Poros Dwikora Usung Fikri Abdul Aziz Dampingi Asep Japar di Pilkada Sukabumi: Paket Komplit

Senin 20 Mei 2024, 17:50 WIB
Vega Sukma Yuda selaku juru bicara poros Dwikora saat diwawancarai awak media. Senin (20/5/2024) | Foto : Asep Awaludin

Vega Sukma Yuda selaku juru bicara poros Dwikora saat diwawancarai awak media. Senin (20/5/2024) | Foto : Asep Awaludin

SUKABUMIUPDATE.com - Poros Dwikora merupakan sekumpulan relawan lintas profesi asal Sukabumi. Secara terang-terangan poros dwikora mengusung Fikri Abdul Azis di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024, mereka berharap Fikri Abdul Aziz bisa bersanding menjadi wakil bupati mendampingi Asep Japar sebagai calon bupati.

Vega Sukma Yuda selaku juru bicara Poros Dwikora mengatakan pengusungan itu terlahir dari sebuah pemikiran sekumpulan pemuda yang menganggap sosok Fikri Abdul Azis merupakan orang yang tepat untuk disandingkan bersama Asep Japar.

“Kita (poros dwikora) sempat berdiskusi dan memang setelah mengukur dan mengakar kita mencoba untuk mengorbitkan nama bang Fikri Abdul Azis ini sebagai bakal calon bupati yang insyaallah siap mendampingi pak Asep Japar untuk kontestasi Pilkada 2024,” ujar Vega kepada sukabumiupdate.com, Senin (20/5/2024).

Menurutnya, ada tiga poin penting dalam pengusungan itu yang akan saling melengkapi ketika memimpin Kabupaten Sukabumi kedepan.

“Alasannya ada 3 poin strategis yang memang kita tonjolkan, pertama kang Asjap dan kang Fikri ini adalah sosok yang memang memiliki pengalaman dengan latar belakang berbeda. Kang Asjap di birokrat, kang Fikri ini di pengusaha yang memang bisa nanti saling mensuport satu sama lainnya,” kata dia.

Baca Juga: Fikri Abdul Aziz Daftar ke PAN: Siap Dampingi Asjap di Pilkada Sukabumi

Kedua, alasan primordialisme atau isu kedaerahan pun masih kental di kalangan masyarakat Sukabumi. Oleh sebab itu pihaknya menganggap sosok Fikri Abdul Azis ini menjadi pilihan tepat, mengingat Fikri merupakan putra daerah.

“Untuk pilkada ini, Sukabumi primordialismenya tinggi, kadang-kadang isu dia orang utara orang selatan, ini yang coba kita analisis ternyata kang Asjap dan kang Fikri ini sama-sama mewakili utara dan selatan Sukabumi,” ucapnya.

Ketiga, sambung Vega, sosok kang Asjap ini sebagai guru, sebagai mentor yang bisa merangkul.

"Kang fikri ini adalah sosok milenial yang memang bisa berinovasi untuk Sukabumi kedepan. Sama-sama saling mengisi dan menurut kami nama kang Asjap dan Fikri ini yang memang paket komplit untuk nanti mewarnai dinamika pilkada di Sukabumi khususnya kabupaten,” tambahnya.

Sementara itu, Yules selaku pakar politik poros dwikora menyebut sosok Fikri Abdul Azis merupakan figur yang memiliki relasi bisnis sangat luas yang dianggapnya dapat membantu kerja-kerja kepemimpinan Asjap kedepan.

“Kalau figur tentu pak Fikri ini kecenderungannya kan orangnya punya networking yang bagus untuk usaha di tingkat nasional juga cukup bagus dan dia punaya sifat dan karakter yang baik,” ujar Yules menambahkan.

Dia juga memandang jika sosok fikri dapat membawa program-program nasional terlebih investor agar dapat berinvestasi di wilayah Kabupaten Sukabumi.

“Kedua, dia bisa kalau pandangan kita bisa membawa program-program nasional atau investor yang untuk dibawa ke Sukabumi ya mungkin harapan kita banyak proyek strategis nasional yang bisa dibawa ke sukabumi,” pungkasnya.

Baca Juga: Kaji Raperda Rencana Pembangunan Industri, DPRD Sukabumi Konsultasi ke Biro Hukum Pemprov Jabar

Diketahui, Fikri Abdul Aziz, belum lama ini mendaftarkan diri ke Desk Pilkada DPD PAN Kabupaten Sukabumi, Kamis (25/04/2024). Fikri menegaskan, Ia memiliki keinginan untuk mendampingi Asep Japar (Asjap) di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024.

Kedatangan Fikri diterima jajaran panitia Desk Pilkada DPD PAN Kabupaten Sukabumi. Selain mengisi dan menyerahkan formulir pendaftaran, Fikri juga sempat menyampaikan gagasannya untuk Kabupaten Sukabumi.

"Saya mendaftar untuk wakil bupati. Keinginan pribadi saya, (dipasangkan,red) dengan Pak Asjap," tegas Fikri kepada awak media.

Ia menjelaskan ada banyak faktor yang membuat dirinya memiliki harapan tersebut. Secara historis, Fikri pernah mendukung Bupati Sukabumi Marwan Hamami pada Pilkada 2020 lalu yang mana saat ini memposisikan Asjap sebagai salah satu kandidat bupati dari Golkar.

Fikri juga menilai Asjap sebagai calon yang sangat berpotensi memenangkan Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024. Asjap juga memiliki rekam jejak positif selama 35 tahun berkarir di birokrasi dan sudah banyak membuktikan kinerjanya.

Disamping itu, Asjap juga dinilai memiliki modal politik yang cukup kuat. Mantan Kepala Dinas PU Kabupaten Sukabumi itu juga kerap mendapat apresiasi dari kalangan pengusaha.

"Bagaimana pun kan ke depan tidak bisa Pemda jalan sendiri. Membangun daerah harus sinergi dengan pengusaha," kata dia.

"Hari ini kita melihat objektifnya, ingin menang. Bukan berarti yang lain tidak bisa menang tapi penilaian subjektif saya, dan saya melihat potensi (menang,red) itu ada di Pak Asjap," kata dia.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi15 Juni 2024, 11:35 WIB

Rekaman Perang Senjata Tajam di Sukabumi, Tengah Malam di Jalur Baru Sukaraja

Jumat dini hari (14/6/2024), dua kelompok anak muda terlibat perang senjata tajam di jalan raya Baru Sukaraja, Desa Pasirhalang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi.
Perang senjata tajam dua kelompok pemuda di jalan baru Sukaraja Kabupaten Sukabumi, Sabtu dini hari (15/6/2024) (Sumber: cctv)
Life15 Juni 2024, 11:30 WIB

20 Penyebab Nyeri Panggul Saat Kehamilan yang Perlu Diwaspadai Para Ibu

Mengalami nyeri panggul saat sedang hamil bisa jadi menakutkan. Berikut cara mengetahui apakah gejalanya normal atau memerlukan perhatian medis.
Ilustrasi ibu hamil mengalami nyeri panggul selama masa kehamilan (Sumber : Freepik.com)
Film15 Juni 2024, 11:00 WIB

Harta, Tahta, dan Raisa, Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjalanan Karir Raisa

Film Harta, Tahta, Raisa, adalah film dokumenter yang mengisahkan perjalanan karir raisa sebagai seorang penyanyi di Indonesia dan penyanyi perempuan pertama yang bisa menggelar konser tunggal di GBK
Poster film Harta, Tahta, dan Raisa, Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjalanan Karir Raisa (Sumber : instagram/@raisa6690)
Sukabumi15 Juni 2024, 10:55 WIB

Dinkes Kota Sukabumi Angkat Bicara Soal Bayi 3 Bulan Meninggal Dunia Usai Imunisasi

Dinas Kesehatan Kota Sukabumi memberikan tanggapan terkait kasus meninggalnya seorang bayi laki-laki berusia tiga bulan, Muhammad Kenzie Arifin, yang diduga akibat imunisasi yang diterimanya.
Ilustrasi Bayi meninggal usai imunisasi di Puskesmas Warudoyong Kota Sukabumi (Sumber : Freepik/sacyks)
Sehat15 Juni 2024, 10:30 WIB

Asam Urat Kambuh Di Malam Hari? Simak Ulasan Berikut Agar Tidur Lebih Nyenyak

Asam urat adalah kondisi kronis dan menyakitkan yang dapat menyebabkan gangguan tidur jika kambuhnya terjadi di malam hari
Ilustrasi asam urat kambuh di malam hari (Sumber : Freepik.com/@lookstudio)
Life15 Juni 2024, 10:00 WIB

Bukan Sekadar Modal Ganteng, 10 Tipe Pria yang Pantas Kamu Perjuangkan untuk Jadi Pasangan Hidup

Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa
Ilustrasi - Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa. (Sumber : Freepik.com/@marymarkevich)
Sehat15 Juni 2024, 09:45 WIB

Bolehkah Penderita Diabetes Konsumsi Santan? Simak Alasan dan Makanan Penggantinya

Penderita diabetes wajib mengetahui apakah santan aman dikonsumsi olehnya atau tidak serta bahan makanan pengganti santan yang diperbolehkan
Ilustrasi santan apakah boleh dikonsumsi bagi penderita diabetes (Sumber : Pixabay.com/@Lisa Redfern)
Sukabumi Memilih15 Juni 2024, 09:13 WIB

Juga Merapat ke PPP, Fikri Abdul Ajiz Galang Dukungan untuk Calon Wakil Bupati Sukabumi

Fikri dan tim pemenangannya menyambangi Kantor DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Sukabumi
Fikri menyambangi Kantor DPC PPP Kabupaten Sukabumi, di Jalan Sukabumi-Bogor, Desa Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat, Kamis 13 Juni 2024.
Sehat15 Juni 2024, 09:00 WIB

Idul Adha Makan Daging Tapi Tetap Sehat: 5 Tips yang Harus Anda Lakukan

Menikmati berbagai olahan daging selama Idul Adha adalah bagian dari perayaan, tetapi penting untuk melakukannya dengan bijak.
Ilustrasi Tongseng Sapi - Menikmati berbagai olahan daging selama Idul Adha adalah bagian dari perayaan, tetapi penting untuk melakukannya dengan bijak. (Sumber : via Titipku.com)
Sukabumi15 Juni 2024, 08:30 WIB

Sering Ngamuk Usai Cerai, Pria di Ciracap Sukabumi Dibawa Ke RSJ

Seorang pria bernama AS (58 tahun) di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, dievakuasi oleh pemerintah desa setempat ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) karena sering mengamuk dan membahayakan lingkungan.
AS di dalam kendaraan ambulans RSJ Provinsi Jawa Barat, saat akan berangkat | Foto : Ragil Gilang