Warga Cicurug Sukabumi Waswas Jalan dan Irigasi Terganggu Proyek Pembangunan Gudang

Rabu 28 Juni 2023, 16:35 WIB
Irigasi di area proyek pembangunan gudang di Kelurahan Cicurug, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Ibnu Sanubari)

Irigasi di area proyek pembangunan gudang di Kelurahan Cicurug, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Ibnu Sanubari)

SUKABUMIUPDATE.com - PT Wings Food melakukan peletak batu pertama gudang Distribution Center (DC) di Jalan Cimalati, Kelurahan Cicurug, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Selasa, 26 Juni 2023. Dibalik pembangunan gudang tersebut, warga sekitar berharap perusahaan memperhatikan dampak lingkungan.

Gudang Distribution Center PT Wings Food memiliki luas bangunan sekitar 7.500 meter yang dibangun diatas lahan seluas 2,1 hektar. Lokasi pembangunan gudang tersebut meliput 3 Kampung di Kelurahan Cicurug, yakni Kampung Cimalati, Nempel dan Kampung Kaum Babakan.

Ketua RT 04/01 Kampung Kaum Babakan Ujang Abdurahman menyatakan masyarakat mendukung adanya pembangunan gudang. Namun dengan catatan perusahaan memperhatikan dampak dari keberadaan gudang tersebut.

Baca Juga: 15 Ucapan Selamat Idul Adha 2023 Simple, Cocok Jadi Caption di Medsos

Dia menyatakan, perusahaan harus memperhatikan mengenai jalan lingkungan untuk warga kemudian irigasi yang mengalirkan air untuk persawahan warga."Jangan sampai jalan untuk lingkungan dan aliran sungai terganggu," ungkapnya.

Ujang juga berharap ketika gudang sudah berdiri dan menjelang beroperasi, perusahaan mengutamakan penyerapan tenaga kerja lokal. "Jangan sampai ada perusahaan di sini, tapi masyarakat setempat hanya menonton. Jadi saya harap kedepannya untuk perekrutan tenaga kerja tolong diutamakan dulu lingkungan," paparnya.

Ujang menyatakan sudah beberapa kali bertemu dengan pihak perusahaan untuk menyampaikan beberapa catatan mengenai dampak pembangunan gudang tersebut.

Baca Juga: 10 Kebiasaan yang Bisa Membantu Menjadikan Hubungan Awet

Sementara itu, Distribution Center Manager PT Wings Food, Pranthio mengungkapkan tujuan dibangunan gudang tersebut yaitu untuk mempermudah suplai dan pendistribusian barang ke wilayah Cicurug, Cigombong dan Parungkuda.

Dia menegaskan dalam pembangunan gudang tersebut, perusahaan telah membentuk tim legal yang bertugas untuk memastikan bahwa seluruh proses pembangunan dilakukan sesuai dengan aturan dan peraturan yang berlaku.

"Proses perizinan kita sudah siapkan, ada tim legal kita, karena kita gak berani kalau ngebangun gak sesuai aturan, itu udah prinsip dari perusahaan kita," katanya.

Baca Juga: Jejak Ponpes Al Zaytun di Cisaat Sukabumi, Panji Gumilang Diduga Islamophobia

Selain itu, Ia menyatakan, telah melakukan musyawarah dan pertemuan dengan warga sekitar proyek, untuk menjelaskan dengan jelas tujuan dan manfaat proyek bagi masyarakat setempat."Kita musyawarah, kemarin juga sudah ketemu sama warga dan bisa menerima. Dengan keberadaan kita kan ujungnya untuk kebersamaan, sehingga dampak positifnya pasti ada," tuturnya.

Mengenai rekrutmen tenaga kerja untuk warga sekitar lingkungan gudang, Pranthio mengungkapkan memberikan peluang kerja kepada masyarakat setempat merupakan hal yang penting sebagai bentuk dukungan bagi perkembangan ekonomi lokal.

"Meskipun gudang tidak memerlukan jumlah tenaga kerja sebanyak pabrik, PT Wings Food tetap berkomitmen untuk memberikan kesempatan kepada warga sekitar untuk ikut serta dalam proyek ini. Namun, tetap ada standar kualifikasi dari kita," ujarnya.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Konsumsi Kopi Hitam Tanpa Gula Untuk Kesehatan

Lebih lanjut Pranthio menyatakan dari luas lahan yang digunakan terdapat Ruang Terbuka Hijau (RTH) sebesar 30 persen.

"Karena kita sudah ada puluhan gudang, jadi kita tetap menyediakan 30 persen untuk Ruang Terbuka Hijau (RTH). Lahan pengganti ruang hijau sudah ditempuh dengan orang proyek dan orang legal," kata Pranthio.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional28 April 2024, 01:43 WIB

Gempa Laut Garut Merusak, Sejumlah Rumah di Sukabumi Dilaporkan Ambruk

Sejumlah bangunan dilaporkan rusak, termasuk di Sukabumi.
Rumah rusak dampak gempa laut garut di Kampung Cigaru Rt 014 / 002 Desa Cidahu Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi (Sumber : Koramil surade)
Nasional28 April 2024, 01:13 WIB

Intra Slab Earthquake, Simak Rekomendasi BMKG pasca Gempa Kuat di Laut Garut

Gempa dipicu oleh aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa barat.
Parameter gempa di laut garut (Sumber: Bmkg)
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram