TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Siap Dukung Kelancaran Lalu Lintas Nataru, Tol Bocimi Sudah Sampai Mana?

Jalan bebas hambatan yang membentang dari daerah Bogor ke daerah Sukabumi ini dalam proses pelaksanaan, lalu Tol Bocimi sudah sampai mana?

Penulis
Selasa 6 Des 2022, 18:24 WIB

Progres jalan Tol Bocimi Seksi 2 Cigombong-Cibadak. Jalan tol tersebut menjadi salah satu dari 8 tol fungsional yang siap mendukung arus lalu lintas saat Nataru. |Foto: Istimewa/instagram@transjabartol

SUKABUMIUPDATE.com - Tol Bocimi seksi 2 ruas Cigomong-Cibadak, Kabupaten Sukabumi menjadi salah satu dari 8 jalan tol fungsional untuk mendukung arus lalu lintas saat libur Natal 2022 dan Tahun Baru (Nataru) 2023. Lalu Tol Bocimi sudah sampai mana?

Jalan tol bocimi seksi 2 Cigombong-Cibadak dibangun setelah tol Bocimi seksi 1 rampung dan beroperasi pada Desember tahun 2018.

Tol Bocimi yang memiliki panjang keseluruhan 54 KM itu terbagi dari 4 seksi yaitu Seksi 1 Ciawi - Cigombong sepanjang 15,35 KM. Kemudian Seksi 2 ruas Cigombong - Cibadak sepanjang 11,9 km.

Baca Juga: Progres Tol Bocimi Pasca Direktur Operasi II Waskita Karya Jadi Tersangka Korupsi

Lalu dua seksi lainnya yakni Seksi 3 Cibadak - Sukabumi Barat sepanjang 13,70 KM dan Seksi 4 ruas Sukabumi Barat - Sukabumi Timur sepanjang 13,05 KM .

Dilansir dari tempo.co, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terus menyelesaikan pembangunan jalan tol dalam rangka meningkatkan konektivitas antardaerah dan mendorong perekonomian masyarakat. Saat ini tengah disiapkan 2 ruas jalan tol beroperasi dan 8 jalan fungsional untuk mendukung arus lalu lintas saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022-2023.

Dua ruas jalan tol yang siap beroperasi, pertama yakni Tol Lubuklinggau-Curup-Bengkulu Seksi Bengkulu-Taba Penanjung sepanjang 16,7 km.

Baca Juga: Longsor di Jembatan Cikereteg Bogor, Kendaraan Berat Diarahkan Masuk Tol Bocimi

Kedua adalah Tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu) Seksi Pamuluhan-Sumedang sepanjang 4,8 km dan Seksi 3 Sumedang-Cimalaka sepanjang 4,05 km.

Operasional Tol Bengkulu-Taba Penanjung berdasarkan Surat Keputusan Menteri PUPR No 988/KPTS/M/2022 tertanggal 25 Agustus 2022 Sedangkan operasional Tol Cisumdawu Seksi 2 dan 3 berdasarkan Surat Dirjen Bina Marga No 0702-Db/1489 tentang Sertifikat Laik Operasi Bersyarat Jalan Tol Cisumdawu Seksi Pamulihan-Sumedang dan Seksi Sumedang-Cimalaka tertanggal 11 November 2022.


Halaman :
Berita Terkait
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x