Warga Hentikan Alat Berat Proyek Pembangunan Gudang di Cicurug Sukabumi

Kamis 06 Juli 2023, 00:18 WIB
Aktivitas alat berat yang sedang meratakan tanah untuk proyek pembangunan gudang di Cicurug Sukabumi dihentikan warga. (Sumber : SU/Ibnu)

Aktivitas alat berat yang sedang meratakan tanah untuk proyek pembangunan gudang di Cicurug Sukabumi dihentikan warga. (Sumber : SU/Ibnu)

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah warga dari dua kampung menghentikan aktivitas alat berat (excavator) yang sedang meratakan tanah untuk proyek pembangunan gudang Distribution Center (DC) PT Wings Food di Jalan Cimalati, Kelurahan Cicurug, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Selasa 4 Juli 2023.

Ketua RT 04/01 Kampung Kaum Babakan Ujang Abdurahman mengatakan aksi tersebut dilakukan warga sebagai bentuk protes sekaligus kekecewaan atas sikap kurang responsif dari pihak perusahaan.

Menurut dia, warga merasa bahwa pihak perusahaan tidak memenuhi komitmen untuk berkoordinasi dengan baik terkait dampak pembangunan gudang terhadap lingkungan dan kesejahteraan warga sekitar.

Diketahui, lokasi pembangunan gudang tersebut meliputi 3 Kampung di Kelurahan Cicurug, yakni Kampung Cimalati, Nempel dan Kampung Kaum Babakan.

"Hingga saat ini, warga masih membuka pintu selebar-lebarnya untuk kedatangan pihak perusahaan, tetapi tidak ada usaha nyata dari mereka untuk berkomunikasi dengan kami. Warga sudah gerah dengan situasi ini," kata Ujang kepada sukabumiupdate.com.

Baca Juga: Warga Cicurug Sukabumi Waswas Jalan dan Irigasi Terganggu Proyek Pembangunan Gudang

Menurut Ujang, meskipun warga setempat menyambut baik investasi dari proyek pembangunan gudang ini karena berpotensi menyerap tenaga kerja bagi masyarakat sekitar, namun mereka juga menekankan bahwa pihak perusahaan harus menghargai dan menghormati mereka sebagai bagian dari komunitas yang terdampak.

"Tentunya kami menyambut baik kedatangan investor ini karena dapat memberikan manfaat ekonomi bagi warga di sekitar. Namun, di sisi lain, perusahaan ini juga harus diingatkan bahwa mereka adalah tamu di lingkungan kami, dan sebagai tamu yang baik, memberikan salam dan berkoordinasi adalah hal yang wajar," tegas Ujang.

Dalam menghadapi situasi ini, Ujang berharap pihak perusahaan dan warga setempat dapat duduk bersama untuk mencari solusi terbaik yang memenuhi kebutuhan dan kepentingan semua pihak yang terlibat.

Terpisah, Ketua Pemuda Kampung Cimelati RT 02/01 Budi menegaskan bahwa warga di kampungnya telah mencapai titik ketidakpuasan dengan sikap pihak perusahaan yang dinilai tidak memenuhi komitmen berupa janji yang telah disepakati sebelumnya.

Selain itu kata Budi, warga merasa bahwa pihak perusahaan telah mengabaikan pentingnya berinteraksi dan berkoordinasi dengan masyarakat setempat terkait proyek pembangunan yang sedang berlangsung.

"Oleh karena itu kami akan terus menghentikan pekerjaan pembangunan ini hingga pihak perusahaan memenuhi janjinya dengan datang kepada kami bersama dengan pihak main contractor," tegas Budi dalam pernyataannya.

Sementara itu Koordinator Alat Berat dari kontraktor yang ditugaskan PT Wings Food, Kuwu mengaku, tak tahu menahu terkait sejauh mana komunikasi yang terjalin antara warga dan pihak perusahaan. Ia menyebut bahwa tugasnya hanya sebatas memantau dan menjaga alat berat yang digunakan dalam proyek pembangunan gudang.

"Saya tidak tahu. Hanya menjalankan tugas menjaga alat berat dan memantau pekerjaan yang dilaksanakan oleh alat berat tersebut," kata Kuwu.

Sebelumnya diberitakan, PT Wings Food melakukan peletakan batu pertama gudang Distribution Center (DC) di Jalan Cimalati, Kelurahan Cicurug, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Selasa, 26 Juni 2023. Dibalik pembangunan gudang tersebut, ternyata masih menyisakan polemik dengan warga dua kampung, yakni Kampung Kaum Babakan dan Cimelati.

Gudang Distribution Center PT Wings Food tersebut memiliki luas bangunan sekitar 7.500 meter yang dibangun diatas lahan seluas 2,1 hektar serta lokasi pembangunannya meliputi 3 Kampung di Kelurahan Cicurug, yakni Kampung Cimalati, Nempel dan Kampung Kaum Babakan.

Warga sekitar berharap perusahaan memperhatikan dampak lingkungan. Tak hanya itu pihak perusahaan juga diduga belum memenuhi sejumlah syarat yang sebelumnya telah disepakati dengan warga.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life03 Mei 2024, 11:40 WIB

Simak Alasan dan Konsekuensi Perbedaan Pendapat dalam Mendisiplinkan Anak

Perbedaan pendapat terkadang bisa menjadi pelengkap dalam setiap pasangan, begitu pun ketika mendisiplinkan anak. Namun apa alasan perbedaan itu?
Ilustrasi perbedaan pendapat dalam mendisiplinkan anak. | Foto: Pexels.com/@Migs Reyes
Sukabumi03 Mei 2024, 11:38 WIB

Penampakan Pintu Tol Cisaat di Cibolang Kaler, Realisasi dan Target Tol Bocimi Seksi 3

Proses pembukaan lahan di pintu tol Cisaat di Cibolang Kaler ini dilaporkan oleh edwar widodo, youtuber spesialis pemantau perkembangan pembangunan tol bocimi di Sukabumi.
Proses land clearing, untuk area pintu tol Cisaat di Cibolang Kaler pembanggunan tol bocimi seksi 3 Cibadak - Sukabumi Barat (Sumber: istimewa/akun youtube edwar widodo)
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 11:33 WIB

Hardiknas 2024, Wakil Ketua DPRD Sukabumi: Kurikulum Merdeka Harus Munculkan Inovasi

Masih ada aspek yang perlu ditingkatkan seiring perkembangan teknologi.
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi sekaligus Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi M Sodikin. | Foto: SU/Ilyas Supendi
Life03 Mei 2024, 11:30 WIB

Tak Selalu Positif, Ini 6 Bahaya Terlalu Percaya Diri yang Harus Diketahui

Percaya diri merupakan mentalitas yang baik bagi seseorang. Tetapi, terlalu percaya diri juga tidak baik, mengingat terdapat berbahaya di balik itu semua.
Ilustrasi. Bahaya terlalu percaya diri. Sumber foto : Pexels/Nicole Michalou
Life03 Mei 2024, 11:15 WIB

5 Cara yang Bisa Dilakukan Orang Tua Jika Beda Pendapat saat Mendisiplinkan Anak

Meskipun selalu berbeda pendapat, namun Anda berdua memiliki tujuan yang sama, yaitu mencintai dan membimbing anak dengan kemampuan terbaik Anda.
Ilustrasi orang tua berbeda pendapat. | Foto: Pexels.com/@Agung Pandit Wiguna
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 11:04 WIB

Apresiasi Timnas di Piala Asia U-23, DPRD Sukabumi: Harapan Tembus Olimpiade Masih Ada

Anak asuh Shin Tae-yong memiliki peluang terakhir untuk lolos Olimpiade Paris 2024.
Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi sekaligus Ketua Fraksi PKS Amran Munawar Lutphi. | Foto: Instagram/@fpks.kabsukabumi
Inspirasi03 Mei 2024, 11:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan D3 dan/atau S1 untuk Penempatan Wilayah Ancol

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan D3 dan/atau S1 di Perusahaan Makanan untuk Penempatan Wilayah Ancol, Jakarta.
Ilustrasi - Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Teknisi Jaringan Minimal Lulusan SMK. (Sumber : Freepik.com)
Life03 Mei 2024, 10:30 WIB

10 Cara Hidup Tenang Meski Banyak Masalah dan Cobaan, Jangan Lupa Bersyukur!

Yuk Praktekkan Sederet Cara Hidup Tenang Ini Meskipun Kamu Sedang Menghadapi Banyak Masalah dan Cobaan, Jangan Lupa Bersyukur Ya!
Ilustrasi. Cara Hidup Tenang Meski Banyak Masalah dan Cobaan. (Sumber : Pexels/thnhphng)
Life03 Mei 2024, 10:20 WIB

Bantu Kelola Kecemasan, Ini 4 Manfaat Mendisiplinkan Anak yang Patut Diketahui

Bagaimana disiplin mengajarkan anak-anak untuk menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab, berikut manfaat mendisiplinkan anak.
Ilustrasi manfaat mendisiplinkan anak. | Foto: Pexels.com/@Pixabay
Life03 Mei 2024, 10:03 WIB

Jangan Diterapkan, 3 Alasan Orang Tua Mendisiplinkan Anak dengan Memukul

Memukul adalah salah satu bentuk disiplin paling kontroversial yang dapat diterapkan oleh orang tua karena beberapa alasan.
Ilustrasi mendisiplinkan anak. | Foto: Pexels.com/@Romina Ordenez