Poros Dwikora Usung Fikri Abdul Aziz Dampingi Asep Japar di Pilkada Sukabumi: Paket Komplit

Senin 20 Mei 2024, 17:50 WIB
Vega Sukma Yuda selaku juru bicara poros Dwikora saat diwawancarai awak media. Senin (20/5/2024) | Foto : Asep Awaludin

Vega Sukma Yuda selaku juru bicara poros Dwikora saat diwawancarai awak media. Senin (20/5/2024) | Foto : Asep Awaludin

SUKABUMIUPDATE.com - Poros Dwikora merupakan sekumpulan relawan lintas profesi asal Sukabumi. Secara terang-terangan poros dwikora mengusung Fikri Abdul Azis di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024, mereka berharap Fikri Abdul Aziz bisa bersanding menjadi wakil bupati mendampingi Asep Japar sebagai calon bupati.

Vega Sukma Yuda selaku juru bicara Poros Dwikora mengatakan pengusungan itu terlahir dari sebuah pemikiran sekumpulan pemuda yang menganggap sosok Fikri Abdul Azis merupakan orang yang tepat untuk disandingkan bersama Asep Japar.

“Kita (poros dwikora) sempat berdiskusi dan memang setelah mengukur dan mengakar kita mencoba untuk mengorbitkan nama bang Fikri Abdul Azis ini sebagai bakal calon bupati yang insyaallah siap mendampingi pak Asep Japar untuk kontestasi Pilkada 2024,” ujar Vega kepada sukabumiupdate.com, Senin (20/5/2024).

Menurutnya, ada tiga poin penting dalam pengusungan itu yang akan saling melengkapi ketika memimpin Kabupaten Sukabumi kedepan.

“Alasannya ada 3 poin strategis yang memang kita tonjolkan, pertama kang Asjap dan kang Fikri ini adalah sosok yang memang memiliki pengalaman dengan latar belakang berbeda. Kang Asjap di birokrat, kang Fikri ini di pengusaha yang memang bisa nanti saling mensuport satu sama lainnya,” kata dia.

Baca Juga: Fikri Abdul Aziz Daftar ke PAN: Siap Dampingi Asjap di Pilkada Sukabumi

Kedua, alasan primordialisme atau isu kedaerahan pun masih kental di kalangan masyarakat Sukabumi. Oleh sebab itu pihaknya menganggap sosok Fikri Abdul Azis ini menjadi pilihan tepat, mengingat Fikri merupakan putra daerah.

“Untuk pilkada ini, Sukabumi primordialismenya tinggi, kadang-kadang isu dia orang utara orang selatan, ini yang coba kita analisis ternyata kang Asjap dan kang Fikri ini sama-sama mewakili utara dan selatan Sukabumi,” ucapnya.

Ketiga, sambung Vega, sosok kang Asjap ini sebagai guru, sebagai mentor yang bisa merangkul.

"Kang fikri ini adalah sosok milenial yang memang bisa berinovasi untuk Sukabumi kedepan. Sama-sama saling mengisi dan menurut kami nama kang Asjap dan Fikri ini yang memang paket komplit untuk nanti mewarnai dinamika pilkada di Sukabumi khususnya kabupaten,” tambahnya.

Sementara itu, Yules selaku pakar politik poros dwikora menyebut sosok Fikri Abdul Azis merupakan figur yang memiliki relasi bisnis sangat luas yang dianggapnya dapat membantu kerja-kerja kepemimpinan Asjap kedepan.

“Kalau figur tentu pak Fikri ini kecenderungannya kan orangnya punya networking yang bagus untuk usaha di tingkat nasional juga cukup bagus dan dia punaya sifat dan karakter yang baik,” ujar Yules menambahkan.

Dia juga memandang jika sosok fikri dapat membawa program-program nasional terlebih investor agar dapat berinvestasi di wilayah Kabupaten Sukabumi.

“Kedua, dia bisa kalau pandangan kita bisa membawa program-program nasional atau investor yang untuk dibawa ke Sukabumi ya mungkin harapan kita banyak proyek strategis nasional yang bisa dibawa ke sukabumi,” pungkasnya.

Baca Juga: Kaji Raperda Rencana Pembangunan Industri, DPRD Sukabumi Konsultasi ke Biro Hukum Pemprov Jabar

Diketahui, Fikri Abdul Aziz, belum lama ini mendaftarkan diri ke Desk Pilkada DPD PAN Kabupaten Sukabumi, Kamis (25/04/2024). Fikri menegaskan, Ia memiliki keinginan untuk mendampingi Asep Japar (Asjap) di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024.

Kedatangan Fikri diterima jajaran panitia Desk Pilkada DPD PAN Kabupaten Sukabumi. Selain mengisi dan menyerahkan formulir pendaftaran, Fikri juga sempat menyampaikan gagasannya untuk Kabupaten Sukabumi.

"Saya mendaftar untuk wakil bupati. Keinginan pribadi saya, (dipasangkan,red) dengan Pak Asjap," tegas Fikri kepada awak media.

Ia menjelaskan ada banyak faktor yang membuat dirinya memiliki harapan tersebut. Secara historis, Fikri pernah mendukung Bupati Sukabumi Marwan Hamami pada Pilkada 2020 lalu yang mana saat ini memposisikan Asjap sebagai salah satu kandidat bupati dari Golkar.

Fikri juga menilai Asjap sebagai calon yang sangat berpotensi memenangkan Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024. Asjap juga memiliki rekam jejak positif selama 35 tahun berkarir di birokrasi dan sudah banyak membuktikan kinerjanya.

Disamping itu, Asjap juga dinilai memiliki modal politik yang cukup kuat. Mantan Kepala Dinas PU Kabupaten Sukabumi itu juga kerap mendapat apresiasi dari kalangan pengusaha.

"Bagaimana pun kan ke depan tidak bisa Pemda jalan sendiri. Membangun daerah harus sinergi dengan pengusaha," kata dia.

"Hari ini kita melihat objektifnya, ingin menang. Bukan berarti yang lain tidak bisa menang tapi penilaian subjektif saya, dan saya melihat potensi (menang,red) itu ada di Pak Asjap," kata dia.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi27 Juli 2024, 08:00 WIB

Info Loker Teknik di Perusahaan Makanan, Posisi Operator Peralatan

Info Loker Teknik Posisi Operator Peralatan. Rekrutmen Pegawai Tetap untuk posisi Operator Peralatan ini dibuka hingga 18 Agustus 2024 mendatang.
Ilustrasi. Info Loker Teknik (Sumber : Freepik/@pvproductions)
Life27 Juli 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya!

Menghadapi seseorang yang tidak punya rasa bersalah bisa sangat menantang.
Ilustrasi. Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya! (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Science27 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 Juli 2024, Cek Dulu Yuk Langit di Akhir Pekan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024. (Sumber : Pixabay.com).
Inspirasi26 Juli 2024, 22:02 WIB

Jatim Media Summit Bagikan Tips Bikin Konten Video Disukai Penonton di Medsos

Sebelum memulai membuat konten video, alangkah baiknya untuk mengenal audiens atau penonton. Cari tahu apa yang mereka suka dan dibutuhkan.
Jatim Media Summit, Kamis (25/7/2024) | Foto : Ist
Sukabumi26 Juli 2024, 21:26 WIB

Ini Dugaan Penyebab Kebakaran Gudang Limbah Pabrik di Parungkuda Sukabumi

Warga ungkap asal muasal api yang menjadi penyebab kebakaran gudang limbah pabrik di Parungkuda Sukabumi.
Petugas Damkar berjibaku memadamkan kebakaran yang melanda gudang limbah pabrik kain di Parungkuda Sukabumi. | Foto: Istimewa
Jawa Barat26 Juli 2024, 21:11 WIB

16 Rumah Dilaporkan Rusak, Pj Gubernur Jabar Tinjau Lokasi Gempa di Kuningan

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin meninjau sejumlah lokasi yang terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Kuningan, Jumat (26/7/2024).
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat meninjau lokasi terdampak gempa di Kuningan. (Sumber : Humas Jabar)
Sehat26 Juli 2024, 21:00 WIB

Oatmeal Hingga Minyak Kelapa, 7 Cara Mengatasi Kulit Kering yang Dapat Anda Lakukan

Cuaca dingin dan kering, sering mencuci tangan, atau paparan sinar matahari berlebihan dapat membuat kulit kering.
Ilustrasi - Dengan perawatan yang tepat, kulit kering dapat diatasi dan kembali sehat. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi26 Juli 2024, 20:56 WIB

Langganan Banjir, Warga Minta Pengerukan Sungai Cibening Purabaya Sukabumi

Warga berharap adanya penanganan Sungai Cibening Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi yang mengalami pendangkalan serta penyempitan
Forkopimcam dan relawan saat sedang membersihkan Sungai Cibening Purabaya Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Life26 Juli 2024, 20:30 WIB

10 Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita

Senyuman orang yang memiliki dendam mungkin tampak dipaksakan atau tidak tulus. Ekspresi wajah sering kali tidak selaras dengan kata-kata mereka.
Ilustrasi. Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Opini26 Juli 2024, 20:07 WIB

Menengok Pilkada Sukabumi yang Kering Gagasan

Kurang lebih empat bulan lagi, tepatnya pada tanggal 27 November 2024, masyarakat Kabupaten Sukabumi akan memilih Bupati dan Wakil Bupati yang baru
Ilustrasi kepala daerah menyampaikan gagasan membangun Sukabumi | Foto : Pixabay