Walikota Sukabumi Sambut Kunker Kapolda Jabar: Persiapan Pengaman Pemilu 2024

Rabu 03 Mei 2023, 22:53 WIB
Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi saat menyambut kunjungan kerja Kapolda Jabar Irjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus di Mapolres Sukabumi Kota, Rabu (3/5/2023)| Foto : Ist

Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi saat menyambut kunjungan kerja Kapolda Jabar Irjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus di Mapolres Sukabumi Kota, Rabu (3/5/2023)| Foto : Ist

SUKABUMIUPDATE.comKapolda Jabar, Irjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus didampingi sejumlah pejabat utama Polda Jabar melaksanakan kunker (kunjungan kerja) dan bertatap muka dengan unsur Forkopimda Kota Sukabumi, Ketua KPU, Ketua Bawaslu dan Tokoh Agama di Mapolres Sukabumi Kota, Rabu (3/5/2023).

Kedatangan Kapolda Jabar tersebut dalam rangka bersilaturahmi dengan Forkompimda Kota Sukabumi dan bertujuan untuk melihat persiapan pengamanan penyelenggaraan Pemilu 2024. Hadir dalam momen itu Kapolres Sukabumi Kota AKBP Ari Setyawan Wibowo, Wakil Ketua DPRD Kota Sukabumi Wawan Juanda, Ketua KPU Kota Sukabumi Sri Utami dan unsur forkopimda lainnya.

Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi yang turut serta hadir menyambut kedatangan orang nomor satu di kepolisian tingkat Jawa Barat Irjen Pol Akhmad Wiyagus itu menyampaikan selamat datang secara langsung .  ''Selamat datang di Kota Sukabumi Pak Kapolda Jabar,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi

Baca Juga: Pemilu 2024, 259.504 Warga Kota Sukabumi Tercatat di Daftar Pemilih Sementara dan 999 TPS

Kepada sukabmiupdate.com, Walikota Sukabumi mengungkapkan kunjungan kerja Kapolda Jabar di Mapolres Sukabumi Kota tersebut dilakukan untuk mengajak seluruh elemen masayarakat Kota Sukabumi untuk mendukung terciptanya kondusifitas kamtibmas di wilayah, khususnya menjelang Pemilu 2024.

Sementara itu, Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Ari Setyawan Wibowo mengatakan, kunjungan kerja Kapolda Jabar di Mapolres Sukabumi Kota tersebut dilakukan untuk memberikan motivasi terhadap seluruh personel Polres Sukabumi Kota dan menyerap informasi kamtibmas dari masyarakat.

“Selain mengawasi kinerja personel di Jajaran Polda Jabar, beliau juga menyerap aspirasi, saran dan masukan dari masyarakat untuk perbaikan Polri ke depannya. Jadi tadi ada perwakilan dari Forkopimda, tokoh agama, tokoh masyarakat, KPU dan Bawaslu,” ujar Kapolres kepada sukabumiupdate.com di kantornya pada Rabu (3/5/2023).

Selain itu, Ari juga menambahkan bahwa Polri beserta KPU dan Bawaslu akan bersinergi dalam menciptakan kondusifitas pada gelaran pemilu yang akan datang.

Baca Juga: 1-13 Mei 2023, Batas Waktu Pendaftaran Caleg DPR RI Jelang Pemilu 2024

"Dari KPU dan Bawaslu menyampaikan juga intinya kita akan bersinergi," tambah Kapolres.

Adapun terkait posisi Polri dalam gelaran pemilu, kata Ari, Pihaknya tetap akan tetap berada pada posisi netral dalam pelaksanaan pengamanan pemilu 2024

"Sudah jelas di aturan UU kepolisian bahwa polisi yg aktif itu tidak boleh berpolitik itu sudah jelas aturannya. Polisi akan netral dalam pelaksananaan pengamanan pemilu 2023-2024 ini" tegas dia

Kemudian, Ari juga menanggapi jika ada anggotanya yang akan mencalonkan diri sebagai caleg bahwa itu sudah menjadi kewenangan diluar Plri. 

"Itu kepentingan hak pribadi, masing-masing. Kalo dia sudah menjadi masyarakat biasa dan bukan anggota polri itu sudah menjadi hak masing-masing. Itu bukan urusan kita, kita hanya menjaga Hankamtibmas; melindungi, mengyomi dan juga penegakan hukum," pungkasnya. 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional26 April 2024, 09:31 WIB

Ada Zonasi, Simak 4 Jalur PPDB Tahun 2024 untuk SD, SMP, dan SMA

PPDB diselenggarakan secara objektif, transparan, dan akuntabel.
(Foto Ilustrasi) Ketentuan PPDB diatur dalam Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021. | Foto: Freepik/@master1305
Inspirasi26 April 2024, 09:30 WIB

Info Penerimaan Pegawai Lulusan SMA di Perusahaan, Penempatan Jawa Barat

Berikut Informasi Penerimaan Pegawai Lulusan SMA di Perusahaan untuk Penempatan Wilayah Jawa Barat.
Info Penerimaan Pegawai Lulusan SMA di Perusahaan, Penempatan Jawa Barat  (Sumber : Freepik)
Sukabumi26 April 2024, 09:02 WIB

Warga Resah! Beredar Video Konvoi Motor Bersajam di Jalan Pajampangan Sukabumi

Dalam video terlihat salah satu orang yang dibonceng menggesekkan sajam ke aspal.
Tangkapan layar video konvoi kawanan bermotor sambil membawa sajam di Jalan Nasional Jampangkulon-Surade, Desa Talagamurni, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, Senin malam, 22 April 2024.| Foto: Istimewa
DPRD Kab. Sukabumi26 April 2024, 09:01 WIB

Komisi III DPRD Kabupaten Sukabumi Studi Banding BUMD ke Yogyakarta

Sejumlah anggota Komisi III DPRD Kabupaten Sukabumi saat ini tengah  melakukan perjalanan dinas ke Jogjakarta
Sekretaris Fraksi PAN DPRD Kabupaten Sukabumi Heri Antoni  (Sumber : DPRD Kabupaten Sukabumi)
Sehat26 April 2024, 09:00 WIB

Bisa Anda Coba Dirumah, 8 Ide Camilan Ringan untuk Menurunkan Berat Badan

Camilan dapat membantu memuaskan rasa lapar di antara waktu makan, mencegah keinginan mengidam, dan memberikan nutrisi penting yang sehat dalam makanan Anda.
Ilustrasi - Camilan dapat membantu memuaskan rasa lapar di antara waktu makan, mencegah keinginan mengidam, dan memberikan nutrisi penting yang sehat dalam makanan Anda. (Sumber : pexels.com/@Antoni Shkraba).
Life26 April 2024, 08:00 WIB

12 Kebiasaan Sederhana yang Membuatmu Disenangi Semua Orang

Kebiasaan sederhana ini menunjukkan rasa hormat dan perhatianmu terhadap orang lain, dan orang-orang cenderung merasa dihargai saat merasa didengarkan dengan baik.
Ilustrasi - Kebiasaan Sederhana yang Membuatmu Disenangi Semua Orang (Sumber : Pexels/Thirdman)
Sehat26 April 2024, 07:00 WIB

9 Manfaat Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari, Bisa Mengurangi Perut Kembung

Rutinitas pagi yang tenang dan santai, seperti minum air hangat, dapat membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.
Ilustrasi. Minum Air Hangat. Manfaat Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Food & Travel26 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Kencur untuk Meredakan Nyeri Sendi, Ini 8 Langkahnya!

Meskipun kencur memiliki banyak manfaat kesehatan, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan sebelum menggunakannya secara teratur, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain.
Ilustrasi. Air Rebusan Kencur. (Sumber : Instagram/@meygaahuang)
Bola26 April 2024, 05:12 WIB

Timnas Indonesia Lolos Semifinal Piala Asia U-23 2024 usai Menang Dramatis atas Korsel

Fenomenal! Timnas Indonesia berhasil lolos semifinal Piala Asia U-23 2024 usai taklukan Korsel lewat drama adu pinalti.
Rafael Struick (kanan) cetak dua gol untuk Timnas Indonesia U-23 di laga versus Korsel. (Sumber : IG AFC Asian Cup)
Science26 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 26 April 2024, Waspada Hujan Petir di Siang Hari

Cuaca Jawa Barat dan sekitarnya termasuk Sukabumi pada 26 April 2024, yang berpotensi hujan deras disertai petir pada siang hari.
Ilustrasi - Cuaca Jawa Barat dan sekitarnya termasuk Sukabumi pada 26 April 2024, yang berpotensi hujan deras disertai petir pada siang hari. | Foto: Freepik.com/wirestock