Belum Ada Penanganan, Jalan Amblas di Cijangkar Sukabumi Dikhawatirkan Meluas

Senin 09 Januari 2023, 18:18 WIB
Kondisi jalan provinsi ruas Sukabumi-Sagaranten, tepatnya di Kampung Selagombong Desa Cijangkar Kecamatan Nyalindung yang amblas akibat pergerakan tanah. | Foto: SU/Ragil

Kondisi jalan provinsi ruas Sukabumi-Sagaranten, tepatnya di Kampung Selagombong Desa Cijangkar Kecamatan Nyalindung yang amblas akibat pergerakan tanah. | Foto: SU/Ragil

SUKABUMIUPDATE.com - Jalan provinsi ruas Sukabumi-Sagaranten di Kampung Selagombong RT 02/03 Desa Cijangkar, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, alami amblas akibat pergerakan tanah hingga saat ini belum ada penanganan. Kondisi tersebut membuat masyarakat setempat khawatir.

Diketahui, akibat bencana pergerakan tanah, bahu jalan Provinsi ruas Sukabumi-Sagaranten alami amblas sepanjang 50 meter persegi dengan kedalaman 1 meter lebih. Selain itu, bencana tersebut juga menyebabkan lima rumah penduduk ambruk.

"Kejadiannya pada Rabu 21 Desember 2022, pada hari Senin dan Selasanya turun hujan deras dan lama, mengakibatkan amblasan tanah," kata Fauji (48 tahun) warga sekitar kepada sukabumiupdate.com, Senin (9/1/2023).

Baca Juga: Pendaftaran Guru Penggerak Ditutup 10 Januari, Simak Syarat dan Cara Daftarnya

Menurut Fauji, hingga saat ini sudah ada lima unit rumah yang terdampak dengan rincian dua rumah dijadikan tempat usaha, yakni penggilingan padi dan mebeul. Kemudian, lanjut dia, satu bangunan rumah lainnya kini tengah terancam terbawa ambruknya bahu jalan jika amblasannya makin meluas. 

"Saat ini belum ada penanganan, khawatir bahu jalan juga ambruk, karena tanah dibawah bahu jalan lambat laun tergerus juga," ungkapnya.

Saat dikonfirmasi, Kepala Satuan Pelayanan Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Wilayah 3 Dinas PU Bina Marga Provinsi Jawa Barat, Wisnu Sunjaya mengatakan ruas jalan tersebut baru selesai dibangun pada bulan Oktober 2022.

"Untuk perbaikan sendiri, kami belum hapal kapan akan diperbaiki, karena itu masih tanggung jawab kontraktor, dan saat ini sedang diteliti terkait pergerakan tanahnya. Jadi hingga saat ini, belum ada penanganan, juga belum ada konfirmasi dari pihak kontraktor," katanya.

"Untuk sementara badan jalan aman, kendaraan disatu arahkan untuk pengamanan, takutnya bila dibuka dua arah, tanah dasar terganggu, jadi bisa berakibat beton patah," pungkasnya.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi19 Juli 2024, 15:33 WIB

5 Jembatan di Sukabumi Putus, Pelajar Nekat Bergelantungan Lintasi Sungai untuk Sekolah

Masyarakat membuat jembatan sementara sebagai pengganti jembatan yang putus.
Tangkapan layar pelajar asal Kampung Cigirang, Desa Neglasari, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi, bergelantungan pada rangka jembatan yang putus. | Foto: Istimewa
Entertainment19 Juli 2024, 15:30 WIB

Satu Hari Sebelum Comeback, Seluruh Member Stray Kids Perbarui Kontrak dengan Agensi

Kabar gembira datang dari Stray Kids yang seluruh membernya dikabarkan telah memperpanjang kontrak dengan agensi, JYP Entertainment pada Kamis, 18 Juli 2024.
Satu Hari Sebelum Comeback, Seluruh Member Stray Kids Perbarui Kontrak dengan Agensi (Sumber : x/@Stray_Kids)
Nasional19 Juli 2024, 15:00 WIB

Setahun Lebih Lapor Polisi Karena Dianiaya Kekasih, Wanita Sukabumi: Pelaku Masih Berkeliaran

JN menceritakan peristiwa dialami pada Juni 2023 lalu. Penganiayaan dilakukan pria berinisial UTP (24 tahun) yang kini sudah jadi mantan kekasihnya.
Dokumentasi foto korban yang mengalami sejumlah luka akibat penganiayaan (Sumber: istimewa)
Bola19 Juli 2024, 15:00 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs PSM Makassar di Grup A Piala Presiden 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Grupa A Piala Presiden 2024 antara Persib Bandung vs PSM Makassar berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Grupa A Piala Presiden 2024 antara Persib Bandung vs PSM Makassar berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Istimewa).
Sukabumi19 Juli 2024, 14:40 WIB

Pemerintah Siap Fasilitasi Pengobatan Bocah Cidadap Sukabumi yang Lumpuh

Sejak usia satu bulan, Ali tidak menunjukkan perkembangan seperti bayi-bayi lainnya.
Pemerintah saat mengunjungi Muhamad Ali Mursali (10 tahun) di rumahnya di Kampung Sirnasari, Desa Padasenang, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Film19 Juli 2024, 14:30 WIB

Digelar Hari Ini, Berikut Nominasi Blue Dragon Series Awards ke-3

Ajang penghargaan ternama asal Korea Selatan, Blue Dragon Series Awards ke-3 akan diselenggarakan hari ini, Jumat, 19 Juli 2024, di Incheon Paradise City pukul 20.30 waktu setempat atau 18.30 WIB.
Digelar Hari Ini, Berikut Nominasi Blue Dragon Series Awards ke-3 (Sumber : X @/infodrakor_id)
Inspirasi19 Juli 2024, 14:25 WIB

Kunci Sukses Pendidikan Anak: Guru dan Ortu Wajib Paham Karakteristik Perkembangan Sang Buah Hati

mengembangkan peluang peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, mandiri dan demokratis serta warga negara yang bertanggung jawab.
Ilustrasi pendidikan anak sedari dini (Sumber: Pinterest)
Inspirasi19 Juli 2024, 14:00 WIB

Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket dengan Penempatan di Kota dan Kabupaten Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket dengan Penempatan di Kota dan Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sukabumi19 Juli 2024, 13:32 WIB

Ada Gereja Sidang Kristus, Tim Cagar Budaya Uji Tiga Objek Bersejarah di Kota Sukabumi

Kegiatan ini untuk menyempurnakan dokumen usulan penetapan cagar budaya.
Gereja Sidang Kristus Kota Sukabumi. | Foto: Facebook/GSK Sukabumi
Life19 Juli 2024, 13:00 WIB

7 Sikap yang Membuat Seseorang Sulit Sukses Dalam Hidupnya

Sikap dan perilaku tertentu dapat menjadi penghalang besar dalam mencapai kesuksesan hidup.
Ilustrasi - Sikap dan perilaku tertentu dapat menjadi penghalang besar dalam mencapai kesuksesan hidup. (Sumber : Pexels.com/@Bruno Castrioto).