Mudik Lewat Tol Bocimi Seksi 2 Tak Bisa via Gerbang Cigombong? Ini Kata Waskita Karya

Minggu 16 April 2023, 04:26 WIB
Gerbang Tol Cigombong Kabupaten Bogor. (Sumber : PT Waskita Karya)

Gerbang Tol Cigombong Kabupaten Bogor. (Sumber : PT Waskita Karya)

SUKABUMIUPDATE.com - Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi atau Bocimi Seksi 2 Cigombong-Cibadak dengan exit tol di Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, mulai dibuka secara fungsional untuk arus mudik Lebaran Sabtu 15 April 2023.

Kendati demikian, Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede mengatakan bahwa pengguna jalan untuk mengakses Tol Bocimi seksi 2 tidak bisa melalui gerbang tol Cigombong.

"Bahwa untuk yang semula informasinya adalah dari Bocimi untuk keluar itu tidak masalah yah, tetap sesuai rencana dan tetap bisa diakses tetapi dari luar Cigombong jika masuk tol dari sini (Parungkuda), melainkan hanya bisa keluar dari Caringin ya, dari akses Caringin. Sehingga ini yang perlu diketahui oleh warga masyarakat agar nanti jangan salah persepsi atau salah jalurnya,” kata Maruly.

Baca Juga: Hari Pertama Dibuka untuk Mudik Lebaran 2023, Jalan Tol Bocimi Seksi 2 Masih Sepi

Humas PT Waskita Karya (Persero) Tbk, Edi Abas membenarkan bahwa pengguna jalan Tol Bocimi Seksi 2 via Gerbang Tol Parungkuda, belum bisa keluar dan masuk melalui Gerbang tol Cigombong Kabupaten Bogor.

"Sementara kalau dari gerbang tol Parungkuda, lalu keluar langsung Cigombong itu gak bisa, keluarnya harus di Caringin maseng atau gerbang tol seterusnya," kata Edi kepada sukabumiupdate.com, Sabtu 15 April 2023 malam.

Meski begitu kata Edi, jika pemudik hendak masuk ke pintu tol Cigombong dengan tujuan keluar di gerbang tol Parungkuda, itu tetap bisa, namun dengan syarat, keluar terlebih dahulu menuju gerbang tol Caringin, kemudian pemudik kembali masuk ke gerbang tol Caringin.

"Kalau pun mau masuk dari wilayah Cigombong atau dari Jalan Nasional Sukabumi-Bogor (jalan arteri), lalu mau masuk ke gerbang tol Cigombong, itu gak bisa lanjut ke Sundawenang atau Gerbang Tol Parungkuda. Jadi harus keluar dulu gerbang tol Caringin, baru masuk lagi gerbang tol Caringin," ujarnya.

Hal ini, kata Edi, dikarenakan jalan tol sepanjang 11,9 Km itu belum dibuka secara operasional melaikan hanya dibuka fungsional.

"Soalnya sekarang masih tahap fungsional, belum operasional. Jadi kalau masuk dari Tol Gate Parungkuda, gak bisa keluar di Cigombong, areanya masih ditutup, tapi kalau misalkan nanti udah operasional mungkin bisa," tuturnya.

"Setelah dioperasionalkan mungkin kedepannya bisa, masuk dari Parungkuda menuju Cigombong, begitupun sebaliknya, dari Cigombong menuju Parungkuda," sambungnya.

Baca Juga: Mulai Dilintasi Pemudik, DPRD Minta Antisipasi Kemacetan di Pintu Tol Bocimi Seksi 2

Lebih lanjut, Edi menegaskan, jalan tol Bocimi seksi 2 dibuka dari tanggal 15 hingga 29 April 2023 atau selama momen mudik dan balik lebaran, lantaran untuk mengurai kemacetan di jalan utama Sukabumi-Bogor .

"Intinya sekarang hanya untuk membantu mengurai kemacetan dalam menghadapi jelang mudik lebaran, jadi difungsionalkan sementara," tukasnya.

Direktur Utama PT Trans Jabar Tol Indhit Pertomo menyatakan, untuk jalur tol Bocimi seksi 2 ini sudah selesai, sehingga tinggal tahap finishing.

"Praktis sudah, tinggal perapihan aja sedikit. Mudah mudahan di bulan Juni atau di awal bulan Juli sudah bisa beroperasi," tuturnya.

Indhit juga menuturkan, tujuan dibukanya Jalan tol Bocimi seksi 2 secara fungsional, guna mengurangi kemacetan arus mudik dan balik Idulfitri 1444 Hijriah.

"Jadi harapan jalan tol Bocimi seksi 2 dibuka, minimal bisa mengurai kemacetan yang ke arah Cibadak," tutupnya.

Perlu dicatat, untuk dari arah Jakarta kemudian Ciawi menuju Cigombong dan sebaliknya tetap dikenakan tarif normal.

Adapun syarat dan ketentuan untuk pemudik yang ingin melintasi ruas Tol Bocimi seksi 2, yakni:

1. Jalur fungsional Cibadak – Cigombong hanya diperuntukan bagi Golongan I saja (Sedan, Jeep, Minibus).

2. Batas kecepatan maksimal 60 km/jam.

3. Batas ketinggian kendaraan maksimal 2,1 M.

4. Jadwal operasional fungsional tersebut dapat berubah tergantung situasi.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Produk24 Juli 2024, 21:19 WIB

Harga Cabai Rawit Merah di Sukabumi Tembus Rp80 Ribu per Kilogram

Harga cabai rawit merah di Pasar Parungkuda Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, tembus Rp80 ribu per kilogram pada Rabu (24/7/2024).
Cabai rawit merah di Pasar Parungkuda Sukabumi. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi Memilih24 Juli 2024, 21:18 WIB

2 Artis Kirim Kode Maju Pilkada Sukabumi, Warganet Dukung Omesh Jadi Bupati, Bobby Wakil Walikota

Dua artis ternama asal Sukabumi, Ananda Rusdiana Omesh dan Bobby Maulana, menjadi perbincangan hangat di kalangan warganet. Hal ini terjadi setelah keduanya mengirimkan kode-kode politik menjelang Pilkada Sukabumi 2024.
Ananda Rusdiana Omesh dan Bobby Maulana | Foto : Ist
Life24 Juli 2024, 21:00 WIB

Merasa Sering Dijauhi Orang Lain? Simak 10 Perilaku yang Mungkin Jadi Penyebabnya

Jika Anda merasa sering dijauhi orang lain, cobalah untuk introspeksi diri dan perhatikan apakah Anda memiliki salah satu dari 10 perilaku ini.
Ilustrasi - Ada beberapa perilaku tertentu yang membuat seseorang atau Anda dijauhi oleh orang lain. (Sumber : Pexels.com/@cottonbro studio).
Internasional24 Juli 2024, 20:37 WIB

Kecelakaan Pesawat Saurya Airlines di Nepal, Semua Penumpang Tewas Kecuali Pilot

Sebuah kecelakaan pesawat kembali terjadi, kali ini menimpa pesawat Bombardier CRJ200 milik Saurya Airlines di Ibu Kota Nepal
Kecelakaan pesawat di Nepal, Saurya Airlines | Foto : Ist
Nasional24 Juli 2024, 20:11 WIB

Kuasa Hukum Korban Kecewa Ronald Terdakwa Pembunuhan Wanita Sukabumi Divonis Bebas

Kuasa Hukum keluarga Dini Sera Afrianti menilai putusan Majelis Hakim PN Surabaya ini sangat menciderai keadilan bagi korban.
Gregorius Ronald Tannur anak anggota DPR RI tersangka penganiayaan berujung kematian wanita Sukabumi Dini Sera Afrianti. (Sumber : Istimewa/Instagram)
Bola24 Juli 2024, 20:00 WIB

Rumor Transfer Persib: Mailson Lima Dikabarkan Jadi Pemain Asing Terakhir yang Bakal Direkrut

Nama Mailson Lima memang mencuat sebagai kandidat pemain asing terakhir Persib untuk musim 2024/2025.
Nama Mailson Lima memang mencuat sebagai kandidat pemain asing terakhir Persib untuk musim 2024/2025. (Sumber : Instagram/@inst_scout).
Sukabumi24 Juli 2024, 19:34 WIB

Anggaran Capai Rp 600 Juta, Dinas PU Perbaiki Jalan Angkrong Parungkuda Sukabumi

Dinas Pekerjaan Umum (PU) terus berupaya meningkatkan kualitas infrastruktur di beberapa wilayah Kabupaten Sukabumi. Diantaranya pengaspalan ruas Jalan Angkrong di Kecamatan Parungkuda
Dinas PU Kabupaten Sukabumi melakukan pengaspalan ruas jalan Angkrong, Kecamatan Parungkuda | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 Juli 2024, 19:24 WIB

Inspektorat Desak RS Bunut Sukabumi Amankan Uang dari Eks Dirut yang Jadi Temuan BPK

Inspektorat Kota Sukabumi mendesak direksi RSUD R Syamsudin SH (Bunut) amankan uang dari eks dirut senilai hampir Rp1 Miliar yang jadi temuan BPK.
Kepala Inspektorat Kota Sukabumi, Een Rukmini saat diwawancara terkait temuan BPK atas keuangan RS Bunut. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Bola24 Juli 2024, 19:00 WIB

Link Live Streaming Persija Jakarta vs Arema FC Grup B Piala Presiden 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Grupa B Piala Presiden 2024 antara Persija Jakarta vs Arema FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Grupa B Piala Presiden 2024 antara Persija Jakarta vs Arema FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : X/@BaliUtd/Istimewa).
Nasional24 Juli 2024, 18:59 WIB

Vonis Bebas untuk Terdakwa Pembunuhan Dini, Wanita Sukabumi di Surabaya

Dini Sera Afriyanti tewas usai dugem bersama kekasihnya Gregorius Ronald Tannur di salah satu tempat hiburan malam yang ada di Jalan Mayjen Jonosewejo, Lakarsantri, Surabaya Rabu, 4 Oktober 2023 malam.
Gregorius Ronald Tannur menangis saat konfrensi pers pengungkapan kasus dugaan pembunuhan terhadap dini (Sumber: istimewa)