Seksi 2 Bakal Beroperasi, Membaca Sejarah Tol Bocimi Sepanjang 54 Km

Rabu 02 Agustus 2023, 18:30 WIB
Seksi 2 Bakal Beroperasi, Ini Sejarah Tol Bocimi yang Memiliki Panjang 54 Km. | Foto: Instagram/@transjabartol

Seksi 2 Bakal Beroperasi, Ini Sejarah Tol Bocimi yang Memiliki Panjang 54 Km. | Foto: Instagram/@transjabartol

SUKABUMIUPDATE.com - Tol Bocimi (Bogor Ciawi Sukabumi) merupakan salah satu jalan tol dengan pengerjaan paling lama. Ditetapkan pada tahun 1997 dan baru terlaksana di tahun 2016.

Kekinian, jalan tol dengan panjang 54 Km ini rencananya akan segera beroperasi dan dibuka untuk umum di Seksi 2 Cigombong-Cibadak. Dengan dibukanya ruas tol tersebut nantinya akan mempersingkat waktu tempuh Sukabumi-Jakarta yang menjadi Ibu Kota Negara.

Peresmian sendiri dijadwalkan bakal dilakukan pada Jumat, 4 Agustus 2023 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Keterangan ini disampaikan langsung oleh Humas PT Waskita Karya Tbk Edi Abas.

Baca Juga: Rencana Diresmikan Presiden Jokowi, Tol Bocimi Seksi 2 Beroperasi 4 Agustus 2023

Edi mengatakan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono akan melakukan pengecekan akhir pengerjaan Tol Bocimi Seksi 2 pada hari ini, Rabu (2/8/2023). Kedatangan Basuki dan rombongan adalah untuk memastikan kelayakan sebelum jalan tol sepanjang 11,9 kilometer ini diresmikan oleh Jokowi.

"Sekarang ini ditinjau ulang. Hasil nanti tinjauannya, apa sudah layak diresmikan. Saya rasa sudah layak. Tapi beliau (Basuki Hadimuljono) meninjau dulu dari Kementerian PUPR. Sekarang sudah ada agenda rencana nih, hari Jumat (4 Agustus) insyaAllah mau diresmikan Pak Jokowi," kata Edi kepada sukabumiupdate.com di lokasi, Rabu (02/08/2023).

PT Trans Jabar Tol menyebut Tol Bocimi Seksi 2 progres konstruksinya sudah tahap akhir penyelesaian yakni 98 persen. Seksi yang memiliki Pintu Keluar Tol di Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, ini memiliki sembilan jembatan utama dan selapan jalur penyeberangan.

Baca Juga: 7 Tanda Inner Child yang Terluka dan Cara Penyembuhannya, Yuk Kenali!

Tol Bocimi sendiri memiliki panjang 54 kilometer. Rinciannya, Seksi 1 Ciawi-Cigombong (15,35 kilometer) beroperasi Desember 2018. Seksi 2 Cigombong-Cibadak (11,9 kilometer). Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat (13,7 kilometer). Seksi 4 Sukabumi Barat-Sukabumi Timur (13,05 kilometer).

Berhubungan segera beroperasinya tol Bocimi Seksi 2 Cigombong-Cibadak, berikut sejarah singkat dibangunnya ruas tol Ciawi - Sukabumi (Bocimi).

Sejarah Singkat Tol Bocimi

Mengutip unggahan akun Instagram/@transjabartol, dibangun oleh PT TJT (Tri Jaya Tangguh) pada tahun 2015, ruas tol Bocimi ini menyambungkan wilayah Bogor, Ciawi, dan Sukabumi bagian Timur.

Baca Juga: 7 Ciri Orang yang Tidak Berani Keluar dari Zona Nyaman, Apa Kamu Termasuk?

Ruas tol Bocimi yang tersambung dengan ruas tol Jagorawi ini memiliki 4 seksi, salah satunya ruas Ciawi - Cigombong yang sudah beroperasi penuh pada Desember 2018 dan memiliki panjang 15.35 Km.

Membangun ruas tol Bocimi ini tidak mudah dan butuh usaha yang keras, karena ruas tol ini berada di lokasi yang mempunyai kontur berbukit dan berlembah, serta memotong sungai, sehingga diperlukan metode khusus dalam pembangunannya.

Selain itu, curah hujan yang tinggi di wilayah tersebut membuat konstruksi ruas tol ini semakin sulit dan kompleks, sehingga dibutuhkan inovasi dan teknik yang luar biasa untuk dapat mempercepat proses pembangunan.

Baca Juga: 10 Ucapan Orang Tua yang Bisa Menghambat Kesuksesan Anak, Jangan Lakukan!

Ruas tol Bocimi ini dibangun demi meningkatkan infrastruktur dan mendukung pergerakan barang dan jasa, serta pengembangan khususnya di wilayah Jawa Barat.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life03 Mei 2024, 19:00 WIB

Biasa Menjadi Luar Biasa: 10 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Dihormati dan Disegani

Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha.
Ilustrasi -Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha. (Sumber : pexels.com/Alexander Suhorucov)
Nasional03 Mei 2024, 18:35 WIB

57 Pemimpin Redaksi Deklarasi ICEC di Hari Pers Internasional, Cek Visi dan Misinya!

ICEC sendiri bertujuan untuk bertukar ide dan keahlian dalam mengelola dan memimpin media. Selain itu, untuk membangun redaksi yang berpihak pada kepentingan publik.
Perwakilan dari 57 Pemimpin Redaksi meneken deklarasi Perhimpunan Pemimpin Redaksi Indonesia (Indonesia Chief Editors Club/ICEC). (Sumber: istimewa)
Sukabumi03 Mei 2024, 18:12 WIB

Warga Ungkap Fakta, Suami Istri Tewas Tertabrak Kereta Api di Kebonpedes Sukabumi

Kecelakaan menimpa dua warga tertabrak kereta api atau KA Siliwangi terjadi di perlintasan kereta tepatnya di Desa Kebonpedes, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi, Jumat (3/5/2024), sekitar pukul 16.07 WIB.
Sepasang suami istri tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Life03 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa Pengantin Baru Agar Rumah Tangganya Diberi Keberkahan dan Keharmonisan

Bagi pengantin baru dianjurkan untuk membaca doa agar rumah tangganya diberikan keberkahan oleh Allah SWT.
Ilustrasi seseorang sedang berdoa. - Bagi pengantin baru dianjurkan untuk membaca doa agar rumah tangganya diberikan keberkahan oleh Allah SWT.(Sumber : istockphoto.com/@golfcphoto)
Sukabumi03 Mei 2024, 17:55 WIB

PT KAI Soal Palang Pintu, Pasutri Tewas Disambar KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi

Dua pemotor yang berboncengan dilaporkan tewas setelah disambar kereta api yang tengah melaju di perlintasan tanpa palang pintu di Kebonpedes Sukabumi.
Lokasi kejadian dua pemotor disambar kereta api saat melintasi perlintasan tanpa palang pintu di Kebonpedes Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat03 Mei 2024, 17:30 WIB

7 Makanan Sehat yang Aman untuk Diet Gula Darah, Salah Satunya Rendah Karbohidrat

Inilah Makanan Sehat yang Aman untuk Diet Gula Darah Agar Tetap Stabil, Salah Satunya Rendah Karbohidrat
Ilustrasi. Mentimun adalah salah satu satu contoh sayuran non amilase, tergolong makanan Sehat yang Aman untuk Diet Gula Darah (Sumber : Sumber : Freepik/@jcomp)
Sukabumi03 Mei 2024, 17:20 WIB

35 Anggota DPRD Kota Sukabumi Hasil Pemilu 2024 Ditetapkan, Inilah Daftar Nama-namanya

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi resmi menetapkan 35 nama anggota DPRD terpilih. Penetapan itu dilakukan berdasarkan PKPU 6 tahun 2024 dan keputusan KPU no 5 tahun 2024.
Rapat Pleno penetapan 35 nama Anggota DPRD Kota Sukabumi, Kamis (2/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi03 Mei 2024, 17:08 WIB

Polisi Selidiki Temuan Senjata Api Terkubur di Cisaat Sukabumi, Stand dengan Amunisi Aktif

Pihak Kepolisian akan melakukan penyelidikan atas penemuan dua senjata laras panjang yang terkubur di dalam tanah lengkap dengan kotak senjata hingga peluru yang masih aktif yang di Cisaat Kabupaten Sukabumi.
Dua senjata api laras panjang yang ditemukan terkubur di Desa Selajambe, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Senin, 29 April 2024. | Foto: Asep Awaludin
Sukabumi03 Mei 2024, 17:04 WIB

Angkot Terbakar di Nagrak Sukabumi, Diduga akibat Selang Bensin Bocor

Berikut kronologi dan dugaan pemicu terjadinya kebakaran angkot di Nagrak Sukabumi.
Tangkapan layar video angkot yang terbakar di Nagrak Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Musik03 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Bleeding Love Leona Lewis yang Viral

Berikut Lirik dan Terjemahan Lagu Bleeding Love Leona Lewis yang Viral di Media Sosial.
Lagu Bleeding Love Leona Lewis (Sumber : YouTube/LeonaLewis)