Termasuk di Sukabumi, Polri Tanam 21 Juta Bibit Pohon Diganjar Rekor MURI

Rabu 23 Agustus 2023, 17:49 WIB
Khusus di Kota Sukabumi berlokasi di kawasan Setukpa Lemdiklat Polri dilakukan penanaman sebanyak 4.000 bibit pohon. (Sumber : Istimewa)

Khusus di Kota Sukabumi berlokasi di kawasan Setukpa Lemdiklat Polri dilakukan penanaman sebanyak 4.000 bibit pohon. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Institusi Kepolisian Republik Indonesia (Polri) pecahkan rekor MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) usai melakukan penanaman 21 juta bibit pohon dalam rangka HUT RI ke-78 di seluruh Indonesia.

Diketahui, penanaman itu dilakukan serentak dari mulai tingkat Mabes Polri, 34 Polda Jajaran, 551 Polres Jajaran dan ribuan Polsek Jajaran di Seluruh Indonesia yang dilakukan sejak 18-23 Agustus dan akan dilanjutkan hingga Oktober 2023 mendatang.

Khusus di Kota Sukabumi, yang berlokasi di kawasan Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) Lemdiklat Polri dilakukan penanaman sebanyak 4.000 bibit pohon. Hal tersebut menjadi salah satu upaya penghijauan dan pelestarian lingkungan.

"Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI yang ke-78, Polri bersama TNI, Pemerintah Daerah dan seluruh Stakeholder lainnya, dari tanggal 23 sampai dengan nanti bulan Oktober 2023, kita melakukan penanaman pohon serentak. Penanaman pohon ini dilaksanakan di 34 provinsi, 500 lebih Polres, hampir 3.000 lebih Polsek dan di beberapa wilayah juga kita melaksanakan penanaman pohon sebanyak 21 Juta lebih," ujar Asisten Kapolri Bidang SDM Irjen Dedi Prasetyo usai kegiatan.

Baca Juga: Pesan dari Pura Giri Wira Dharma Secapa Polri Sukabumi di Hari Raya Galungan

Atas dasar hal tersebut, Polri mendapatkan rekor MURI yang dilakukan secara simbolis oleh Direktur Marketing MURI Awan Rahargo kepada Asisten Kapolri Bidang SDM Irjen Dedi Prasetyo di Setukpa Polri, Jalan Bhayangkara, Kota Sukabumi pada Rabu (23/8/2023).

"Kita melaksanakan penanaman pohon sebanyak 21 juta lebih. Ini merupakan komitmen bapak Kapolri (Jenderal Listyo Sigit) bersama TNI, Pemda dan seluruh komponen bangsa dalam rangka untuk menghijaukan bangsa, melestarikan seluruh wilayah Indonesia dan memperbaiki iklim yang ada di Indonesia," kata Dedi.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang berkontribusi dalam menyumbang udara bersih Dunia sangat dirasakan. Menurutnya Indonesia dalam hal ini mengambil peran dan andil sebagai paru-paru dunia.

"Artinya bahwa pelestarian lingkungan ini merupakan kewajiban anak bangsa. Menanam pohon secara dini ini harus terus dilakukan dan harus terus ditanamkan kepada generasi muda agar mereka memiliki tanggungjawab bersama untuk melestarikan alam Indonesia yang sangat indah," ujarnya.

Polri menggelar penanaman 21 juta bibit pohon serentak, Rabu (23/8/2023). Aksi ini diganjar dua penghargaan oleh MURI. (Foto: Istimewa)Polri menggelar penanaman 21 juta bibit pohon serentak, Rabu (23/8/2023). Aksi ini diganjar dua penghargaan oleh MURI. (Foto: Istimewa)

Selain dalam rangka memperingati HUT RI, kegiatan penanaman pohon ini juga dilakukan untuk mengurangi dampak polusi dan kerusakan lingkungan. Beberapa bibit pohon yang ditanam yaitu pohon pete, jambu air, jambu jamaika, mangga, durian, alpukat, sirsak hingga pohon damar.

"Iya ini merupakan salah satu yang bisa kita wujudkan untuk mengurangi dampak polusi, dampak kerusakan lingkungan. Penanaman pohon banyak kita lakukan insyaallah polusi juga akan semakin berkurang," katanya.

Direktur Marketing MURI Awan Rahargo menambahkan, pihaknya telah mengukuhkan kegiatan penanaman bibit pohon oleh instansi Polri ini merupakan yang terbanyak dilakukan secara serentak.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan pemecahan rekor MURI sebelumnya yang pernah dicatatkan rekor MURI pada 2011 itu sebanyak 20 juta bibit pohon. Hari ini, Polri telah memecahkan rekor dengan menanam 21 juta bibit pohon yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia," kata Awan.

Selain itu, Polri juga memecahkan rekor sebagai institusi yang paling banyak menghadirkan delegasi kepolisian dari negara-negara sahabat.

"MURI juga mencatat kegiatan penanaman pohon oleh peserta perwakilan negara terbanyak, hadir sebanyak 16 perwakilan negara sahabat yang dipusatkan di pulau Rinca, NTT," ucap dia.

"Untuk itu MURI pada hari ini mengapresiasi catatan rekor sebagai yang terbanyak dengan harapan bahwa kegiatan ini dapat memberi nafas baru bagi bumi ke depannya agar bumi kita semakin lestari dan semakin hijau," pungkasnya.

Penanaman pohon oleh Polsek Ciemas Polres Sukabumi. (Foto: Istimewa)Penanaman pohon oleh Polsek Ciemas Polres Sukabumi. (Foto: Istimewa)

Sementara itu di Kabupaten Sukabumi, sebanyak 350 batang pohon ditanam diatas lahan luas 6000 meter persegi di Kecamatan Ciemas.

"Ini kegiatan penghijauan dengan bentuk penanaman pohon secara serentak dalam rangka Polri Lestarikan Negeri," kata Kapolsek Ciemas Polres Sukabumi Iptu Azhar Sunandar kepada sukabumiupdate.com.

"Pohon yang ditanam, ada apukat, dan petai. Kegiatan juga dihadiri oleh Camat Ciemas, unsur Koramil Ciemas, Subdenharlat Cibenda,Kasi Trantib Kecamatan Ciemas, Pol PP Kecamatan Ciemas, para Kepala Desa Sekecamatan Ciemas, tokoh masyarakat Ciemas, Ketua dan anggota Bhayangkari Ciemas, serta anggota Persit Koramil Ciemas," imbuh Azhar.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi29 April 2024, 14:43 WIB

Dinas PU Perbaiki Kerusakan Jalan Kompa-Cipanggulaan di Parungkuda Sukabumi

Perbaikan jalan sepanjang 200 meter ini untuk meningkatkan kualitas dan keamanan.
Proses perbaikan kerusakan Jalan Kompa-Cipanggulaan, tepatnya di Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Minggu, 28 April 2024. | Foto: Istimewa
DPRD Kab. Sukabumi29 April 2024, 14:26 WIB

Semifinal Piala Asia U-23 Indonesia vs Uzbekistan, Budi Azhar Prediksi Timnas Menang 2-1

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali optimis Timnas Indonesia U-23 bisa menang atas Uzbekistan.
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali. (Sumber : Dok.SU)
Sukabumi29 April 2024, 14:14 WIB

Dua Remaja Citamiang Sukabumi Ditangkap, Bergilir Cabuli Anak di Bawah Umur

Kedua pelaku ditangkap setelah polisi menerima laporan soal dugaan pencabulan ini.
Lokasi dugaan pencabulan yang dilakukan RJ dan RE di rumah RE di Jalan Pemuda Kampung Baru, Kelurahan/Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. | Foto: Polres Sukabumi Kota
Bola29 April 2024, 14:00 WIB

Optimis! Shin Tae-yong Ingin Bawa Timnas Indonesia ke Olimpiade Paris 2024

Shin Tae-yong berambisi bawa Timnas Indonesia terbang ke Olimpiade Paris 2024.
Shin Tae-yong berambisi bawa Timnas Indonesia terbang ke Olimpiade Paris 2024. (Sumber : pssi.org).
Life29 April 2024, 13:41 WIB

Jangan Diabaikan! Ketahui 7 Penyebab Balita Sering Memukul

Apakah balita Anda memukul anak lain saat pertama kali merasa frustasi? Jika ya, berikut cara menangani perilaku ini.
Ilustrasi balita memukul. | Foto: Freepik/@freepik
Life29 April 2024, 13:30 WIB

Jangan Dibentak! Ini 5 Cara Agar Anak Selalu Mau Dinasihati Orang Tua

Orang tua harus memiliki pendekatan yang bagus dan baik selama mengasuh anak agar mereka mau dinasihati dan tidak memberontak.
Ilustrasi. Cara agar anak mau dinasihati orang tua. Sumber foto : Pexels/Elina Fairytale
Life29 April 2024, 13:11 WIB

Tetap Bersikap Konsisten, 5 Tips Penerapan Sistem Penghargaan untuk Anak Usia Sekolah

Dengan menerapkan sistem penghargaan untuk anak usia sekolah, disinyalir sangat berguna untuk memotivasi mereka.
Ilustrasi penghargaan untuk anak. | Foto: Freepik/@stocking
Sehat29 April 2024, 13:00 WIB

Hidup Bersama Diabetes Tak Perlu Panik, 12 Langkah Sehat untuk Mengelola Gula Darah

Dengan pengelolaan gula darah yang baik, orang yang hidup dengan diabetes dapat menjalani hidup yang sehat, bahagia, dan penuh makna.
Ilustrasi - Dengan pengelolaan gula darah yang baik, orang yang hidup dengan diabetes dapat menjalani hidup yang sehat, bahagia, dan penuh makna. (Sumber : Freepik.com).
Life29 April 2024, 12:45 WIB

6 Cara Menjadi Orang Pemaaf Agar Hidup Jauh dari Permusuhan, Ini Langkahnya!

Menjadi pribadi pemaaf sebenarnya bisa diupayakan dalam hidup. Tentunya dengan beberapa langkah yang mesti dilakukan secara konsisten.
Ilustrasi. Cara menjadi orang yang pemaaf. Sumber foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Life29 April 2024, 12:30 WIB

7 Penyesalan Orang Tua kepada Anak Akibat Kesalahan Mengasuh di Masa Lalu

Para orang tua biasanya akan mengalami rasa penyesalan manakala berurusan dengan kesalahan pada pola asuhnya di masa lalu kepada anak-anaknya.
Ilustrasi. Pola asuh. Contoh Penyesalan orang tua kepada anaknya. Sumber foto : Pexels/Anastasiya Gepp