Selain Nusa Putra, Inilah Daftar Perguruan Tinggi di Sukabumi yang Sudah Terakreditasi

Sabtu 25 Februari 2023, 09:01 WIB
Daftar Perguruan Tinggi di Sukabumi yang Sudah Terakreditasi | Foto : Pixabay

Daftar Perguruan Tinggi di Sukabumi yang Sudah Terakreditasi | Foto : Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com – Kualitas perguruan tinggi dapat kita lihat dari peringkat akreditasinya. Adapun A dan Unggul menjadi dua peringkat tertinggi dari akreditasi perguruan tinggi.

Mengutip peraturan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) 1/2022, akreditasi perguruan tinggi (APT) adalah penilaian untuk menentukan kelayakan kampus. Akreditasi dilakukan oleh pemerintah dan/atau lembaga mandiri yang berwenang sebagai bentuk akuntabilitas publik, dalam hal ini BAN-PT.

Terdapat dua macam instrumen akreditasi perguruan tinggi. Pertama, instrumen 7 standar yang berlaku sebelum 1 Oktober 2018. Instrumen ini menghasilkan peringkat A,B, dan C. Kedua, instrumen akreditasi perguruan tinggi 3.0 yang berlaku sejak 1 Oktober 2022. Instrumen ini menghasilkan peringkat Unggul, Baik Sekali, dan Baik.

Akreditasi perguruan tinggi perlu dicermati karena menjadi cerminan dari standar mutu pendidikan yang dijalankan. Semakin tinggi akreditasi yang diperoleh, semakin baik pula kualitasnya. Selain itu, beberapa instansi pemerintah maupun perusahaan biasanya menggunakan akreditasi perguruan tinggi menjadi salah satu persyaratan pendaftaran.

Tim redaksi sukabumiupdate.com merangkum beberapa perguruan tinggi di Sukabumi yang sudah memiliki peringkat dalam akreditasinya, berikut diantara daftarnya berdasar BAN-PT:

1. Universitas Nusa Putra

Universitas Nusa Putra (UNP) seperti tertulis dalam laman resminya merupakan sebuah perguruan tinggi tempat berkumpulnya komunitas cendekiawan yang berpikir global. Yang bertujuan menciptakan manusia yang cerdas, kreatif, inovatif serta religius yang tangguh untuk masa depan dunia yang lebih baik.

Saat ini di UNP tersedia berbagai jurusan diantaranya Fakultas Engineering; Computer and Design (FECD), Magister Computer Science (MCS), Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Desain Komunikasi Visual. Dan jurusan di Fakultas Business and Humanities (FBH); Manajemen, Akuntansi, Hukum dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Universitas Nusa Putra (UNP) yang berlokasi di Cibolang Kaler, Kec. Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ini mengantongi peringkat Baik berdasar 1674/SK/BAN-PT/Ak.Ppj/PT/X/2022. Peringkat ini masih memiliki masa berlaku hingga 11 oktober 2027.

2. STISIP Widyapuri Mandiri Sukabumi

STISIP Widyapuri Mandiri Sukabumi mengantongi peringkat Baik berdasar 667/SK/BAN-PT/Ak.KP/PT/IX/2022. Peringkat ini masih memiliki masa berlaku hingga 30 Mei 2023.

3. Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Universitas Muhammadiyah Sukabumi didirikan berdasarkan kajian dan studi kelayakan yang dilakukan pengurus Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Sukabumi, tanggal 1 Desember 2000.

Memutuskan untuk segera merealisasikan Keputusan Musyawarah Daerah Muhammadiyah 1996, yaitu mendirikan Universitas Muhammadiyah Sukabumi yang disingkat UMMI dengan kampus yang berada di komplek Perguruan Muhammadiyah Jl. R. Syamsudin, S.H. No. 50 Sukabumi

Saat ini UMMI memiliki 14 program studi, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM).

Universitas Muhammadiyah Sukabumi mengantongi peringkat B berdasar 1545/SK/BAN-PT/Ak.Ppj/PT/IX/2022. Peringkat ini masih memiliki masa berlaku hingga 11 oktober 2027.

4. Politenik Kesehatan Yapkesbi Sukabumi

YAPKESBI merupakan yayasan yang sudah berpengalaman dan Profesional dibidang pelayanan kesehatan dan pendidikan kesehatan secara global.

Politenik Kesehatan Yapkesbi Sukabumi mengantongi peringkat B berdasar 334/SK/BAN-PT/Akred/PT/V/2019. Peringkat ini masih memiliki masa berlaku hingga 14 Mei 2024

5. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PGRI Sukabumi

STE PGRI Sukabumi sebagaimana tercantum dalam laman resminya, memiliki misi menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PGRI Sukabumi yang Unggul dalam menghasilkan sumberdaya manusia yang profesional di bidang akuntansi dan manajemen, berjiwa entrepreneur, berjiwa nasionalisme serta memiliki daya saing nasional di tahun 2030.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PGRI Sukabumi mengantongi peringkat B berdasar 257/SK/BAN-PT/Akred/PT/IV/2019. Peringkat ini masih memiliki masa berlaku hingga 16 April 2024

6. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sukabumi

STIKES Kota Sukabumi merupakan lembaga pendidikan keperawatan dan kebidanan hasil konversi AKPER Kota Sukabumi, sampai saat ini meluluskan 4162 tenaga kesehatan yang keseluruhannya telah bekerja di instansi pemerintah, TNI, POLRI dan swasta dalam maupun luar negeri.

Tim Pengajar adalah dosen-dosen yang berkompeten dalam bidangnya, terdiri dari S-2 Keperawatan, S-2 Kesehatan, S-1 Keperawatan, Sarjana Kesehatan, Dokter Spesialis dan Sarjana Keilmuan lainnya. Mahasiswa yang berprestasi akan dibebaskan biaya kuliah. Program unggulan adalah Home Care, Gerontik, Bahasa Inggris Keperawatan dan Kebidanan Komunitas.

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sukabumi mengantongi peringkat B berdasar 1537/SK/BAN-PT/Ak.PEPT/PT/IX/2022. Peringkat ini masih memiliki masa berlaku hingga 11 Oktober 2023

7. STKIP PGRI Sukabumi

STKIP PGRI Sukabumi mengantongi peringkat B berdasar 142/SK/BAN-PT/Akred/PT/III/2019. Peringkat ini masih memiliki masa berlaku hingga 27 Maret 2024

8. Politeknik Sukabumi

Politeknik Sukabumi didirikan oleh Yayasan Pendidikan Kusumah Bangsa Milik Pemerintah Kota Sukabumi, berdasarkan akta notaris Luciana Tirtaman, SH. Nomor. 74 tanggal 20 Juni 2002 dan Keputusan Menteri Hukum dan HAM Nomor: AHU-2330.AH.01.02.TAHUN 2008 tanggal 6 Juni 2008.

Keberadaan Politeknik Sukabumi didukung penuh oleh Pemerintah Kota Sukabumi dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Sukabumi dengan Surat Keputusan DPRD No. 06/PIPM/2002 tanggal 10 Mei 2002 tentnag persetujuan terhadap pendirian Yayasan Pendidikan Tinggi Kusumah Bangsa dan Politeknik Sukabumi

Politeknik Sukabumi mengantongi peringkat Baik berdasar 1105/SK/BAN-PT/Ak.KP/PT/IX/2022. Peringkat ini masih memiliki masa berlaku hingga 09 April 2024

9. STAI Al-Masthuriyah Sukabumi

Sebelumnya bernama Sekolah Tinggi Ilmu Uahuluddin (STIU) Al-Masthuriyah dan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Masthuriyah, pada tahun akademik 1994/1995 dilebur menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Masthuriyah Sukabumi, dengan jurusan Komunkasi dan Penyiaran Islam (Dakwah), jurusan Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah) dan jurusan Mua’malat (Syari’ah).

STAI Al-Masthuriyah Sukabumi mengantongi peringkat Baik berdasar 847/SK/BAN-PT/Akred/PT/IX/2021. Peringkat ini masih memiliki masa berlaku hingga 21 Juni 2026

10. STAI Daarussalam Sukabumi

STAI Daarussalam Sukabumi berdiri 28 Oktober 1993. Lokasi kampus berada di Desa Salajambe, Kecamatan Cisaat, saat ini STAI Daarussalam Sukabumi sudah mengantongi peringkat Baik berdasar 1135/SK/BAN-PT/Ak.KP/PT/IX/2022. Peringkat ini masih memiliki masa berlaku hingga 25 Juni 2024

11. STAI Pelabuhan Ratu, Sukabumi

STAI Pelabuhan Ratu, Sukabumi mulai dibuka tahun 1996, saat ini sudah mengantongi peringkat Baik berdasar 444/SK/BAN-PT/Akred/PT/V/2021. Peringkat ini masih memiliki masa berlaku hingga 18 mei 2026

12. STIE Pasim Sukabumi

STIE Pasim Sukabumi mengantongi peringkat Baik berdasar 112/SK/BAN-PT/Ak/PT/II/2023. Peringkat ini masih memiliki masa berlaku hingga 14 Februari 2028

13. Institut Manajemen Wiyata Indonesia 

Institut Manajemen Wiyata Indonesia dengan akronim IMWI, adalah sebuah Perguruan Tinggi Swasta yang terletak di Jalan Gudang No. 7-9 Kota Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia.

Saat ini di IMWI sudah tersedia berbagi jurusan, diantaranta; Desain Grafis(S1), Sistem Informasi(S1), Ilmu Komunikasi(S1), Akuntansi(S1), Administrasi Bisnis(S1), Manajemen(S1).

Institut Manajemen Wiyata Indonesia mengantongi peringkat Baik berdasar 87/SK/BAN-PT/Akred/PT/II/2021. Peringkat ini masih memiliki masa berlaku hingga 16 Februari 2026.

14. STAI Kharisma Cicurug

STAI Kharisma Sejak awal berdirinya pada tahun 1992 memiliki dua program studi, pertama Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), dan Kedua program studi Ahwal as-Syakhsyiyyah.

Dan pada tahun 2002 membuka program studi Diploma II PGSD/MI, Diploma PGSD/PAI dan Akta IV. Pendirian Program-program studi ini sesusai dengan kebutuhan masyarakat pada saat berdirinya sampai sekarang, terutama kebutuhan lembaga-lembaga pendidikan Islam baik lembaga pendidikan yang dikelola oleh pemerintah maupun swasta masih kekurangan guru pendidikan agama Islam dan tenaga peradilan Islam.

STAI Kharisma Cicurug mengantongi peringkat Baik berdasar 1273/SK/BAN-PT/Ak.KP/PT/IX/2022. Peringkat ini masih memiliki masa berlaku hingga 22 Agustus 2025.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi19 April 2024, 15:25 WIB

Inilah Finalis Terpilih Pasanggiri Mojang Jajaka Kabupaten Sukabumi 2024

Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sukabumi telah sukses menggelar acara Pasanggiri Mojang Jajaka tahun 2024
Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi menggelar Pasanggiri Mojang Jajaka Sukabumi 2024 | Foto : Ilyas Supendi
Inspirasi19 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Cleaning Service di Salah Satu Coffe di Kota Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Cleaning Service Lokasi Penempatan di Kota Sukabumi. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Sukabumi19 April 2024, 14:48 WIB

Gaji Belum Dibayar, Buruh Pabrik Tripleks Mengadu ke Disnakertrans Sukabumi

Terdapat 89 buruh yang belum menerima gaji, baik berstatus aktif maupun non-aktif.
Buruh pabrik pengolahan kayu tripleks (plywood) saat mendatangi kantor Disnakertrans Kabupaten Sukabumi pada Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Opini19 April 2024, 14:36 WIB

Kartini Hari Ini: Refleksi Pemikiran Pemberdayaan Perempuan dalam Konteks Multikulturalisme

Pemikiran Kartini tentang emansipasi perempuan masih memiliki relevansi. Namun, dalam mengaplikasikan pemikiran tersebut, perlu dipertimbangkan juga konteks multikulturalisme yang menjadi realitas masyarakat Indonesia saat ini
Dr. Tetty Sufianty Zafar, MM, Dosen Universitas Muhammadiyah Sukabumi/Sekretaris Forum Doktor Sukabumi/Pembina Research & Literacy Institute | Foto : Sukabumi Update
Sehat19 April 2024, 14:30 WIB

7 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Kayu Manis : Rempah Asli Indonesia Satu Ini Ternyata Punya Sederet Manfaat untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui.
Ilustrasi - Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui. (Sumber : pexels.com/@Mareefe)
Sehat19 April 2024, 14:00 WIB

Selain untuk Gula Darah, Ini 10 Manfaat yang Luar Biasa dari Buah Mengkudu

Buah mengkudu memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh.
Ilustrasi - Buah mengkudu memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. (Sumber : Pixabay.com/@ignartonosbg).
Sukabumi Memilih19 April 2024, 13:54 WIB

Politisi PKB Miftahul Janah Didukung Warga Maju Pilkada Kota Sukabumi

Sejumlah warga Kota Sukabumi yang tergabung dalam RMJ mendorong politisi PKB, Miftahul Janah Janah untuk maju menjadi calon walikota / wakil walikota Sukabumi.
Miftahul Janah, Politisi PKB didorong maju Pilkada Kota Sukabumi 2024 | Foto : Sy
Sehat19 April 2024, 13:30 WIB

Segini Kisaran Kadar Gula Darah Normal Pada Lansia 50 Tahun ke Atas Setelah Makan

Gula darah tinggi menjadi lebih mungkin terjadi seiring bertambahnya usia.
Ilustrasi - Gula darah tinggi menjadi lebih mungkin terjadi seiring bertambahnya usia. (Sumber : Freepik/Lifestylememory)
Life19 April 2024, 13:00 WIB

6 Cara Menghilangkan Sifat Iri Dengki Dalam Diri Agar Hidup Tenang dan Damai

Menghilangkan sifat iri dan dengki memang harus dalam hidup. Sebab hal demikian untuk hidup lebih tenang dan damai.
Ilustrasi. Cara menghilangkan sifat iri dengki. Sumber Foto : Pexels/Liza Summer
Sehat19 April 2024, 12:30 WIB

7 Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Berikut Daftar Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. Sobat Sehat Wajib Tahu!
Ilustrasi. Serangan Asam Urat. Ketahui Apa Saja Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. | Foto: Freepik