Ketua PWI Kota Sukabumi Kena Doorstop Pejabat Soal HPN 2023

Kamis 09 Februari 2023, 13:37 WIB
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi melakukan wawancara doorstop kepada Ketua PWI Kota Sukabumi Mohamad Satiri di Balai Kota Sukabumi setelah acara peringatan HPN 2023 pada Kamis (9/2/2023). | Foto: Istimewa

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi melakukan wawancara doorstop kepada Ketua PWI Kota Sukabumi Mohamad Satiri di Balai Kota Sukabumi setelah acara peringatan HPN 2023 pada Kamis (9/2/2023). | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 dan Hari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ke-77 tingkat Kota Sukabumi digelar di Balai Kota Sukabumi pada Kamis (9/2/2023). Momen istimewa ini dihadiri sejumlah tokoh.

Tokoh-tokoh tersebut antara lain Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sy Zainal Abidin, perwakilan Kodim 0607 Kota Sukabumi, Kejaksaan Negeri Kota Sukabumi, hingga Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada.

Hadir Ketua PWI Kota Sukabumi Mohamad Satiri serta perwakilan organisasi pers seperti Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI), dan lainnya.

Ada kejadian unik selepas acara itu ketika Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dan pejabat lain seperti Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sy Zainal Abidin melakukan wawancara doorstop kepada Ketua PWI Kota Sukabumi Mohamad Satiri.

Baca Juga: 15 Ucapan Selamat Hari Pers Nasional 2023, Penuh Makna dan Harapan

Tak seperti biasanya di mana wartawan mewawancarai narasumber pejebat, kini para pejabat tersebut mewawancarai wartawan yakni Ketua PWI Kota Sukabumi Mohamad Satiri dan bertanya seputar harapan ke depan di peringatan HPN tahun 2023.

''Bersyukur dua momen ini baik Hari Pers Nasional dan ulang tahun PWI bisa disatukan sebagai bentuk apresiasi pemerintah kepada media yang telah berkontribusi dalam pelaksanaan pembangunan,'' kata Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi.

"Mari sama-sama menghadirkan Hari Pers Nasional dan PWI ke-77 dengan semangat menguatkan kebersamaan antara semua elemen masyarakat. Di hari pers, bagaimana tantangan pers semakin kuat," imbuh dia.

Fahmi mengatakan tema peringatan Hari Pers Nasional 2023 yakni "Pers Merdeka, Demokrasi Bermartabat" sesuai dengan kondisi saat ini. Di antara yang cukup tinggi menyumbang situasi tidak kondusif adalah informasi yang sifatnya hoaks.

''Sehingga mudah berseteru karena informasi hoaks, di sini peran media,'' ungkap Fahmi. Di mana menjadi media profesional dan mampu menghadirkan informasi terbaik.

Baca Juga: Hari Pers Nasional 2023, Bupati Sukabumi: Pers Bagian Penting Pembangunan

Ada tiga tantangan media seiring era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity). Pertama, bagaimana peran pers menghadirkan informasi smart yang sifatnya edukasi warga. Bukan sebatas jadi viral atau sifatnya justru mengundang permasalahan.

Diharapkan, di era VUCA, pers memberikan informasi yang ter-update sekaligus memberi edukasi dengan masalah yang ada.

Kedua, bagaimana pers memiliki peran mengawal amanat rakyat dalam pesta demokrasi. Ini karena tahun depan bukan hanya tahun politik melainkan bulan politik. Sebab ketika selesai tahapan pilpres dan pileg, dilanjutkan pilkada baik kota/kabupaten dan provinsi.

''Bagaiaman media menghadirkan informasi dan edukasi agar partisipasi pemilih meningkat,'' ujar Fahmi. Informasi yang diberikan tidak membuat kegaduhan dalam pesta demokrasi, apalagi mau tidak mau tensi politik memanas.

Media, lanjut Fahmi, menjadi corong agar warga mengikuti kegiatan pemilihan sehingga paritisipasi meningkat dan meredam konflik terkait pesta demokrasi. Ia menambahkan sinergi pentahelix ke depan bukan hanya dengan pemda, TNI, dan Polri, tapi berkolaborasi dengan unsur lain.

Wali kota juga menyambut baik rangkaian kegiatan Hari Pers mulai lomba futsal dan kegiatan lomba jurnalistik dalam mengenalkan jurnalistik kepada pelajar.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat23 April 2024, 21:00 WIB

Lawan Asam Urat dengan 8 Obat Alami Ini, Solusi Sehat Kurangi Frekuensi Serangannya

Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.
Ilustrasi Kunyit - 
Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.  (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers)
Sukabumi23 April 2024, 20:30 WIB

Banyak PJU Mati, Jalan Di Depan Komplek Perkantoran Palabuhanratu Gelap di Malam Hari

Ruas Jalan Sudirman di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi kondisinya gelap di malam hari, karena lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) banyak yang tidak menyala alias mati.
Kondisi lampu PJU di ruas jalan Sudirman, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, banyak yang tidak menyala | Foto : Ilyas Supendi
Gadget23 April 2024, 20:30 WIB

10 Rekomendasi HP Samsung Harga Rp 1 Jutaan yang Punya Spesifikasi Bagus

HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar.
Ilustrasi Samsung A03- HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar. (Sumber : samsung.com).
Sukabumi23 April 2024, 20:05 WIB

Viral Emak-emak Ngamuk Maksa Minta Sedekah di Sukabumi, Polisi Turun Tangan

Emak-emak pengemis viral yang ngamuk maksa minta sedekah terekam berulah di Cibeureum dan Baros Sukabumi.
Kolase foto tangkapan layar video viral emak-emak ngamuk maksa minta sedekah di Sukabumi. (Sumber : TikTok esapperdana)
Life23 April 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani

Kebiasaan-kebiasaan sopan membantu menciptakan lingkungan yang positif, menghormati, dan saling mendukung dalam interaksi sosial, sehingga membuat orang yang melakukannya dihormati dan disegani oleh orang lain.
Ilustrasi. Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)
Bola23 April 2024, 19:30 WIB

Persib Bandung Siap Tampil dengan Kekuatan Terbaik Saat Jamu Borneo FC di Kandang

Persib akan tampil dengan skuad terbaik saat menjamu Borneo FC.
Persib akan tampil dengan skuad terbaik saat menjamu Borneo FC. (Sumber : Persib.co.id)
Sukabumi23 April 2024, 19:08 WIB

Kuli Bongkar Muat asal Cicurug Sukabumi Meninggal saat Kerja di Area Pabrik Isotonik

Kuli bongkar muat asal Cicurug Sukabumi meninggal saat menurunkan material gula di area TPS Pabrik Isotonik.
Ilustrasi meninggal dunia. (Sumber : Istimewa)
Sehat23 April 2024, 19:00 WIB

5 Daun Herbal untuk Menurunkan Asam Urat dan Cara Membuatnya

Sebelum menggunakan herbal untuk mengurangi kadar asam urat, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbal terlebih dahulu, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain atau memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.
Daun Pepaya Rebus. Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Asam Urat dalam Tubuh. Foto: Instagram/@tunahousegroup
Sukabumi23 April 2024, 18:38 WIB

Anggota DPRD Minta Baznas Turun Tangan Bantu Keluarga Siswa SDN Cipeundeuy Sukabumi

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana mengatakan akan membantu mengkomunikasikan kondisi kedua siswa SDN Cipeundeuy Sukabumi yang punya inisiatif membantu orangtuanya keliling berjualan gorengan.
Murtaqil Apham Dan Muhdani Asrol dua siswa SDN Cipeundeuy 2 Desa Cipeundeuy Kecamatan Surade saat keliling berjualan gorengan | Foto : Ragil Gilang
Sehat23 April 2024, 18:30 WIB

Atasi Asam Urat dengan Pengobatan Rumahan, 7 Cara Ini Bisa Anda Coba Lakukan

Pengobatan ala rumahan ini bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi asam urat.
Ilustrasi minum air putih - Pengobatan ala rumahan ini bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi asam urat. | (Sumber : Freepik.com)