Bayinya Sehat dan Cantik, Anak Yatim Korban Pencabulan di Sukabumi Melahirkan

Sabtu 30 September 2023, 16:56 WIB
Bayi perempuan lahir sehat dari IP anak dibawah umur warga Sukabumi yang menjadi korban dugaan pencabulan (Sumber: istimewa)

Bayi perempuan lahir sehat dari IP anak dibawah umur warga Sukabumi yang menjadi korban dugaan pencabulan (Sumber: istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - IP (16 tahun) anak yatim warga Desa Sumberjaya, Kecamatan Tegalbuleud Kabupaten Sukabumi, melahirkan bayi perempuan yang sehat dan cantik. Ia adalah korban dugaan tindak pencabulan yang hingga kini pelakunya masih misterius.

Kabar IP melahirkan bayi perempuan ini dibenarkan oleh pihak Puskesmas Tegalbuleud. "Betul, dia mau lahiran di Tegalbuleud, dari Poned Puskesmas Tegalbuleud, dirujuk ke RSUD Jampangkulon, dia melahirkan tanggal 26 September 2023 kemarin," kata Bidan Koordinator atau Bikor Puskesmas Tegalbuleud, Rohanita kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (30/9/2023).

Rohanita menjelaskan bayinya berjenis kelamin perempuan ini lahir melalui operasi caesar dengan berat 3500 gram dan dalam kondisi sehat. "Saat ini belum pulang ke Tegalbuleud, rencananya mau ke rumah saudara orang tuanya yang dekat ke RSUD Jampangkulon. Ibu bayi harus kontrol, karana pasca operasi caesar," ucapnya.

Pihak keluarga juga membenarkan jika IP saat ini berada di Jampangkulon pasca melahirkan. Keluarga masih menunggu perkembangan kasus dugaan pencabulan ini, terutama pasca IP melahirkan.

Baca Juga: Anak Yatim Dicabuli hingga Hamil, Warga Tegalbulued Berharap Pelaku Segera Ditangkap

"Sebagai keluarga sementara ini kami fokus pada kesehatan IP, untuk kasusnya sudah kami serahkan ke pihak berwenang,” pungkas keluarga IP yang enggan namanya disebutkan dalam berita ini.

Menyedot Perhatian Kemensos

Kasus dugaan tindak pencabulan terhadap IP yang masih tercatat sebagai anak dibawah umur ini juga menyedot perhatian pemerintah pusat. Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI), melalui Sentra Phala Martha Sukabumi mengunjungi IP pada 26 Agustus 2023.

"Kami ditugaskan langsung oleh ibu Menteri Sosial, untuk melakukan pendampingan dan assessment kepada korban dugaan pencabulan anak di bawah umur warga Desa Sumberjaya, Kecamatan Tegalbuleud," kata Peksos Muda Sentra Phala Martha, Burhanudin saat itu.

"Pada hari Kamis 24 Agustus 2023, ketemu sama korban dan ibunya di rumah saudaranya, disana ada dari Pemdes Tegallega dan Muspika. Pada hari Jumatnya tanggal 25 Agustus 2023 ke Polres Sukabumi, juga mengunjungi kediamannya di Desa Sumberjaya dan ketemu kakek neneknya, bersama Muspika Tegalbuleud," ungkap Burhanudin.

Baca Juga: Babak Baru Kasus Pencabulan Anak Yatim di Tegalbuleud Sukabumi, Mensos Turun Tangan

Pendampingan dilakukan terhadap anak dan keluarganya, dengan menyalurkan bantuan sesuai kebutuhan. Seperti sembako, nutrisi, peralatan kebersihan diri, serta perlengkapan persalinan (perlengkapan bayi) seperti kasur bayi, popok, minyak baby oil, dan lainnya.

Terkait penanganan kasusnya, Kemensos juga koordinasi dengan Unit PPA Polres Sukabumi. "Keluarga korban sudah melaporkan kasus ini pada tanggal 9 Agustus 2023 lalu," imbuhnya.

Korban selama ini tinggal bersama kakek dan neneknya, ayah sudah meninggal karena sakit, dan ibunya kerja di Jakarta.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat27 Juli 2024, 09:00 WIB

7 Cara Mengurangi Risiko Penyakit Jantung Mulai dari Sejak Usia Muda

Kesehatan jantung adalah harta yang tak ternilai. Dengan menjaga gaya hidup sehat, Anda dapat hidup lebih lama dan berkualitas.
Ilustrasi -  Kesehatan jantung adalah harta yang tak ternilai. Dengan menjaga gaya hidup sehat, Anda dapat hidup lebih lama dan berkualitas. (Sumber : pexels.com/Andrea Piacquadio)
Inspirasi27 Juli 2024, 08:00 WIB

Info Loker Teknik di Perusahaan Makanan, Posisi Operator Peralatan

Info Loker Teknik Posisi Operator Peralatan. Rekrutmen Pegawai Tetap untuk posisi Operator Peralatan ini dibuka hingga 18 Agustus 2024 mendatang.
Ilustrasi. Info Loker Teknik (Sumber : Freepik/@pvproductions)
Life27 Juli 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya!

Menghadapi seseorang yang tidak punya rasa bersalah bisa sangat menantang.
Ilustrasi. Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya! (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Science27 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 Juli 2024, Cek Dulu Yuk Langit di Akhir Pekan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024. (Sumber : Pixabay.com).
Inspirasi26 Juli 2024, 22:02 WIB

Jatim Media Summit Bagikan Tips Bikin Konten Video Disukai Penonton di Medsos

Sebelum memulai membuat konten video, alangkah baiknya untuk mengenal audiens atau penonton. Cari tahu apa yang mereka suka dan dibutuhkan.
Jatim Media Summit, Kamis (25/7/2024) | Foto : Ist
Sukabumi26 Juli 2024, 21:26 WIB

Ini Dugaan Penyebab Kebakaran Gudang Limbah Pabrik di Parungkuda Sukabumi

Warga ungkap asal muasal api yang menjadi penyebab kebakaran gudang limbah pabrik di Parungkuda Sukabumi.
Petugas Damkar berjibaku memadamkan kebakaran yang melanda gudang limbah pabrik kain di Parungkuda Sukabumi. | Foto: Istimewa
Jawa Barat26 Juli 2024, 21:11 WIB

16 Rumah Dilaporkan Rusak, Pj Gubernur Jabar Tinjau Lokasi Gempa di Kuningan

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin meninjau sejumlah lokasi yang terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Kuningan, Jumat (26/7/2024).
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat meninjau lokasi terdampak gempa di Kuningan. (Sumber : Humas Jabar)
Sehat26 Juli 2024, 21:00 WIB

Oatmeal Hingga Minyak Kelapa, 7 Cara Mengatasi Kulit Kering yang Dapat Anda Lakukan

Cuaca dingin dan kering, sering mencuci tangan, atau paparan sinar matahari berlebihan dapat membuat kulit kering.
Ilustrasi - Dengan perawatan yang tepat, kulit kering dapat diatasi dan kembali sehat. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi26 Juli 2024, 20:56 WIB

Langganan Banjir, Warga Minta Pengerukan Sungai Cibening Purabaya Sukabumi

Warga berharap adanya penanganan Sungai Cibening Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi yang mengalami pendangkalan serta penyempitan
Forkopimcam dan relawan saat sedang membersihkan Sungai Cibening Purabaya Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Life26 Juli 2024, 20:30 WIB

10 Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita

Senyuman orang yang memiliki dendam mungkin tampak dipaksakan atau tidak tulus. Ekspresi wajah sering kali tidak selaras dengan kata-kata mereka.
Ilustrasi. Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita (Sumber : Pexels/YanKrukau)