bandung yang selama ini dikenal sebagai jajanan warung yang laris karena murah dan awet alias tahan lama.
Dua roti made in bandung yang diterpa isu mengandung rpengawet kosmetik (Sumber : istimewa)
Bola24 Juli 2024, 12:00 WIB

Prediksi Grup B Piala Presiden 2024: Bali United vs Madura United, H2H Hingga Skor

Bali United akan melawan Madura United dalam lanjutan Piala Presiden Grup B.
Bali United akan melawan Madura United dalam lanjutan Piala Presiden Grup B. (Sumber : X/@BaliUtd/@MaduraUnitedFC).
Life24 Juli 2024, 11:30 WIB

9 Ciri Orang Memiliki Dendam Pada Kita, Terlihat dari Sikapnya

Orang yang dendam pada kita mungkin menghindari interaksi sosial atau mengurangi komunikasi.
Ilustrasi. Ciri Orang Memiliki Dendam pada Kita (Sumber : Pexels/AndreaPiacquadio)
Nasional24 Juli 2024, 11:07 WIB

Wakil Presiden RI ke-9 Hamzah Haz Meninggal Dunia

Jenazah Hamzah Haz akan dimakamkan di kompleks pemakaman keluarga.
Wakil Presiden ke-9 RI Hamzah Haz. | Foto: ppp.or.id
Musik24 Juli 2024, 11:00 WIB

Dimulai dari 2 Juta, Berikut Harga Tiket Konser TXT ACT: PROMISE di Jakarta

Boygrup Tomorrow X Together atau TXT akan menggelar world tour di Indonesia bertajuk ACT: PROMISE pada Rabu, 2 Oktober 2024, di ICE BSD HALL, Tangerang.
Dimulai dari 2 Juta, Berikut Harga Tiket Konser TXT ACT: PROMISE di Jakarta (Sumber : Instagram/@txtupdateina)
Life24 Juli 2024, 10:31 WIB

12 Etika Berkomunikasi dengan Orang Lain, Jangan Memotong Pembicaraan!

Etika Berkomunikasi dengan Orang Lain. Dengarkan tanpa langsung membuat penilaian atau asumsi negatif menujukkan Anda adalah orang yang memiliki etika.
Ilustrasi. Gunakan kata-kata yang tepat dan jelas untuk menghindari kesalahpahaman ketika berkomunikasi dengan orang lain. (Sumber : Pexels/AndreaPiacquadio)
Nasional24 Juli 2024, 10:10 WIB

Sejak 2019! 50 WNI Dikirim Jadi PSK di Australia, Tersangka Untung Rp 500 Juta

Djuhandhani menyatakan FLA mendapatkan uang ini setelah beroperasi sejak 2019.
(Foto Ilustrasi) Polisi menangkap FLA (36 tahun), tersangka penjualan 50 orang WNI untuk dijadikan PSK di Sydney, Australia. | Foto: Istimewa
Sukabumi Memilih24 Juli 2024, 10:02 WIB

Heboh Artis Omesh Posting Berita Politik Pilkada Sukabumi 2024, Apa Kata Warganet?

Omesh, artis asal Sukabumi mengunggah foto tangkapan layar Hasil Survei Elektabilitas Sukabumi 2024. Di postingan itu, namanya disandingkan dengan beberapa pejabat Sukabumi, seperti Iyos Somantri dan Asep Japar.
Artis Omesh Posting Berita Politik Pilkada Sukabumi 2024. Foto: Instagram/omeshomesh