Hujan-Angin Kembali Landa Nagrak Sukabumi, 2 Rumah Rusak Tertimpa Pohon

Selasa 10 Oktober 2023, 23:14 WIB
Kondisi rumah warga di Kampung Nyangegeng RT02 RW06 Desa Babakan Panjang Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi yang tertimpa pohon. (Sumber : P2BK Nagrak)

Kondisi rumah warga di Kampung Nyangegeng RT02 RW06 Desa Babakan Panjang Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi yang tertimpa pohon. (Sumber : P2BK Nagrak)

SUKABUMIUPDATE.com - Hujan deras disertai angin kencang kembali menerjang wilayah Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi. BPBD setempat mencatat, bencana hidrometeorologi tersebut terjadi pada Selasa (10/10/2023) sore dan mengakibatkan dua rumah warga rusak tertimpa pohon.

Petugas Pusdalops PB BPBD Kabupaten Sukabumi Sandra Fitria mengatakan, berdasarkan laporan Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Nagrak, peristiwa ini terjadi sekitar pukul 15.00 WIB.

Tempat kejadian pertama yang tercatat yakni di Kampung Pondoktisuk RT03 RW08 Desa Balekambang. Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan pohon tumbang dan menimpa atap rumah warga atas nama Yana yang dihuni 2KK 5jiwa. "Akibat peristiwa tersebut, atap rumah mengalami kerusakan (rusak sedang). Tidak ada korban luka maupun jiwa dalam peristiwa tersebut," kata Sandra.

Baca Juga: Cerita Pilu Keluarga Wanita Sukabumi yang Tewas Dianiaya Anak Anggota DPR RI

Sandra memastikan pohon tumbang sudah berhasil dievakuasi. Sementara atap rumah yang rusak diarahkan untuk ditutup tenda gulung.

"Kebutuhan mendesak Asbes 10 buah, genting 100 buah, material bangunan dan tenda gulung," ujarnya.

Kemudian tempat kejadian kedua yang tercatat yakni di Kampung Nyangegeng RT02 RW06 Desa Babakan Panjang. Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan pohon durian patah bagian atasnya dan menimpa atap rumah warga atas nama Tiat yang dihuni 2KK 7jiwa. Akibatnya, atap rumah mengalami kerusakan atau rusak sedang. Tidak ada korban luka maupun jiwa dalam peristiwa tersebut.

Menurut Sandra, hingga laporan bencana alam ini diterima pihaknya, pemilik rumah dibantu warga bersama-sama membenahi dahan pohon yang patah. Pemilik rumah dan pemerintahan desa juga, lanjut dia, berencana untuk membicarakan soal pohon yang masih berdiri ke pemiliknya untuk segera ditebang karena merasa terancam.

"Kebutuhan mendesak genting 100 buah, material bangunan dan tenda gulung," jelasnya.

Sandra menuturkan, pasca kejadian yang menimpa dua rumah warga tersebut, P2BK Nagrak langsung berkoordinasi bersama perangkat Desa/Kecamatan, Polpp Kecamatan, dan kepala dusun guna assessment ke lokasi kejadian.

Baca Juga: Rumah Rusak dan Pohon Tumbang, Hujan Angin Kencang di Nagrak Sukabumi

Sebelumnya diberitakan, hujan diserta angin kencang juga terjadi pada Sabtu (7/10/2023) sore. Bencana akibat cuaca ekstrem tersebut melanda Kampung Ciganas RT 02/09 dan Kampung Kancah Nangkub RT 01/09, Desa Nagrak Utara, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi. Akibatnya, satu rumah warga rusak dan satu pohon tumbang.

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Nagrak, Miky mengatakan, angin kencang disertai hujan di Kampung Ciganas RT 02/09, terjadi sekira pukul 16.30 WIB menyebabkan, pohon tumbang dan menimpa jembatan, kabel jaringan listrik dan menutup jalan penghubung 2 Kecamatan (Nagrak-Ciambar).

"Akibatnya terjadi ledakan pada gardu listrik hingga listrik padam dan akses warga pengguna jalan terhambat," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (7/10/2023).

Selain mengakibatkan pohon tumbang, kata Miky, di Kampung Kancah Nangkub RT 01/09 sebuah rumah warga milik Udi, yang dihuni 1 kepala keluarga dengan 4 jiwa mengalami kerusakan pada bagian atap rumahnya.

"Sekitar 12 lembar asbes terbang dan rusak. Asbes tersebut merupakan atap ruangan tempat tidur, sehingga kebutuhan mendesak saat ini adalah asbes," kata Dia.

Meskipun rumahnya rusak, namun tidak ada yang mengungsi. Akibat peristiwa itu, sambung Miky, tidak ada korban luka maupun jiwa. "Cuaca ekstrim diduga menjadi penyebab kejadian," tuturnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life21 Februari 2024, 08:00 WIB

Sering Gunakan Emoji? Kepribadian Seseorang Dilihat dari Caranya Mengetik Pesan

Berikut ini kepribadian seseorang dilihat dari cara mereka mengetik pesan singkat
Ilustrasi - Sering Gunakan Emoji? Kepribadian Seseorang Dilihat dari Caranya Mengetik Pesan (Sumber : Freepik/tirachardz)
Produk21 Februari 2024, 07:25 WIB

Jelang Ramadan, Harga Cabai di Pasar Parungkuda Sukabumi Tembus Rp90 Ribu Per Kg

Pedagang ungkap penyebab semakin pedasnya harga cabai di Pasar Parungkuda Sukabumi jelang bulan Ramadan 2024.
Harga cabai mahal di Pasar Parungkuda Sukabumi jelang bulan Ramadan 2024. Pedagang ungkap penyebabnya. (Sumber : SU/Ibnu)
Life21 Februari 2024, 07:00 WIB

Harganya Seringkali Mahal, Simak 10 Cara Menanam Cabai Rawit di Polybag

Berikut ini cara menanam cabai rawit di polybag agar berhasil panen dengan memuaskan
Berikut ini cara menanam cabai rawit di polybag agar berhasil panen dengan memuaskan (Sumber : Freepik/Racool_studio)
Food & Travel21 Februari 2024, 06:00 WIB

Resep Roti Telur Lipat Korea, Inspirasi Sarapan Enak untuk Anak-anak

Roti Telur Lipat Korea adalah pilihan sarapan yang mudah, bergizi, dan lezat untuk anak-anak.
Roti Telur Lipat Korea adalah pilihan sarapan yang mudah, bergizi, dan lezat untuk anak-anak. (Sumber : YouTube/@Devina Hermawan).
Science21 Februari 2024, 05:30 WIB

Prakiraan Cuaca Jabar 21 Februari 2024, Cek Daerah Mana Saja yang Hujan!

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 21 Februari 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya
Ilustrasi. Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 21 Februari 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya | Foto: Pixabay
Life21 Februari 2024, 05:00 WIB

Doa Malam Nisfu Sya’ban dari Nabi Yunus AS, Amalkan Sebanyak 3 Kali

Doa Nabi Yunus di malam Nisfu Sya'ban ini dianjurkan diamalkan.
Ilustrasi - Doa Nabi Yunus di malam Nisfu Sya'ban ini dianjurkan diamalkan. | (Sumber : Pixabay.com)
Nasional20 Februari 2024, 22:52 WIB

KPU Sebut Ada Kesalahan Data Pileg di 4.167 TPS dan Pilpres di 1.223 TPS

KPU mengungkapkan adanya kesalahan data pemilihan legislatif atau pileg di 4.167 Tempat Pemungutan Suara atau TPS di Indonesia.
Konferensi pers KPU soal perkembangan Pemilu 2024. (Sumber : KPU RI)
Nasional20 Februari 2024, 22:30 WIB

Perpres Publisher Rights Resmi Disahkan Presiden Jokowi, Ini Harapan AMSI

AMSI mengapresiasi keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengesahkan Perpres Publisher Rights.
Pengesahan Perpres Publisher Rights diumumkan oleh Presiden Jokowi dihadapan para pimpinan perusahaan media dan organisasi jurnalis pada puncak peringatan Hari Pers Nasional di Ancol, Jakarta. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi20 Februari 2024, 22:21 WIB

Antisipasi Kerusakan, Perumdam TJM Sukabumi Perbaiki Kebocoran Pipa di Cicurug

Kepala Perumdam TJM Sukabumi cabang Cicurug, Tatang Somantri, menjelaskan bahwa pekerjaan rutin ini dilakukan untuk mengatasi indikasi kebocoran.
Petugas Perumdam TJM Kabupaten Sukabumi cabang Cicurug saat memperbaiki saluran pipa di Ruas Jalan Caringin-Cidahu. (Sumber : Istimewa)
Nasional20 Februari 2024, 22:10 WIB

Dorong Jurnalisme Berkualitas, Jokowi Akhirnya Teken Perpres Publisher Rights

Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah meneken Peraturan Presiden (Perpres) Publisher Rights. Perpres ini disebut sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap produk jurnalisme yang berkualitas.
Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan di Hari Pers Nasional di Econventional Hall Ecopark Ancol, Jakarta, Selasa (19/2/2024) | Foto : Capture Youtube Sekretariat Presiden