Deklarasi Cegah Pencemaran Lingkungan di Sukabumi, Pelajar Kompak Bawa Botol Minum

Selasa 21 Februari 2023, 20:00 WIB
Deklarasi pencegahan pencemaran lingkungan di Sukabumi, pelajar  kompak bawa botol minum (tumbler) | Foto : Ibnu Sanubari

Deklarasi pencegahan pencemaran lingkungan di Sukabumi, pelajar kompak bawa botol minum (tumbler) | Foto : Ibnu Sanubari

SUKABUMIUPDATE.com - Dalam rangka mendukung sekolah Adiwiyata, yang merupakan sekolah berbudaya lingkungan di wilayah Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi. Pemerintah Kecamatan Cidahu berinovasi dengan cara menghimbau sekolah yang ada di wilayahnya untuk membawa botol minuman dan tempat makan dari rumah.

Hal itu bertujuan untuk mengurangi pencemaran sampah plastik dari kemasan jajanan, yang biasanya marak ditemukan pada ingkungan sekolah. Bertepatan dengan Mieling Poe Basa Indung, pihaknya memulai dengan menghimbau kepada beberapa Sekolah Dasar (SD) yang ada di Kecamatan Cidahu, untuk membawa botol minuman dan tempat makanan dari rumah.

Camat Cidahu Jaenal Abidin menyatakan, ada ribuan jumlah pelajar di Kecamatan Cidahu yang aktif sekolah, meliputi PAUD, SD, SMP/MTS dan SMA/SMK/MA. Jika ribuan orang setiap harinya membawa kemasan plastik untuk minum dan kemasan sterofom pada makanan, dari tukang dagang, pada saat hari itu juga produksi sampah akan banyak.

"kita sedang menggiati program Reduce, Reuse dan Recycle (3R). Yang pertama reduce yaitu mengurangi sampah, kedua reuse yaitu menggunakan kembali dan recylce yaitu mendaur ulang. Tentunya disini kan banyak perusahaan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK), ketiganya itu, dari CSR ada kegiatan atau projek," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Selasa (21/02/2023)

Deklarasi pencegahan pencemaran lingkungan di Sukabumi, pelajar di cidahu kompak bawa botol minum (tumbler) | Foto : Ibnu SanubariDeklarasi pencegahan pencemaran lingkungan di Sukabumi

Menurut Jaenal, anak sekolah dihimbau membawa botol plastik/tumblr, untuk anak bisa minum air dimanapun ketika membutuhkan, lantaran airnya sudah tersimpan di kantong. "Jangan sampai anak mau minum, dia malu atau nahan,sehingga kapanpun dia haus bisa langsung minum. Jadi salah satu manfaatnya memudahkan," tegasnya.

Kemudian, sambungnya, hal tersebut bertujuan untuk mengurangi dehidrasi, mengurangi sampah plastik, lantaran yang tadinya menimbun banyak sampah plastik, perlahan akan berkurang dengan diberlakukan murid-murid membawa botol minum atau tempat makan.

"Selain itu, salah satu cara untuk penghematan atau efisiensi terhadap murid- murid, termasuk pedagang bisa lebih hemat. Ketika hendak jajan, murid bawa botol minuman, maka bisa menggunakan botol minuman atau tempat makam yang dibawanya. Otomatis pedagang mengurangi modal atau beban belanja, jadi pedagang pun diuntungkan," kata Ia.

Ia menjelaskan, sekolah yang telah lama berjalan dengan baik, seperti membawa botol atau tempat makan dari rumah. Sampai dengan hari ini sudah mendapatkan manfaat yang luar biasa. Kemudian kata Ia, kegiatan ini akan diberlakukan pada setiap sekolah yang ada di wilayah Kecamatan Cidahu.

"Kita bertahap, untuk kedepannya kegiatan ini berlaku ke semua tingkat sekolah yang ada di Cidahu. Hari ini kebetulan karena SD, ada peringatan Mieling Poe Basa Indung. Jadi tadi alhamdulillah masyarakat, khususnya orang tuanya, kompak menyambut kegiatan tersebut," jelasnya.

Selain itu, kegiatan Mieling Poe Basa Indung, sekaligus deklarasi penggunaan botol air dan misting. "Yang mana membiasakan yang sebelumnya pedagang memberikan mangkok sterofom atau plastik dan sedotan minuman, kini jajanan tersebut dituangkan ke dalam wadah yang dibawa murid," tuturnya.

Ia menyatakan, sebelumnya sudah ada tradisi membawa tempat minum/makan di beberapa sekolah kecamatan Cidahu, namun pihaknya berusaha untuk menggebyarkan kegiatan tersebut, dengan tujuan lingkungan tetap bersih dan tetap sehat dengan tidak adanya sampah plastik.

"Kebetulan kita akan menjadi lokasi, kegiatan penilaian Kabupaten/Kota sehat, salah satunya inovasi tadi, yaitu sekolah cantik tanpa adanya sampah plastik, dengan cara penguragan sampah," ungkapnya.

Disinggung tentang Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang marak di wilayah Cidahu, pihaknya menyatakan tidak kontraproduktif terhadap itu…

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi02 Mei 2024, 08:24 WIB

Upaya Mitigasi Bencana, DPUTR Rawat 40 Pohon di Kota Sukabumi

Tindakan ini diambil tidak terlepas dari kondisi hujan deras disertai angin kencang.
Kepala Seksi Pertamanan DPUTR Kota Sukabumi Fajar Rahmansyah. | Foto: Website Pemkot Sukabumi
Sukabumi02 Mei 2024, 08:14 WIB

Kepsek-Orang Tua Ikut Literasi Digital Kemenkominfo dan Disdikbud Kota Sukabumi

Kegiatan bertema bijak berinteraksi di media sosial ini bagian dari program makin cakap digital.
Kemenkominfo bersama Disdikbud Kota Sukabumi pada Senin, 29 April 2024 menggelar kegiatan literasi digital di Gedung Harsa. | Foto: Website Pemkot Sukabumi
Sehat02 Mei 2024, 08:00 WIB

Boleh Aerobic! 8 Rekomendasi Olahraga yang Aman untuk Penderita Gula Darah

Boleh Aerobic! 8 Rekomendasi Olahraga yang Aman untuk Penderita Gula Darah
Ilustrasi. Aerobic. Rekomendasi Olahraga yang Aman untuk Penderita Gula Darah (Sumber : Pexels/KarolinaG)
Life02 Mei 2024, 07:00 WIB

9 Ciri Seseorang Menyayangimu dengan Tulus, Apakah Dia Melakukannya?

Inilah Sederet Ciri Seseorang Menyayangimu dengan Tulus, Apakah Dia Melakukannya?
Ilustrasi - Ciri Seseorang Menyayangimu dengan Tulus, Apakah Dia Melakukannya. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel02 Mei 2024, 06:00 WIB

9 Langkah Mudah Membuat Air Rebusan Daun Kumis Kucing untuk Menurunkan Gula Darah

Yuk Ikuti Langkah Mudah Berikut untuk Membuat Air Rebusan Daun Kumis Kucing guna Menurunkan Gula Darah.
Ilustrasi - Daun kumis kucing. Foto: Instagram/@kebonmojo
Science02 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 2 Mei 2024, Pagi Hari Cerah dan Siang Hujan Sedang

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Kamis 2 Mei 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Kamis 2 Mei 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi01 Mei 2024, 22:58 WIB

Kepergok Warga, Maling Kotak Amal Kabur Tinggalkan Motor di Cicantayan Sukabumi

Berikut kesaksian warga terkait upaya pencurian kotak amal di Cicantayan Sukabumi. Pelaku kabur tinggalkan motor.
Motor maling kotak amal yang ditahan warga Kampung Cijabon RT 19/07, Desa Cimahi, Cicantayan Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life01 Mei 2024, 21:37 WIB

6 Gaya Bicara yang Menjadikan Anda Lebih Berwibawa dan Berkharisma, Ini Caranya

Gaya bicara seseorang menentukan apakah nanti akan dipandang berwibawa atau justru diremehkan orang lain di masyarakat.
Ilustrasi. Gaya berbicara yang dipandang berwibawa. | Sumber foto : Pexels/Werner Pfenning
Life01 Mei 2024, 21:31 WIB

Fokus Pada Jangka Panjang, Ini 10 Tips Menerapkan Disiplin Pada Anak Tetap Konsisten

Penerapan disiplin pada anak tidaklah mudah, maka dari itu orang tua perlu melakukannya dengan konsisten.
Ilustrasi menerapkan disiplin tetap konsisten / Sumber : pexels.com/@Emma Bauso
Sehat01 Mei 2024, 21:00 WIB

8 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi dalam Tubuh

Bahan alami ini dipercaya dapat membantu menurunkan gula darah secara efektif.
Ilustrasi - Bahan alami ini dipercaya dapat membantu menurunkan gula darah secara efektif. (Sumber : Freepik.com/jcomp).