Macet Pasar Bubaran Pabrik, Jokowi Sebut Bisa 9 Jam! Jakarta Sukabumi via Non Tol

Jumat 04 Agustus 2023, 12:45 WIB
Gerbang Tol Bocimi Seksi 2 di Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Rabu (2/8/2023). | Waktu Tempuh Jakarta-Sukabumi Lewat Tol Bocimi Hanya 2,5 Jam | Foto: SU/Ibnu Sanubari

Gerbang Tol Bocimi Seksi 2 di Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Rabu (2/8/2023). | Waktu Tempuh Jakarta-Sukabumi Lewat Tol Bocimi Hanya 2,5 Jam | Foto: SU/Ibnu Sanubari

SUKABUMIUPDATE.com - Jalan Tol Ciawi-Sukabumi atau Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi 2 ruas Cigombong-Cibadak telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada hari ini, Jumat (4/8/2023).

Peresmian Tol Bocimi Seksi 2 ini dihadiri oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri, Walikota Sukabumi Achmad Fahmi dan tokoh lainnya.

Presiden Jokowi Saat Meresmikan Tol Bocimi Seksi 2 di SukabumiPresiden Jokowi Saat Meresmikan Tol Bocimi Seksi 2 di Sukabumi

Waktu tempuh Sukabumi-Jakarta dan sebaliknya akan jauh lebih singkat jika masyarakat menggunakan Tol Bocimi. Hal itu diungkapkan langsung oleh Jokowi ketika meresmikan Tol sepanjang 11,9 Km di Sukabumi.

"Ini akan mempercepat perjalanan Jakarta ke Sukabumi. Biasanya 5 jam mungkin sekarang jadi 2,5 atau 2 jam." kata Jokowi dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (4/8/2023).

Baca Juga: Serba-Serbi Palabuhanratu Sukabumi: Wisata Hingga Mitos Nyi Roro Kidul

Hal ini sejalan dengan pernyataan SVP Corporate Secretary Waskita Karya, Ermy Puspa Yunita, bahwa jalan Tol Bocimi akan mampu memangkas waktu tempuh perjalanan dari Jakarta ke Sukabumi maupun sebaliknya selama 2 jam 30 menit.

"Sebelum hadirnya tol ini, masyarakat menempuh waktu 5 jam, harus melewati jalur kemacetan seperti Cicurug, Parungkuda dan Cibadak," kata Ermy dalam keterangan resminya.

Jokowi bahkan menceritakan pengalamannya sendiri ketika harus menempuh waktu hingga 6 jam dari Jakarta ke Sukabumi. Pada saat itu, Tol Bocimi Seksi 2 belum resmi beroperasi.

"Bahkan sebelumnya ada yang 6 jam, 8 jam sampai 9 jam karena ada pasar jadi macet, ada pekerja pabrik jadi macet. Saya mengalami sendiri, hampir 6 jam.".

Artinya, sambung Jokowi, mobilitas akan semakin cepat dengan beroperasinya Tol Bocimi Seksi 2 ruas Cigombong-Cibadak.

Tak hanya mampu memangkas waktu tempuh Jakarta ke Sukabumi, Jalan Tol Bocimi juga dapat membuka akses bagi para wisatawan. Apalagi, kata Jokowi, banyak suguhan wisata yang dapat menjadi daya tarik, mulai dari Palabuhanratu Geopark Ciletuh hingga Ujunggenteng.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Tempat Wisata Sekitar Bocimi, Lewat Tol Ciawi Sukabumi

Sebelumnya diberitakan, Humas PT Waskita Karya Tbk Edi Abas mengatakan setelah peresmian, Tol Bocimi Seksi 2 akan dibuka secara fungsional selama beberapa hari atau pekan, sebelum kemudian beroperasi secara umum.

Edi tak menjelaskan lebih rinci soal skema dan aturan yang akan diterapkan selama fungsional, lantaran kewenanangan PT Trans Jabar Tol. Sejumlah fasilitas di Tol Bocimi Seksi 2 seperti gerbang tol di Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, penerangan jalan umum, dan marka jalan, sudah selesai dikerjakan.

PT Trans Jabar Tol selaku anak perusahaan PT Waskita Toll Road sebelumnya juga sudah mengabarkan lewat Instagram mereka, Tol Bocimi Seksi 2 telah menjalani Uji Laik Fungsi (ULF) dan Uji Layak Operasi (ULO) pada 3-4 Juli 2023 sebelum dilakukan secara penuh.

ULF dan ULO yang dilakukan di Tol Bocimi Seksi 2 meliputi uji spesifikasi terhadap teknis persyaratan dan perlengkapan jalan serta aspek keselamatan guna memenuhi standar yang telah ditetapkan untuk menunjang keamanan, keselamatan, dan kenyamanan pengguna jalan.

Tol Bocimi memiliki panjang 54 kilometer. Rinciannya, Seksi 1 Ciawi-Cigombong (15,35 kilometer) beroperasi Desember 2018. Seksi 2 Cigombong-Cibadak (11,9 kilometer). Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat (13,7 kilometer). Seksi 4 Sukabumi Barat-Sukabumi Timur (13,05 kilometer).

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat16 Mei 2024, 12:30 WIB

Ada Durian Tinggi Purin, 7 Buah Ini Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Durian adalah buah tropis yang kaya akan purin dan sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat.
Ilustrasi. Kios Buah. Ada Durian Tinggi Purin, Deretan Buah Ini Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat (Sumber : Pexels/MariaOrlova)
Life16 Mei 2024, 12:15 WIB

Usahakan Tetap Tenang, Begini 5 Tips Jitu Mengatasi Balita Yang Selalu Emosi

Mengatasi emosi besar pada balita kita dan mengetahui cara meresponsnya adalah salah satu bagian tersulit dalam mengasuh balita.
mengatasi balita yang emosi dengan tenang (Sumber : pexels.com/@AlexanderDummer)
Bola16 Mei 2024, 12:00 WIB

Leg 2 Championship Series Persib Bandung vs Bali United: Suporter Bali United Dilarang Datang!

Laga Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024, suporter Bali United dilarang datang ke Bandung.
Laga Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024, suporter Bali United dilarang datang ke Bandung. | (Sumber : persib.co.id)
Keuangan16 Mei 2024, 11:49 WIB

Bicara di Seminar Ombudsman, Ayep Zaki Bahas Peran Lembaga Keuangan Alternatif

Peran lembaga keuangan alternatif sangat penting dalam memajukan ekosistem perekonomian.
Ayep Zaki menjadi pembicara dalam seminar bersama Ombudsman Republik Indonesia di Aula Bank BJB, Sukabumi, Rabu, 15 Mei 2024. | Foto: Instagram/Ayep Zaki
Life16 Mei 2024, 11:45 WIB

Terapkan 6 Cara Ampuh Berikut Untuk Memperkuat Hubungan Ayah dan Anak Laki-laki

Menghabiskan waktu positif bersama, membicarakan pelajaran hidup, disertai dengan banyak mendengarkan dengan tenang dan penuh perhatian, akan membantu mengembangkan hubungan yang membina dan bermakna dengan putra Anda
Ilustrasi cara memperkuat hubungan ayah dengan anak laki-laki (Sumber : pexels.com/@NathanCowley)
Sukabumi Memilih16 Mei 2024, 11:44 WIB

Kini Sebut Wajib Mundur, Ketua KPU Berubah Soal Caleg Terpilih Maju Pilkada 2024

Sempat sebut tak wajib mundur jika caleg terpilih pemilu 2024 maju di pilkada serentak 2024, kini bilang wajib mundur.
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari saat menggelar rapat pleno rekap hasil penghitungan perolehan suara tingkat nasional Pemilu 2024 hari ke-18, Sabtu (16/3/2024). (Sumber: Youtube KPU)
Food & Travel16 Mei 2024, 11:30 WIB

Cara Membuat Air Lemon untuk Mengurangi Stres, 10 Step Simpel dan Gampang!

Aroma lemon diketahui memiliki efek menenangkan pada pikiran dan tubuh. Minum air lemon dapat membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan mood.
Ilustrasi. Coba sesuaikan resep membuat Infused Water Air Lemon sesuai dengan selera pribadi, baik dari segi konsentrasi perasan lemon, tambahan gula, atau penambahan bahan-bahan lain seperti daun mint atau buah lainnya. (Sumber : Pexels/Alleksana)
Sehat16 Mei 2024, 11:15 WIB

3 Obat Alami Untuk Asam Urat yang Bisa Dilakukan dan Dibuat di Rumah

ada beberapa cara yang bisa dilakukan atau dibuat di rumah bagi penderita asam urat agar rasa nyerinya ketika muncul bisa berkurang dengan baik atau bisa dicegah
Ceri adalah salah satu dari tiga obat alami yang dipercaya bisa mengobati penyakit asam urat. (Sumber : freepik.com/@azerbajian_stockers)
Life16 Mei 2024, 11:00 WIB

10 Cara Membentuk Karakter Anak yang Baik, Simpel dan Mudah Loh Bund!

Anak-anak cenderung meniru perilaku orang dewasa di sekitar mereka. Maka dari itu, Cara Membentuk Karakter Anak yang Baik Bisa dengan menjadi contoh yang baik pula.
Ilustrasi. Cara Membentuk Karakter Baik Anak yang Bisa Dilakukan Orang Tua (Sumber : Pixabay/JupiLu)
Sehat16 Mei 2024, 10:45 WIB

Asam Urat di Pergelangan Kaki? Lakukan 7 Hal Ini Agar Bisa Cepat Pulih

Ternyata asam urat juga bisa menyerang pergelangan kaki, sudah pasti akan mengganggu aktivitas sehari-hari karena sakitnya yang begitu menyakitkan. Maka dari itu penting mengetahui hal yang bisa membantu pemulihan asam urat
Ilustrasi asam urat yang menyerang pergelangan kaki, maka 7 hal ini bisa dilakukan agar cepat pulih. (Sumber : Freepik.com)