Vila di Cikole Sukabumi Disita Bareskrim, Terkait Dugaan Pencucian Uang?

Rabu 26 Oktober 2022, 14:59 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri menyita tanah dan bangunan vila seluas 2,1 hektare di Jalan Hj Kokom Komariah RT 04/13 Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi. Penyitaan pada Rabu (26/10/2022) ini berkaitan dengan dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Dari informasi yang dihimpun, tim Dittipideksus Bareskrim Polri tiba di lokasi sekira pukul 10.00 WIB. Mereka langsung masuk ke kawasan vila dan memasang plang bahwa bangunan vila tersebut disita berdasarkan penetapan Pengadilan Negeri Sukabumi dengan nomor: 211/Pen.pid/2022/Pn SKB tanggal 16 September 2022. Tanah dan bangunan ini disita Dittipideksus.

Penjaga vila, Usman Triguna (38 tahun), mengaku tidak tahu apa pun terkait penyitaan ini. Dia kaget dengan kedatangan tim penyidik Dittipideksus Bareskrim Polri. Usman yang sudah empat tahun menjaga vila langsung mengabari ajudan pemilik vila tersebut ihwal adanya penyitaan. Belum diketahui siapa pemilik vila satu lantai berpagar biru itu.

"Maaf, saya enggak tahu masalah apa-apa, makanya saat (tim Dittipideksus) ke sini juga saya kaget. Kalau sudah tahu, saya gak akan kaget. Sudah dikomunikasikan, tapi bukan sama si bapaknya, sama ajudannya, ada pemasangan segel, gimana? ya sudah gak apa-apa," kata Usman kepada sukabumiupdate.com di lokasi vila.

Usman mengatakan ada empat orang penyidik yang datang ke vila yang dijaganya, ditemani satu personel Polsek Cikole yakni Bhabinkamtibmas, dan ketua RT setempat. Menurut Usman, vila tersebut terakhir digunakan pada 2018 oleh pemiliknya saat ada acara. Usman menyatakan vila yang disita ini adalah vila keluarga.

"Saya gak banyak nanya, gak ada pemberitahuan apa-apa. Vila ini terakhir digunakan waktu acara keluarga ibu tahun 2018. Ini vila keluarga. Pemiliknya orang Bandung. Gimana maunya (pemilik). Kalau dia mau ke sini, ya ke sini," kata Usman.

Ketua RT setempat, Tedi Untara, mengatakan dia melihat sepintas surat penetapan Pengadilan Negeri Sukabumi yang menjadi dasar penyitaan. Dalam surat tersebut, kata Tedi, disebutkan jika kasus itu merupakan dugaan TPPU. Namun, Tedi menyerahkan sepenuhnya kasus ini ke Bareskrim Polri. Sebagai ketua RT, dia hanya berfungsi mendampingi penyidik.

"Fungsi kita selaku ketua RT 04/13 hanya mendampingi menemui penghuni yang menjaga vila. Kita bertemu dan kita sampaikan ada dari Bareskrim Polri dengan surat tugas begitu lengkap beserta surat sita dari pengadilan. Kita bacakan sepintas, salah satu yang tadi disangkakan ada tulisan TPPU," kata Tedi. 

Tedi mengatakan, pihak kewilayahan hanya berperan sebagai saksi dalam penyitaan aset tersebut. Vila itu sudah berdiri sejak lima tahun terakhir. Tetapi Tedi tak mengetahui secara persis siapa pemilik vila. 

"Aktivitas ada dari penghuni yang jaga, yang ditugaskan pemiliknya. Yang saya tahu pegawainya saja, karena saya juga belum pernah bertemu yang punya tempat ini," ujar dia.

#SHOWRELATEBERITA

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Food & Travel29 Februari 2024, 12:30 WIB

Taman Buah Mekarsari, Wisata Ramah Anak Bisa Liburan Sambil Belajar

Taman Buah Mekarsari merupakan destinasi wisata yang cocok untuk liburan anak-anak, dan berikut informasi terbaru tempat wisata tersebut
Taman Buah Mekarsari merupakan destinasi wisata yang cocok untuk liburan anak-anak, dan berikut informasi terbaru tempat wisata tersebut (Sumber : mekarsari.com)
Produk29 Februari 2024, 12:03 WIB

Harga Beras Turun Rp1.000 Per Kg di Palabuhanratu Sukabumi, Ini Penyebabnya

Harga beras di Pasar Palabuhanratu mulai alami tren penurunan setelah adanya pasokan beras SPHP.
Lapak pedagang beras di Pasar Palabuhanratu Sukabumi. (Sumber : Dok. SU)
Motor29 Februari 2024, 12:00 WIB

Harus Cermat! Simak Langkah-langkah Sebelum Membeli Ban Motor Baru

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat mengganti ban motor dengan cermat dan memastikan keamanan dan performa berkendara Anda.
Ilustrasi - Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat mengganti ban motor dengan cermat dan memastikan keamanan dan performa berkendara Anda. (Sumber : pexels.com/@Prakash Chavda).
Life29 Februari 2024, 11:00 WIB

10 Hal yang Harus Dipersiapkan Menjelang Datangnya Bulan Suci Ramadan

Dengan mempersiapkan diri dengan baik, diharapkan bulan Ramadhan dapat menjadi bulan yang penuh berkah dan ampunan bagi kita semua.
Ilustrasi - Dengan mempersiapkan diri dengan baik, diharapkan bulan Ramadhan dapat menjadi bulan yang penuh berkah dan ampunan bagi kita semua. (Sumber : Freepik.com).
Inspirasi29 Februari 2024, 10:15 WIB

Lowongan Volunteer Tenaga Kesehatan di KAI Services, Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan volunteer ini, yuk daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Apabila kamu tertarik dengan lowongan volunteer ini, yuk daftarkan diri sekarang juga! (Sumber : Freepik.com/@ rawpixel.com).
Jawa Barat29 Februari 2024, 10:09 WIB

Gandeng Penggiat dan Komunitas EV, PLN Touring Lambretta Konversi Listrik Sejauh 170 Km

PLN UID Jabar menggelar kegiatan komunitas kendaraan hobi yakni Lambretta Vakansi Vol. 1.
PT PLN (Persero) UID Jawa Barat mengajak Bengkel Konversi GBESCOOT dan komunitas kendaraan listrik lakukan touring. | Foto: PLN
Life29 Februari 2024, 10:00 WIB

11 Kebiasaan Orang Sukses di Pagi Hari yang Harus Anda Tiru

Orang sukses memiliki berbagai kebiasaan yang membantu mereka mencapai tujuan mereka.
Ilustrasi. Orang sukses memiliki berbagai kebiasaan yang membantu mereka mencapai tujuan mereka.| Foto: Pixabay
Sukabumi29 Februari 2024, 09:49 WIB

Pembayaran Klaim BPJS Ketenagakerjaan Hingga Rp384 M

Sebanyak 23.807 dari 48.204 klaim merupakan pencairan program Jaminan Hari Tua kepada para peserta baik klaim yang dilakukan secara online melalui lapak asik dan yang langsung datang ke kantor cabang.
Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi | Foto : Istimewa
Film29 Februari 2024, 09:46 WIB

6 Drama Korea yang Dibintangi Lee Jae Wook, Teman Kencan Karina AESPA

Namanya kembali menjadi perbincangan karena kabar kencannya dengan idol Karina AESPA. Berikut 6 Drama Korea yang dibintangi oleh Lee Jae Wook.
Lee Jae Wook, aktor ternama di Korea Selatan. Sumber Foto: Instagram/@jxxvvxxk
Nasional29 Februari 2024, 09:40 WIB

44 Petugas Pemilu Meninggal dan Kecelakaan Kerja Dapat Santunan BPJS Ketenagakerjaan

Ketiga ahli waris mendapatkan santunan BPJS Ketenagakerjaan.
Penyerahan santunan kepada keluarga di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, pada 27 Februari 2024. | Foto: Istimewa