Bayinya Sehat dan Cantik, Anak Yatim Korban Pencabulan di Sukabumi Melahirkan

Sabtu 30 September 2023, 16:56 WIB
Bayi perempuan lahir sehat dari IP anak dibawah umur warga Sukabumi yang menjadi korban dugaan pencabulan (Sumber: istimewa)

Bayi perempuan lahir sehat dari IP anak dibawah umur warga Sukabumi yang menjadi korban dugaan pencabulan (Sumber: istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - IP (16 tahun) anak yatim warga Desa Sumberjaya, Kecamatan Tegalbuleud Kabupaten Sukabumi, melahirkan bayi perempuan yang sehat dan cantik. Ia adalah korban dugaan tindak pencabulan yang hingga kini pelakunya masih misterius.

Kabar IP melahirkan bayi perempuan ini dibenarkan oleh pihak Puskesmas Tegalbuleud. "Betul, dia mau lahiran di Tegalbuleud, dari Poned Puskesmas Tegalbuleud, dirujuk ke RSUD Jampangkulon, dia melahirkan tanggal 26 September 2023 kemarin," kata Bidan Koordinator atau Bikor Puskesmas Tegalbuleud, Rohanita kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (30/9/2023).

Rohanita menjelaskan bayinya berjenis kelamin perempuan ini lahir melalui operasi caesar dengan berat 3500 gram dan dalam kondisi sehat. "Saat ini belum pulang ke Tegalbuleud, rencananya mau ke rumah saudara orang tuanya yang dekat ke RSUD Jampangkulon. Ibu bayi harus kontrol, karana pasca operasi caesar," ucapnya.

Pihak keluarga juga membenarkan jika IP saat ini berada di Jampangkulon pasca melahirkan. Keluarga masih menunggu perkembangan kasus dugaan pencabulan ini, terutama pasca IP melahirkan.

Baca Juga: Anak Yatim Dicabuli hingga Hamil, Warga Tegalbulued Berharap Pelaku Segera Ditangkap

"Sebagai keluarga sementara ini kami fokus pada kesehatan IP, untuk kasusnya sudah kami serahkan ke pihak berwenang,” pungkas keluarga IP yang enggan namanya disebutkan dalam berita ini.

Menyedot Perhatian Kemensos

Kasus dugaan tindak pencabulan terhadap IP yang masih tercatat sebagai anak dibawah umur ini juga menyedot perhatian pemerintah pusat. Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI), melalui Sentra Phala Martha Sukabumi mengunjungi IP pada 26 Agustus 2023.

"Kami ditugaskan langsung oleh ibu Menteri Sosial, untuk melakukan pendampingan dan assessment kepada korban dugaan pencabulan anak di bawah umur warga Desa Sumberjaya, Kecamatan Tegalbuleud," kata Peksos Muda Sentra Phala Martha, Burhanudin saat itu.

"Pada hari Kamis 24 Agustus 2023, ketemu sama korban dan ibunya di rumah saudaranya, disana ada dari Pemdes Tegallega dan Muspika. Pada hari Jumatnya tanggal 25 Agustus 2023 ke Polres Sukabumi, juga mengunjungi kediamannya di Desa Sumberjaya dan ketemu kakek neneknya, bersama Muspika Tegalbuleud," ungkap Burhanudin.

Baca Juga: Babak Baru Kasus Pencabulan Anak Yatim di Tegalbuleud Sukabumi, Mensos Turun Tangan

Pendampingan dilakukan terhadap anak dan keluarganya, dengan menyalurkan bantuan sesuai kebutuhan. Seperti sembako, nutrisi, peralatan kebersihan diri, serta perlengkapan persalinan (perlengkapan bayi) seperti kasur bayi, popok, minyak baby oil, dan lainnya.

Terkait penanganan kasusnya, Kemensos juga koordinasi dengan Unit PPA Polres Sukabumi. "Keluarga korban sudah melaporkan kasus ini pada tanggal 9 Agustus 2023 lalu," imbuhnya.

Korban selama ini tinggal bersama kakek dan neneknya, ayah sudah meninggal karena sakit, dan ibunya kerja di Jakarta.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Science13 April 2024, 09:39 WIB

Potensi Ombak Capai 2,5 Meter di Pantai Selatan Jabar-DIY, Wisatawan Diimbau Waspada

BMKG peringatkan potensi ombak capai 2,5 meter di Pantai Selatan Jabar hingga DIY pada hari ketiga libur Lebaran, Sabtu 13 April 2024.
Ilustrasi. Ombak laut yang menghempas pantai. (Sumber : pixabay.com/@Elias)
Sehat13 April 2024, 09:00 WIB

Bisa Atasi Depresi, 8 Manfaat Asam Lemak Omega-3 untuk Kesehatan

Potensi manfaat kesehatan dari omega-3 termasuk melindungi kesehatan jantung, fungsi otak, kesehatan mata, dan menurunkan risiko beberapa penyakit kronis.
Ilustrasi - Asam lemak omega-3 adalah nutrisi penting yang dikonsumsi melalui makanan atau suplemen. (Sumber : Freepik.com).
Motor13 April 2024, 08:00 WIB

10 Hal yang Harus Anda Siapkan Sebelum Membeli Motor Baru

Dengan mempersiapkan hal-hal berikut, Updaters dapat memastikan bahwa Anda siap untuk membeli motor baru dan mendapatkan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.
Ilustrasi. Kendaraan roda dua. Ini Hal yang Harus Anda Siapkan Sebelum Membeli Motor Baru. Sumber foto : Pexels/Quang Nguyen Vinh
Life13 April 2024, 07:00 WIB

Jangan Diremehkan! Ini 10 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Anak Stres

Menghindari kebiasaan-kebiasaan sepele penyebab anak stres dan menciptakan lingkungan yang positif, penuh kasih serta mendukungnya merupakan kunci untuk membantu anak mengatasi stres dan berkembang dengan baik secara emosional.
Ilustrasi. Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Anak Stres Ini Jangan Pernah Diremehkan! (Sumber : pixabay.com/@ DigitalPhotoandDesignDigiPD.com)
Food & Travel13 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Daun Jambu Biji Sebagai Obat Tradisional

Daun jambu biji memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti diare, gangguan pencernaan, dan infeksi saluran kemih.
Ilustrasi. Daun Jambu Biji. Cara Membuat Air Rebusan Daun Jambu Biji Sebagai Obat Tradisional. (Sumber : pexels.com/RanjeerChauhan)
Science13 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 13 April 2024, Berpotensi Diguyur Hujan Sejak Siang Hari

Prediksi cuaca hari ini 13 Desember 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prediksi cuaca hari ini 13 Desember 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung  dan sekitarnya. (Sumber : Freepik.com/@pvproductions).
Sukabumi12 April 2024, 22:59 WIB

Retribusi Pantai Minajaya Dikomplain Tak Sesuai Fasilitas, Ini Kata Dispar Sukabumi

Retribusi ke kawasan Pantai Minajaya Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi menjadi sorotan warga. Pasalnya tarif yang dikenakan mengalami kenaikan, bahkan dianggap terlalu mahal dan tidak wajar.
Pos Retribusi Pantai Minajaya Surade Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi12 April 2024, 22:33 WIB

Operasional Tol Bocimi Seksi 2 Dibuka hingga Malam Hari Kecuali Hujan

Tol Bocimi Seksi 2 dari arah Sukabumi menuju Bogor-Jakarta dibuka hingga malam hari, sekira pukul 19.00 WIB, berbeda dengan hari pertama kemarin yang sudah ditutup pada sore hari.
Buka tutup tol Bocimi seksi 2 saat libur lebaran | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi12 April 2024, 22:23 WIB

Urai Kemacetan di Lebaran H+2, Polisi Terapkan Skema One Way di Sekitar Exit Tol Parungkuda

Rekayasa lalu lintas satu arah alias one way di sepanjang ruas jalan Nasional Sukabumi-Bogor, tepatnya di sekitar Gerbang Tol Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, telah berakhir pada Jumat (12/4/2024).
Polantas berlakukan skema one way di sekitar Exit Tol Parungkuda Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sehat12 April 2024, 21:00 WIB

Darah Tinggi: 10 Makanan Aman untuk Dikonsumsi dan Mana yang Harus Dihindari

Pola makan yang kaya sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan rendah lemak jenuh, gula, dan alkohol dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda.
Ilustrasi Yoghurt dan Parfait Buah - Untuk membantu menurunkan tekanan darah secara alami, apa yang Anda makan dapat memainkan peran penting. (Sumber : pexels.com/@Nicola Barts)