Pemuda Cibunarjaya Demo Kantor Waskita, Tuntut Tuntaskan Perbaikan Jalan

Senin 03 Juli 2023, 22:27 WIB
Pemuda Cibunarjaya demo Waskita tuntut perbaikan jalan dituntaskan | Foto : Ibnu

Pemuda Cibunarjaya demo Waskita tuntut perbaikan jalan dituntaskan | Foto : Ibnu

SUKABUMIUPDATE.com - Pemuda Warunggombong yang merupakan perwakilan warga Desa Cibunarjaya, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi, melakukan aksi demonstrasi di depan kantor PT Waskita Karya, Jalan Alternatif Nangerang-Purwasari, Cicurug, Sukabumi, Senin (03/07/2023). 

Aksi tersebut dilakukan sebagai bentuk protes terhadap kondisi jalan yang rusak di Desa Cibunarjaya, yang sebelumnya sudah di Cor oleh PT Waskita Karya. Mereka menuntut agar jalan yang sudah di Cor Beton dituntaskan dengan pelapisan aspal sesuai dengan apa yang dijanjikan oleh Waskita. Lantaran, jalan tersebut telah digunakan oleh kendaraan PT Waskita Karya untuk proyek tol Bocimi seksi 2.

Pantauan sukabumiupdate.com, puluhan pemuda dari Desa Cibunarjaya berkumpul di Exit Tol Parungkuda, Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Sukabumi sebelum bergerak menuju kantor PT Waskita Karya. Mereka membawa spanduk dan poster yang berisi tuntutan untuk tuntaskan perbaikan jalan yang telah lama belum dilanjutkan.

Salah satu perwakilan pemuda, Hilman Heriwijaya mengatakan, aksi yang dilakukan merupakan aksi lanjutan yang sebelumnya sudah digelar.

"Sehari setelah aksi sebelumnya, jalan memang langsung dicor oleh pihak Waskita. Namun, kita dijanjikan oleh Waksita, 15 hari setelah pengecoran, jalan tersebut akan di hotmix," ujarnya kepada sukabumiupdate.com

Lanjutnya, Ia menuntut PT Waskita Karya untuk memenuhi janji penyelesaian jalan dengan pemasangan hotmix, yang kabarnya telah dikonfirmasi akan dilakukan pada bulan Mei.

"Kabarnya akhir Mei atau Juni itu pasti, karena udah melakukan pertemuan dengan dinas terkait. Pada akhirnya bulan Mei gak ada dan bulan Juni masih belum ada," ungkapnya.

Hilman mengaku telah mencoba komunikasi dengan pihak PT Waskita Karya sebelum melakukan aksi demo, namun tanggapannya belum pasti.

"Sebelum melakukan aski demo, saya tanyakan lagi ke pihak Waskita, tapi alasannya berbelit belit dan tidak pasti. Katanya nunggu jadwal, yang mana didahulukan jalan Alternatif Koramil, Cicurug baru ke Cibunar Jaya, Ciambar," kata Ia

Atas tanggapan PT Waskita Karya, Hilman menyebut tidak bisa menungggu harapan yang tak pasti. Sebab, pihaknya sangat berharap terhadap tindak lanjut perbaikan jalan Cibunar Jaya.

"Kalau memang Cibunar mau dikerjakan setelah proses perbaikan jalan lain, kita minta pernyataan tertulis atapun jadwal, misalkan tanggal apa dan bulan apa mau dikerjakan," jelasnya.

"Bilamana ada warga yang tanya ke kami, jadi kami bisa jawab waktunya kapan," imbuhnya.

Menurut Hilman, meskipun ada sebagian jalan yang telah dicor, masih ada bagian jalan yang belum diperbaiki dan tetap dalam kondisi rusak. Hal ini membuat lingkungan sekitar tetap tidak aman dan sulit dilalui.

"Kan ini jalan yang rusak, dari Kampung Babakan sampai dengan Kampung Warunggombong. Seperti di Warunggombong itu dicor, tapi sebelahnya lagi belum, bahkan sebagian cuma ditambal sulam," terangnya.

Sehingga kata Hilman, warga melakukan aksi demo dan menuju Exit Tol Parungkuda, agar disaksikan petinggi PT Waskita Karya. Namun setelah kedatanganya, malah diminta untuk berpindah ke Kantor PT Waskita Karya.

"Terus kita ngalah, dengan pindah ke kantornya, tapi disana hanya ada beberapa petugas. Jadi belum ada solusi apapun," tuturnya.

Namun, kata Hilman, pada akhirnya ada tindakan dari Humas, yang meminta pada Rabu, (05/07) diminta untuk datang kembali untuk berunding. "Nanti diadakan pertemuan belum keputusan, masih mediasi lah, untuk cari solusi yang terbaik, jadi keputusannya nanti hari Rabu," jelasnya.

Lebih lanjut, pihaknya telah mencoba koordinasi ke Pemerintah Desa setempat. Hingga kemudian diputuskan lakukan aksi, bahkan warga masyarakat mendukung atas aksi ini.

"Bilamana setelah aksi tidak ada tanggapan, maka akan melakukan aksi kembali, dengan melibatkan elemen masyarakat yang lebih luas. Sebab, sebetulnya warga ingin ikut aksi pada hari ini.," imbuhnya.

"Hanya kami coba perwakilan pemuda terlebih dahulu, bahkan jika Rabu nanti belum ada solusi atau kurang memuaskan, kami pasti melakukan aksi lanjutan," pungkasnya.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Produk24 Juli 2024, 21:19 WIB

Harga Cabai Rawit Merah di Sukabumi Tembus Rp80 Ribu per Kilogram

Harga cabai rawit merah di Pasar Parungkuda Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, tembus Rp80 ribu per kilogram pada Rabu (24/7/2024).
Cabai rawit merah di Pasar Parungkuda Sukabumi. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi Memilih24 Juli 2024, 21:18 WIB

2 Artis Kirim Kode Maju Pilkada Sukabumi, Warganet Dukung Omesh Jadi Bupati, Bobby Wakil Walikota

Dua artis ternama asal Sukabumi, Ananda Rusdiana Omesh dan Bobby Maulana, menjadi perbincangan hangat di kalangan warganet. Hal ini terjadi setelah keduanya mengirimkan kode-kode politik menjelang Pilkada Sukabumi 2024.
Ananda Rusdiana Omesh dan Bobby Maulana | Foto : Ist
Life24 Juli 2024, 21:00 WIB

Merasa Sering Dijauhi Orang Lain? Simak 10 Perilaku yang Mungkin Jadi Penyebabnya

Jika Anda merasa sering dijauhi orang lain, cobalah untuk introspeksi diri dan perhatikan apakah Anda memiliki salah satu dari 10 perilaku ini.
Ilustrasi - Ada beberapa perilaku tertentu yang membuat seseorang atau Anda dijauhi oleh orang lain. (Sumber : Pexels.com/@cottonbro studio).
Internasional24 Juli 2024, 20:37 WIB

Kecelakaan Pesawat Saurya Airlines di Nepal, Semua Penumpang Tewas Kecuali Pilot

Sebuah kecelakaan pesawat kembali terjadi, kali ini menimpa pesawat Bombardier CRJ200 milik Saurya Airlines di Ibu Kota Nepal
Kecelakaan pesawat di Nepal, Saurya Airlines | Foto : Ist
Nasional24 Juli 2024, 20:11 WIB

Kuasa Hukum Korban Kecewa Ronald Terdakwa Pembunuhan Wanita Sukabumi Divonis Bebas

Kuasa Hukum keluarga Dini Sera Afrianti menilai putusan Majelis Hakim PN Surabaya ini sangat menciderai keadilan bagi korban.
Gregorius Ronald Tannur anak anggota DPR RI tersangka penganiayaan berujung kematian wanita Sukabumi Dini Sera Afrianti. (Sumber : Istimewa/Instagram)
Bola24 Juli 2024, 20:00 WIB

Rumor Transfer Persib: Mailson Lima Dikabarkan Jadi Pemain Asing Terakhir yang Bakal Direkrut

Nama Mailson Lima memang mencuat sebagai kandidat pemain asing terakhir Persib untuk musim 2024/2025.
Nama Mailson Lima memang mencuat sebagai kandidat pemain asing terakhir Persib untuk musim 2024/2025. (Sumber : Instagram/@inst_scout).
Sukabumi24 Juli 2024, 19:34 WIB

Dukung Kenyamanan Mobilitas, Dinas PU Perbaiki Jalan Angkrong Parungkuda Sukabumi

Dinas Pekerjaan Umum (PU) terus berupaya meningkatkan kualitas infrastruktur di beberapa wilayah Kabupaten Sukabumi. Diantaranya pengaspalan ruas Jalan Angkrong di Kecamatan Parungkuda
Dinas PU Kabupaten Sukabumi melakukan pengaspalan ruas jalan Angkrong, Kecamatan Parungkuda | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 Juli 2024, 19:24 WIB

Inspektorat Desak RS Bunut Sukabumi Amankan Uang dari Eks Dirut yang Jadi Temuan BPK

Inspektorat Kota Sukabumi mendesak direksi RSUD R Syamsudin SH (Bunut) amankan uang dari eks dirut senilai hampir Rp1 Miliar yang jadi temuan BPK.
Kepala Inspektorat Kota Sukabumi, Een Rukmini saat diwawancara terkait temuan BPK atas keuangan RS Bunut. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Bola24 Juli 2024, 19:00 WIB

Link Live Streaming Persija Jakarta vs Arema FC Grup B Piala Presiden 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Grupa B Piala Presiden 2024 antara Persija Jakarta vs Arema FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Grupa B Piala Presiden 2024 antara Persija Jakarta vs Arema FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : X/@BaliUtd/Istimewa).
Nasional24 Juli 2024, 18:59 WIB

Vonis Bebas untuk Terdakwa Pembunuhan Dini, Wanita Sukabumi di Surabaya

Dini Sera Afriyanti tewas usai dugem bersama kekasihnya Gregorius Ronald Tannur di salah satu tempat hiburan malam yang ada di Jalan Mayjen Jonosewejo, Lakarsantri, Surabaya Rabu, 4 Oktober 2023 malam.
Gregorius Ronald Tannur menangis saat konfrensi pers pengungkapan kasus dugaan pembunuhan terhadap dini (Sumber: istimewa)