Jadi Pendaftar Ketiga di Demokrat, Zaenul Siap Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Selasa 16 April 2024, 20:49 WIB
Zaenul resmi mendaftar sebagai calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari Partai Demokrat, Selasa (16/4/2024) | Foto : Ist

Zaenul resmi mendaftar sebagai calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari Partai Demokrat, Selasa (16/4/2024) | Foto : Ist

SUKABUMIUPDATE.com - Mantan Kadis Perizinan Kabupaten Sukabumi, Zaenul, secara resmi mendaftar menjadi peserta dalam konstestasi Pilkada Sukabumi 2024 melalui Partai Demokrat, hari ini, Selasa (16/4/2024).

Dari informasi yang dihimpun, Zaenul didampingi tim tiba di Sekretariat Desk Pilkada Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi di Palabuhanratu, pukul 19.00 WIB.

Kepala Bappilu DPC Demokrat sekaligus anggota Tim Penjaringan Pilkada, Ariestiandi mengatakan Zaenul secara resmi menyerahkan berkas formulir pendaftaran sebagai bakal calon bupati / wakil bupati Sukabumi.

"Sesuai mekanisme yang telah ditetapkan bahwa bagi siapapun bakal calon bupati Sukabumi/bakal calon wakil bupati, wajib mengambil dan mengisi fomulir pendaftaran. Dan hari ini pak Zaenul resmi mendaftar, bukan sekedar mengambil formulir," kata Ariestiandi kepada sukabumiupdate.com, Selasa.

Menurut Ariestiandi, sejatinya batas pengambalian fomulir telah ditetapkan maksimal pada tanggal 25 April 2024. Karena pada tanggal 30 April 2024 hasil penjaringan ini harus dilaporkan ke DPD Partai Demokrat Jawa Barat.

Dengan resminya pak Zaenul mendaftar melalui Partai Demokrat, sambung Ariestiandi, maka Partai Demokrat sudah mengantongi tiga bakal calon kepala daerah, yaitu Ketua DPC Apdesi Kabupaten Sukabumi Deden Deni Wahyudin, dan Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri, dan mantan Kadis Perizinan, Zaenul.

Baca Juga: Hari Pertama Masuk Kerja usai Lebaran, Distan Sukabumi Gelar Halal Bihalal

Menurut Aries, tim penjaringan selanjutnya akan menyerahkan sejumlah nama-nama yang mendaftar kepada DPC Demokrat. Berikutnya DPC akan menyerahkan nama-nama ke DPD Jabar, dan nantinya akan ditetapkan oleh DPP. 

"Nanti, ada sejumlah tahapan yang akan dilalui oleh para bakal calon yang mendaftar hingga akhirnya ditetapkan oleh DPP, dari mulai survei pupularitas dan elektabilitas, temasuk ada tahap wawancara yang akan dilakukan oleh DPC sebelum diserahkan ke DPD Jabar," kata pria yang biasa dipanggil Kang Iyang itu. 

Saat dikonfirmasi, Zaenul menyatakan kesiapannya maju di Pilkada Sukabumi melalui Partai Demokrat.

Adapun terkait posisinya mendaftar sebagai calon bupati atau wakil bupati, ia menyerahkan sepenuhnya kepada Partai Demokrat yang akan mengusungnya.

"Tergantung partai dengan koalisinya (nanti akan mengusung menjadi calon bupati atau wakil bupati). Yang jelas kita masih memerlukan koalisi dengan partai lain," tuturnya.

Sebagai informasi, Partai Demokrat dengan perolehan 5 kursi pada Pemilu 2024 yang baru saja berlalu, maka masih membutuhkan 5 kursi tambahan untuk memenuhi persyaratan 20 persen syarat pengusungan pasangan calon bupati/wakil bupati Sukabumi.

Baca Juga: Kisah Guru MI di Sukabumi: Huni Rumah Panggung, Jalan Kaki 5 KM Pulang Pergi Mengajar

Sebelumnya diberitakan, tiga petinggi partai politik Kabupaten Sukabumi, yakni Ketua DPC Partai Demokrat Iman Adinugraha, Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi Mohamad Sodikin, dan Ketua DPC PPP Dedi Damhudi berkumpul dalam acara buka bersama di sebuah rumah makan di wilayah Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi, Senin (18/3/2024).

"Selain silaturahmi juga untuk menjajaki kemungkinan koalisi antara tiga partai yakni Demokrat, PPP dan PKS pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sukabumi 2024 nanti," kata Iman saat itu.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat27 Mei 2024, 09:00 WIB

5 Perubahan Gaya Hidup Sehat untuk Menyembuhkan Kristal Asam Urat

Perubahan gaya hidup sehat sangat membantu untuk menyembuhkan kristal asam urat.
Ilustrasi. Olahraga Rutin. Perubahan gaya hidup sehat sangat membantu untuk menyembuhkan kristal asam urat. Sumber: Freepik/freepik
Sehat27 Mei 2024, 08:00 WIB

Sumber Vitamin C yang Baik, Ini Cara Simpel Membuat Infused Water Jeruk Limau

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari jeruk limau, konsumsi dapat dilakukan dengan memeras airnya dan dicampurkan ke dalam air minum, digunakan sebagai bumbu masakan, atau dalam bentuk jus segar.
Sumber Vitamin C yang Baik, Ini Cara Simpel Membuat Infused Water Jeruk Limau (Sumber : Freepik/azerbaijan_stockers)
Life27 Mei 2024, 07:00 WIB

9 Penampilan Sederhana yang Membuat Seseorang Terlihat Menarik

Dengan mengikuti prinsip-prinsip look elegant tadi, Anda dapat mencapai penampilan yang sederhana namun tetap menarik dan penuh percaya diri.
Ilustrasi. Penampilan Sederhana yang Membuat Seseorang Terlihat Menarik | Sumber: Freepik.com (senivpetro)
Food & Travel27 Mei 2024, 06:00 WIB

Resep Beef Bulgogi, Hidangan Tradisional Korea dari Daging Sapi

Beef Bulgogi adalah hidangan yang serbaguna dan bisa disesuaikan dengan selera.
Ilustrasi - Resep Beef Bulgogi, Hidangan Tradisional Korea dari Daging Sapi (Sumber : via  Takes Two Eggs)
Science27 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 Mei 2024, Cek Yuk Langit di Awal Pekan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 26 Mei 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 26 Mei 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi26 Mei 2024, 23:00 WIB

Hutan Mangrove di Geopark Ciletuh Sukabumi Kini Dilengkapi Gedung Edukasi

Hutan mangrove di Geopark Ciletuh Sukabumi kini dilengkapi dengan gedung Sekretariat Pokmasi sebagai pusat informasi dan Edukasi.
Gedung Sekretariat Pokmasi Desa Mandrajaya Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi di kawasan Hutan Mangrove. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih26 Mei 2024, 22:44 WIB

Lantik 1.158 PPS Pilkada 2024, Ketua KPU Kabupaten Sukabumi Minta Jangan Sekadar Numpang Nama

Sebanyak 1.158 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dilantik untuk Pilkada 2024 di Kabupaten Sukabumi.
Prosesi pelantikan ribuan anggota PPS untuk Pilkada 2024 di Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi26 Mei 2024, 22:08 WIB

Akhirnya, Rumah Tak Layak Huni Keluarga Korban Kecelakaan di Cibadak Sukabumi Diperbaiki

Rumah tidak layak huni milik Fitria, keluarga korban kecelakaan di Cibadak Sukabumi akhirnya diperbaiki dengan swadaya.
Rumah milik Fitria di Kampung Pangadegan RT 19/08 Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, diperbaiki swadaya masyarakat. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih26 Mei 2024, 21:39 WIB

Lewat Program Dana Abadi, Ayep Zaki Komitmen Wujudkan Sukabumi Lebih Sejahtera

Bakal calon wali kota/wakil wali kota Sukabumi H. Ayep Zaki berkomitmen majukan Sukabumi dan sejahterakan masyarakat lewat Program Dana Abadi.
H Ayep Zaki, Bakal calon wali kota/wakil wali kota Sukabumi. | Foto : Ist
Bola26 Mei 2024, 21:19 WIB

Persib Menapakkan Satu Kaki di Podium Juara Liga 1 2023/2024 usai Bantai Madura United 3-0

Tiga gol Persib Bandung atas Madura United di Leg 1 Final Championship Series Liga 1 2023/2024 diciptakan Ciro Alves dan brace David da Silva.
Duo Brazil Persib Bandung, Ciro Alves dan David da Silva membawa kemenangan mutlak atas Madura United di leg 1 Final Liga 1 2023/2024. (Sumber : PERSIB.co.id)