Lahan Parkir Kurang, Mencari Solusi Kesemrawutan Kendaraan di Jalanan Kota Sukabumi

Kamis 02 Maret 2023, 11:43 WIB
(Foto Ilustrasi) Kota Sukabumi disebut kekurangan lahan parkir. | Foto: SU/CRP/Asep Awaludin

(Foto Ilustrasi) Kota Sukabumi disebut kekurangan lahan parkir. | Foto: SU/CRP/Asep Awaludin

SUKABUMIUPDATE.com - Sulitnya mencari lahan parkir di Kota Sukabumi membuat pengguna jalan tak punya banyak pilihan selain parkir di sembarang tempat, meski harus berhadapan dengan aparat berwajib. Ketersediaan lahan parkir disebut tidak berbanding dengan aktivitas ekonomi masyarakat.

Hal itu dikatakan Kaur Bin Ops Satlantas Polres Sukabumi Kota Ipda Adi Hidayat, menanggapi soal sulitnya mencari lahan parkir. Keluhan ini juga sudah cukup sering disampaikan beberapa pengguna jalan.

"Pertumbuhan ekonomi masyarakat kita ini tidak seimbang dengan ketersediaan lahan parkir. Lahan parkir ada, tapi letaknya sangat jauh dari pusat perbelanjaan. Masa yang mau belanja di Citimall, disuruh parkir di lapang Suryakencana," kata Adi kepada sukabumiupdate.com pada Rabu, 1 Maret 2023.

Meski begitu, Adi mengimbau masyarakat tetap mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Menurut dia, kurangnya lahan parkir merupakan masalah kompleks dan pihaknya tidak bisa semena-mena menindak pengendara yang parkir di sembarang tempat. Adi mengakui lahan parkir di Kota Sukabumi sangat terbatas.

Baca Juga: Polsek Cikole Sukabumi Tangkap Tukang Parkir Terduga Pelaku Pencurian Motor

"Kami juga tahu lahan parkir di Kota Sukabumi ini sangat terbatas, makanya kami hanya melakukan imbauan kepada para pengendara untuk tidak parkir sembarangan supaya lalu lintas juga tetap berjalan normal," ujar dia.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Sukabumi Imran Wardhani mengatakan saat ini ada 38 titik lahan parkir di Kota Sukabumi yang dikelola Dinas Perhubungan dengan 300 juru parkir. Imran menyebut pihaknya masih melakukan berbagai kajian terkait pengembangan atau penambahan lahan parkir.

"Kami harus mengkaji terlebih dahulu, nanti dari hasil kajian itu apakah akan ada penambahan lahan parkir, apakah parkir non-tunai, parkir berlangganan, atau dikelola oleh pihak ketiga atau juga masih tetap seperti sekarang ini," kata Imran.

Salah satu warga, Fitriansyah (43 tahun), mengatakan saat ini lahan parkir di Kota Sukabumi khususnya di Jalan Ahmad Yani, lebih banyak digunakan sepeda motor. Ini lantaran posisi parkir yang lurus sehingga ketersediaan untuk mobil menjadi berkurang. Kondisi ini diperparah jumlah lahan parkir yang terbatas.

"Lahan parkir cuma Citimall, itu juga terbatas, paling 50-an mobil," kata dia. "Tidak ada juga angkutan umum yang melintasi Jalan Ahmad Yani," imbuh Fitriansyah.

Baca Juga: Viral Pengeroyokan di Sukaraja Sukabumi, Berawal dari Tukang Parkir Tak Terima Ditegur

Pemerintah Kota Sukabumi diminta mencari solusi untuk ketersediaan lahan parkir. Menurut Fitriansyah, salah satu pilihan bisa menggandeng pihak swasta atau warga yang memiliki aset di Jalan Ahmad Yani seperti toko yang tidak beroperasi untuk dijadikan tempat parkir.

Sebelumnya Dinas Perhubungan merinci perolehan pendapatan parkir di Kota Sukabumi, di mana pada 2019 (Rp 2,8 miliar), 2020 (Rp 2,1 miliar), (2021 Rp 1,7 miliar), dan 2022 (Rp 1,5 miliar). Pendapatan ini diperoleh dari 300 juru parkir yang bertugas di 38 ruas jalan atau titik parkir.

Adapun 38 titik parkir yang dikelola Dinas Perhubungan Kota Sukabumi adalah sebagai berikut:

- Jl. Jend. Sudirman
- Jl. Jend. A. Yani
- Jl. Gudang
- Jl. Surya Kencana
- Jl. Dewi Sartika
- Jl. Ir. H. Juanda
- Jl. R.E. Martadinata
- Jl. Perintis Kemerdekaan
- Jl. Mayawati
- Jl. Yulius Usman
- Jl. Arif Rahman Hakim
- Jl. Lettu Bakri
- Jl. Pasundan
- Jl. Kelenteng
- Jl. Pejagalan
- Jl. Pelabuan II
- Jl. Tipar Gede
- Jl. Stasiun Timur
- Jl. Perniagaan
- Jl. Kapt. H. Kabir
- Jl. Ciwangi
- Jl. Pasar Ciwangi
- Jl. Pasar Wetan/Pasar Pelita
- Jl. Brawijaya
- Jl. Selabintana
- Jl. Siliwangi
- Jl. Cikole Dalem
- Jl. Rumah Sakit Belakang
- Jl. Pabuaran
- Jl. Zaenal Zakse
- Jl. Tekwat
- Jl. Mochtar Obing
- Jl. Kartini
- Jl. Sriwijaya
- Jl. Masjid/Jl. Alun-Alun Utara
- Jl. Balaidesa
- Jl. R Syamsudin. SH
- Jl. Veteran

Reporter: Asep Awaludin (CRP)

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel14 Juni 2024, 06:00 WIB

5 Resep Menu Makan Pagi Ramah Kolesterol, Sarapan Sehat dan Simpel di Rumah!

Penderita kolesterol sebaiknya memilih makanan yang tinggi serat seperti oats, buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian untuk membantu mengurangi kolesterol.
Ilustrasi. Ilustrasi. Resep Menu Makan Pagi Ramah Kolesterol, Sarapan Sehat dan Simpel di Rumah! (Sumber : Pexels/RFStudio)
Science14 Juni 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 14 Juni 2024, Sukabumi Siang Hingga Malam Berpotensi Hujan

Prakiraan cuaca Sukabumi hari ini dan sekitarnya pada 14 Juni 2024, berpotensi mengalami hujan pada siang hari hingga dini hari.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca Sukabumi hari ini dan sekitarnya pada 14 Juni 2024, berpotensi mengalami hujan pada siang hari hingga dini hari. (Sumber : Freepik)
Jawa Barat13 Juni 2024, 23:30 WIB

Terima 150 Aduan, Ombudsman Ungkap Potensi Kecurangan di PPDB Jabar 2024 Tahap 1

Ombudmsan menerima 150 aduan dari masyarakat tentang PPDB Jabar 2024 tahap 1 tingkat SMA/SMK. Ditemukan adanya potensi kecurangan.
Ilustrasi. Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB Jabar 2024. (Sumber : Istimewa)
DPRD Kab. Sukabumi13 Juni 2024, 21:55 WIB

Harapan DPRD untuk Kades di Sukabumi yang Masa Jabatannya Diperpanjang Dua Tahun

Paoji menekankan bahwa perpanjangan masa jabatan ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para kades untuk meningkatkan kinerja.
Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi, Paoji Nurjaman. (Sumber : Dok. SU)
Sukabumi13 Juni 2024, 21:31 WIB

Sungai Cipangasahan Dangkal dan Sempit, Puluhan Jiwa Terancam Banjir di Cibadak Sukabumi

5 unit rumah warga yang dihuni 5 KK 30 jiwa di Cibadak Sukabumi terdampak banjir akibat luapan Sungai Cipangasahan pada Rabu 12 Juni 2024.
Aliran anak Sungai Cipangasahan yang menyempit dan alami pendangkalan mengakibatkan bencana banjir di Desa Sukasirna, Cibadak Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi13 Juni 2024, 21:28 WIB

SPI Sukabumi Soal Penyerahan 31 Hektar Tanah HGU Suka Karet: Pelepasan atau Plasma?

Serikat Petani Indonesia (SPI) Sukabumi menyikapi penyerahan tanah HGU PT. Perkebunan Karet Suka Karet seluas 31 Hektar di Desa Bantarkalong Kecamatan Warungkiara.
Rozak Daud, Ketua SPI Sukabumi. | Foto: Sukabumi Update
Sehat13 Juni 2024, 21:00 WIB

9 Pengobatan Alami untuk Mengatasi Asam Lambung, Dijamin Efektif!

Dengan mengikuti panduan ini dan memilih metode yang paling sesuai untuk Anda, gejala asam lambung dapat dikelola secara efektif dan alami.
Ilustrasi - Dengan mengikuti panduan ini dan memilih metode yang paling sesuai untuk Anda, gejala asam lambung dapat dikelola secara efektif dan alami.(Sumber : Freepik.com).
Sukabumi13 Juni 2024, 20:29 WIB

Tingkatkan Pengairan, UPTD Pertanian Cicurug Perbaiki 6 Saluran Irigasi di Sukabumi Utara

Kepala UPTD Pertanian Wilayah III Cicurug, Hasari menyatakan bahwa saat ini para petani membutuhkan pengairan yang baik. Oleh karenanya monitoring dan perbaikan irigasi menjadi prioritas saat ini.
Hasari, Kepala UPTD Pertanian Wilayah III Cicurug di kantor UPTD, Kamis (13/6/2024) | Foto : Ibnu Sanubari
Aplikasi13 Juni 2024, 20:08 WIB

Di Sukabumi, Menteri Teten Ungkap Potensi Ancaman Aplikasi Temu asal Cina Bagi UMKM

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki bicara ancaman kehadiran aplikasi Temu yang berpotensi mengganggu pasar produk dalam negeri dan UMKM.
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki saat ditemui di Kota Sukabumi pada Kamis (13/6/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sehat13 Juni 2024, 20:00 WIB

4 Langkah Penting yang Harus Anda Lakukan Setelah Didiagnosis Pradiabetes

Didiagnosis pradiebetes bukanlah alkhir dari segalanya dan Anda pun dapat hidup sehat dan senang di masa depan.
Ilustrasi - Didiagnosis pradiebetes bukanlah alkhir dari segalanya dan Anda pun dapat hidup sehat dan senang di masa depan. (Sumber : Freepik.com).