Cerita Gunung Jayanti Sukabumi dan Ramalan Datangnya Ratu ke Tujuh

Selasa 20 Juni 2023, 20:22 WIB
Gunung Jayanti Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Arsip Google Maps / Atep Endrawan

Gunung Jayanti Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Arsip Google Maps / Atep Endrawan

SUKABUMIUPDATE.com - Gunung Jayanti yang berlokasi di Desa Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi menyimpan kisah yang terhubung dengan sejarah kerajaan Pajajaran. Konon, gunung yang memiliki ketinggian sekitar 400 Mdpl pernah menjadi arena pertarungan dari pasukan Pajajaran di wilayah Selatan dengan pasukan Banten.

Sejarawan Sukabumi, Irman Firmansyah, menyebutkan bahwa terdapat beberapa versi mengenai asal nama Gunung Jayanti, namun yang paling populer nama Jayanti diambil dari nama seorang senopati kerajaan Pajajaran bernama Jaya Antea yang kemudian berkhianat dan bersekutu dengan Kerajaan Demak, Cirebon dan Banten untuk menghancurkan Pajajaran.

"Konon dalam kisah rakyat, Gunung Jayanti adalah tempat pertempuran terakhir masyarakat pajajaran di wilayah selatan. Raga Mulya sang Raja Pajajaran terakhir Ketika posisinya sudah terjepit oleh tekanan Banten, membebaskan pengikutnya untuk memisahkan diri ke segala penjuru," kata Irman kepada sukabumiupdate.com, Selasa (20/6/2023).

Menurut Irman yang juga sebagai Ketua Yayasan Dapuran Kipahare, sebagian yang setia pada raja akhirnya benar-benar pergi ke selatan yang dalam pantun Bogor disebutkan rutenya adalah Pakuan, Bantar Gadung dan akhirnya Palabuhanratu. Namun pelarian ke selatan ini penuh dengan peperangan karena Pasukan Banten masih tetap mengejar sisa-sisa pasukan yang setia kepada Raga Mulya.

Baca Juga: 7 Cerita Mistik Gunung Sunda Sukabumi, Benda Pusaka hingga Pesantren Gaib

"Kisah ini juga bercampur dengan drama pedih percintaan serta epic peperangan yang penuh darah dan airmata. tokoh sentralnya adalah Nyi Mas Purnamasari yang sedang mengandung, yang mendampingi suaminya yang bernama Raden Kumbang Bagus Setra serta wakil dari kerajaan bernama Rakean Kalang Sunda menghadapi musuh yang dipimpin Jaya Antea," tuturnya.

"Konon Jaya Antea bergabung dengan musuh (Kerajaan Banten) karena dendam cintanya ditolak oleh Nyi Mas Purnamasari. Pasukan Nyi Purnamasari terus berkurang karena tewas, kabur atau terkena penyakit sehingga yang tersisa hanya mereka bertiga," sambung Irman.

Dalam sebuah pertarungan di Bantargadung antara Jaya Antea dan Raden Kumbang Bagus Setra, diceritakan tiba-tiba bumi terbelah dua. Raden Kumbang terperosok ke dalamnya, sementara itu Nyi Mas Purnamasari dan Rakean Kalang Sunda lari ke hutan hingga bertahan di Sungai Cimandiri.

"Kala itu Jaya Antea terus mengejar mereka dan bertarung dengan kalang Sunda hingga ke Gunung Jayanti. Jaya Antea terdesak, tiba-tiba senjata kujang Rakean Kalang Sunda jatuh dan konon menjadi Area Sembah Jaya Tias. Namun Kalang Sunda masih Digjaya, Jaya Antea berhasil ditendang hingga jatuh ke laut dan menjadi ikan. Namun ada juga yang menyebutkan bahwa jaya Antea menjadi buaya putih di Goa Lalay," papar Irman.

Hingga kemudian gunung tempat pertempuran tersebut akhirnya disebut sebagai Jayanti yang diambil dari mantan senopati kerajaan Pajajaran Jaya Antea.

Baca Juga: 62 Daftar SMP dan MTs Terbaik di Kabupaten Sukabumi

Namun dalam babad kisah lain, ada juga yang menyebutkan bahwa Jayanti maknanya adalah kejayaan yang dinanti nanti. Hal ini terkait dalam pantun-pantun sunda buhun dari Bogor yang menyebutkan bahwa Kejayaan Pajajaran akan datang dari Palabuhanratu.

"Bulan Desember 1926 Residen Buitenzorg menemukan tulisan yang menyebutkan bahwa Prabu Siliwangi belum meninggal, tetapi menghilang (mokswa) dan menjadi dewa pelindung. Tanda tanda kedatangan ratu ke tujuh juga sudah banyak terpenuhi dan nantinya Pemerintah Hindia Belanda akan jatuh oleh bangsa kuning yang memerintah seumur jagung," ungkap Irman mengisahkan.

"Kemudian datanglah ratu ketujuh tersebut dari Palabuhanratu dan menuju ke Batu Tulis kemudian ke Lawang Saketeng dan memasuki Keraton. Hal ini dianggap angin lalu saja oleh pemerintah, namun kenyataannya Belanda benar-benar jatuh oleh Jepang saat itu," sambungnya.

Masih dalam kisah itu, konon kedatangan Ratu ke Tujuh itu akan terlihat dari puncak Gunung Jayanti yang memang tingginya cukup untuk memantau kearah laut.

Secara lokasi memang Gunung Jayanti strategis, karena ketinggian inilah Jepang juga membangun bunker disitu untuk memantau gerak musuh dari arah Australia.

Baca Juga: Rangkul Semua Lapisan, Ayep Zaki Bertemu Komunitas Pedagang Asongan Sukabumi

Jembatan Kuning Bagbagan

Menurut Irman, pada saat Nyi Mas Purnamasari bertahan di sungai Cimandiri itu kemudian mendirikan Kapuunan Mandiri Cidadap.

"Lokasi berdirinya jembatan kuning bagbagan dulu merupakan tempat penyebrangan Nyi Mas Purnamasari dari Gunung Jayanti ke Cidadap." imbuhnya.

Seiring berjalan waktu, pada masa masa kolonialisme Belanda pada jalur penyeberangan tersbeut di bangun sebuah jembatan yang kini terkenal dengan Jembatan Kuning Bagbagan.

Baca Juga: Cara Daftar Ulang PPDB Jabar 2023 Tahap I Jenjang SMA/SMK, Simak Disini Jadwalnya

Jembatan Kuning Bagbagan yang memiliki panjang bentang utama 117,5 meter, tinggi pilon 17,7 meter, dan lebar 3,9 meter itu, jelas Irman dulunya merupakan jembatan yang cukup vital sebagai akses jalur ekonomi warga Palabuhanratu dan Jampang atau sebaliknya.

“Akses lalu lintas dari Jampang ke Palabuhanratu, karena dulu ada jalur ekonomi yang kita sebut sebagai jalur gula," tambahnya.

Irman mengatakan, Jembatan Bagbagan, disebut juga Kabelbrug Tjimandiri atau Hangbrug Tjimandiri karena melintasi sungai Cimandiri. Jembatan ini dibangun tahun 1914 oleh BOW (Burgelijk Openbare Werken) dan diketahui beberapa kali dihancurkan oleh banjir.

Baca Juga: Pasang Susuk hingga Main Mata, Di Balik Cerita Mantan TKW Sukabumi

"Tahun 1918 Jembatan Kabel kemudian dipesan melalui beberapa kontraktor diantaranya workshop Der FA Becker & Co Surabaya dan pada bulan November tahun 1923 jembatan baru selesai setelah gagal diresmikan tahun sebelumnya," jelasnya. 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life29 April 2024, 10:10 WIB

5 Penyebab Balita Menggigit, Salah Satunya Membantu Berkomunikasi

Banyak anak usia 1 tahun yang menggunakan giginya dibandingkan lidahnya. Berikut ini penyebab balita yang senang menggigit.
Ilustrasi balita menggigit. | Foto: Freepik
Gadget29 April 2024, 10:00 WIB

Begini Langkahnya, 8 Cara Mengatasi Laptop yang Sering Nge Freeze

ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi laptop yang nge freeze.
Ilustrasi - ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi laptop yang nge freeze. (Sumber : Freepik.com/@KamranAydinov).
Life29 April 2024, 09:42 WIB

Ciptakan Rutinitas, Ini 7 Cara Ampuh Menenangkan Balita yang Rewel

Tertawa satu menit dan menangis di menit berikutnya? Pelajari cara menangani emosi balita Anda yang selalu berubah.
Ilustrasi menenangkan balita yang rewel. | Foto: Freepik
Sukabumi29 April 2024, 09:34 WIB

Pelajar SMPN Cibitung Butuh Perahu, Pergi Sekolah Lintasi Sungai Cikaso Sukabumi

Perahu yang selama ini digunakan pelajar dan guru sering mengalami masalah.
Perahu untuk pelajar dan guru di Sungai Cikaso, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Inspirasi29 April 2024, 09:31 WIB

6 Tanda Kamu Punya Bakat Jadi Pengusaha daripada Kerja Kantoran, Ini Buktinya

Bakat menjadi pengusaha sejatinya bisa dilihat dari kebiasaan, mentalitas dan mindset hariannya dalam menjalani hidup selama ini.
Ilustrasi. Tanda orang yang memiliki bakat jadi pengusaha. Sumber foto : Pexels/ Andrea Piacquadio
Sehat29 April 2024, 09:00 WIB

Menurunkan Berat Badan, 7 Manfaat Mengonsumsi Buah Pisang untuk Kesehatan

Pisang merupakan sumber karbohidrat, serat, potasium, dan vitamin B6 yang baik. Buah ini juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan.
Ilustrasi - Pisang merupakan sumber karbohidrat, serat, potasium, dan vitamin B6 yang baik. Buah ini juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan.  (Sumber : pexels.com/@Dom J)
Life29 April 2024, 08:00 WIB

8 Kebiasaan Orang Kaya yang Membuatnya Sulit Miskin

Inilah Sederet Kebiasaan Orang Kaya yang Membuatnya Sulit Miskin. Ayo Tiru dan Lakukan!
Ilustrasi. Relasi orang kaya yang membuatnya sulit miskin (Sumber : pexels/maryiaplashchynskaya)
Sehat29 April 2024, 07:00 WIB

7 Kategori Makanan Tinggi Serat yang Baik untuk Penderita Gula Darah

Mengonsumsi makanan tinggi serat secara teratur dapat membantu mengatur kadar gula darah, mencegah lonjakan gula darah yang tajam setelah makan, dan memberikan rasa kenyang lebih lama.
Ilustrasi. Mencuci Buah. Contoh Makanan Tinggi Serat yang Baik untuk Penderita Gula Darah (Sumber : Freepik)
Food & Travel29 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Jus Jambu Biji untuk Menurunkan Gula Darah, Hanya 5 Langkah!

Jus jambu biji segar ini dapat menjadi tambahan yang menyegarkan dan sehat dalam diet untuk menurunkan gula darah.
Ilustrasi. Cara Membuat Jus Jambu Biji untuk Menurunkan Gula Darah (Sumber : pexels/quangnguyenvinh)
Science29 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 29 April 2024, Cek Dulu Yuk Langit di Awal Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 29 September 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 29 September 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)